Usaha Percetakan Untuk Pemula

Usaha Percetakan

Usaha Percetakan

Sahabat-sahabat.. setelah sebelumnya membaca artikel-artikel yang mengulas tentang peluang usaha percetakan, baik usaha percetakan offset maupun usaha percetakan digital atau digital printing, ternyata banyak pengunjung blog ini yang memberikan komentar, meng-add saya di Facebook, mengirim pesan, mengajak chatting, dan sebagainya, dengan tujuan untuk mengetahui lebih jauh lagi cara-cara yang harus mereka tempuh supaya mereka juga bisa secepatnya terjun ke bisnis percetakan walaupun mereka tidak memiliki perlengkapan cetak atau mesin percetakan sama sekali.

Pernah ada diantara mereka yang bertanya tentang langkah apa yang harus dilakukan untuk bisa membuat sebuah kartu undangan pernikahan, karena ada seorang teman atau tetangganya yang memerlukan barang cetakan tersebut dan meminta tolong kepadanya untuk dibuatkan, padahal mereka belum pernah membuat barang tersebut sebelumnya. Ada pula seseorang yang pandai mendesain serta mengedit foto menggunakan aplikasi desain grafis di komputer yang dimintai pertolongan untuk membuatkan poster bagi teman-temannya, tetapi ia kebingungan tidak tahu harus bagaimana serta mulai darimana ia harus mengerjakannya, dan perlengkapan cetak apa yang paling efektif dan sesuai untuk digunakan.

Menanggapi pertanyaan-pertanyaan dan keinginan-keinginan mereka tersebut, saya pun biasanya lebih memilih chatting via Yahoo Messenger, dengan maksud supaya saya bisa menjelaskan lebih terperinci kepada mereka perihal apa saja yang harus dilakukan dan supaya mereka segera “mengambil tindakan”. Walaupun sebenarnya artikel mengenai peluang usaha percetakan sebelumnya yang telah mereka baca juga cukup memberikan petunjuk kepada mereka tentang langkah-langkah apa yang harus dilakukan supaya mereka bisa mengenal, bisa menjalankan, serta bisa berpenghasilan dari bisnis percetakan. Tapi mungkin mereka ingin mengetahui langkah memulai usaha percetakan yang lebih terperinci lagi. Dan memang terbukti hasilnya, ada diantara mereka ada yang hanya berselang 2 hingga 3 hari saja setelah mengajukan pertanyaan dan mendapatkan arahan, ia telah memperoleh keuntungan yang lumayan besar dari order percetakan undangan pertamanya. Alhamdulillaah..

Saya pun yakin bukan hanya mereka yang tertarik serta ingin menekuni bisnis atau usaha percetakan ini, akan tetapi juga banyak diantara sahabat-sahabat Rumah Cahaya lainnya (termasuk Anda mungkin salah satu diantaranya) yang menginginkan hal serupa dikarekan prospek usaha percetakan yang tidak pernah surut.

Kiat Usaha & Langkah-langkah Memulai Usaha Percetakan

Sahabat-sahabat, saya tetap akan berbagi sedikitnya pengetahuan serta pengalaman saya di bidang percetakan. Tetapi untuk menjawab banyaknya pertanyaan yang sebelumnya biasa saya lakukan lewat chatting di Yahoo Messenger mungkin sudah tidak banyak waktu lagi yang bisa saya berikan, karena sebagai seorang kepala keluarga, sebagian waktu saya harus saya gunakan untuk mencari nafkah, meluangkan waktu bersama keluarga, dan sebagainya, dan sebagai pendatang baru di bisnis internet pun saya harus terus mengembangkan serta memelihara bisnis-bisnis online yang saya jalankan.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Lalu bagaimana solusinya?

Sahabat-sahabat jangan khawatir.. keingintahuan sahabat untuk mengetahui yang lebih jauh lagi mengenai seluk beluk usaha ini insya Allah telah saya jawab secara lengkap di website saya lainnya. Silahkan kunjungi web ini.. (klik)

Di website tersebut saya akan memberikan kepada Anda kiat-kiat usaha percetakan, membimbing Anda ‘langkah demi langkah’ memulai usaha tersebut dengan menggunakan bahasa yang sesederhana mungkin dan mudah dimengerti, supaya Anda bisa mengetahui bagaimana caranya mendatangkan dan mengerjakan order-order cetakan walaupun tanpa punya modal usaha percetakan (peralatan cetak) sama sekali, dan tentunya “segera berpenghasilan” melaluinya. Insya Allah..

