/SMS/WA : 08112225788 (08-21.00 WIB) Untuk konsultasi, terapi, dan ruqyah dikenakan infaq seikhlasnya


Usaha PhotoBox

Sumber Foto: earthtorad.blogspot.com

Peluang Usaha PhotoBox. Dulu dan Kini..

Usaha PhotoBox ternyata masih diminati cukup banyak orang, hal ini terlihat dengan masih saja ada orang yang mencari perihal usahanya di internet. Akan tetapi apakah masih mungkin sekarang ini usaha tersebut masih sangat berpeluang? Sahabat Rumah Cahaya, yuk kita coba belajar memprediksi peluang usaha Photo Box ini..

Meninjau beberapa belas atau mungkin beberapa puluh tahun ke belakang saat ada keperluan ke salah satu toko buku yang cukup besar di Bandung, saya di sana melihat PhotoBox ini untuk pertama kalinya. Pada saat itu cukup ramai kawula muda yang membuat antrian untuk berfotoria di sana. Sayangnya beberapa tahun belakangan ini kalau ada keperluan lagi ke sana, saya tidak sempat memperhatikan, apakah ‘kotak foto’ tersebut masih ada dan juga masih ramai orang mengantri ataukah sudah tidak ada lagi.

Ilmu Kontak Batin Kontak Rasa telepati

Beberapa tahun belakangan sebuah toserba yang jaraknya hanya 3 Km dari rumah saya pun menempatkan sebuah PhotoBoxnya di salah satu bagian gedungnya, tetapi walaupun toserba tersebut selalu dipadati pengunjung, tidak terlalu banyak orang-orang yang berfotoria di sana seperti halnya yang saya pernah saya lihat di toko buku dulu, bahkan kini di toserba tersebut PhotoBox sudah tidak terlihat lagi.. entah karena sepi peminat, entah karena habis masa sewanya dan berpindah ke tempat lain, atau entah-entah yang lainnya, hehe.

Jadi kembali lagi ke pertanyaan semula…

Apakah mungkin usaha PhotoBox ini masih sangat berpeluang?

Menurut perkiraan saya kalau masih sangat berpeluang “tidak”, tetapi kalau masih berpeluang “ya”. Alasannya karena dengan perkembangan teknologi seperti sekarang, terutama yang bisa kita lihat pada telepon genggam atau handphone, hasil jepretan kamera untuk pemotretannya pun sudah menyerupai apa yang dimiliki PhotoBox. Ketajaman, kejernihan, resolusi gambar yang tinggi, dan juga frames atau bingkai-bingkai foto yang cantik umumnya sudah dimiliki handphone-handphone keluaran terbaru, apalagi pemotretan bisa dilakukan dimana saja dimana hasilnya tinggal dicetak di printer milik sendiri atau dibawa ke studio foto untuk kualitas gambar yang lebih baik.

Tapi bukan berarti pula usaha PhotoBox sudah tidak lagi berpeluang, karena bagi sebagian orang bisa jadi keunikan sebuah PhotoBox juga masih cukup menarik perhatian untuk mampir ke dalamnya, berfoto, dan mendapatkan hasil cetaknya saat itu juga, apalagi kalau mereka diiming-imingi dengan bonus atau hadiah kecil yang menarik. Disamping itu walaupun usaha ini sudah dikenal dari dulu, tetapi keberadaannya masih jarang ditemui, sehingga tidak akan banyak persaingan sesama pengusaha PhotoBox.

Bagaimana menurut pendapat Anda?

Modal dan Perlengkapan Usaha PhotoBox

Saya tidak akan menyebutkan berapa modalnya untuk memulai bisnis PhotoBox ini, apalagi saya sama sekali belum pernah mencobanya. Hanya saja karena saya cukup mengenal dan pernah menggunakan beberapa perlengkapan yang digunakan, maka untuk memulainya Anda memerlukan perlengkapan seperti: sebuah box berikut aksesoriesnya, kamera foto beresolusi tinggi, komputer, monitor layar sentuh, aplikasi atau software PhotoBox dan frames, printer foto, kertas foto, CD-ROM berikut kepingan CD, perlengkapan laminasi, alat potong kertas, dan tentu saja menyewa tempat usaha di lokasi strategis (kalau tidak punya tempat sendiri yang bagus) lengkap dengan karyawan/operatornya, serta jangan lupa untuk menyiapkan beberapa alat promosi seperti spanduk atau x-banner, dan sebagainya.

Wah, itu modalnya lumayan juga kan, bisa puluhan juta?.. hehe. Ya, apapun usaha yang ingin Anda jalankan harus selalu ada pengorbanan, walaupun tidak semua usaha harus bermodalkan uang. Tetapi, kalau kita mau coba-coba dulu bisnis PhotoBox kecil-kecilan dari rumah sendiri pun masih bisa kok. Modalnya hanya sebuah komputer atau laptop, kamera digital atau webcam dan printer foto, lalu Anda lengkapi saja komputernya dengan software PhotoBox. Jadi nanti Anda tinggal jalankan komputer dan softwarenya.. begitu customer datang, persilahkan ia berpose dengan kamera digital atau webcam yang mengarah ke dirinya, menjepret fotonya sendiri, memilih framenya sendiri maupun memberi efek-efek foto sendiri, lalu hasilnya Anda yang print/cetak dan serahkan. Sekian, semoga bermanfaat…

Postingan mengenai Usaha PhotoBox ~ oleh: Cepi Nugraha