Cara Setting Internet

Seperti juga pada Sony Ericsson K610i dan Sony Ericsson K550i yang telah saya bahas di artikel sebelumnya, maka cara setting internet dengan menggunakan HP Sony Ericsson W200i dan “beberapa tipe” Sony Ericsson yang lain pun tidaklah berbeda.

Untuk menggunakan Sony Ericsson W200i sebagai modem supaya bisa melakukan koneksi internet, sebenarnya cukup dengan menginstalasikan software driver SE W200i saja ke dalam komputer, tapi karena beberapa kelebihan dari PC Suite, maka penginstalasian PC Suite pun diperlukan.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Miliki Ebooknya, Dapatkan BONUSNYA!

PC Suite bisa terlebih dahulu diinstalasikan daripada driver atau juga sebaliknya, drivernya terlebih dahulu yang diinstalkan.

Langkah-langkah instalasi PC Suite:

  • Masukkan CD driver, maka otomatis akan running dan muncul star up bertuliskan “Wellcome to Sony Ericsson Mobile Phone Support software installer”. Atau jika PC Suite terdapat di dalam hardisk komputer, klik Start untuk running dan memunculkan start up tersebut, atau juga jika langsung menuju klik Setup.
  • Pilih bahasa, “English” misalnya.
  • Pilih menu PC Suite, dan klik Install
  • Ikuti langkah-langkah penginstallan > klik Next > pilih I accept the terms in the license agreement > klik Next > pilih tipe setup, apakah “complete” atau “costum” install (kalau saya memilih complete, karena semua instalasi tersebut saya perlukan untuk mempermudah koneksi dari hp ke komputer, baik untuk koneksi internet maupun transfer file. Tapi Anda boleh saja memilih costume dan hanya menginstal untuk keperluan koneksi internet saja, namun jika bingung memilihnya, maka pilihlah complete) > klik Next > klik Install untuk memulai instalasi. Setelah selesai, pilih Launch Sony Ericsson PC Suite dan > klik Finish.

Langkah-langkah instalasi driver:

  • Sambungkan HP Anda dengan komputer atau note book/laptop menggunakan kabel data.
  • Akan muncul tulisan “Welcome to the Found New Hardware Wizard”. Pemunculan ini sampai beberapa kali, yang menandakan telah ditemukan beberapa perangkat keras baru dan memerlukan penginstalan. Di sini Anda boleh menginstal seluruh New Hardware atau hanya untuk kepentingan koneksi internet saja, dengan cara “cancel” New hardware yang tidak diperlukan, tapi bila masih bingung memilih, maka instalkan saja seluruhnya.
  • Di sana ada pertanyaan, Can Windows connect to Windows Update to search for software? Maka pilih “Yes this time only” dan > klik next > pilih Instal the software automatically (Recommended) atau pilih install from a list specific location (Advanced), lalu klik Next > klik Continue Anyway > klik Finish dan hardware baru pun (seperti modem, dsb telah siap digunakan.

Setelah langkah-langkah tersebut di atas, biasanya PC Suite meminta “synchronise” dengan hardware, ikuti saja langkah-langkahnya hingga Finish. Setelah terjadi Synchronise, maka baru kita lanjutkan dengan…

Setting internet:

  • Pada Tampilan Sony erricsson PC Suite, klik Mobile Networking Wizard
  • Klik File atau Connect
  • Untuk koneksi dengan jaringan GPRS/3G, pilih Paket Switched Data > klik Next > klik Next > Connection Name isi apa saja, Telkomsel flash, Indosat, atau nama Handphone misalnya, dan sebaiknya pilih juga place shorchut to this connection on the desktop > lalu klik Next > pilih Manual mode > klik Next > isi Access Point Name (APN) sesuai dengan APN operator Internet Anda > klik Next > isi User ID dan Password dari operator > klik Next > klik Finish, dan koneksi internet pun telah siap disambungkan dengan cara klik Connection Name yang Anda masukkan tadi dan klik Connect atau klik 2 kali Connection Name tadi.
  • Setelah tersambung, maka akses internet pun telah bisa Anda nikmati dengan HP SE W200i tersebut sebagai modem.

Selain dengan kabel data, koneksi internet ke komputer dengan menggunakan HP SE W200i sebagai modem pun bisa melalui Infrared, dan tentu saja dengan settingan yang sedikit berbeda.

Catatan: Pastikan bahwa layanan internet Anda telah diaktifkan oleh operator/provider.

Semoga bermanfaat…!!! (Cepi Nugraha)

Artikel terkait: