Setting Internet Nokia CDMA

Sebelumnya saya telah menulis artikel mengenai HP GSM dan CDMA untuk modem internet serta cara setting internet dengan handphone GSM yaitu Sony Ericsson K610i pada personal computer atau note book/laptop. Untuk kali ini, saya menulis ulang artikel yang pernah saya tulis di blog saya yang lain, yaitu mengenai cara setting internet dengan Nokia CDMA.

Cara setting internet dengan Nokia CDMA ini telah saya praktekan sendiri, dan koneksi internet telah berhasil saya akses. Handphone yang pernah saya pakai adalah Nokia 2115 dan Nokia 2116, tetapi untuk Nokia CDMA tipe yang lain pun biasanya sama saja setting internetnya, yang penting hp-nya sendiri telah didukung dengan fasilitas modem sebagai perangkat tambahan di dalamnya, malahan cara setting ini berlaku umum untuk HP dari merk dan tipe yang lain, baik HP GSM maupun CDMA, karena cara setting yang digunakan adalah cara setting standar, dan tanpa penggunaan PC Suite, walaupun tentu ada beberapa perbedaan juga, diantaranya untuk kabel data, USB driver, atau modem drivernya.

Baiklah, inilah langkah-langkah settingan tersebut:

Pemasangan Kabel Data DKU-5 atau CA-42:

  • Jangan dulu sambungkan kabel data ke komputer, karena akan mengakibatkan kesalahan instal driver.
  • Masukkan CD driver ke dalam CD/DVD ROM
  • Instal USB driver dengan mengklik dua kali setup.exe, dan pilih bahasa, “English” misalnya > klik next > klik next > klik install
  • Setelah instalasi selesai, sebaiknya restart komputer, lalu sambungkan kabel data ke port USB, maka secara otomatis komputer akan mendeteksi keberadaan USB tersebut dengan munculnya tulisan di layar monitor” Wellcome to the Found new hardware Wizard”, dan meminta penginstalan. Di sana ada pertanyaan “ Can Windows connect to Windows update to search for software? Pilih Yes, this time only, > lalu klik next > Install the software automatically atau Install from a list or specific location > klik next > klik next > klik Continue Anyway > klik Finish, dan kabel data pun telah siap digunakan.
Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Berlanjut ke penginstalan modem:

  • Sebelum modem driver diinstal, kita harus tahu terlebih dahulu di Port berapa kabel data. terpasang, caranya klik Start > My Computer > Properties > Hardware > Device Manager > lihat di Port berapa kabel data USB tersebut terpasang, karena pada saat penginstalan modem driver, Port yang diinstal harus sama dengan Port yang digunakan oleh kabel USB.
  • klik Start > Control Panel > Phone and modem Options . Jika ada tampilan Location Information, masukkan saja kode area telepon, berapa saja, misalnya 022 > klik tab modem > klik Add > klik Don’t detect my modem. I will select it from a list > klik Next > klik Have Disk > klik Browse, cari keberadaan file nmpCDMA_1x(USB).inf > klik OK > pilih Nokia Mobile Phone CDMA 1x > pilih Nokia CDMA 1x 3G Packet Data Modem > klik next > Pilih port yang sesuai dengan keberadaan kabel data > klik Continue Anyway > klik Finish > klik Ok

Membuat Koneksi ke internet:

  • Klik Start > Control Panel > Network Connection (jika tidak ketemu, Switch to Classic View) > pilih Network Connection
  • Create a New Connection > klik Next > Pilih Connect to Internet > klik Next > pilih Set up my connection manually > klik Next > pilih Connect using a dial-up modem > pilih modem Nokia CDMA 1x 3G Packet Data Modem > klik next > Di Connection name “ketik apa saja” nama provider misalnya > klik Next > Phone number isi dengan #777 (semua operator cdma) > klik next > masukkan User name dan Password yang diberikan provider atau operator CDMA, misalnya: kalau providernya Starone, User name: starone, Password: Indosat > klik next > sebaiknya pilih add shortcut to this connection to my desktop > Lalu klik Finish
  • Koneksi internet pun telah siap untuk digunakan.

Catatan:

Tidak seperti pada handphone lainnya yang bisa berjalan dengan PC Suite (dimana PC Suite ini biasanya lebih mempermudah pada saat penginstalan atau pada saat penggunaan), maka untuk handphone Nokia CDMA 2!16 ini berdasar pengalaman saya dan beberapa teman yang lain, justru sebaliknya, sambungan data koneksi internet otomatis akan terputus jika PC Suite aktif. Maka karena hal tersebut, sebaiknya PC suite tidak usah diinstalkan.

Semoga bermanfaat…!!! (Cepi Nugraha)

Artikel terkait:

Bagikan Artikel...

Komentar

25 tanggapan untuk “Setting Internet Nokia CDMA”
  1. Asmui says:

    Mas bantu setting minibrowser nakia 2115i pusing nich.

