Setting Internet SE K550i

Cara Setting Internet

Cara setting internet dengan menggunakan handphone Sony Ericsson K550i ini berlaku juga untuk “beberapa” tipe Sony Ericsson yang lain, seperti pada Sony Ericsson K610i, dan sebagainya.

Untuk menggunakan Sony Ericsson K550i sebagai modem sehingga bisa koneksi intenet melalui komputer, sebenarnya cukup dengan menginstalasikan software driver SE K550i saja ke dalam komputer, tapi karena beberapa kelebihan dari PC Suite, maka penginstalasian PC Suite pun diperlukan.

PC Suite bisa terlebih dahulu diinstalasikan daripada driver atau juga sebaliknya, drivernya terlebih dahulu yang diinstalkan.

Langkah-langkah instalasi PC Suite:

  • Masukkan CD driver, maka otomatis akan running dan muncul star up bertuliskan “Wellcome to Sony Ericsson Mobile Phone Support software installer”. Atau jika PC Suite terdapat di dalam hardisk komputer, klik Start untuk running dan memunculkan start up tersebut, atau juga jika langsung menuju klik Setup.
  • Pilih bahasa, “English” misalnya.
  • Pilih menu PC Suite, dan klik Install
  • Ikuti langkah-langkah penginstallan > klik Next > pilih I accept the terms in the license agreement > klik Next > pilih tipe setup, apakah “complete” atau “costum” install (kalau saya memilih complete, karena semua instalasi tersebut saya perlukan untuk mempermudah koneksi dari hp ke komputer, baik untuk koneksi internet maupun transfer file. Tapi Anda boleh saja memilih costume dan hanya menginstal untuk keperluan koneksi internet saja, namun jika bingung memilihnya, maka pilihlah complete) > klik Next > klik Install untuk memulai instalasi. Setelah selesai, pilih Launch Sony Ericsson PC Suite dan > klik Finish.

Langkah-langkah instalasi driver:

  • Pastikan HP SE K550i Anda dalam keadaan ON.
  • Sambungkan HP Anda dengan komputer atau note book/laptop menggunakan kabel data.
  • Akan muncul tulisan “Welcome to the Found New Hardware Wizard”. Pemunculan ini sampai beberapa kali, yang menandakan telah ditemukan beberapa perangkat keras baru dan memerlukan penginstalan. Di sini Anda boleh menginstal seluruh New Hardware atau hanya untuk kepentingan koneksi internet saja, dengan cara “cancel” New hardware yang tidak diperlukan, tapi bila masih bingung memilih, maka instalkan saja seluruhnya.
  • Di sana ada pertanyaan, Can Windows connect to Windows Update to search for software? Maka pilih “Yes this time only” dan > klik next > pilih Instal the software automatically (Recommended) atau pilih install from a list specific location (Advanced), lalu klik Next > klik Continue Anyway > klik Finish dan hardware baru pun (seperti modem, dsb telah siap digunakan.
Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Setelah langkah-langkah tersebut di atas, biasanya PC Suite meminta “synchronise” dengan hardware, ikuti saja langkah-langkahnya hingga Finish. Setelah terjadi Synchronise, maka baru kita lanjutkan dengan…

Setting internet:

  • Pada Tampilan Sony erricsson PC Suite, klik Mobile Networking Wizard
  • Klik File atau Connect
  • Untuk koneksi dengan jaringan GPRS/3G, pilih Paket Switched Data > klik Next > klik Next > Connection Name isi apa saja, Telkomsel flash, Indosat, atau nama Handphone misalnya, dan sebaiknya pilih juga place shorchut to this connection on the desktop > lalu klik Next > pilih Manual mode > klik Next > isi Access Point Name (APN) sesuai dengan APN operator Internet Anda > klik Next > isi User ID dan Password dari operator > klik Next > klik Finish, dan koneksi internet pun telah siap disambungkan dengan cara klik Connection Name yang Anda masukkan tadi dan klik Connect atau klik 2 kali Connection Name tadi.
  • Setelah tersambung, maka akses internet pun telah bisa Anda nikmati dengan HP SE K550i tersebut sebagai modem.

Selain dengan kabel data, koneksi internet ke komputer dengan menggunakan HP SE K550i sebagai modem pun, bisa melalui bluetooth atau Infrared, dan tentu saja dengan settingan yang sedikit berbeda.

Catatan: Pastikan bahwa layanan internet Anda telah diaktifkan oleh operator/provider.

Semoga bermanfaat…!!! (Cepi Nugraha)

Artikel terkait:

Bagikan Artikel...

Komentar

39 tanggapan untuk “Setting Internet SE K550i”
  1. Jefly says:

    Selamat Tahun Baru Juga Mas Cepi

    Terima kasih ya atas jawabannya.yang sangat memuaskan.

    [balas komentar di sini]

  2. Jefly says:

    Saya telah coba berulangkali menginstal PC suite Sony Ericson W200i.
    berhasil seperti yang telah mas cepi ajarkan,hingga singkronisasi berhasil.
    tetapi pas pada Setting internet:

    * Pada Tampilan Sony erricsson PC Suite,klik Mobile Networking Wizard

    * Klik File atau Connect

    Mobile networking wizard tidak aktif dan new connect juga tidak aktif,
    sehingga saya tidak bisa melakukan penyetingan.sedangkan GPRS HP saya
    aktif dengan baik,dibuktikan dengan bisa melakukan browsing internet di HP saya.
    dan untuk HP masih dalam keadaan baru.dan saya telah coba upgrade windows xp sp1 ke sp2
    dan hasilnya tetap sama.apa saya perlu format total windows dan insta xp sp2? dan
    Pertanyaannya Apa penyebabnya dan apakah ada masalah pada HP,PC,/Windows dll.
    Atas Jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    [balas komentar di sini]

  3. Cepi Nugraha says:

    Mas Jefly,
    Coba lakukan langkah2 ini satu persatu dulu, jika gagal yg ke 1, maka coba yg ke 2 dst.:
    1.Coba perhatikan kembali, apakah sinkronisasi benar2 telah berhasil? karena jika berhasil biasanya Mobile Networking wizard dan New Connection akan aktif (tandanya aktif adalah: bila diklik desktop icon SE PC Suitenya, maka akan ada gambar laptop dan hp yg terhubung sinkron dg warna hijau)
    2.Restart dulu baik hp atau PCnya.
    3.Uninstal saja dulu semua software driver&PC Suitenya. Lalu balikan cara instalnya yaitu: driver dulu, baru PC Suite.

    Saya kira masalah hanya pada sinkronisasi saja, bukan pada yg lainnya.

    [balas komentar di sini]

  4. dafa says:

    ok deh saya coba mas, hp saya pake K500i,
    tapi kira2 bisa gak langganan indosat 3.5G unlimitednya ,soalnya hp trsbt kan blom 3 G ya..
    klo pada sempet maen2 ya keblog cari income internet

    [balas komentar di sini]

  5. Cepi Nugraha says:

    Mas/mbak Dafa,
    Untuk hp-hp yang tidak ada 3G-nya atau di daerah yang belum ada 3G-nya, Layanan Indosat 3.5G unlimited/IM2 Broom unlimited/Telkomsel Flash Unlimited/layanan GSM yang lain, bisa diakses melalui GPRS dan Anda bisa berlangganan.

