Usaha Konveksi Pakaian? Anda pun Bisa..

October 6, 2008 oleh 50 Komentar
Kategori: Ide & Peluang Usaha 
Usaha Konveksi Pakaian

Usaha Konveksi Pakaian

Usaha Konveksi Pakaian Sangat Mudah Untuk Dijalankan

Usaha konveksi pakaian (atau mungkin usaha konpeksi ya.. ntah mana penulisan yang benar), seperti membuat seragam sekolah, seragam kantor, pakaian karyawan, jaket, kaos olah raga, pakaian wanita, pakaian anak/baju anak, busana muslim, kerudung, dan sebagainya tidaklah serumit yang kita bayangkan.

Untuk memulai usaha konveksi pakaian kita tidak harus bisa merancang gambar, membikin pola model pakaian, atau harus bisa bekerja di atas mesin jahit untuk bisa menjalankan usaha konveksi pakaian tersebut. Tetapi kita harus punya cukup kemampuan untuk jeli melihat peluang usaha atau peluang bisnis yang ada dan mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus diambil.

Banyak orang yang mempunyai keahlian dalam suatu bidang, diantaranya dalam bidang mendesain dan menjahit berbagai macam model pakaian. Tapi di antara sekian banyak orang yang mempunyai keahlian tersebut, hanya sebagian kecil saja yang bisa menjadikan keahliannya untuk digunakan sebagai alat pencari nafkah.

Bagi kita yang tidak mempunyai keahlian tersebut, tentu saja hal itu merupakan kesempatan besar untuk bisa bekerja sama dengan mereka, dimana tentu saja mereka pun berharap sebaliknya.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Jadi.. jika Anda berani untuk mengambil peluang usaha konveksi serta berminat untuk membuka usaha konveksi pakaian tersebut, maka inilah tips atau langkah-langkah yang harus Anda lakukan, seperti juga yang pernah saya lakukan beberapa waktu ke belakang:

  • Anda harus cari dan terima order menjahit pakaian tersebut, dengan kesepakatan harga yang telah Anda pelajari sebelumnya supaya Anda bisa memperoleh keuntungan.
  • Jika Anda mempunyai anggaran untuk membeli perlengkapan konveksi seperti; mesin potong kain, mesin jahit, mesin obras, mesin zig-zag, dsb. berarti Anda tinggal membelinya dan segera merekrut penjahit yang sudah terampil untuk bekerja di tempat Anda. Tetapi jika Anda belum siap untuk itu, maka seperti apa yang telah saya katakan tadi…, Anda cari orang-orang yang mempunyai keahlian tadi serta yang mempunyai perlengkapan jahit pula (baik perorangan atau konveksi yang menerima makloonan) dan bekerja samalah dengan mereka.
  • Bawa sampel atau contoh pakaian yang akan dibuat, bicarakan dengan ahli pola, berapa meter kira-kira kain yang diperlukan untuk sekian banyak pakaian yang dipesan, dan aksesoris apa saja yang diperlukan.
  • Belanjalah kebutuhan bahan pakaian beserta aksesoriesnya tersebut, tapi carilah toko-toko grosiran yang menjualnya dengan harga murah. Kalau di Bandung, Anda bisa mencari di sekitar Pasar Baru, jalan Otto Iskandar Dinata, jalan Cibadak, jalan Tamim, jalan Dulatip, daerah Cigondewah dan sekitarnya.
  • Setelah lengkap, tinggal Anda serahkan kepada para ahlinya, untuk dipola, dipotong, dijahit, dipasang aksesoris seperti resleting, kancing, pita, dan sebagainya.
  • Selama proses dan setelah proses produksi, jangan lupa untuk selalu mengontrol kualitas dari pakaian tersebut, baik dari bentuk, ukuran, aksesories dan sebagainya. Hal ini sangat penting untuk dilakukan supaya tidak ada komplain dari konsumen di kemudian hari setelah pakaian tersebut diserahkan.
  • Setelah semuanya selesai, tinggal Anda serahkan hasil kerja Anda beserta tim Anda tersebut kepada konsumen yang memesannya. Anda terima bayaran, dan…siap-aiap lagi untuk mengambil order-order berikutnya.

Usaha konveksi pakaian selain untuk menerima pesanan bisa juga kita kembangkan dengan cara memasarkan sendiri secara langsung hasil produksi tersebut ke pasar-pasar umum, baik itu ke distributor, grosir pakaian, toko-toko penjual pakaian/toko baju, dan modelnya pun disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Nah… ternyata untuk memulai usaha konveksi pakaian itu sangat mudah bukan? Saya pun telah mencobanya, tidak sulit kok.. yang penting ada kemauan dan sanggup untuk bekerja cerdas. Selamat mencoba!

Artikel bertema usaha konveksi pakaian ini saya tulis berdasarkan pengalaman sendiri, dan semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memulainya… ~ Oleh Cepi Nugraha

Artikel Terkait:

Bagikan Artikel...

Komentar

50 tanggapan untuk “Usaha Konveksi Pakaian? Anda pun Bisa..”
  1. ayi tarsad says:

    cari makloonan,,,,berbagai model…….cara bikin mulai dari cutting bisa bikin fatrun….

    [balas komentar di sini]

  2. beehandmade says:

    Allow semua…
    mampir sini yach…
    SANDAL BONEKA FLANEL LUCU2
    beehandmade…

    [balas komentar di sini]

  3. diani wu says:

    bisa dibantu info makloon jahit baju wanita di bandung, donk. mulai pola, cutting, smp finishing. ditgu infonya via email diani_wu@yahoo.co.id

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ibu Diani,
    Di Majalaya dan sekitarnya ada beberapa tempat untuk makloon jahit pakaian pria maun wanita, baik dewasa maupun anak-anak. Tetapi sayangnya saya tidak mengumpulkan nomer-nomer kontaknya, hanya saja saya mengetahui serta pernah makloon di beberapa tempat diantaranya.
    Bila kebetulan lokasi ibu dekat ke Majalaya, mungkin ibu bisa mencoba mendatangi mereka. Insya Allah nanti akan saya bantu tunjukkan lokasinya.

    [balas komentar di sini]

    diani wu Reply:

    kebetulan lokasi sy di cileunyi,jd mmg cukup dkt dgn majalaya.bs minta tlg dtunjukkan lokasiny.minimal ancer2 dan nama pelaku usahanya.
    terima kasih

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ibu Diani,
    Diantaranya berada di:
    Saparako Majalaya, nama pemiliknya Bapak Ojat.
    Nengkelan desa Sindangsari, pemilik Bapak Cece.
    Sanding desa Sindangsari, pemilik Bapak Nandang Godeg.
    Buniherang desa Mekarsari kec. ibun, pemilik kang Maman.
    Nengta, desa Sangkan kec. Ibun, pemiliknya.. saya lupa lagi namanya..
    Dan beberapa tempat makloon yang lain seperti yang berada di desa Loa, juga sampai ke Ciparay..
    Mereka biasa menerima makloonan, juga diantara mereka terkadang saling terhubung satu sama lain untuk berbagi dalam pengerjaan order bila order yang diterima berjumlah banyak dan tidak mampu untuk dikerjakan di satu tempat.

    [balas komentar di sini]

    diani wu Reply:

    sayang tidak ada no telp yg bisa di hub. seandainya ada mungkin lbh membantu.tp terima kasih atas informasinya.bg saya sgt membantu.tq…

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ibu Diani,
    Kalau ibu akan ke Majalaya, boleh menghubungi saya terlebih dulu untuk membuat janji. Insya Allah nanti akan kita datangi salah seorang pemiliknya. Ibu juga bisa minta diantar sama mereka untuk mengunjungi tempat maklon-tempat makloon lainnya.

    [balas komentar di sini]

    diani wu Reply:

    terima kasih atas bantuannya.tp sepertinya tidak perlu krn pasti sgt merepotkan.InsyaAllah akan saya cari lokasinya bersama suami dan anak.jd biar sekalian refreshing 🙂

    sekali lg terima kasih atas respon positif dari bapak.informasinya sgt membantu

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ibu Diani,
    Baiklah kalau begitu. Terima kasih kembali..

    nurrahman Reply:

    bu saya terima jasa makloon… cuma tempatnya di cianjur. untuk harga mudah2an sesuai….. gmana bu..?

