telkomsel-flash-telkomsel-flash-unlimited

Telkomsel Flash Unlimited

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Miliki Ebooknya, Dapatkan BONUSNYA!

Apakah Anda menggunakan akses internet dengan Telkomsel Flash seperti halnya saya beserta isteri?. Dan apakah koneksi internet yang Anda gunakan tersebut sering bermasalah?

Kami menggunakan Telkomsel Flash unlimited yang merupakan salah satu produk dari Telkomsel untuk keperluan bisnis online atau internet Marketing yang kami lakukan selama ini, disamping kami juga terkadang menggunakan layanan data internet dari provider atau operator internet yang lain, seperti halnya IM2 Broom unlimited dari Indosat, hanya saja kami belum bisa menikmati kabel internet Speedy dari Telkom, karena tidak adanya jaringan kabel ke wilayah kami (konon, sewaktu dahulu pemerintah desa diundang oleh PT Telkom untuk musyawarah pemasangan jaringan, tidak ada satupun perwakilan pemerintah desa yang datang, sehingga dianggap tidak membutuhkan).

Adapun masalah yang sering terjadi pada koneksi internet Telkomsel Flash kami, yaitu sering lambat atau leled, walaupun tidak pernah terjadi disconnect atau putus koneksi secara tiba-tiba. Masalah terbesarnya mungkin karena sinyal dari Telkomsel yang sampai ke tempat tinggal kami kurang bagus, apalagi akses internet hanya melalui GPRS/GSM, karena jaringan internet 3G maupun 3,5G/HSDPA belum sampai ke tempat tinggal kami yang berada di daerah perbukitan.

Ada beberapa hal yang biasa saya lakukan untuk mengatasi masalah koneksi tersebut, baik dari pengalaman sendiri maupun panduan dari layanan pelanggan/customer service, dan mungkin bisa bermanfaat untuk Anda yang mengalami masalah serupa. Inilah beberapa hal yang biasa saya lakukan tersebut:

  1. Karena saya mendapatkan 2 titik akses atau Access Point Name (APN) dari telkomsel untuk Telkomsel flash unlimited, yaitu APN: internet dan APN: telkomsel, maka bila salah satu APN bermasalah (leled atau tidak bisa diakses), maka saya menggunakan APN yang satu lagi.
  2. Titik Akses atau APN tersebut keduanya mempunyai IP address dinamik (berubah-ubah), terutama untuk APN: internet (kalau APN: telkomsel jarang terjadi perubahan). Sehingga bila salah satu IP address bermasalah, kita bisa memutuskan koneksi (disconnect), dan mengoneksikannya kembali (dial/connect) sehingga mendapatkan IP address yang koneksi internetnya lebih baik atau tidak bermasalah. Anda bisa mengecek IP address di alamat situs: ip-addres.com
  3. Modem yang saya gunakan adalah modem-modem dari handphone, dan diantaranya adalah Sony Ericsson K610i. Selain setting Telkomsel Flash di komputer, bisa juga Telkomsel Flash disetting di handphone tersebut. Terdapat 2 pilihan modus pencarian di handphone, “otomatis” dan “manual”. Saya biasa mengganti modus pencarian tersebut dengan salah satunya, bila yang satu ada masalah, sehingga didapatkan koneksi yang lebih baik.
  4. Pada Sony Ericsson K610i juga ada pilihan untuk 2 jaringan, “GSM dan 3G serta GSM saja. Bila salah satu jaringan ada masalah, maka saya ganti dengan jaringan yang lainnya, kecuali bagi yang telah menikmati akses 3G, tentu akan merasa rugi jika harus menggantinya ke jaringan GSM yaa..??
  5. Terkadang juga karena mungkin adanya masalah dari sebuah jaringan/BTS yang masuk, setelah saya bolak-balik koneksi internet masih tetap bermasalah. Jika saya mendapati demikian, maka saya matikan dulu handphone, dan saya hidupkan kembali untuk mendapatkan koneksi dari jaringan/BTS yang lain sehingga didapat koneksi yang lebih stabil.
  6. Bila koneksi internet sedang bermasalah, layanan pelanggan/customer service Telkomsel juga terkadang menganjurkan saya untuk menginstal ulang koneksi internet pada komputer, atau pun menghapus cookies di browser, sehingga koneksi internet baik kembali.
  7. Dan tidak ketinggalan, ada sebuah pengalaman yang cukup menjengkelkan tapi juga terkadang membuat saya tersenyum bila mengingatnya. Pada suatu waktu setelah saya melakukan dial beberapa kali untuk bisa terhubung ke internet, tetapi internet masih belum juga bisa diakses, bahkan sampai saya tunggu dan mengulangnya dalam waktu beberapa jam kemudian. Akhirnya saya menelpon ke layanan pelanggan Kartu Hallo Telkomsel di 111, dan setelah dia cek ternyata kartu saya diblokir, padahal saya telah membayar tepat pada waktunya. Hal tersebut ternyata akibat dari kesalahan pihak agen tempat saya membayar tagihan bulanan (pembayaran selain di Grapari Telkomsel dan Gerai Telkomsel, bisa juga dilakukan di agen-agen resmi), dan setelah dikonfirmasi kembali dan diperbaiki kesalahan dari pihak agen, maka Kartu Hallo pun aktif dan bisa digunakan untuk akses internet kembali.

Yaa.. memang ada saat-saat dimana saya sudah mencoba dengan berbagai cara seperti tersebut di atas, tetapi akses internet masih bermasalah, mungkin hal tersebut karena banyaknya jumlah pengguna jaringan Telkomsel yang tidak sesuai dengan kapasitas bandwidth yang disediakan, apalagi dengan berbagi atau sharing dengan sesama pengguna internet, sms, dan telepon yang juga semakin bertambah. Jadi tinggal kita tunggu saja penambahan jaringan serta pelayanan yang lebih baik lagi dari para operator/provider… siapapun mereka. 🙂

Semoga bermanfaat…!!! (Cepi Nugraha)

Artikel Terkait: