Web-Hosting

October 16, 2008 oleh 5 Komentar
Kategori: Teknologi Internet 

Masih ingat artikel saya terdahulu yang membahas seputar Domain Name atau Nama Domain? Nama Domain untuk alamat website yang kita miliki belum bisa diakses atau belum bisa online di internet tanpa adanya Web-Hosting.

Domain dan Hosting (sebutan lain untuk webhosting) adalah 2 komponen penting yang harus kita miliki sebelum meng-online-kan website. Domain kita perlukan untuk memberikan identitas atau nama untuk sebuah alamat website, sedangkan hosting berfungsi sebagai penyimpan file-file atau data-data website yang telah dibuat agar website kita bisa online dan bisa diakses oleh siapapun, dimanapun dan kapan pun, sehingga file-file atau data-data website tersebut selalu disimpan pada sebuah server hosting yang selalu full online selama 24 jam. Seolah-olah bisa dibilang: “dimana ada domain, maka di sana ada hosting” juga sebaliknya “dimana ada hosting, maka di sana ada domain”

Hosting atau web-hosting sebenarnya adalah istilah yang diberikan bagi perusahaan yang menyediakan salah satu bentuk layanan jasa “penyewaan tempat di internet”, dan memungkinkan seseorang atau sebuah perusahaan menyimpan file-file websitenya di sana, sehingga seseorang atau perusahaan tersebut bisa menampilkan layanan data, jasa, atau produknya di halaman website/halaman situs internet.

Sebelum memilih atau menggunakan jasa layanan hosting, maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan menyiapkan sebuah nama domain terlebih dahulu, namun pendaftaran keduanya bisa saja dilakukan secara bersamaan pada sebuah perusahaan penyedia layanan nama domain dan hosting yang sama. Perusahaan penyedia layanan hosting tersebut ada yang menyediakan jasa layanan hostingnya secara gratis, ada yang menyediakan layanan hosting secara berbayar, dan ada pula yang menyediakan keduanya (gratis dan berbayar). Perusahaan penyedia jasa layanan hosting di Indonesia diantaranya seperti : Jogjahost.com, Rumahweb, IdeBagus, AsianBrainServer, dan lain-lain, serta untuk layanan hosting luar negeri, yang paling terkenal adalah Host Gator.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Perusahaan-poerusahaan jasa layanan hosting tersebut juga membagi-bagi jasa layanan hostingnya ke dalam beberapa paket yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan website yang kita miliki. Ada perusahaan hosting yang membagi paket hostingnya dengan kategori: Personal Hosting, Professional Hosting, serta Enterprise Hosting, dan ada pula yang memberi nama paket hostingnya ke dalam kategori lain seperti: Paket Basic, Paket Ekonomis, Paket Standar, Paket Bisnis, dan sebagainya.

Setelah nama domain dan hosting kita peroleh, maka kita sudah dapat mengupload file/mengonlinekan website yang kita miliki supaya bisa diakses di internet. Dan untuk mengupload atau mengonlinekan file-file website tersebut biasanya kita menggunakan fasilitas atau aplikasi untuk mengupload/mengonlinekan file-file website seperti:

  • FTP: Aplikasi untuk memindahkan file-file website dari komputer ke sebuah server hosting di internet maupun sebaliknya.
  • cPanel : webhosting yang memfasilitasi upload file-file website, download file-file website, mengelola e-mail, mengelola domain, backup data, instalasi blog, dan sebagainya.
  • Dan lain-lain.

Untuk upload file-file website, saya sendiri biasa menggunakan FileZilla Client karena sangat praktis dan mudah dalam memindahkan file dari komputer (bumi) ke server (langit) atau sebaliknya dari server (langit) ke komputer (bumi). Penggunaan hanya dengan “mendrag file” seperti layaknya pemindahan file-file antar folder dalam komputer, yang Tidak kalah dengan fungsi File Manager di cPanel hosting. cPanel hostingnya sendiri diperlukan untuk me-manage situs/website seperti domain, e-mail, instalasi script website cepat dengan “Fantastico Auto Installer” dan sebagainya.

Semoga bermanfaat…!!!

Artikel terkait:

Bagikan Artikel...

Komentar

5 tanggapan untuk “Web-Hosting”
  1. Horiz says:

    Terima kasih,artikel ini telah banyak menambah ilmu dan pengetahuan…salam…

    [balas komentar di sini]

  2. seus says:

    hatur nuhun Kang Cepi, artikel na memberikan pencerahan buat saya..

    [balas komentar di sini]

  3. Budiman says:

    Nuhun Kang Cepi , artikelna nambihan pengetahuan bagi saya

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang Budiman,
    Sami-sami kang Budiman.. katingalna kang Budiman rajin oge ngalayadan blog abdi. Dupi artikel-artikel khusus member di http://usahapercetakan.biz/ sok diaos oge?

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!