    [balas komentar di sini]

    Ajoe Reply:

    Jenis baju yang mau di jahit apa ?

    Ada di daerah Cihanjuang Cimahi bisa hub ke 085861510700 untuk harga bisa nego
    Kalau info kain saya kebetulan bergerak di trading juga.

    [balas komentar di sini]

    WAWAN Reply:

    BOS MOHON INFO NYA, KLO KAIN KAOS KILOAN ADA G ?… KLO ADA JENISNYA APA DAN HARGANYA BERAPA ?….. SY BARU BUKA NIH TOLONG DI BANTU Y, KLO BSA YANG MURAH2

    [balas komentar di sini]

  4. nurvi.dede says:

    assalammuallaikum. ..saya baru mau mulai buka usaha konveksi
    apa yang perlu saya buat / sediakan ?mohon nasihat nya…wassalam

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    nurvi.dede, wa’alaikumussalam wr. wb.
    Yang harus dipersiapkan adalah:

    -Modal produksi
    -Tenaga ahli, karyawan, atau setidaknya bekerja sama dengan tempat makloon jahit.
    -Jika akan membeli mesin/perlengkapan konpeksi, maka belilah mesin/perlegkapan konpeksi yang sesuai dengan keperluan jenis barang/pakaian yang akan diproduksi, serta sediakanlah tempatnya (untuk produksi)

    [balas komentar di sini]

  5. ilham rock bottom says:

    saya masih agak takut rugi,,,
    dan kurang pede buat ngejalaninya

    [balas komentar di sini]

  6. Linda says:

    Mohon diinfo tempat membeli barang2 dibawah ini secara grosir pak,
    -Kain katun
    -Dacron
    -Mesin jahit
    -Mesin pemotong kain
    -Mesin bordir
    untuk mesin2, yang 2nd juga boleh pak supaya lebih murah, terimakasih banyak..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ibu Linda,
    Saya taunya yang di Bandung..

    Kain Katun
    Kalau di Bandung ibu bisa mendapatkan di sepanjang jalan Dulatif, jalan Tamim (keduanya di sekitar pasar baru), dan di jalan Cigondewah.

    Dacron
    Di jalan Oto Iskandar Dinata

    Mesin Jahit, Mesin Pemotong Kain dan Mesin Bordir (kondisi baru dan 2nd)
    Di jalan Oto Iskandar Dinata (dekat persimpangan jalan Jenderal Sudirman), jalan Sudirman (komplek pertokoan belakang bank Mega), jalan Pagarsih (Sebrang Cearo Printing, Pagarsih 25A), di sebuah komplek perumahan antara jalan Holis dan jalan Caringin (tapi saya lupa lagi nama perumahannya) 🙂

    [balas komentar di sini]

  7. della says:

    saya terima makloon jahit kaos oblong, jaket , wangky….siapa tahu ada yang membutuhkan , terima kasih

    [balas komentar di sini]

  8. dadang komara says:

    saya sudah bergerak di bidang konpeksi dari tahun 2002. semua bahan baku dan perlengkapan produksi dari bandung sekitar ps baru dan otista. sekarang mau mencoba terima makloon kalau bisa khusus dari bahan kaos. mungkin ada yang berminat menjalin kerja sama hubungi 0857 9545 1883. alamat saya di cidaun cianjur.

    [balas komentar di sini]

  9. dyah anna maryana says:

    sy sdh mulai belajar memproduksi mukena dan baju2 muslim,pemesanpun lumayan byk,karyawan punya 1org.tp kok aku msh kurang percaya diri.krn semuanya msh manual,mesin potong blm punyaminta saran. terima kasih

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ibu Dyah,

    Berarti Ibu harus percaya diri.. hehe.
    Biasanya pemesan tidak terlalu melihat perlengkapan kok bu… tapi lebih melihat kualitas hasil produksi serta ketepatan waktu pengerjaan sesuai dengan yang dijanjikan.

