Tanpa Perlengkapan, Usaha Cetak pun Bisa..!!

Usaha Cetak

Usaha Cetak

Banyak jenis usaha atau bisnis yang bisa kita jalankan tanpa harus mempunyai perlengkapan pendukung untuk usaha tersebut. Berkaitan dengan hal itu, maka saya telah menyebutkan salah satu jenis usahanya pada pembahasan sebelumnya, yaitu jenis usaha usaha konveksi pakaian. Pada kesempatan kali ini pun saya akan menambahkan salah satu jenis usaha lainnya yakni usaha percetakan ke dalam kategori tersebut.

Proses produksi percetakan bisa dikerjakan dengan bermodalkan perlengkapan yang sangat sederhana dengan harga yang relatif murah sampai dengan perlengkapan yang modern dan dengan harga yang cukup bahkan bisa sangat mahal. Contohnya: Perlengkapan sablon manual yang bisa kita miliki hanya dengan mengeluarkan uang puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah, sedangkan perlengkapan cetak offset dan digital printing, untuk memilikinya kita harus mengeluarkan uang jutaan, puluhan juta, ratusan juta, bahkan sampai milyaran rupiah.

Kita tentu saja bisa memiliki salah satu perlengkapan cetak tersebut sesuai dengan kemampuan atau keuangan yang kita miliki, akan tetapi.. tanpa perlengkapan-perlengkapan tersebut kita pun tetap masih bisa melakukannya, dengan syarat adanya orang-orang atau tempat-tempat yang menyediakan jasa makloon cetak. Contohnya:

Bila Anda jalan-jalan ke kota Bandung, maka di beberapa nama jalan seperti di jalan Pagarsih, jalan Kalipah Apo, jalan Pungkur, dan lain sebagainya, banyak orang-orang atau tempat-tempatyang menyediakan jasa makloon cetak tersebut, hal itu bisa dilihat dari tulisan-tulisan yang terpampang di spanduk, papan reklame, dan sebagainya dengan tulisan yang isinya kurang lebih sebagai berikut “ Menerima Makloon Cetak “ bahkan ada juga yang tanpa memajang tulisan-tulisan seperti itu tapi menerima juga jasa makloon cetak. Dan tentu saja kita pun harus tahu juga proses-proses cetak dari awal hingga akhir supaya kita bisa mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilalui.

Pengetahuan yang harus kita miliki untuk bisa menjalankan bisnis percetakan tanpa perlengkapan tersebut seperti:

  • Mengetahui proses dan tempat pra-cetak: Kita harus mengetahui proses pra-cetak, tahu dimana tempat membeli kertas yang murah, dimana ada tempat yang menjual jasa setting komputer untuk desain grafis naskah cetakan, tahu dimana tempat pembuatan film sparasi, dimana tempat pembuatan pelat kertas/aluminium (paper/aluminium plate), dan sebagainya.
  • Mengetahui proses dan tempat cetak: Kita harus mengetahui proses cetak, tahu dimana tempat-tempat yang menerima makloon sablon, makloon dengan mesin cetak offset maupun mesin digital printing.
  • Mengetahui proses pasca cetak atau finishing dan tempat finishing: Kita harus mengetahui proses finishing dan tempat-tempat yang menyediakan makloon untuk proses finishing tersebut.
Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Tapi lebih baik lagi jika kita bisa mengetahui tempat makloon untuk produksi percetakan yang “menyediakan jasa makloon cetak dalam satu atap”, yaitu dari mulai Pra-cetak, cetak, sampai pasca cetak atau finishing.

Pengetahuan-pengetahuan tersebut bisa kita peroleh dengan banyak bertanya kepada kenalan atau teman yang telah lebih dahulu menekuni usaha cetak maupun dengan bertanya kepada orang-orang yang mempunyai atau bekerja di tempat-tempat makloon cetak.

Untuk masalah harga, mereka para penyedia makloon tersebut akan memberi harga yang relatif murah, karena kita dianggap sebagai rekan/partner usahanya. Berbeda jika kita datang ke sana sebagai konsumen langsung/pemakai produk percetakan, maka harga yang berlaku adalah harga “konsumen pada umumnya” (bukan harga rekanan).

Dan bagi yang bertempat tinggal jauh di luar tempat makloon tersebut, komunikasi bisa dilakukan melalui e-mail, telepon, surat dan sebagainya, sedangkan pengiriman bisa melalui kantor pos, maupun jasa-jasa pengiriman paket.

Semoga bermanfaat…!!! (Cepi Nugraha)

Bagikan Artikel...

Komentar

29 tanggapan untuk “Tanpa Perlengkapan, Usaha Cetak pun Bisa..!!”
  1. enda says:

    ass…..
    kenalkan nama saya enda bg…
    saya angat tertarik dgn bisnis percetakan,saya disumtra, tepatnya lagi kuliah dipadang..
    insya alloh kbulan depan udah balik ke jambi…
    rencana bwt buka usaha percetakan dan warnet..
    ada saran bg?
    thanks b4

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Enda, wa’alaikum salam..
    Saran saya, segeralah realisasikan rencana Anda tersebut, jangan ditunda-tunda.. Mulailah melangkah dengan segala kemampuan yang ada, jangan lupa untuk meluruskan niat, cara, serta tujuan.. serta iringilah dengan do’a dan tawakkal, Insya Allah berhasil..

    [balas komentar di sini]

  2. aris hardiyanto says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Saya lagi cari mesin numbering merka oxseen dm430
    baru berapa harganya…..?
    second berapa haraganya…..?
    Minta alamat komplit
    Tolong Secepatnya……?
    Terima kasih sebelumnya……

    [balas komentar di sini]

  3. suriname says:

    assalamu`alaikum bang cepi,..
    saya tertarik dengan tulisan abg tentang makloon percetakan,
    tapi klo untuk jahitan gmn bang?
    ada info ga???
    saya tinggal di jkt selatan,.. dan agak sulit jika harus survey ke bandung..
    mohon masukannya ya bg ^^

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mbak/Mas Suriname, wa’alaikumussalam..
    Untuk makloon jahit pakaian mungkin ya maksudnya? Di tempat kami di wilayah kabupaten Bandung cukup banyak jumlahnya.. cuma tidak semua pemakloon jahit mempunyai peralatan jahit yang lengkap. Jadi kalau untuk survey mungkin gak akan terlalu repot, karena alamatnya nanti bisa kami bantu tunjukkan.

    Saya juga pernah menulikan artikel tentang usaha konpeksi dengan cara makloon di http://rumahcahaya.com/usaha-konpeksi-anda-pun-bisa/

    [balas komentar di sini]

  4. deris says:

    pa law saya minta no hp nya bisa????

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak/Mas Deris,
    Nomer telepon/HP saya ada di http://usahapercetakan.biz/ di bagian agak bawah halaman

    [balas komentar di sini]

  5. Adiputra says:

    Pak, dimana klo mo belajar dan cari pengalaman mengenai bisnis percetakan ini?
    Saya mahasiswa d Bandung.

    Terimakasih..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Adiputra,
    Belajarnya bisa melalui eBook yang saya terbitkan yang bisa langsung untuk dipraktekkan. Apalagi untuk di Bandung, banyak sekali tempat yang mendukung bisnis percetakan yang akan kita jalankan, sehingga bisa dengan mudah kita memulai pengalaman bisnis cetak kita.

    [balas komentar di sini]

  6. Pak Siswanto says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb……
    Halo agan-aganwati…. sekedar sharing neh…Saya mulai buka usaha sablon sejak 1999, alatnya sederhana sekalee… Sekarang sudah kagak dioperasikan lagi. Kalau ada pesenan cetakan, misalkan nota… saya langsung belanja kertas, trus tinggal ngantar ke tukang makloon cetak. Hasilnya tetap lumayan. Jadi saran saya jangan takut kalau kagak punya modal utk beli alat2 yg lumayan mahal harganya, cuma modal ketelatenan, sabar dan tawakkal tentunya kita bisa menjalankan bisnis ini. Terus yang penting kita tahu harga jual, harga bahan, tempat setting/makloon. Lumayan hasilnya looo. Jadi maju terus gan/wati….. Saya di kota Kediri. Nomor HP. saya 085 649 596 246.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Siswanto, wa’alaikumussalam wr. wb.
    Terima kasih telah berbagi.. Insya Allah apa yang Bapak share di sini akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan kita yang lain yang tertarik untuk terjun di bisnis percetakan tetapi mereka sendiri tidak mempunyai perlengkapan cetak.

    [balas komentar di sini]

  7. fastha says:

    Ass. Wr. Wb.
    gimana cara mendownload ebook “belajar usaha percetakan”…?
    makasi sebelumnya ..
    saya punya usaha kecil-kecilan fotocopy, pengetikan, cetak text dokumen warna & hitam,
    cetak foto. saya bisa mengoprasikan prog. photoshop dikit2. saya ingin mengembangkan usaha saya dengan belajar percetakan. banyak permintaan pembuatan kartu nama, undangan, berhubung saya belum bisa akhirnya saya tolak. mohon masukannya..!

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Fastha, wa’alaikumussalam wr. wb.
    Mas bisa mendapatkannya di http://usahapercetakan.biz/ atau bisa langsung ke halaman http://usahapercetakan.biz/order/ untuk pemesanan..

    [balas komentar di sini]

  8. ikhsan says:

    Assalamu’alaikum. Saya broker cetak yang selama ini kalau menerima order terus saya makloonkan. Akhir2 ini saya ada masalah dlam menjalankanya, 1. Pemain semakin banyak,jdi semakin ketat skali,gmana cara-cara cari konsumen 2. konsumen sering pngen liat tempat usha kita, padahal kita ga punya mesin., 3. Sya pengin beli mesin, tpi uang belum mencukupi. Mesin cetak apa yg harganya murah dan bisa diangsur. Tlng dong beri pemecahanya. Syukron.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Ikhsan, wa’alaikumussalam wr. wb.

    Kalau pemecahan masalahnya saya kurang mengetahui apa yang sekiranya tepat bagi mas Ikhsan, tetapi mungkin hal berikut patut dicoba:
    1. Lakukan inovasi terhadap produk cetak yang kita berikan, berikan sikap dan layanan yang lebih ramah serta lebih baik terhadap konsumen yang membuat konsumen merasa nyaman mempercayakan kebutuhan cetaknya kepada kita.
    2. Kalau saya biasanya selalu berterus terang bahwa saya tidak mempunyai perlengkapan cetak, tetapi saya meyakinkan mereka bahwa layanan cetak yang saya berikan harga serta kualitasnya sama dengan percetakan yang mempunyai perlengkapan cetak, sehingga konsumen pun tidak beralih ke tempat lain.
    3. Untuk mesin cetak, silahkan mas berkonsultasi dengan konsultan dan marketingnya di halaman http://rumahcahaya.com/mesin-percetakan.htm

    [balas komentar di sini]

    rumahcetak Reply:

    Mungkin bisa ikutan nimbrung..

    1. saya rasa pertumbuhan permintaan dan konsumen itu lebih besar dari pada produsen atau pelaku percetakan. Sehingga bagaimana anda menjaringnya dengan cara yang lebih inovatif dan cerdas yang terpenting.

    2. Terus terang adalah jawabannya. Sama dengan mas cepi. Itu merupakan kelemahan anda. Tapi tunjukkan kelebihan anda.. misalnya dari segi design, pelayanan, waktu dan kualitas.

    3. mas cepi jago nya.. 😀

    Percetakan Rumahcetak

    [balas komentar di sini]

  9. adhamz says:

    asslmualykm..
    kang, saya berniat pengen usaha di bidang percetakan undangan dan sablon.. kira2 modalnya berapa pling minim??? trus apa saja yang harus di beli?? kebetulan dirumah saya baru ada komputer doang>>> from dhamz cileungsi.. bogor

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Adhamz, w a’alaikumussalam..
    Sebelum membeli perlengkapan-perlengkapan percetakan, saya kira alangkah baiknya bila mas mengenal serta mengerjakan cetakan dengan cara makloon/ongkos cetak terlebih dulu supaya nanti lebih mengetahui perlengkapan-perlengkapan cetak apa saja yang paling sesuai dengan kebutuhan mas..

    [balas komentar di sini]

  10. sonny says:

    saya sekarang memakai mesin xerox ducoprint c1110 b tapi harga tinta asli maupun refil saya rasa masih cukup mahal, yg ingin saya tanyakan mesin offset yg bapak tawarkan itu tinta nya bagaimana apa mudah didapatkan sama harganya murah? trims

    [balas komentar di sini]

  11. aslmkm,
    mas cepi..saya mau nanya (di jawab yaaa) 🙂

    klo qt pny tidak pnya mesin trus qt ng’makloon ke orang lain.. gimna kiat qt mendapatkan orderan yg banyak tanpa kita punya tempat produksi + mesin??
    bagaimana cara agar orang lain percaya terhadap qt?

    dibanding dengan qt pnya tempat produksi dan mesin,
    extrimnya, tanpa kita susah mencari order pun, minimal nya psti ada orang yg mencari tempat percetakan.. dan pasti datang ke tempat percetakan kita,

    trims..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Imam,
    wa’alaikumussalam..

    Pengalaman saya sendiri, bermula dari hanya pasang banner kecil di dinding depan rumah orang tua.. dari kertas, bertuliskan menerima cetak kartu undangan, kartu nama, dan sebagainya. Lalu ada orang yang lihat, tanya-tanya dan order kecil berdatangan, hingga akhirnya ada yang membicarakan dari mulut ke mulut tentang jasa cetak saya.. pada akhirnya order cetak yang besar pun datang juga..