    [balas komentar di sini]

  6. Cepi Nugraha says:

    Mas Oji,
    Maaf.. pertanyaan dari Anda saya alihkan ke sini, karena di sini lebih sesuai 🙂
    Mengenai pertanyaan Anda:
    Hp sy K550i..mau dijadikan modem,sudah sy instal PC suitnya dikmpter,sprti ptunjuk anda,tp blm brhsil jg..data yg muncul.’delete your acount in mobile phone’…sy tdk th Accses Point Name nya diisi apa ya..trims.
    Maka jawaban saya:
    Hapus 1 atau lebih Data Account di hp Anda, yaitu di Komunikasi Data pada menu Setting, hal tersebut terjadi karena beberapa kali settingan yang menyebabkan account data di hp penuh.
    Untuk Access Point Name (APN) silahkan Anda hubungi operator/provider Internet yg Anda gunakan. Kalau untuk Telkomsel Flash biasanya diisi dg “internet” atau “telkomsel” dll. Kalau untuk Indosat M2 biasanya diisi dg “indosatm2”. Jadi untuk setiap operator biasanya berbeda APNnya.

    [balas komentar di sini]

  7. Oji says:

    Mas Cepy yg trhormat..Instal K550i sy sudah hmpir brhsil..sudah Conect, tp blm brhsil buka..tampilan terakhir: (734) The PPP link Control protocol was termined., di Select modem dipilih apa ya..K550i serial modem koq tdk ada,dan apa portnya salah…Thanks Mas Cepy,jadi ngrepotin anda nih.

    [balas komentar di sini]

  8. Cepi Nugraha says:

    Pengalaman saya, tampilan “(734)The…” tsb. Akibat:
    – sinyal GPRS dari operator sedang gangguan
    – Ada yang salah dalam melakukan Setting Koneksi, apakah itu APN, user name atau password atau yg lain.
    Biasanya, kalau menggunakan PC Suite, maka secara otomatis modem K5501 tersebut terdeteksi dan terpilih pd saat setting koneksi. Coba sambungkan hp ke komputer, lalu klik Start > My Computer > klik kanan > PROPERTIES > Hardware > Device Manager > Modem. Jika Modem K550i sudah tampil, maka berarti Anda cukup mengulangi setting koneksi, tapi bila tidak ada/terdetek, maka biasanya ada tanda “?” berwarna kuning, klik kanan lalu update driver setelah sebelumnya Anda memasukkan CD drivernya, ikuti hingga selesai, dan jika berhasil, maka modem K550i akan muncul (tidak ada tanda “?”), lalu ulangi setting koneksi.

    [balas komentar di sini]

  9. zaki says:

    Numpang lewat
    berbagi itu indah..
    pengalaman saya install driver hp se w800 di
    http://zakiyun.com/019-langkah-instal-driver-hp-sony-ericsson-hingga-jadi-modem/
    di sertai gambar

    [balas komentar di sini]

  10. edit says:

    mas mau tnya caranya setting k608 supaya isa connect n jadi modem 3g gmn ya mas ? mohon bantuannya ^^

    [balas komentar di sini]

  11. Cepi Nugraha says:

    Mas Edit,
    Seperti apa yang telah saya sebutkan di atas, biasanya utk berbagai tipe dari hp Sony Ericsson cara settingnya sama saja, & mungkin juga yg berlaku pada SE K608. Jika hp tersebut telah ada fitur 3G serta akses 3G dari provider internet Anda juga telah sampai ke tempat tinggal Anda, maka Anda sudah bisa menikmatinya, tetapi bila di HP 3G Anda belum menangkap sinyal 3G tsb. silahkan buka menu Setting di hp Anda > Konektivitas > Jaringan Mobile > Jaringan GSM/3G > pilih GSM dan 3G

    [balas komentar di sini]

  12. kaka says:

    Cra pling gmpng dong mas tuk seting k550i jd modem..trz untk speed ma tarif brapa?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Kaka,
    Cara tersebut adalah cara yang paling gampang untuk SE K550i dan hp Sony Ericsson pada umumnya. SE K550i hanya mempunyai fitur GPRS utk akses internet, speed menurut teori adalah Up to 64 Kbps. Tapi tergantung juga operator/provider internetnya, malah kenyataannya paling sekitar 5-7 Kbps.
    Untuk tarif juga tergantung operator/layanan yang kita pakai. Yang paling murah IM2 Broom Isat Eco, dan Indosat Broadband “unlimited” yang sama2 Rp. 100 ribu/bulan (Indosat Broadband + PPN 10%). Atau Tsel Flash “unlimited” paket basic Rp. 125 ribu/bulan + PPN.

    [balas komentar di sini]

  13. Arsyad anwar says:

    ms cepi,kartu im2/telkomsel flash,ap bisa menggunakan modem Hp SE k550i?klu kita beli perdana sama modemnya,trlalu berat.ak cma tkut,nti dh trlanjur bli perdananya g bsa di Hp SE saya.kn lumayan mahal harganya.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Arsyad Anwar,
    Saya pernah menggunakan hp SE K550i tersebut dengan Telkomsel Flash untuk akses internet, dan sekarang salah seorang teman saya masih menggunakan hp tersebut dengan kartu IM2 Broom. Dan bukan hanya kartu2 tsb. Kartu apapun selama itu kartu GSM, insya Allah bisa untuk akses internet dengan SE K550i.

    [balas komentar di sini]

  14. Dauz says:

    Indosat m2 bs dgunakan dk550i ga?
    Trz kra2 tuk tarif standrny brapa?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Dauz,
    Indosat M2 bisa digunakan untuk SE K610i. Tarif termurah saat ini adalah IM2 Broom Unlimited Paket Isat Eco, Rp. 100rb/bulan yang bisa gunakan sepuasnya, karena unlimited (tanpa batas)

    [balas komentar di sini]

  15. Dhani says:

    Mas mba..
    Numpang tnya nieh!

    Pke im2 broom classic/unlimited bs gak sich di hp Se k550i??
    Trus gmn kcptan’a yg hny mngndalkn gprs??

    Mhon di jwb ya!!
    Thanx

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Dhani,
    IM2 Broom Classic/Unlimited bisa jalan di hp SE K610i. Jika dalam kondisi normal (tidak ada gangguan), kecepatan GPRS untuk browsing lumayan cepat, tetapi untuk mendownload file2, terutama yang besar.. sangat lambat.

    [balas komentar di sini]

  16. Afrian Syah says:

    Cara aktifin email Hp SE K550i

    [balas komentar di sini]

  17. awan says:

    thanks ya atas imfonya,lam kenal buat semuanya

    [balas komentar di sini]

  18. adx says:

    mas gimana cara seting mozzila firefox 3.0.6 biar speednya cepat saat pertama kali dibuka? truss knapa sring crash mozzila nya?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    adx,
    Maaf ya.. saya tidak mengetahui.

    [balas komentar di sini]

  19. Drajat abdal says:

    Hallo mas cepi,saya derajat abdal.saya mau menanyakan bagaimana caranya mempercepat proses download di internet warnet.sebab sering yang lihat stelan server warnet selalu dimainkan speednya,hanya untuk mendownload file sebesar 10 mb menghabiskan waktu 2 jam Rp.10.000,00 dan bagaimana caranya diwaktu main internet di warnet,pas mau bayar kita bisa memperkecil jamnya dari 3jam jadi 1 jam dan dari Rp.15.000,00 jadi Rp.5.000,00.Mas saya boleh nggak mintak example copyan virus-virus seperti kamasutera,kangen dan lain-lain,yang dikirimkan ke email saya dalam bentuk folder zip atau yang baik menurut mas.thank mas,wassalam

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Drajat,
    Maaf.. saya tidak mengetahui serta tidak mempunyai aplikasi-aplikasi yang mas Drajat minta.

    [balas komentar di sini]

  20. Biyan says:

    masalahnya…bagaimana cara menghubungkan telkomsel flash dengan sony erycsson k550i

    bisa bantu lewat email mas?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Biyan, di sini saja ya jawabnya..
    tentu saja kartu perdana Telkomsel Flashnya telah dimasukkan di hp SE K550i tsb.. juga disetting internetnya sesuai dengan parameter setting Telkomsel Flash. Kalau untuk Telkomsel Flash Unlimited, APN-nya: internet atau telkomsel, sedangkan user name: dan password juga: .

    [balas komentar di sini]

  21. Adhy faldy says:

    Halu mas Cepi… Blh nanya gak… HP sy Sony K550i, kok nda bisa internet dengan kartu indosat. Baik mentari/IM3. Hanya bisa internetan dengan telkomsel atau XL. Padahal sy juga pengen nikmati tarif murah internet dari indosat. Tiap mau internet dengan indosat HP sy malah re-start mulu..!? Kira-kira ada apa ya dengan HP ku..??
    Beberapa temanku juga yg pke HP Sony dengan type yg berbeda, tidak bisa juga internetan dengan indosat. Mohon bantuan nya ya mas Cepi..?!

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    mas Adhy,
    Untuk masalah itu saya tidak tahu.. Tapi kalau untuk internetan di komputer dengan Indosat M2 yang kartunya dimasukkan ke hp K550i tersebut (sebagai modem) …memang bisa.

    [balas komentar di sini]

  22. Adhy faldy says:

    Ok deh… Tq atas info’nya mas Cepi…

    [balas komentar di sini]

  23. arif says:

    mas tolong, apa yang pertama kali dibuka untuk menyeting SE w200i sebagai modem dengan menggunakan im2? sedangkan SE pc suite sudah ada

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Arif,
    silahkan ikuti panduannya di http://rumahcahaya.com/setting-internet-se-w200i/

    [balas komentar di sini]

  24. aden says:

    Apa se avatar?

    [balas komentar di sini]

  25. achmad nabhani says:

    mas, kalo di device manager muncul 2 modem , 1. data modem, 2 modem (WDC) yang dipake yang mana mas ?, thanks.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Achmad,
    Kenapa harus melihat ke device manager… enaknya instal aja langsung dengan PC Suite…
    Memang untuk tipe HP Sony Ericsson tertentu biasanya mempunyai lebih dari 1 modem, dan bila hal tersebut terbaca serta harus kita pilih, maka kita bisa memilih/memakai yang mana saja sepanjang yang menjadi pilihan semuanya berasal dari HP tersebut. Jadi, silahkan dicoba salah satunya..

    [balas komentar di sini]

  26. roni says:

    mas saya punya hp SE K550I trz buat m0dem di pc tp ko ga bs conect dan ga kebaca juga di pc suit’y. Apa karena yg saya instal CD drave’y tu bawa’an SE K510I?soalnya hp SE K550I saya ini tidak ada drave’y.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Roni,
    CD bawaan hp SE K510i di dalamnya sudah lengkap dengan PC Suite, USB driver, serta modem drivernya sehingga seharusnya jika instalasinya benar koneksi bisa dilakukan dan bisa terbaca di PC Suitenya. Tetapi coba dicek lagi, barangkali ada kesalahan pada instalasi serta settingannya, atau mungkin saja hal tersebut terjadi disebabkan karena kabel datanya tidak berfungsi.

    [balas komentar di sini]

  27. Bayu MH says:

    Trima ksh byk atas infonya, pak Cepi.
    Artikel2nya sangat lengkap buat saya dan berkualitas.
    Tapi ada yg mau sy tanyakan di luar tema HP; ttg Blog.
    apakah pak Cepi punya artikel lengkap ttg membuat blog secara bertahap, lengkap dan ga bisa dihack orang lain..??? Kl punya, tlg berikan infonya. Trims.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Bayu,
    terima kasih kembali..

    Panduan untuk membuat blog secara lengkap berikut bisnis onlinenya ada dalam bentuk video, serta bentuk bacaan. Tetapi tidak termasuk untuk penangkal hackernya. Tetapi sebenarnya hal tersebut bisa dipelajari serta juga bisa diminimalisir dengan tambahan penulisan kode di file-file hosting tertentu atau penambahan plugin anti hack.

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!