Usaha Konveksi Pakaian? Anda pun Bisa..

October 6, 2008 oleh 34 Komentar
Kategori: Ide & Peluang Usaha 
Usaha Konveksi Pakaian

Usaha Konveksi Pakaian

Usaha Konveksi Pakaian Sangat Mudah Untuk Dijalankan

Usaha konveksi pakaian (atau mungkin usaha konpeksi ya.. ntah mana penulisan yang benar), seperti membuat seragam sekolah, seragam kantor, pakaian karyawan, jaket, kaos olah raga, pakaian wanita, pakaian anak/baju anak, busana muslim, kerudung, dan sebagainya tidaklah serumit yang kita bayangkan.

Untuk memulai usaha konveksi pakaian kita tidak harus bisa merancang gambar, membikin pola model pakaian, atau harus bisa bekerja di atas mesin jahit untuk bisa menjalankan usaha konveksi pakaian tersebut. Tetapi kita harus punya cukup kemampuan untuk jeli melihat peluang usaha atau peluang bisnis yang ada dan mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus diambil.

Banyak orang yang mempunyai keahlian dalam suatu bidang, diantaranya dalam bidang mendesain dan menjahit berbagai macam model pakaian. Tapi di antara sekian banyak orang yang mempunyai keahlian tersebut, hanya sebagian kecil saja yang bisa menjadikan keahliannya untuk digunakan sebagai alat pencari nafkah.

Bagi kita yang tidak mempunyai keahlian tersebut, tentu saja hal itu merupakan kesempatan besar untuk bisa bekerja sama dengan mereka, dimana tentu saja mereka pun berharap sebaliknya.

Jadi.. jika Anda berani untuk mengambil peluang usaha konveksi serta berminat untuk membuka usaha konveksi pakaian tersebut, maka inilah tips atau langkah-langkah yang harus Anda lakukan, seperti juga yang pernah saya lakukan beberapa waktu ke belakang:

  • Anda harus cari dan terima order menjahit pakaian tersebut, dengan kesepakatan harga yang telah Anda pelajari sebelumnya supaya Anda bisa memperoleh keuntungan.
  • Jika Anda mempunyai anggaran untuk membeli perlengkapan konveksi seperti; mesin potong kain, mesin jahit, mesin obras, mesin zig-zag, dsb. berarti Anda tinggal membelinya dan segera merekrut penjahit yang sudah terampil untuk bekerja di tempat Anda. Tetapi jika Anda belum siap untuk itu, maka seperti apa yang telah saya katakan tadi…, Anda cari orang-orang yang mempunyai keahlian tadi serta yang mempunyai perlengkapan jahit pula (baik perorangan atau konveksi yang menerima makloonan) dan bekerja samalah dengan mereka.
  • Bawa sampel atau contoh pakaian yang akan dibuat, bicarakan dengan ahli pola, berapa meter kira-kira kain yang diperlukan untuk sekian banyak pakaian yang dipesan, dan aksesoris apa saja yang diperlukan.
  • Belanjalah kebutuhan bahan pakaian beserta aksesoriesnya tersebut, tapi carilah toko-toko grosiran yang menjualnya dengan harga murah. Kalau di Bandung, Anda bisa mencari di sekitar Pasar Baru, jalan Otto Iskandar Dinata, jalan Cibadak, jalan Tamim, jalan Dulatip, daerah Cigondewah dan sekitarnya.
  • Setelah lengkap, tinggal Anda serahkan kepada para ahlinya, untuk dipola, dipotong, dijahit, dipasang aksesoris seperti resleting, kancing, pita, dan sebagainya.
  • Selama proses dan setelah proses produksi, jangan lupa untuk selalu mengontrol kualitas dari pakaian tersebut, baik dari bentuk, ukuran, aksesories dan sebagainya. Hal ini sangat penting untuk dilakukan supaya tidak ada komplain dari konsumen di kemudian hari setelah pakaian tersebut diserahkan.
  • Setelah semuanya selesai, tinggal Anda serahkan hasil kerja Anda beserta tim Anda tersebut kepada konsumen yang memesannya. Anda terima bayaran, dan…siap-aiap lagi untuk mengambil order-order berikutnya.

Usaha konveksi pakaian selain untuk menerima pesanan bisa juga kita kembangkan dengan cara memasarkan sendiri secara langsung hasil produksi tersebut ke pasar-pasar umum, baik itu ke distributor, grosir pakaian, toko-toko penjual pakaian/toko baju, dan modelnya pun disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Nah… ternyata untuk memulai usaha konveksi pakaian itu sangat mudah bukan? Saya pun telah mencobanya, tidak sulit kok.. yang penting ada kemauan dan sanggup untuk bekerja cerdas. Selamat mencoba!

Artikel bertema usaha konveksi pakaian ini saya tulis berdasarkan pengalaman sendiri, dan semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memulainya… ~ Oleh Cepi Nugraha

Artikel Terkait:

Komentar

34 tanggapan untuk “Usaha Konveksi Pakaian? Anda pun Bisa..”
  1. lany suryati says:

    Terima kasih pak, atas doa dan sarannya.

    [balas komentar di sini]

  2. ekihapriawan says:

    saya mohon kalo ada makloonan seprey dan bed cover barangkali ada hub.saya 087823234465 dan 02261337951 busana moslem/gambis juga saya menerima,mohon bantuannya kalo ada informasinya ?

    [balas komentar di sini]

  3. suryono says:

    saya mencari alat pemotong dan penyambung resleting jika anda punya saya berminat membeli terima kasih

    [balas komentar di sini]

  4. sansan says:

    saya sansan menerima jsa makloon saya di bandung kami menerima mkloon jaket,toga,bju kemeja,celana.jika anda berminat hubungi saya di no 02272528559

    [balas komentar di sini]

  5. yolla says:

    Yang merasa konveksi baju fashion wanita yang trend sekarang ini hub saya yaa pin : 28192857 atau 085278733118 . Harga nya kisaran 20-30 . Yang bahan bajunya siffon , kaos , twistcone , spandek . Makasih ya mohon bantuannya :(

    [balas komentar di sini]

  6. rosie says:

    saya ingin buka konveksi, tapi msh bingung cari kulakan kain, khususnya katun jepang untuk baju anak, ada yg punya info silahkan hubungi saya 085715157478

    [balas komentar di sini]

  7. wiwin says:

    Says tinggal d bekasi, Ada yang tahu gak jasa makloon d bekasi. Saat INI jasa makloon until hamis, baju Dan kerudung berapa ya…..mohon infonya donng

    [balas komentar di sini]

  8. ady says:

    Artikel yang sangat menggugah semangat saya utk memulai usaha, terima kasih banyak ya…sukses selalu

    [balas komentar di sini]

Page 2 of 2«12
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!