Toshiba Portege T210

January 17, 2011 oleh 10 Komentar
Kategori: Komputer & Gadget 
Toshiba Portege

Antara NB Toshiba Portege T210 dan NB Lenovo ThinkPad Edge 11″

Setelah kehilangan PC jadul CPU Pentium 4, serta monitor kesayangan Samsung SyncMaster B1930 18,5″ LCD Wide Screen si tombol sentuh (hilangnya karena dijual hehe.. ๐Ÿ˜€ ), maka untuk gantinya saya mencari sebuah notebook dengan ukuran 12″ dengan maksud supaya lebih ringan dibawa mobile daripada notebook yang 14″ yang telah ada. Saya pun sengaja mencari notebook dengan ukuran 12″ karena biasanya pada notebook tersebut telah termasuk DVD ROM/RW di dalamnya. Tapi ternyata untuk saat ini notebook dengan monitor ukuran 12″ dengan merk serta desain yang menarik sangat jarang ditemui pasaran.

Akhirnya, setelah keliling-keliling di salah satu pusat penjualan barang elektronik di Bandung, melihat-lihat serta membandingkan berbagai macam notebook yang ada, serta tentu saja disesuaikan dengan anggaran yang ada.. ๐Ÿ™‚ , maka pilihan menyempit kepada 2ย  model dari dua buah merk notebook (yang berbeda) dengan ukuran 11,6″ (terkadang ditulis 11″), yakni notebook Toshiba Portege T210 dan Lenovo ThinkPad Edge 11″ yang dibandrol dengan harga yang sama, yakni di kisaran Rp. 6,5 juta-an, dan tentu saja dengan DVD ROM/RW eksternal.

Wah.. saya sempet bingung juga memilih salah satu diantara keduanya, karena kelebihan serta kekurangan yang terdapat pada masing-masing model dari kedua merk notebook tersebut.

Toshiba Portege T210 vs Lenovo Thinkpad Edge 11"

Ok.. di sini saya tidak akan menyebutkan kelebihan atau kekurangan spec-nya masing-masing secara mendetail, yang jelas yang menarik bagi saya diantara keduanya adalah:

Persamaan:

  • Ada pilihan warna merah tua-nya (saya suka warna merah tua dan biru tua, sayang warna biru tua tidak tersedia pada kedua model tersebut)
  • Mempunyai desain yang sama-sama menarik, elegan, dan slim (walaupun Toshiba Portege T210 terlihat lebih mewah dengan tampilan warna perak beralur pada keyboardnya)
  • Hardisk Drive di 320GB.
  • Monitor 11,6″.
  • Webcam 1,3 MP, Card Reader, WiFi, LAN, Bluetooth terintegrasi.
  • DVD ROM/RW eksternal.
  • Baterre 6-sel Lithium-ion.
Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Perbedaan:

  • Processor Toshiba Portege T210 hanya Intel(R) Pentium(R) Dual Core U5400, sedangkan Lenovo ThinkPad Edge 11″ sudah ke Intel(R) Core(TM) i3 380UM
  • Ketangguhan dan kekuatan body juga dimiliki oleh Lenovo ThinkPad Edge 11″ daripada Toshiba Portege T210. Bahkan kata orang tokonya, bila sampai notebook ini terjatuh, maka tidak akan mengalami kerusakan yang berarti (jatuhnya dari ketinggian rendah kali ya..ย  Coba kalau jatuhnya dari ketinggian 100 meter bagaimana jadinya? ..hehe)
  • Desain Toshiba Portege T210 seperti yang telah saya sebutkan di atas terlihat lebih mewah dengan tampilan warna perak beralur pada keyboardnya.
  • Memori standar keduanya umumnya di 2GB DDR3, tetapi saya mendapatkan toko yang menambahkan bonus 1GB untuk Toshiba Portege T210 sehingga total memorinya menjadi 3GB DDR3.
  • Sistem operasi berupa ยป Genuine Windows(R) 7 Home Premium telah termasuk di notebook Toshiba Portege T210, sedangkan untuk Lenovo ThinkPad Edge 11″ sistem operasi tidak disertakan, kecuali instalasi Windows (bukan original) yang biasanya dilakukan oleh pihak toko/penjual.

Setelah dibanding-bandingkan serta dipikirkan beberapa saat, akhirnya saya memilih Toshiba Portege T210 dibandingkan Lenovo ThinkPad Edge 11″, karena pada Toshiba Portege T210 telah termasuk ยป Genuine Windows(R) 7 Home Premium tadi, walaupun tentu kalau untuk processor Lenovo ThinkPad Edge 11″-lah yang lebih unggul. Dan saya pun berpikir bahwa Toshiba Portege T210 sudah lebih dari cukup untuk menunjang kebutuhan bisnis di internet yang saya jalankan.

Oya.. setelah menawar harga, maka saya mendapatkan harga Rp. 6,4 juta dengan bonus memori 1GB atau total 3GB DDR3 tadi.

Baiklah.. catatan dan sedikit review dari saya dicukupkan sampai di sini.., semoga saja bisa menjadi bahan pertimbangan juga bagi Anda sahabat-sahabat Rumah Cahaya yang kebetulan sedang mencari-cari laptop/notebook/netbook dengan anggaran yang tidak jauh berbeda.. Semoga bermanfaat ๐Ÿ˜‰

Cepi Nugraha

Silahkan dibaca juga:

http://rumahcahaya.com/thosiba-portege-t210/
Bagikan Artikel...

Komentar

10 tanggapan untuk “Toshiba Portege T210”
  1. muh.darwis says:

    thanks reviewnya mas, lebih baik lagi jika ada perbandingan spesifikasi dan gambar notebook keduanya

    kebetulan saya hari ini juga mau beli notebook, bingung diantara 2 pilihan tsb

    btw, ketahanan bateray toshiba t210 bagaimana mas?
    HDD bisa dipartisi ga?
    slot memori ada 1 atau 2 ?

    maturnuwun

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Darwis,
    Memang gambar serta spec yang saya cantumkan di airtikel ini hanya alakadarnya, tetapi insya Allah mas bisa melihat yang lebih lengkap di web yang lainnya ya..

    Untuk ketahanan batterai Thosiba tergantung banyaknya pemakaian juga.. tetapi untuk pemakaian normal adalah antara 2 – 3 jam-an. Hardisknya bisa dipartisi, tetapi hati-hati saat melakukan partisi, jangan sampai OS Windows 7 original yang telah tertanam di hardisknya hilang karena partisi. Dan untuk slot memory kata orang tokonya ada 2, dan saya tidak sempat mengecek lagi.

    [balas komentar di sini]

  2. Maulana Iba says:

    Thanks infonya, seperti nya saya juga mau ambil Toshiba Portege T210..ma kasih

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Maulana,
    Siip mas… semoga awet ya..

    [balas komentar di sini]

  3. Rio says:

    saya juga lagi bingung mau membeli antara 2 laptop ini, kira2 performance nya berbeda jauh tidak ya antara kedua lalptop ini dimana processor Thinkpad Edge 11″ lebih unggul dengan Intel(R) Core(TM) i3 380UM nya dibanding T210 ? terimakasih sebelumnya

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Rio,

    Kalau dilihat dari processor tentulah Thinkpad lebih unggul, karena processor milik Toshiba T210 masih DualCore. Tetapi kalau pekerjaan kita di laptop nantinya tidak terlalu memerlukan kinerja yang sangat tinggi dan hanya pekerjaan-pekerjaan yang standard saja, maka performance kedua laptop tidak terasa jauh berbeda.

    [balas komentar di sini]

  4. Mansye says:

    sip,…. sip,… saya suka Core(TM) i3 380UM nya dibanding T210 , dan saya sudah memilikinya, tapi,… saya lupa beakcup driver, bagi yang punya tolong di share dong alamt linknya,… atau bang admin tolong dong saya minta Win 7 dan Win Xp, thanks,…untuk bantuannya

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Bang Mansye,

    Mohon maaf.., Windows 7 punya saya telah satu paket dengan hardisknya, dan biasanya tidak bisa dicopy untuk digunakan di hardisk lain. Untuk Windows XP original pun saya tidak memilikinya sehingga tidak bisa menyediakan backupnya..

    [balas komentar di sini]

  5. Micky says:

    Mas..mau nanya nih toshiba portege t210 gmana kinerjanya untuk yang sering download aplikasi di internet sama pembuatan video n aplikasi mulimedia lain??
    makasih infox sblumnya mas Ya??

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Micky,

    Mohon maaf.. saya belum tau, karena saya jarang download aplikasi dari internet, serta belum menggunakannya untuk pembuatan video serta mutimedia lain..

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!