    [balas komentar di sini]

  10. ria says:

    Kalo dijakarta ada ga pak CP konveksi yg bs menerima menjahit jilbab ? Trus beli bhn2 jilbab yg murah dmn? Sy ada rencana bikin jilbab juga tp mungkin dlm skala kecil… Dan sy belum punya perlengkapan konveksi…mohon saran n idenya pak. Terima kasih

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ibu/Mbak Ria,

    Untuk konpeksian di Jakarta saya tidak mengetahuinya, tapi kalau di Bandung saya mengetahuinya cukup banyak.. hehe

    Untuk bahan yang murah, beberapa tahun yang lalu saat saya masih produksi serta jualan di Waduk Melati.. saya melihat di Tanah Abang juga ada bahan yang dijual dengan harga murah, dan mungkin sekarang juga masih banyak dijual di sana.

    Untuk membikin atau memproduksi jilbab sendiri, baik dalam skala kecil maupun menengah, sebenarnya tanpa perlengkapan konpeksi pun Ibu/Mbak Ria bisa melakukannya, tetapi kembali lagi seperti di atas.. kita harus mendapatkan tempat konpeksian yang mau bekerjasama (makloon jahit) untuk mengerjakannya.

    [balas komentar di sini]

    Rizka Reply:

    Apabila anda membutuhkan maklon jahit jilbab…gamis dll…kami siap membantu dan bekerjasama dengan anda…dan kami menerima juga pembuatan mulai dari pola…sampai jahit siap pakai…sil hub…085216887266…( Rizka )

    [balas komentar di sini]

  11. lany suryati says:

    siang pak, saya Lany. saya baru memulai usaha bergerak di bidang terima jasa makloon untuk sprei, kemeja, kaos, dan lainnya. mohon dibantu pak, jika ada yang mencari jasa makloon. saya juga menerima jasa makloon sepatu pria dan wanita, dari bahan maupun kulit. terima kasih banyak pak. no telp saya yg bisa dihubungi : 022- 5436053, 087821833083. Untuk jasa jahit pakaian muslim atau jilbab pun kami menerima pak. terima kasih

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Bu Lany,

    InsyaAllah komentar Ibu ini akan dilihat oleh mereka yang membutuhkan jasa makloon ya.. sehingga bisa jadi nanti mereka akan menghubungi Ibu di nomor-nomor telepon yang Ibu cantumkan tersebut..

    [balas komentar di sini]

  12. lany suryati says:

    Terima kasih pak, atas doa dan sarannya.

    [balas komentar di sini]

  13. ekihapriawan says:

    saya mohon kalo ada makloonan seprey dan bed cover barangkali ada hub.saya 087823234465 dan 02261337951 busana moslem/gambis juga saya menerima,mohon bantuannya kalo ada informasinya ?

    [balas komentar di sini]

  14. suryono says:

    saya mencari alat pemotong dan penyambung resleting jika anda punya saya berminat membeli terima kasih

    [balas komentar di sini]

  15. sansan says:

    saya sansan menerima jsa makloon saya di bandung kami menerima mkloon jaket,toga,bju kemeja,celana.jika anda berminat hubungi saya di no 02272528559

    [balas komentar di sini]

  16. yolla says:

    Yang merasa konveksi baju fashion wanita yang trend sekarang ini hub saya yaa pin : 28192857 atau 085278733118 . Harga nya kisaran 20-30 . Yang bahan bajunya siffon , kaos , twistcone , spandek . Makasih ya mohon bantuannya 🙁

    [balas komentar di sini]

  17. rosie says:

    saya ingin buka konveksi, tapi msh bingung cari kulakan kain, khususnya katun jepang untuk baju anak, ada yg punya info silahkan hubungi saya 085715157478

    [balas komentar di sini]

  18. wiwin says:

    Says tinggal d bekasi, Ada yang tahu gak jasa makloon d bekasi. Saat INI jasa makloon until hamis, baju Dan kerudung berapa ya…..mohon infonya donng

    [balas komentar di sini]

    Rizka Reply:

    Apabila anda masih membutuhkan jasa maklon jahit kerudng ,gamis, baju koko ,norderan khas tasik, sy siap membantu dan dan bekerjasama dengan anda ..untuk info lebih jelas hub…085216887166…

    [balas komentar di sini]