Keterangan:

Artikel di atas dibuat di akhir tahun 2009, tepatnya tanggal 10 Desember 2009. Kini jumlah member yang telah bergabung di website tadi sudah lebih dari 300 orang. Saya berharap dan juga memohon bantuan do’anya kepada sahabat-sahabat sekalian, “Semoga ilmu usaha percetakan yang telah mereka dapatkan bisa bermanfaat, berkah, dan menjadi rahmat bagi alam sekitar. Aamiin. Terimakasih…

Bagikan Artikel...

Komentar

67 tanggapan untuk “Usaha Percetakan Untuk Pemula”
  1. robby sofyan says:

    thx artikelnya bagus.bisa jadi masukan buat saya yakin ingin menjalani bisnis percetakan ini.tapi apa saya boleh minta tolong.saya sedang mencari harga peralatan sablon manual.saya harap anda bisa membantu saya..trims…

    [balas komentar di sini]

  2. habeyb says:

    bagaimana cara menghitung harga cetakan kertas?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Habeyb,
    Maaf saya balik bertanya dulu. Apakah maksud dari pertanyaan mas adalah cara menghitung “harga cetakan” kertas, atau cara menghitung “harga kertas” cetakan?

    [balas komentar di sini]

  3. angga says:

    maaf

    sebelumnya brapa modal yang perlu dikeluarkan untuk buka itu smuA

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ma Angga,
    Untuk usaha percetakan dengan “memiliki perlengkapan cetak yang lengkap” modalnya tentu akan sangat besar, tetapi sebenarnya tanpa mempunyai perlengkapan cetak pun kita bisa mengerjakan semua cetakan, yaitu dengan cara makloon cetak di perlengkapan cetak orang lain dengan biaya yang murah, sehingga modal uang yang kita keluarkan kecil, bahkan terkadang tanpa mengeluarkan modal berupa uang sama sekali

    [balas komentar di sini]

  4. Tri Handoko says:

    Saya ingin buka usaha percetakan tapi belum tahu cara ilmunya, apa saja alat yang dibutuhkan, dan bagaimana memulainya?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Tri,
    Silahkan baca artikel-artikel percetakan saya lainnya, nanti mas akan mengetahui caranya. Tetapi bila masih merasa belum puas dengan artikel yang ada, nantikan launching Panduan Usaha Percetakan saya di http://usahapercetakan.biz/?reg=admin

    [balas komentar di sini]

  5. jansens says:

    Website Indonesian Business Sources, B2B Marketplace, Suppliers, Buyers, Exporters, Importers and Manucaturers Directory

    website indonesia b2b marketplace
    tempatnya buyer, seller, exporters, importers dsb

    bisa langsung aja ke http://www.tradegigs.com

    daftar gratis

    [balas komentar di sini]

  6. srikunciati says:

    apa bisnis percetakan bisa di kerjakan oleh seorang ibu rumah tangga?
    kalau bs bagaimana cara awal mulanya ,
    trims atas bimbingannya

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ibu Srikunciati,
    Tentu bisnis percetakan bisa dijalankan juga oleh seorang ibu rumah tangga, dengan syarat ada izin dari sang suami. Rekan-rekan usaha percetakan saya pun bukan hanya para pria, tetapi banyak diantaranya adalah wanita.
    Untuk memulainya, sudah saya susun panduannya secara lengkap langkah demi langkah di website tersendiri yaitu di http://usahapercetakan.biz/?reg=admin

    [balas komentar di sini]

  7. jiah says:

    saya seorang wanita baru mulai rumah tangga,, dan saya punya keinginan membuka usaha percetakan undangan ato yg laen yg berbau percetakan,, nah masalahnya saya bingung dngn konsep apa yg harus saya mulai,, jujur semenjak saya melihat model22 undangan to percetakan saya jdi tertarik ingin membuka usaha seperti itu,, saya suka mendesain tapi masih blm bagus dan rapi menurut saya sendiri,, nah gmn carany agar kita yakin dgn usaha yg saya inginkan…

