Toshiba Portege

Antara NB Toshiba Portege T210 dan NB Lenovo ThinkPad Edge 11″

Setelah kehilangan PC jadul CPU Pentium 4, serta monitor kesayangan Samsung SyncMaster B1930 18,5″ LCD Wide Screen si tombol sentuh (hilangnya karena dijual hehe.. ๐Ÿ˜€ ), maka untuk gantinya saya mencari sebuah notebook dengan ukuran 12″ dengan maksud supaya lebih ringan dibawa mobile daripada notebook yang 14″ yang telah ada. Saya pun sengaja mencari notebook dengan ukuran 12″ karena biasanya pada notebook tersebut telah termasuk DVD ROM/RW di dalamnya. Tapi ternyata untuk saat ini notebook dengan monitor ukuran 12″ dengan merk serta desain yang menarik sangat jarang ditemui pasaran.

Akhirnya, setelah keliling-keliling di salah satu pusat penjualan barang elektronik di Bandung, melihat-lihat serta membandingkan berbagai macam notebook yang ada, serta tentu saja disesuaikan dengan anggaran yang ada.. ๐Ÿ™‚ , maka pilihan menyempit kepada 2ย  model dari dua buah merk notebook (yang berbeda) dengan ukuran 11,6″ (terkadang ditulis 11″), yakni notebook Toshiba Portege T210 dan Lenovo ThinkPad Edge 11″ yang dibandrol dengan harga yang sama, yakni di kisaran Rp. 6,5 juta-an, dan tentu saja dengan DVD ROM/RW eksternal.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Miliki Ebooknya, Dapatkan BONUSNYA!

Wah.. saya sempet bingung juga memilih salah satu diantara keduanya, karena kelebihan serta kekurangan yang terdapat pada masing-masing model dari kedua merk notebook tersebut.

Toshiba Portege T210 vs Lenovo Thinkpad Edge 11"

Ok.. di sini saya tidak akan menyebutkan kelebihan atau kekurangan spec-nya masing-masing secara mendetail, yang jelas yang menarik bagi saya diantara keduanya adalah:

Persamaan:

  • Ada pilihan warna merah tua-nya (saya suka warna merah tua dan biru tua, sayang warna biru tua tidak tersedia pada kedua model tersebut)
  • Mempunyai desain yang sama-sama menarik, elegan, dan slim (walaupun Toshiba Portege T210 terlihat lebih mewah dengan tampilan warna perak beralur pada keyboardnya)
  • Hardisk Drive di 320GB.
  • Monitor 11,6″.
  • Webcam 1,3 MP, Card Reader, WiFi, LAN, Bluetooth terintegrasi.
  • DVD ROM/RW eksternal.
  • Baterre 6-sel Lithium-ion.

Perbedaan:

  • Processor Toshiba Portege T210 hanya Intel(R) Pentium(R) Dual Core U5400, sedangkan Lenovo ThinkPad Edge 11″ sudah ke Intel(R) Core(TM) i3 380UM
  • Ketangguhan dan kekuatan body juga dimiliki oleh Lenovo ThinkPad Edge 11″ daripada Toshiba Portege T210. Bahkan kata orang tokonya, bila sampai notebook ini terjatuh, maka tidak akan mengalami kerusakan yang berarti (jatuhnya dari ketinggian rendah kali ya..ย  Coba kalau jatuhnya dari ketinggian 100 meter bagaimana jadinya? ..hehe)
  • Desain Toshiba Portege T210 seperti yang telah saya sebutkan di atas terlihat lebih mewah dengan tampilan warna perak beralur pada keyboardnya.
  • Memori standar keduanya umumnya di 2GB DDR3, tetapi saya mendapatkan toko yang menambahkan bonus 1GB untuk Toshiba Portege T210 sehingga total memorinya menjadi 3GB DDR3.
  • Sistem operasi berupa ยป Genuine Windows(R) 7 Home Premium telah termasuk di notebook Toshiba Portege T210, sedangkan untuk Lenovo ThinkPad Edge 11″ sistem operasi tidak disertakan, kecuali instalasi Windows (bukan original) yang biasanya dilakukan oleh pihak toko/penjual.

Setelah dibanding-bandingkan serta dipikirkan beberapa saat, akhirnya saya memilih Toshiba Portege T210 dibandingkan Lenovo ThinkPad Edge 11″, karena pada Toshiba Portege T210 telah termasuk ยป Genuine Windows(R) 7 Home Premium tadi, walaupun tentu kalau untuk processor Lenovo ThinkPad Edge 11″-lah yang lebih unggul. Dan saya pun berpikir bahwa Toshiba Portege T210 sudah lebih dari cukup untuk menunjang kebutuhan bisnis di internet yang saya jalankan.

Oya.. setelah menawar harga, maka saya mendapatkan harga Rp. 6,4 juta dengan bonus memori 1GB atau total 3GB DDR3 tadi.

Baiklah.. catatan dan sedikit review dari saya dicukupkan sampai di sini.., semoga saja bisa menjadi bahan pertimbangan juga bagi Anda sahabat-sahabat Rumah Cahaya yang kebetulan sedang mencari-cari laptop/notebook/netbook dengan anggaran yang tidak jauh berbeda.. Semoga bermanfaat ๐Ÿ˜‰

Cepi Nugraha

Silahkan dibaca juga:

http://rumahcahaya.com/thosiba-portege-t210/