    Rizka Reply:

    hub.riska colection …085216887266

    [balas komentar di sini]

    wawan Reply:

    Lokasi nya dimna mas

    [balas komentar di sini]

  19. ady says:

    Artikel yang sangat menggugah semangat saya utk memulai usaha, terima kasih banyak ya…sukses selalu

    [balas komentar di sini]

  20. susy susilawati says:

    jika butuh penjahit rumahan hubungi saya dengan nomor telp 085721399529 dan saya siap bekerja sama

    [balas komentar di sini]

    ugie Reply:

    saya biasa mengerjakan bahan buat kerudung dari bahan sifon dan polyspandex kl ibu berminat bisa hub saya di no 081394553106 lokasi saya di bandung kiaracondong bu

    [balas komentar di sini]

  21. dindin says:

    Aslkm….yang mau makloonin baju,kmja,gamis dll.sy siap membantu mengerjakannya sy tinggal di wilayah cileunyi. trimaksih

    [balas komentar di sini]

  22. aep.sudrajat says:

    Jika ada yg membutuhkan jasa jahit tailor jas,kemeja,blser,dll bisa hub saya 08999453530

    [balas komentar di sini]

  23. riksa santosa says:

    Ygingin mengorder pakaian..toko tsiloran fashoin.hubungi 085774484905.daerahpondok gede jakrt timur

    [balas komentar di sini]

  24. naylatumode says:

    Saya membutuhkan penjahit untuk menjahit kerudung dan gamis. Lokasi saya di komplek cempaka arum. Cimencrang. Gedebage. Bandung.
    Apabila ada yg berminat silakan hubungi saya 085224343554 atau bbm 7561cbd5 nayla.

    [balas komentar di sini]

    Rizka Reply:

    Apabila anda membutuhkan maklon jahit seperti kerudung,gamis ,baju koko..bodera..baju seragam dll. kami siap membantu dan kami akan memberikan yang terbaik ….silahkan menghubungi …085216887266..

    [balas komentar di sini]

  25. Lia says:

    Assalamualaikum, Pak saya ingin sekali buka konveksi busana gamis dan jilbab.
    Tp sy tdk tau mesin apa sj biasa nya yg hrs sy butuhkan
    Dan buat gai karyawan sistem nya gmn dan biasa brp ya ??
    Krn saat ini saya usaha busana muslim dan pakai jasa makloon..
    Tp berhub saya sdh mempunyai pelanggan tetap dan saya agak kesusahan bergantung dgn jasa makloon, sbb terkadang karyawan nya ada yg keluar dan ini itu hingga pekerjaan sy terbengkalai..
    Krn itu sy ingin mencoba usaha sendiri..
    Mohon info nya pak..
    Trm.ksh..

    [balas komentar di sini]

  26. Hadi Suryanegara says:

    selamat siang semuanya, mohon bantuanya saya baru mau mulai bisnis,tadinya mau buka konveksi tp modal saya sangat minim sekali jadi saya mau coba usaha menjual kaos distro, mungkin dari aa aa ,teteh teteh ,abang abang dan kakak kakak tau di mana lokasi konveksi kaos distro yg ber kualitas , atau yg di bilang skrng kaos distro surfing premium dll, saya mohon bimbingannya trimakasih sebelumnya, mohon di respon wasslm.

    [balas komentar di sini]

    Hadi Suryanegara Reply:

    sblmnya saya coba untuk mencari di grosir online dan konveksi online rata2 semua tdk bisa cod/langsung ke lokasih itu membuat saya ragu, takut ke tipu, udh modal modal pas2an boleh minjem di bank terus ketipu itu sangat miris bgt, saya mohon bimbingan bpk yg baik hati, trimakasih

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Hadi,

    Harus yang bisa didatangi lokasi usahanya, karena untuk barang konpeksi kita perlu melihat atau memantau kualitas barang/hasil pekerjaan secara langsung. Kalau di Bandung, coba jalan-jalan ke sentra industri kaos di sekitaran jalan Suci.

    [balas komentar di sini]

  27. wawan says:

    Butuh cepat tukang makloon gamis dewasa bahan kaos mix katoon serius hub 082310998334 khusus kota Tasikmalaya

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!