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mbak Jiah,
    Desain akan semakin bagus dan rapih seiring dengan bertambahnya pengalaman membuat aneka ragam desain.
    Kalau dari pengalaman saya sendiri, untuk meyakini suatu usaha itu baik atau tidak untuk saya, maka saya selalu berusaha untuk melihat jauh ke depan, apakah usaha tersebut baik atau tidak di masa yang akan datang. Jika saya melihat prospeknya akan bagus ke depannya, maka saya yakin bahwa saya akan berhasil di bidang usaha tersebut.

    [balas komentar di sini]

  8. daris says:

    . dengan membaca website yg punya bapak saya jadi tertarik pingin buka usaha percetakan
    pak saya mau nanya buku untuk usaha percetakan, gimana bisa mendownlodnya.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak/Mas Daris,
    Silahkan Anda berkunjung ke http://usahapercetakan.biz/?reg=admin. Setelah Anda melakukan pembayaran, maka konfirmasikan (beritahukan) kepada saya. Saya pun akan melakukan pengaktifkan keanggotaan Anda. Setelah keanggotaan saya aktifkan, Anda bisa melakukan pendownloadan eBook tersebut di Member Area, serta Anda pun bisa menikmati fasilitas lain yang telah dan akan kami tambahkan.

    [balas komentar di sini]

  9. Puji says:

    Alhamdulillah…makasih atas petunjuknya bang…
    soalnya ilmu ini-lah yang selama ini saya cari….
    sekali lagi makasih…

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mbak/Mas Puji..
    Terima kasih kembali..

    [balas komentar di sini]

  10. Tegar says:

    mm.. pengetahuan dan ketrampilan apa aja yang harus dimiliki untuk menjalankan bisnis percetakan ya..?? kalo dalam buku panduan ini ada harga2 mesin cetak kah? bermacam-macam printer, mesin fotokopi, dll..?? kalo ada, InsyaAllah saya sangat tertarik..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Tegar,
    Di e-book berjudul “Bisnis Percetakan Itu Gampang’ saya lebih menekankan pada pengetahuan tentang bagaimana caranya merintis bisnis percetakan serta membuat produk-produk percetakan tanpa kita memliliki mesin cetak (dengan cara makloon), serta bagaimana caranya mendatangkan banyak order dan juga bagaimana caranya memelihara konsumen. Dilengkapi juga dengan artikel-artikel pendukung serta akan segera menyusul berbagai desain hasil aplikasi grafis jadi yang bisa diedit kembali untuk menunjang usaha percetakan yang sedang ditekuni.
    Untuk harga-harga mesin cetak tidak saya ulas karena latar belakang saya juga hanya sebagai pemakloon cetak, kecuali hanya berupa artikel seperti di sini: http://rumahcahaya.com/harga-mesin-cetak-offset/

    [balas komentar di sini]

  11. Hardiyani Yusri, ST says:

    terima kasih atas ulasannya kang, banyak hal yang saya dapatkan dari tulisannya. apalagi saya saat ini berencana membuka usaha percetakan. dalam waktu dekat saya berencana mengunjungi tempat anda di Bandung. semoga pertemuan nanti semakin membuka cakrawala berpikir saya tentang dunia percetakan.
    sekedar informasi saya berdomisili di Kab. Nabire Provinsi Papua.
    kang, hari senin nanti 17 Mei 2010 akan sy transferkan biaya pembelian ‘ebook bisnis percetakan’. saya harap segera dikirimkan filenya ya?
    semoga semakin jaya.
    Salam Dari Papua

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Hardiyani,
    Terima kasih sebelumnya atas kepercayaan Bapak. Dunia percetakan memang sangat mudah untuk dipelajari. Insya Allah DVD yang berisi file-file desain pracetaknya akan segera saya kirimkan via Pos Kilat Khusus.

    [balas komentar di sini]

  12. eva says:

    saya mau nanya jika kita sudah membuat desain untuk brosur atau ID card di corel atau photoshop langkah selanjutnya apakah membuat film dan flat, harga untuk Membuat Film dan Plate berapa dan harga untuk Finishing. terimakasih

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mbak Eva,
    Untuk produk cetak yang menggunakan bahan kertas seperti brosur, kop surat, kartu undangan dan sebagainya yang biasanya memerlukan proses cetak offset, maka desain tadi bisa diprint ke kertas HVS, atau ke kertas kalkir, atau juga dibuatkan film, lalu setelah itu dibuatkan pelat cetaknya yang berbahan kertas (paper plate) atau berbahan aluminium (aluminium plate), dan perbedaan-perbedaan tersebut tergantung keperluan serta kualitas cetak yang ingin dihasilkan. Setelah itu kemudian pelat dipasang di mesin cetak untuk proses offset (tentu berikut bahan cetaknya juga dengan tempat yang berbeda), setelah selesai maka proses finishing pun dilakukan di peralatan/mesin finishing.

    Di Bandung, harga untuk membuat film = Rp. 40/cm2, tetapi biasanya ada discount hingga 50%. Sedangkan harga pelat kertas untuk mesin cetak kecil = Rp. 3500/lembar, harga pelat aluminium untuk mesin cetak kecil = Rp. 5000/lembar, harga pelat aluminium untuk mesin cetak double folio atau mesin cetak 52 = Rp. 10.000/lembar, dan untuk ukuran yang lebih lebar tentu lebih mahal lagi. Untuk biaya finishing tentu tergantung jenis finishingnya.. apakah potong kertas, lem, pond, rel, perporasi.. serta tergantung jumlahnya. Jadi saya tidak bisa untuk menuliskan semuanya di sini (kecuali di website UsahaPercetakan.biz, saya telah menuliskan rinciannya di sana).

    Untuk pembuatan ID Card yang biasanya terbuat dari bahan PVC, maka setelah desainnya jadi.. tidak harus dibuatkan film seperti tadi, tetapi langsung diprint menggunakan printer ke salah satu lapisan bahan PVC, untuk kemudian direkatkan ke lapisan PVC lainnya untuk kemudian dilaminating dan dipotong.

    [balas komentar di sini]

  13. budisantoso says:

    saya pengin punya sofware macam2 kartu undangan,farme foto,cara edit foto dan kertas undangan murah, soalnya saya pengin buka percetakan kecil di rumah.tlg info dan gimana cara ngedapetinya? thanks

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Budi,
    Kalau software pembuat desain kartu undangan dan frame photo instant saya tidak tau. Tapi di dunia percetakan software yang biasa digunakan untuk mendesain kartu undangan atau barang percetakan lainnya adalah CorelDraw dan Photoshop.
    Untuk mengedit photo.., Photoshop juga sering digunakan, atau bisa juga ditambah software edit photo yang lain seperti Ulead Photo Impact, dan sebagainya.
    Software-software tersebut di atas biasanya bisa kita dapatkan di pusat-pusat perdagangan elektronik dan assesoris komputer, atau juga di internet.
    Kertas bahan undangan murah biasanya adalah kertas berjenis BC yang bisa dibeli di toko-toko kertas, terutama toko/grosir kertas untuk keperluan cetakan.

    [balas komentar di sini]

  14. juandi says:

    sebenarnya banyak hal yang perlu saya pertanyakan, tp berhubung ini pada wall komentar saya akan tnyakan beberapa hal saja…saya sangat berterima kasih kalau bpk sudi membalasnya…
    begini:
    saya baru saja lulus kuliah…dengan kelulusan saya ini, saya berkeinginan utk membuka usaha percetakan tp saya bingung hrs memulainya drmn? saya berminat dgn usaha ini krna di daerah (di kabupaten saya yg msh baru) saya melihat peluang yg bgs utk membka percetakan…karena disana bkn kota yg besar, msh jarang sekali tempat percetakan dan saya ingin menjadi penyedia layanan cetak ini.yg jd permasalahannya adalah apa yg harus sy lakukan dan bgmn memulainya.
    mgkin itu saja pak.mohon dijwab.oya, sekedar pemberitahuan, saya sdh punya tempat dan modal 30 juta..

    terimakasih.

    wassalam

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Juandi,
    Menurut saya, yang sebaiknya mas Juandi lakukan adalah membekali diri terlebih dahulu dengan pengetahuan mengenai langkah-langkah pengerjaan cetakan dari awal (pracetak) hingga akhir (finishing), mas juga harus mengetahui cara mendatangkan order dari konsumen. Dan sebaiknya mengerjakan cetakan tidak langsung dengan peralatan sendiri sebelum mas memahami langkah-langkah pengerjaan sebuah cetakan, tetapi dengan cara makloon cetak (mengerjakan cetakan di peralatan cetak orang lain). Untuk lebih lengkapnya mas bisa memperoleh tutorial lengkap mengenai usaha percetakan di UsahaPercetakan.Biz (klik)

    [balas komentar di sini]

  15. Anggit says:

    Selamat sore, mau sharing neh,…saya punya mesin ryobi 500 n pertama, saya susah cari operator, kedua mesin ngadat terus, gimana ada yang sitem sewa ngga yah?

    [balas komentar di sini]

    cahyo Reply:

    permisi bang Cepi.
    saya tertarik, tapi posisi saya di madiun Jawa Timur. Posisi Anda dimana? atau bisa hubungi saya di cahyo_ihs@yahoo.com atau 085 853 341 209

    [balas komentar di sini]

  16. aan says:

    maaf saya mau tanya,,,, sekarang ni saya lagi bekerja di negri sebrang,, setelah pulang nanti saya pengin banget buka usaha sendiri seperti buka percetakan dan perlelngkapanya,, apa saya ya yang di butuhkan?? maksud saya di sini alat alatnya,,, makasih sebelumnya tas jawabannya

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas/Mbak Aan,
    Dalam dunia percetakan dikenal beberapa teknik pencetakan dengan perlengkapan yang berbeda pula, diantara yang paling umun digunakan seperti:

    Sablon Tangan (Manual) memerlukan:
    Screen, rakel, cat/tinta, minyak pencampur cat, dsb.

    Cetak Offset memerlukan:
    Mesin-mesin cetak offset ukuran kecil, menengah, dan besar

    Cetak Digital (Digital Printing) memerlukan:
    Mesin cetak (printer) digital ukuran kecil, menengah, dan besar

    Selain perlengkapan tersebut, banyak pula perlengkapan lainnya seperti perlengkapan pracetak: komputer, laser printer, scanner, plate maker, dsb.
    Lalu perlengkapan pasca cetak (finishing) semisal: mesin potong kertas/bahan, mesin lipat kertas, mesin foil, dsb.

    Untuk membuka usaha percetakan, mas/mbak Aan bisa membeli semua perlengkapannya mulai dari pracetak, cetak, hingga pasca cetak/finishing, tetapi banyak juga pengusaha cetak yang memulainya dari mesin cetak ukuran kecil terlebih dahulu, baru setelah ada perkembangan sedikit demi sedikit mereka menambah perlengkapannya. Menurut hemat saya, alangkah baiknya bila sebelum melangkah.. mas/mbak mengetahui dulu kira-kira produk percetakan apa yang paling sesuai dengan target pasar percetakan mas/mbak nantinya, serta perlengkapan apa saja yang sekiranya bisa digunakan untuk keperluan tersebut, agar nanti di saat akan membeli perlengkapan cetak, mas/mbak telah mengetahui perlengkapan cetak apa saja yang harus dibeli.
    Baik mas/mbak sekian dulu jawaban saya, kalau masih memerlukan penjelasan lagi mungkin alangkah baiknya jika kita ngobrolnya via Yahoo Messenger (YM). Add ID saya: netpreneur01

    [balas komentar di sini]

  17. muh. ikhsan says:

    Asalamu alaikum mas… saya saat ini di kal sel ingin memulai usaha percetakan skala kecil, target pruduk saya saya ( sesuai kebutuhan Pasar ) pembuatan lembar Formulir ( max ukuran A4) dengan lembar rangkap 5 ( 5 Play ), kertas Carbon, Sesuai Order Loggo pelanggan minta warna. Mohon info mesin cetak apa yang paling cocok dan apa peralatan lain yang diperlukan dan berapa harga untuk masing-masing peralatan