    Intinya tidak lain adalah dari kepuasan konsumen/langganan.. walaupun saya tidak puya mesin, tetapi pelayanan baik yang saya berikan.. itulah yang ternyata dilihat orang.. Ini juga kata langganan saya lho mas..

    Ok. Mungkin jawaban saya kurang nyambung ya.. hehe. Ah.. yang penting mah udah dijawab 😀

    [balas komentar di sini]

    Imam Rosyada RH Reply:

    trimakasih mas cepi atas masukannya,
    moga bisa bermanfaat, amiin

    [balas komentar di sini]

  12. eva wijayanti says:

    ass.wr.wb
    saya sudah mulai menggeluti usaha jasa pembuatan kartu undangan dgn cara “usaha percetakan tanpa perlengkapan” dan mengetahui tempat jasa makloon dlm satu atap. Saya mohon petunjuk bagaimana mengatasi persaingan harga jualnya krn tiap usaha jasa percetakan mempunyai trik usaha sendiri2. Bagaimana kiat usaha mendapat order dan percaya terhadap pelayanan saya.
    trimkasih

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mba Eva,
    wa’alaikumussalam wr. wb.

    Untuk pertanyaan mba Eva semua menurut pengalaman saya selama ini jawabannya adalah ..pelayanan yang baik terhadap customer harus lebih baik daripada yang orang lain berikan.. nanti akan terlihat hasilnya kok ya.. InsyaAllah..

    [balas komentar di sini]

  13. ganda says:

    saya sudah berbisnis percetakan berkisar 2 tahun tanpa punya alat (mesin cetak, dsb) tapi saya tidak maju2 saya selalu kalah harga dengan yang punya mesin, padahal saya sudah ambil untung hanya 10 % kotor dari biaya operasional,
    mohon petunjuknya bagaimana cara saya untuk dapat maju

    [balas komentar di sini]

  14. lukman says:

    Assalamualaikum wr. wb,
    Salam kenal kang Cepi ti simkuring…… salam kenal juga untuk rekan sekalian.
    Perkenalkan saya Lukman asli dari Subang dan sekarang tinggal Purwakarta.
    Pekerjaan keseharian saya adalah seorang guru dan dosen, saya sangat tertarik sekali dengan dunia percetakan dan sekarang mulai menggelutinya.
    Beberapa tahun kebelakang saya sering menggunakan jasa percetakan untuk keperluan sekolah atau kampus, baik itu nota, spanduk dll. Saya seringkali mengalami kekecewaan karena mendapatkan hasil yang kurang maksimal, baik itu hasil cetak maupun desain yang kurang bagus. PAda akhirnya saya berfikir dan termotivasi…..bahwa saya harus memilki keahlian sendiri. Maka saya mengikuti kursus desain grafis…dan hasilnya ALHAMDULILLAH, kini saya bisa memenuhi kebutuhan sendiri, bahkan mulai dapat order dari konsumen. kini saya berencana mengembangkan usaha percetakan saya ini. Mohon sharing ya dari rekan semuanya.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Lukman,
    wa’alaikumussalam wr. wb.

    Hatur nuhun Pak Lukman, salam kenal oge ti sim kuring.
    Duh, sudah menjadi guru dan dosen tapi semangat berwirausahanya masih tetap menggelora, saya sangat salut Pak..

    Dulu saya juga mulanya mengerjakan desain menggunakan jasa setting komputer orang lain. Namun kemudian karena saya menerima orderan dari sebuah industri, saya ingin desainnya lebih teliti, dan kalau tetap menggunakan jasa orang lain walaupun hasilnya memang belum pernah mengecewakan, tapi rasanya tidak enak juga kalau saya banyak minta ini dan itu kepadanya, apalagi di belakang saya banyak yang ngantri juga untuk memakai jasanya. Akhirnya saya pun belajar sendiri secara otodidak, dan alhamdulillah ternyata memang kalau bisa desain sendiri hasilnya lebih terasa memuaskan ya Pak..

    Semoga saja apa yang Bapak rencanakan mendapatkan kemudahan, keberhasilan serta keberkahan dari Allah SWT. Aamiin..

    [balas komentar di sini]

  15. aef says:

    mikum pa haji saya berencana ingin membuka percetakan tanpa alat untuk langkah awal persiapan apa yang mesti di lakukan terimaksih p hji mikum

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang Aef,
    maaf baru bisa saya balas sekarang..

    Kang Aef harus mengetahui langkah apa yang harus dilakukan, darimana dan harus kemana, dari mulai pembuatan desain, proses cetak, hingga finishing beserta dimana saja tempatnya.

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!