Teknik Cetak Offset Untuk Beragam Cetakan

Teknik Cetak Offset

Offset Printing

Sahabat.. ketika Anda mengambil sebuah majalah atau selembar brosur dengan gambar berwarna cerah dan teks yang jelas, atau ketika memilih produk dari sebuah katalog, Apakah Anda pernah bertanya-tanya dalam hati, bagaimana barang-barang tersebut dibuat? Barang-barang tersebut pada umumnya dibuat dengan menggunakan teknik cetak offset.

Kita telah sama-sama mengetahui bahwa dalam setiap publikasi ada sejumlah ahli dan profesional yang terlibat di dalam proses kreatif, perencanaan, desain, dan semua cara untuk menghasilkannya. Apapun rencana yang dihasilkan dari usaha kreatif ini, mesin pencetak komersial biasanya telah mengubahnya menjadi produk cetak yang biasa kita lihat dalam kotak surat, meja kerja, dan lemari-lemari buku.

Teknik cetak offset menggunakan teknik pencetakan yang berbeda dengan teknik pencetakan yang lain untuk menghasilkan beragam produk cetak untuk sampai ke hadapan kita, sehingga kita bisa mendapatkan serta membacanya hampir setiap hari. Dan salah satu teknik pada proses pencetakan yang paling umum digunakan untuk produk-produk tersebut adalah teknik cetak offset.

Cetak offset adalah metode pencetakan yang mentransfer gambar bertinta ke selimut karet (blanket), dan kemudian diterapkan pada permukaan cetak berupa kertas atau bahan lainnya. Sebagian besar perusahaan percetakan menggunakan metode ini untuk mereproduksi sejumlah besar dokumen atau barang cetakan seperti brosur, buletin, katalog, kartu undangan, dan lain-lain, karena umumnya biayanya lebih murah jika dibandingkan dengan proses pencetakan lainnya.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Apa yang mesin cetak komersial ini banyak lakukan tujuannya adalah untuk menghasilkan dokumen atau barang cetakan yang desainnya berasal dari komputer untuk kemudian memprosesnya menggunakan mesin cetak offset untuk mendapatkan hasil akhir. Di sisi lain, sebuah pelat atau beberapa pelat cetak diproduksi dari film atau output kertas resolusi tinggi (misalnya kertas kalkir), dimana kemudian dengan teknologi yang terus berkembang, film atau kertas ini tidak selalu digunakan, karena telah ada CTP (Computer To Plate).

Teknik Cetak Offset Masih Populer Hingga Kini

Sampai saat ini teknik cetak offset masih sangat populer, dan sepertinya masih tetap yang paling banyak dipergunakan, walaupun teknik cetak digital juga sudah marak dipergunakan. Alasannya mungkin karena hal-hal berikut ini:

  1. Dibandingkan dengan metode cetak lainnya, biasanya tetap mampu menghasilkan kualitas gambar yang tinggi secara konsisten. Jika dibandingkan dengan pencetakan letterpress, hasil cetak offset memiliki grafis yang lebih tajam dan bersih serta gambar yang lebih presisi, karena selimut karet yang digunakan sesuai dengan permukaan gambar sedang dicetak.
  2. Meskipun biaya peralatan dan pengaturannya cukup tinggi, proses pencetakannya itu sendiri relatif murah.
  3. Pelat cetak yang akan dipasang pada mesin offset, dapat dibuat dengan mudah dan dalam waktu yang singkat.
  4. Pelat cetak memiliki ketahanan yang lebih lama dibandingkan dengan cetak litograf, karena prosesnya menghindari kontak langsung dari pelat ke permukaan pencetakan.

Jadi, pada cetak offset atau offset printing, ada output kertas atau pembuatan film, dimana bahan kimia peka cahaya dan metode fotografi digunakan untuk mentransfer gambar dan teks dari bentuk aslinya (desain) ke pelat cetak, yang kini sudah tidak selalu digunakan karena telah ada mesin CTP yang bisa memproses file desain langsung ke pelat cetak.

Lalu ada juga transfer gambar bertinta ke selimut karet atau blanket, dan kemudian diterapkan pada satu lembar kertas atau bahan lain secara terus menerus tergantung banyaknya jumlah cetakan yang dibutuhkan. Hal ini umumnya digunakan untuk melakukan pekerjaan dengan waktu yang cepat, seperti untuk menghasilkan majalah, kop surat, brosur, kartu undangan, faktur, dan produk-produk percetakan komersial yang lainnya.

Pada dasarnya teknik cetak offset merupakan metoda pencetakan komersial yang sangat populer di dunia, terutama untuk melakukan pekerjaan dengan volume yang tinggi, karena siapapun yang menggunakannya,  insyaallah akan mendapatkan hasil cetak yang berkualitas, dengan biaya cetak yang jauh lebih rendah. Semoga informasi ini bermanfaat… ~ Cepi Nugraha

Bagikan Artikel...
Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!