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Ikhsan, wa’alaikumussalam..
    Kalau untuk keperluan cetak yang bapak maksud, mesin cetak TOKO 810 atau TOKO 820 juga cukup. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan hubungi konsultan kami di http://rumahcahaya.com/mesin-percetakan.htm

    [balas komentar di sini]

  18. ridwan says:

    mau tanya supplier toko kertas undangan jadi, tinggal print baik untuk nikah, aqiqah, kawin, dll yang bisa langsung di print. menggunakan printer a4/f4 saya ngin lokasinya ada di sekitar surabaya. trims ya………

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Ridwan,
    Maaf, kalau untuk di surabaya saya tidak mengetahuinya. saya hanya mengetahui yang di Bandung.. Tapi mudah-mudahan ada diantara sahabat-sahabat kita yang bisa memberikan jawaban..

    [balas komentar di sini]

  19. ismail says:

    maaf numpang ngiklan :
    Jual paket untuk percetakan Mesin Oliver 58EII Th. 94, Gestetner 411 th 98, Toko 820, Mesin Potong Kertas DQ-201 original, Master elefax-50, mesin Platemaker, mesin Nomerator, mesin Cacah dng kondisi siap produksi (435jt nego) minat hub : ismail 08128044816

    [balas komentar di sini]

  20. Maman suparman says:

    Mas, thank for all ilmunya tapi maaf saya malah mau bertanya keinginan banyak mau bikin digital printing kecil-kecilan tapi bagaimana memulainya , komputernya spek untuk desain yang bagaimana maksih sblmnya

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak/Kang Maman, maaf.. karena terlupa, saya baru menjawab sekarang..
    Kalau untuk digital printing kecil-kecilan biasanya menggunakan printer warna biasa, dan kebanyakan mesin printer yang digunakan adalah dengan merk Epson dengan model Stylus Photo R230, T11, T30 dsb.

    Kalau yang saya lihat, dengan minimal komputer Intel Pentium 4 dengan 512 MB – 1GB RAM pun sudah memadai, atau dengan komputer AMD Athlon yang lebih mengutamakan kepentingan grafis, ditambah dengan aplikasi grafis seperti CorelDraw serta Photoshop yang terinstal di komputer.

    [balas komentar di sini]

  21. Ie jonk says:

    mesin offset harganya berapa si mas….

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    le jonk,
    silahkan lihat di http://rumahcahaya.com/harga-mesin-cetak-offset/

    [balas komentar di sini]

  22. Wedy Abdul Fattah says:

    mohon maaf sebelumx…mas, mo nanya nih…bisa kursus privat ga gimana jalanin bisnis ini ? sy udah ada dasar komputer cuman masih minim pengalaman dalam dunia percetakan…terima kasih….

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Wedy,
    Saya belum membuka les private, tetapi saya telah membuat panduan bisnis percetakan di http://usahapercetakan.biz/ . Silahkan dikunjungi bila mas berminat..

    [balas komentar di sini]

  23. nurika havianti says:

    assalamualaikum wr.wb

    mas cepi saya sudah 7 thn terima pengerjaan finishing dari percetakan,saya sebenarnya minat sekali buat percetakan sendiri karna suami bidangnya art design.
    kalau menurut suami katanya buatapa buat percetakan,ambil jasanya aja ../sedangkan saya pikir kenapa gak sekalian aja terjun dipercetakan.sebenarnya lebih menguntungkan/enak mana sih mas soalnya saya ingin tp masih awam walaupuhn sering bolak balik kepercetakan.
    makasih banyak y mas .
    assalamualaikum…

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mbak Nurika, wa’alaikumussalam wr. wb.

    Kalau bicara mana yang lebih untung/enak saya tidak bisa menjawabnya, karena saya belum pernah membuka jasa pengerjaan finishing 🙂 . Tetapi keinginan mbak memang sangat baik, apalagi mbak sendiri secara tidak langsung sebenarnya sudah terlibat dengan percetakan.

