Usaha Percetakan Untuk Pemula

Usaha Percetakan

Usaha Percetakan

Sahabat-sahabat.. setelah sebelumnya membaca artikel-artikel yang mengulas tentang peluang usaha percetakan, baik usaha percetakan offset maupun usaha percetakan digital atau digital printing, ternyata banyak pengunjung blog ini yang memberikan komentar, meng-add saya di Facebook, mengirim pesan, mengajak chatting, dan sebagainya, dengan tujuan untuk mengetahui lebih jauh lagi cara-cara yang harus mereka tempuh supaya mereka juga bisa secepatnya terjun ke bisnis percetakan walaupun mereka tidak memiliki perlengkapan cetak atau mesin percetakan sama sekali.

Pernah ada diantara mereka yang bertanya tentang langkah apa yang harus dilakukan untuk bisa membuat sebuah kartu undangan pernikahan, karena ada seorang teman atau tetangganya yang memerlukan barang cetakan tersebut dan meminta tolong kepadanya untuk dibuatkan, padahal mereka belum pernah membuat barang tersebut sebelumnya. Ada pula seseorang yang pandai mendesain serta mengedit foto menggunakan aplikasi desain grafis di komputer yang dimintai pertolongan untuk membuatkan poster bagi teman-temannya, tetapi ia kebingungan tidak tahu harus bagaimana serta mulai darimana ia harus mengerjakannya, dan perlengkapan cetak apa yang paling efektif dan sesuai untuk digunakan.

Menanggapi pertanyaan-pertanyaan dan keinginan-keinginan mereka tersebut, saya pun biasanya lebih memilih chatting via Yahoo Messenger, dengan maksud supaya saya bisa menjelaskan lebih terperinci kepada mereka perihal apa saja yang harus dilakukan dan supaya mereka segera “mengambil tindakan”. Walaupun sebenarnya artikel mengenai peluang usaha percetakan sebelumnya yang telah mereka baca juga cukup memberikan petunjuk kepada mereka tentang langkah-langkah apa yang harus dilakukan supaya mereka bisa mengenal, bisa menjalankan, serta bisa berpenghasilan dari bisnis percetakan. Tapi mungkin mereka ingin mengetahui langkah memulai usaha percetakan yang lebih terperinci lagi. Dan memang terbukti hasilnya, ada diantara mereka ada yang hanya berselang 2 hingga 3 hari saja setelah mengajukan pertanyaan dan mendapatkan arahan, ia telah memperoleh keuntungan yang lumayan besar dari order percetakan undangan pertamanya. Alhamdulillaah..

Saya pun yakin bukan hanya mereka yang tertarik serta ingin menekuni bisnis atau usaha percetakan ini, akan tetapi juga banyak diantara sahabat-sahabat Rumah Cahaya lainnya (termasuk Anda mungkin salah satu diantaranya) yang menginginkan hal serupa dikarekan prospek usaha percetakan yang tidak pernah surut.

Kiat Usaha & Langkah-langkah Memulai Usaha Percetakan

Sahabat-sahabat, saya tetap akan berbagi sedikitnya pengetahuan serta pengalaman saya di bidang percetakan. Tetapi untuk menjawab banyaknya pertanyaan yang sebelumnya biasa saya lakukan lewat chatting di Yahoo Messenger mungkin sudah tidak banyak waktu lagi yang bisa saya berikan, karena sebagai seorang kepala keluarga, sebagian waktu saya harus saya gunakan untuk mencari nafkah, meluangkan waktu bersama keluarga, dan sebagainya, dan sebagai pendatang baru di bisnis internet pun saya harus terus mengembangkan serta memelihara bisnis-bisnis online yang saya jalankan.

Lalu bagaimana solusinya?

Sahabat-sahabat jangan khawatir.. keingintahuan sahabat untuk mengetahui yang lebih jauh lagi mengenai seluk beluk usaha ini insya Allah telah saya jawab secara lengkap di website saya lainnya. Silahkan kunjungi web ini.. (klik)

Di website tersebut saya akan memberikan kepada Anda kiat-kiat usaha percetakan, membimbing Anda ‘langkah demi langkah’ memulai usaha tersebut dengan menggunakan bahasa yang sesederhana mungkin dan mudah dimengerti, supaya Anda bisa mengetahui bagaimana caranya mendatangkan dan mengerjakan order-order cetakan walaupun tanpa punya modal usaha percetakan (peralatan cetak) sama sekali, dan tentunya “segera berpenghasilan” melaluinya. Insya Allah..

Keterangan:

Artikel di atas dibuat di akhir tahun 2009, tepatnya tanggal 10 Desember 2009. Kini jumlah member yang telah bergabung di website tadi sudah lebih dari 300 orang. Saya berharap dan juga memohon bantuan do’anya kepada sahabat-sahabat sekalian, “Semoga ilmu usaha percetakan yang telah mereka dapatkan bisa bermanfaat, berkah, dan menjadi rahmat bagi alam sekitar. Aamiin. Terimakasih…

Komentar

62 tanggapan untuk “Usaha Percetakan Untuk Pemula”
  1. agus says:

    Teman2 yg ingin buka usaha percetakan offset, aku mau jual mesin Ryobi 480K. Mesin ini sangat handal di kelasnya, ukuran kertas 48X35 cm, cetak 47X34 bisa cetak separasi (full colour dengan sangat bagus). Kecepatan berdasar pengalaman untuk full colour bisa sampai 4500/jam, untuk cetakan yang sangat halus sebaiknya cukup 3000 sheets/jam. Untuk cetak 1 warna bisa digenjot 5-6 ribu/jam. Mesin ini sangat cocok untuk bikin buku, majalah, brosur, katalog, kalender meja, dsb. Tidak perlu dilengkapi dengan mesin plat/film/kalkir , karena kami akan membantu menyiapkan plat CTP ke tempat Baapak/Ibu. Cukup kirim file, plat akan dikirim dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan memakai film. Jika di kota Bapak/Ibu belum ada mesin potong besar ukuran plano yang melayani jasa pemotongan kertas, saya juga ada. Kami siap melatih operator sampai bisa. Harga mesin cetak plus mesin potong DQ 201 cukup Rp75 juta (tidak termasuk ongkos kirim).

    [balas komentar di sini]

  2. wah informasinya bermanfaat sekali mas cepi, senang rasanya bisa berbagi…
    salam kenal ya, mudah mudah an ilmunya dapat bermanfaat buat sesama..
    sukses selalu buat Anda mas..!

    [balas komentar di sini]

  3. asan ar says:

    pak saya mau bisnis percetakan undangan dll tapi saya pemula tolong mas gimana caranya saya serius saya sdh pensiun no hp saya 081377784797mohon hubungi saya atau saya meghubungi berapa no hpnya alamat saya jalan pucung V rt 27 rw 06 kelrahan sialang kecamatan sako palembang 30163 ( ketua rt 27 )

    [balas komentar di sini]

Page 4 of 4«1234
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!