Setting Internet SE W200i

Cara Setting Internet

Seperti juga pada Sony Ericsson K610i dan Sony Ericsson K550i yang telah saya bahas di artikel sebelumnya, maka cara setting internet dengan menggunakan HP Sony Ericsson W200i dan “beberapa tipe” Sony Ericsson yang lain pun tidaklah berbeda.

Untuk menggunakan Sony Ericsson W200i sebagai modem supaya bisa melakukan koneksi internet, sebenarnya cukup dengan menginstalasikan software driver SE W200i saja ke dalam komputer, tapi karena beberapa kelebihan dari PC Suite, maka penginstalasian PC Suite pun diperlukan.

PC Suite bisa terlebih dahulu diinstalasikan daripada driver atau juga sebaliknya, drivernya terlebih dahulu yang diinstalkan.

Langkah-langkah instalasi PC Suite:

  • Masukkan CD driver, maka otomatis akan running dan muncul star up bertuliskan “Wellcome to Sony Ericsson Mobile Phone Support software installer”. Atau jika PC Suite terdapat di dalam hardisk komputer, klik Start untuk running dan memunculkan start up tersebut, atau juga jika langsung menuju klik Setup.
  • Pilih bahasa, “English” misalnya.
  • Pilih menu PC Suite, dan klik Install
  • Ikuti langkah-langkah penginstallan > klik Next > pilih I accept the terms in the license agreement > klik Next > pilih tipe setup, apakah “complete” atau “costum” install (kalau saya memilih complete, karena semua instalasi tersebut saya perlukan untuk mempermudah koneksi dari hp ke komputer, baik untuk koneksi internet maupun transfer file. Tapi Anda boleh saja memilih costume dan hanya menginstal untuk keperluan koneksi internet saja, namun jika bingung memilihnya, maka pilihlah complete) > klik Next > klik Install untuk memulai instalasi. Setelah selesai, pilih Launch Sony Ericsson PC Suite dan > klik Finish.

Langkah-langkah instalasi driver:

  • Sambungkan HP Anda dengan komputer atau note book/laptop menggunakan kabel data.
  • Akan muncul tulisan “Welcome to the Found New Hardware Wizard”. Pemunculan ini sampai beberapa kali, yang menandakan telah ditemukan beberapa perangkat keras baru dan memerlukan penginstalan. Di sini Anda boleh menginstal seluruh New Hardware atau hanya untuk kepentingan koneksi internet saja, dengan cara “cancel” New hardware yang tidak diperlukan, tapi bila masih bingung memilih, maka instalkan saja seluruhnya.
  • Di sana ada pertanyaan, Can Windows connect to Windows Update to search for software? Maka pilih “Yes this time only” dan > klik next > pilih Instal the software automatically (Recommended) atau pilih install from a list specific location (Advanced), lalu klik Next > klik Continue Anyway > klik Finish dan hardware baru pun (seperti modem, dsb telah siap digunakan.
Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Setelah langkah-langkah tersebut di atas, biasanya PC Suite meminta “synchronise” dengan hardware, ikuti saja langkah-langkahnya hingga Finish. Setelah terjadi Synchronise, maka baru kita lanjutkan dengan…

Setting internet:

  • Pada Tampilan Sony erricsson PC Suite, klik Mobile Networking Wizard
  • Klik File atau Connect
  • Untuk koneksi dengan jaringan GPRS/3G, pilih Paket Switched Data > klik Next > klik Next > Connection Name isi apa saja, Telkomsel flash, Indosat, atau nama Handphone misalnya, dan sebaiknya pilih juga place shorchut to this connection on the desktop > lalu klik Next > pilih Manual mode > klik Next > isi Access Point Name (APN) sesuai dengan APN operator Internet Anda > klik Next > isi User ID dan Password dari operator > klik Next > klik Finish, dan koneksi internet pun telah siap disambungkan dengan cara klik Connection Name yang Anda masukkan tadi dan klik Connect atau klik 2 kali Connection Name tadi.
  • Setelah tersambung, maka akses internet pun telah bisa Anda nikmati dengan HP SE W200i tersebut sebagai modem.

Selain dengan kabel data, koneksi internet ke komputer dengan menggunakan HP SE W200i sebagai modem pun bisa melalui Infrared, dan tentu saja dengan settingan yang sedikit berbeda.

Catatan: Pastikan bahwa layanan internet Anda telah diaktifkan oleh operator/provider.

Semoga bermanfaat…!!! (Cepi Nugraha)

Artikel terkait:

Bagikan Artikel...

Komentar

53 tanggapan untuk “Setting Internet SE W200i”
  1. wendy kampar says:

    wah bisa internetan nih, thanks tikelnya ya..

    [balas komentar di sini]

  2. mezzaluna says:

    thanks banget..ni yg q cari2

    [balas komentar di sini]

  3. nurul rohman says:

    mas tolong saya minta driver sony ericsson w200i

    [balas komentar di sini]

  4. herlindo says:

    tks mas..info yg berguna dan sdh bisa sy nikmati…tq tq

    [balas komentar di sini]

  5. andi says:

    kang, w200i kan bisa make tema yang make flash lite tuh, dulu abdi udah bikin artikel tentang cara nambah flashnya di w200i, tapi lupa caranya, gimana kalo akang bikin post tentang cara nambah tema flash di w200i

    [balas komentar di sini]

  6. alikin says:

    thanks abiiizz nhi boz atas bantuan’y, smoga makin banyak yg buka nih blog. amin…

    [balas komentar di sini]

  7. TAMA says:

    THNX BRO

    KEBETULAN HP QU W200i
    SO BSA DIPAKE MODEM JUGA

    [balas komentar di sini]

  8. saeful hakim says:

    saya pake gsm M3.
    saya bingung ngisi APN nya serta user ID n paswordnya apa. di tunggu balasannya
    nuhu..n

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas saeful,
    sebenarnya saya belum pernah menggunakan Indosat M3 untuk akses internet. Tetapi teman-teman yang lain yang menggunakannya.. biasanya menggunakan Acces Point Name (APN), User Name, dan Password seperti ini:

    IM3 parameter setting Time Based (biaya dihitung per menit):

    Access Point Name:www.indosat-m3.net atau indosatgprs
    User Name: indosat@durasi
    Password: indosat@durasi

    Im3 parameter setting Volume Based (biaya dihitung per kilobyte):

    Access Point Name:www.indosat-m3.net atau indosatgprs
    User Name: indosat atau gprs
    Password: indosat atau im3

    [balas komentar di sini]

  9. Iwan says:

    Mas, bagaimana dengan Operator Telkomsel (Kartu Hallo) untuk setting APN, user ID dan paswordnya. Tolong dibalasnya.
    Tq-Iwan

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    mas Iwan,
    Untuk Kartu hallo Telkomsel Flash Unlimited seperti yang saya gunakan:

    Access Point Name: internet atau telkomsel
    User Name: dikosongkan
    Password: dikosongkan

    Sedangkan untuk setting internet produk Telkomsel yang lain baik Kartu Hallo paket lain, Kartu As atau Simpati, biasanya masih bisa dengan settingan seperti di atas, atau juga seperti ini:

    Access Point Name: telkomsel
    User Name: wap
    Password: wap123

    [balas komentar di sini]

  10. Edi says:

    saya sudah pernah coba tapi ga berhasil..mungkin cara dari lebih bisa berhasil..Thanks Brooo..!!

    [balas komentar di sini]

  11. shofi says:

    mz kalo caranya lewat infrared gmn????
    tolong donk kasih tahu…..
    klo q ada CD drivernya berrt g bisa install…..
    trs ada cara lain ga yach selain install???
    tolong balas mz…….
    saya butuh banget…..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    De Shofi,
    Harus ada infrared juga di komputernya, lalu hubungkan dg infrared yg ada di HP, dan lakukan instal supaya modem HP-nya terdetek di komputer. Gak ada cara lain selain diinstal.., kecuali menggunakan modem eksternal biasa yg “auto instal” diantaranya dari merk Huawai.

    [balas komentar di sini]

  12. surya says:

    salam kenal,saya mau tau bgaimana cara nya w200i biar bisa jd modem apa aja yg d perlu kan.saya sngat butuh info ny.sebelum ny terima kasih.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    mas Surya, salam kenal juga..
    Agar Sonny Ericcson W200i bisa dijadikan modem, harus ada modem driver serta kabel data yang biasanya sudah terdapat dalam dus bawaannya. Kalau tidak ada, bisa mas dapatkan di toko2 aksesoris hp. Bisa juga koneksi antara komputer dan hp dilakukan melalui infrared, tetapi dg settingan yg sedikit berbeda.

    [balas komentar di sini]

  13. Nurochmah Hidayati says:

    salam kenal,

    mau konsultasi mas.

    saya sudah setting koneksi sesuai petunjuk tapi kok tetap tidak bisa ya??? ERRORNYA : Registering computer on the network. Error 734 : the PPP link control protocol was terminated. Solusinya gimana Yaaaa?????