    Yaa.. kalau menurut saya sih mendingan terjun sekalian terima jasa cetak aja, karena pengerjaannya sendiri tidaklah rumit, dan walaupun mbak tidak mempunyai alat cetaknya, tapi mbak bisa kerjakan (makloon/ongkos cetak) di alat/mesin cetak orang lain. Saya juga ada teman yang bekerja di percetakan, istrinya sebagai karyawan yang memegang PO (penerima order), sedangkan suaminya operator mesin finishing (Pond), dan mereka berdua pun memanfaatkan peluang yang ada, yaitu mereka juga mencari dan mengerjakan order cetakan dari konsumennya tersendiri tanpa mengganggu konsumen cetak tempat dimana mereka bekerja.

    Tetapi tentu harus dimusyawarahkan serta harus ada izin suami dulu. Tanpa izin beliau sebaiknya mbak juga jangan memaksakan untuk melakukannya karena suami mbak sebagai pemimpin dan penanggung jawab di rumah tangga mungkin lebih mengetahui mana yang terbaik.

    [balas komentar di sini]

    nurika havianti Reply:

    assalamu alaikum wr,wb.

    trima kasih y mas cepi untuk masukannya,kalau saya ada kesulitan lg,bantuin aq y mas cepi.

    assalamualaikum…

    [balas komentar di sini]

  24. rumahcetak says:

    Membaca artikel ini serasa kembali 10 tahun yang lalu ketika saya memulai bisnis percetakan ini. Salam kenal ya mas. Percetakan rumahcetak

    [balas komentar di sini]

  25. ian says:

    terima kasih banyak atas tulisan mas cepi, tapi saya masih bingung memulai usaha ini, padahal saya ingin sekali membuka usaha ini, maklum saya pengangguran.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Ian,
    terima kasih juga atas kunjungannya ke blog saya..

    Bila mas Ian berkenan, untuk menjawab kebingungan tersebut bisa mas dapatkan di ebook saya yang berjudul “Bisnis Percetakan Itu Gampang!” di http://usahapercetakan.biz/

    Semoga membantu…

    [balas komentar di sini]

  26. Peluang Usaha says:

    Usaha percetakan memang sebenarnya cukup menggiurkan dan merupakan salah satu peluang usaha yang patut untuk dicoba. Tapi benar kata anda kadang bagaimana memulai sesuatu peluang usaha termasuk usaha percetakan memang tidak semua orang mengetahui. Info yang cukup bagus, semoga bisa menjadi inspirasi peluang usaha bagi siapa saja.

    [balas komentar di sini]

  27. ketoles says:

    Terimakasih atas ulasan anda, ijin untuk membaca dan shareing lebih lanjut dengan anda tentang usaha percetakan saat ini. Terimakasih

    [balas komentar di sini]

  28. melia propolis says:

    …. semoga sukses menjalankan usahanya….

    [balas komentar di sini]

  29. Semoga bisa bekerja sama mas, salam kenal, saya juga di bidang design dan cetak

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pixell Design,

    Semoga mas.. Salam kenal kembali.
    Bila memerlukan tempat promsi untuk desain grafis dan percetakan, silahkan kunjungi situs GRATIS iklan percetakan saya di: http://www.usahapercetakan.com/

    [balas komentar di sini]

  30. Kang Cepi makasih infonya…. Bisnis cetakan bukan bisnis musiman. Artinya bisnis ini bisa menjadi sumber penghasilan kita jangka panjang. Mudah-mudahan teman-teman banyak masuk ke Industri Percetakan . Terutama Anak-anak muda. Sukses buat Kang Cepi dan semua…

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Souvenir Pernikahan Murah,

    Betul apa yang Anda katakan.
    Sukses juga buat Anda, dan terima kasih telah baca-baca artikel blog ini..

    [balas komentar di sini]

  31. Eka Taurussia says:

    Sebelumnya sebagai info, saya dan suami sudah menjalankan usaha di bidang komputer spt jasa pencetakan dokumen, fotokopi, dan cetak undangan. Cetak undangan yg biasa kami kerjakan adalah cetak lewat printer saja, jd keuntungan yg didapatkan msh kecil. Saya ingin memulai usaha percetakan dg menggunakan mesin mini offset. Bisa kasih saran, mesin apa yg cocok saya gunakan untuk memulai usaha ini?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ibu Eka,

    Bila Ibu ingin memulainya dengan mesin mini offset, mungkin Ibu bisa memulainya dengan mesin-mesin cetak folio yang banyak digunakan kalangan industri percetakan di Indonesia, seperti mesin cetak TOKO 820, Gestetner 211, Hamada 700 CD, atau hamada 800 CD.