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mbak Nurochmah, Salam kenal juga…

    Mbak..,
    – Pastikan kembali bahwa layanan akses internet telah diaktifkan sebelumnya oleh provider/operator internet.
    – Periksa kembali APN, User name, serta Password barangkali masih ada yg keliru.
    – Perhatikan apakah komputer dan hp sudah benar2 sinkron, tandanya sinkron pada SE W200i adalah battere otomatis charger, serta pada tampilan/display gambar battere di LCD hp ada lambang petir.
    – Mungkin juga karena ada gangguan di jaringan/provider internet.

    Nah.., pengalaman saya adalah hal-hal tersebut yg mengakibatkan kejadian seperti yang mbak alami.

    [balas komentar di sini]

  14. Rian says:

    Mz,Q mw tnya,saya kan pakai hp w200i,trus Q pakek no telkomsel,knp koQ g’ bs?
    Mz ntar tlg di blz di e-mail Q ia..di rian.damara@yahoo.co.id

    [balas komentar di sini]

  15. niFA says:

    ass
    mas mo nanya nie
    cara ngaktifin voucher internet indosat gmanasich??
    coz dah brapa kali nifa coba g mau

    trus anti firus apa ya yang bagus ntuk w200i?

    makasih

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    mas/mbak niFA, wa’alaikum salam..
    Duuh.. maaf ya, saya belum mengetahui jawaban dari apa yang mas/mbak tanyakan..

    [balas komentar di sini]

  16. Na says:

    Mas cranya nyetting modem pk k610i gmn?Kl bz krm k emailQ y mas,maph,dah nyari fbnya mas cepi tp bnyak bgd yg namax cepi . .

    [balas komentar di sini]

  17. Firman ahong says:

    askum maz..
    mz mw tx, kalau w200i tidak ad cd driverx gmana? trz cra dapetin PC suitex gmana? lok memang ad alamat web yg menyediakan hal tsbt beri tw saya mz.

    [balas komentar di sini]

  18. panji says:

    mas untuk nokia 7610 bisa gg dijadiin modem??please jawab segera ya lok bisa bales ke emailku..sekalian cara2nya.thnks b4

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas panji,
    Maaf.. saya belum pernah coba, sehingga belum tau bisa atau tidaknya Nokia 7610 tersebut dijadikan modem internet.

    [balas komentar di sini]

  19. alfred says:

    saya minta petunjuk untuk seting internet hp se w200i.maksud saya kita stel di menu pengaturan

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas alfred,
    Petunjuk saya ini merupakan petunjuk untuk berinternet di komputer dan hp SE W200i digunakan sebagai modemnya. Jadi settingan ini hanya dilakukan di komputer.

    [balas komentar di sini]

  20. ratni says:

    terima kasih atas info di blognya. saya udah nyoba instal pc nya tapi pas connect dengan hp ujung-ujungnya muncul tulisan hp tidak bisa menerima permintaan operasi tersebut. itu bagaimanna ya. hp saya se w200i dan karti telkom. terimakasih jawabannya…

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mbak Ratni,
    Apakah sudah sesuai User Name, Password, atau APN (bila diminta) yang dimasukkan dengan yang diberikan oleh operator (Telkomsel) yang mbak gunakan?

    [balas komentar di sini]

  21. Amir says:

    mas klw g da drivernya gmna ?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    mas Amir,
    Bisa dengan mencoba mencarinya di internet, pinjam sama teman yang punya, atau dengan cara mendatangi toko-toko aksesoris hp untuk meminta copy/backupnya.

    [balas komentar di sini]

  22. prayit says:

    susah banget mas,gak bisa aku………..

    [balas komentar di sini]

  23. Q Ingin Bisa says:

    salam kenal sobat…izin kopy posting diatas yah….postingannya bermanfaat buat saya…!!!ok sukses sll terimakasih sebelumnya…

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Q Ingin Bisa, Salam kenal kembali..
    Terima kasih seandainya bermanfaat, serta terima kasih pula atas do’anya.
    Silahkan dicopy paste. Bila akan dijadikan artikel blog kembali, maka saya mohon untuk memberi backlink ke blog ini sebagai sumber aslinya ya?? 🙂

    [balas komentar di sini]

  24. Erwinsyah Ardi says:

    Mas saya sudah bisa pake modemnya, saya pake w200i. ada tips g mas buat mempercepat aksesnya??

    MAkasih…

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Erwinsyah,
    Tips untuk mempercepat aksesnya saya tidak punya, karena SE W200i hanya support GPRS dengan kecepatan up to 64 Kbps. Tetapi limit bandwidth pada komputernya bisa disetting pada angka 0, serta settingan bisa dilakukan pula pada browser yang digunakan, tetapi mohon maaf saya belum menuliskan panduannya di blog ini.

    [balas komentar di sini]

  25. edy says:

    Terimakasih banyak Bang, atas infonya. Mudah-mudahan nanti bisa setelah di coba. Semoha web anda makin banyak pengunjungnya, dan ‘pemasukkannya’ makin banyak.

    Terimakasih sekali lagi.

    edy
    Banjarmasin

    [balas komentar di sini]

  26. edy says:

    Alhamdulillah sudah bisa konek, meski lelet. Lumayan juga.
    Makasih.

    [balas komentar di sini]

  27. ees says:

    gmana cara membuka progam yang berfungsi,,soalnya hp aku tidak mau di star.. dan bila di star hanya lampu layar yang hidup itu berwarna putih dan hanya mati hidup saja

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ees,
    Memang ada program yang bisa didownload di internet untuk masalah tersebut, Anda bisa mencarinya di situs-situs forum ponsel. Tetapi kalau kesulitan untuk mengatasinya sendiri, sebaiknya dibawa ke gerai service HP untuk diflashing, dll.

    [balas komentar di sini]

  28. ophe says:

    tq banget buat infonya…
    lagi nyari banget ini..
    tp kalo soal isi user id ama passwordny dari operator itu gmn yak??
    masi bingung,,,

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ophe,
    User dan password bisa ditanyakan ke layanan pelanggan GSM yang Anda pakai..

    [balas komentar di sini]

  29. Thubay ali f bbs says:

    aslmkm mas cepi, akhirnya sya bisa
    ngnet juga dngan m0dem hp w20o. namun sya ingin bertanya kalau hp sony w200 ngnet paling murah pake kartu gsm apa YA?. .trimksh

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Thubay, wa’alaikumussalam..
    Kartu 3 (Three) ada yg paket unlimited 25 rb/bulan, atau IM2 Broom Unlimited (kalau promosi paket merdekanya diperpanjang ke tahun 2011) Rp. 50 ribu/bulan.

    [balas komentar di sini]

  30. Rivan syahril yudhistira abraham says:

    Om , kok hp sony saya tipe w200i …
    tidak bisa sms , waktu itu saya iseng ke setting di pesan , pesan teks , di pusat pelayanan ada angka ? nah gak sengaja saya hapus ? setelah itu saya sms kok gak bisa ya ? kenapa om ? bales ya

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Rivan,
    Ya, itulah sebabnya kenapa Rivan gak bisa kirim sms, karena angka/nomer Pusat Pelayanan tersebut terhapus.

    Coba lengkapi kembali angka/nomer Pusat Layanannya. Caranya, lihat angka/nomer Pusat Pelayanan di settingan pesan hp milik teman/saudara yang menggunakan “kartu yang serupa”. Jadi masalahnya bukan pada hp-nya sendiri.

    [balas komentar di sini]

  31. bayu says:

    assalamualaikum mas ceppy, aku ada masalah neyh,, aku dah install pc suitenya tapi kok pas nancepin hpnya ga ada tulisan welcome new hardware wizard? trus aku masuk lewat mode telepon tpi gg bz konek ke pc, apa mesti lewat mode file trasfer, pas ku coba malah disuruh lewat mode telepon, tpi kok gg konek? tolong d jawab mas aku bngung kartu ku axis! wassalam,,

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Bayu, wa’alaikumussalam

    Hal tersebut bisa saja karena ada masalah di kabel data, tetapi bisa juga HP SE W200i-nya yang tidak terbaca oleh komputer. Soalnya saya dulu pernah mengalami, di komputer satu bisa terbaca, tetapi di komputer lainnya tidak terbaca, padahal OS-nya sama-sama Windows XP.

    Untuk menggunakan internet bisa kita ‘tidak’ memilih salah satunya (mode file transfer atau telepon), atau bisa kita pilih yang mode telepon, bukan yang file transfer.

    Tetap tidak bisa konek tersebut bisa jadi memang karena ada masalah dengan sambungan HP dan telepon, atau bisa juga salah settingan internetnya. Maaf saya tidak bisa memastikan karena saya tidak mencobanya secara langsung sehingga tidak mengetahui permasalahan yang terjadi.

    [balas komentar di sini]

  32. Bimantara says:

    maaf gan…
    itu perlu aplikasi ato driver laen ga ????
    tolong infonya…
    makasiii

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Bimantara,

    Driver untuk kabel data serta driver modemnya ada dalam CD bawaannya.

    [balas komentar di sini]

  33. donny agustian says:

    Yang bisa dipake di LINUX, yang mana mas????

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Donny,

    Mohon maaf, saya belum pernah mencobanya untuk LINUX…

    [balas komentar di sini]

  34. donny agustian says:

    untuk linux??

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!