    Namun mesin-mesin tersebut yang saya ketahui, di Indonesia dapat didapatkan dalam kondisi bekas/rekondisi.

    [balas komentar di sini]

  32. erwin says:

    Kang cepi,saya mau buat percetakan tp ga punya keahlian dibidang tsbt.bagai mana?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Erwin,

    Yang penting Mas mengetahui alur dan tempat dimana barang-barang cetakan dikerjakan, dan biarlah orang lain yang mengerjakannya langsung di peralatan yang mereka miliki. Ini yang dinamakan makloon cetak/ongkos cetak, dimana kita tidak harus punya alat percetakan sendiri.

    Namun jika Mas berkeinginan untuk mempunyai peralatan cetak sendiri, maka Mas bisa berkonsultasi dengan pihak penjual peralatan cetak tentang apa saja yang harus disiapkan, termasuk untuk dibantu dalam hal SDM (karyawan/operator) yang sudah berpengalaman untuk bekerja di percetakan yang nantinya Mas Erwin miliki. Jadi nanti Mas lebih ke manajemennya saja..

    [balas komentar di sini]

  33. agus says:

    Teman2 yg ingin buka usaha percetakan offset, aku mau jual mesin Ryobi 480K. Mesin ini sangat handal di kelasnya, ukuran kertas 48X35 cm, cetak 47X34 bisa cetak separasi (full colour dengan sangat bagus). Kecepatan berdasar pengalaman untuk full colour bisa sampai 4500/jam, untuk cetakan yang sangat halus sebaiknya cukup 3000 sheets/jam. Untuk cetak 1 warna bisa digenjot 5-6 ribu/jam. Mesin ini sangat cocok untuk bikin buku, majalah, brosur, katalog, kalender meja, dsb. Tidak perlu dilengkapi dengan mesin plat/film/kalkir , karena kami akan membantu menyiapkan plat CTP ke tempat Baapak/Ibu. Cukup kirim file, plat akan dikirim dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan memakai film. Jika di kota Bapak/Ibu belum ada mesin potong besar ukuran plano yang melayani jasa pemotongan kertas, saya juga ada. Kami siap melatih operator sampai bisa. Harga mesin cetak plus mesin potong DQ 201 cukup Rp75 juta (tidak termasuk ongkos kirim).

    [balas komentar di sini]

  34. wah informasinya bermanfaat sekali mas cepi, senang rasanya bisa berbagi…
    salam kenal ya, mudah mudah an ilmunya dapat bermanfaat buat sesama..
    sukses selalu buat Anda mas..!

    [balas komentar di sini]

  35. asan ar says:

    pak saya mau bisnis percetakan undangan dll tapi saya pemula tolong mas gimana caranya saya serius saya sdh pensiun no hp saya 081377784797mohon hubungi saya atau saya meghubungi berapa no hpnya alamat saya jalan pucung V rt 27 rw 06 kelrahan sialang kecamatan sako palembang 30163 ( ketua rt 27 )

    [balas komentar di sini]

  36. Cetak brosur says:

    Usaha percetakan memang sangat menguntungkan..

    [balas komentar di sini]

  37. budi says:

    wah bagus nih buat referemsi jangan lupa mampir ke Our Website

    [balas komentar di sini]

  38. hariman says:

    “Satu-satunya Situs khusus percetakan yang menyediakan Kalkulasi Harga cetak online yang flexibel” http://www.percetakan.us

    [balas komentar di sini]

  39. dian says:

    Kang cepi saya mau nanya-nanya tapi kok link kontaknya ga bisa dibuka ya?

    [balas komentar di sini]

  40. Bagi ilmunya dong supaya usaha dipercetakan selalu ramai pesanan, maklum saya masih pemula nih ^_^

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!