    [balas komentar di sini]

  2. Cepi Nugraha says:

    Mas Asmui,
    Saya belum pernah mencoba menggunakan mini browser yang Anda maksud. Eh.., komentar Anda yang satu lagi di artikel yang lain, sudah saya jawab ya..

    [balas komentar di sini]

  3. eki says:

    mas kalo hape SE 530i bisa internetan conect ke komputer ga. trims

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Eki,
    Saya yakin Sony Ericsson 530i bisa digunakan sebagai modem untuk akses internet. Apalagi telah tersedia fitur 3G/UMTS di hp tersebut. Cara setting internet SE 530i seperti ini: http://rumahcahaya.com/setting-internet-se-k610i/

    [balas komentar di sini]

  4. fandy says:

    bagaimana cara menset koneksi internet hp cdma nokia 6236i?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    mas Fandy,
    Coba dulu cara di atas… sama nggak. Karena biasanya untuk berbagai tipe dari hp Nokia CDMA setting internetnya sama.

    [balas komentar di sini]

  5. alek says:

    kalo hp nokia 6236i gimana cara settingnya boss??? makasih

    [balas komentar di sini]

  6. TYO says:

    Mas Cepi,…saya sudah install semua, tapi waktu pemilihan port, tidak ada tertulis port, alias kosong….itu knp ya?

    thk atas bantuanya…

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas TYO,
    Duh.. maaf, saya juga belum tau jika ada kejadian seperti itu harus bagaimana penanggulangannya. Saya dulu pernah mempunyai pengalaman hampir serupa, jadi yang terbaca hanya COM1 (Communications Port), tapi tidak ada COM (Port) untuk USB, padahal dilihat di Device Manager sudah terbaca. Saya saat itu coba berulang-ulang, tetapi tetap tidak berhasil.. Akhirnya dengan berat hati saya instal ulang Windows-nya, lalu saya instal kembali driver Nokia-nya, dan berhasil.. COM (Port) nya terbaca. Jadi penanggulangan yang saya lakukan cukup ribet juga. Tapi mudah-mudahan mas Tyo menemukan cara yang lebih mudah.

    [balas komentar di sini]

  7. ping says:

    harga hpnya berapaan pak?
    untuk nokia cdma yg paling murah tipe apa ya?

    mohon reply segera

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ping,
    Harganya tentu bervariasi dari yang murah sampai yang mahal.
    Untuk Nokia CDMA yang paling murah seperti Nokia 2115, dan 2116, yang kondisi 2nd-nya hanya di kisaran 150-200 rb-an. Bahkan ada Nokia CDMA 2nd yang di kisaran 100rb-an, hanya saya lupa tipenya.

    [balas komentar di sini]

  8. dodi says:

    mas saya punya hp flexi bertipe zte s130, apakah bisa dijadikan sebagai modem?
    adakah software agar hp saya terkoneksi di komputer?

    mohon bantuannya…..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Dodi,
    Maaf saya belum mengetahuinya. Tetapi bila saat membelinya disertai dengan kabel data serta CD berisi USB Cable driver dan modem driver, maka ada harapan bahwa hp ZTE S130 tersebut bisa dijadikan untuk modem internet. Mas juga bisa searching di Google dengan kata kunci: zte s130+usb driver, untuk kabel data dan zte s130+modem driver untuk menjadikannya sebagai modem.

    [balas komentar di sini]

  9. Hengky says:

    Aa Cepy, Salam Kenal… Nama saya Hengky.
    saya mau tanya ya bagaimana setting untuk internet pakai hp nokia 2115 namun netbook saya tidak ada cd rom jadi tidak bisa untuk instal.
    Thanks sebelumnya.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    A Hengky, salam kenal kembali…
    Kalau tidak ada CD Rom, bisa dengan cara mengcopy file dari CD ke flashdisk di komputer teman atau rental, lalu flashdisknya yang nanti dimasukkan ke notebook. Atau bisa mendownload USB driver serta Modem driver untuk Nokia CDMA-nya dari situs Nokia atau situs lain di internet.

    [balas komentar di sini]

  10. mulyadi says:

    salam kenal mas!!!
    mau tanya nih, sy pake hp nokia 2115… sudah connect tapi koq firefox nya jalan ditempat ya? kenapa max speednya ga bisa diatas 230400 ya? ada cara lain ga…please!!!

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Mulyadi, salam kenal kembali..
    Speed maksimal rata-rata yang bisa diterima oleh Nokia 2115 adalah 153 Kbps.
    Jika koneksi sudah bisa dilakukan dan browsernya tidak bisa membuka halaman situs, biasanya hal tersebut akibat operator CDMA-nya sedang mengalami gangguan. Mas bisa menunggu koneksi hingga kembali normal. Tetapi jika sudah dicoba beberapa kali dan di waktu yang berbeda koneksi tetap seperti itu, mas bisa coba gunakan layanan internet dari operator CDMA yang lain.

    [balas komentar di sini]

  11. mulyadi says:

    thanks kang Cepi… (hahai berhubung akang urang bandung),
    Kang aku sudah jajal operator cdma smart tp hasil nya gitu juga ya…
    dari penglaman kang cepi gimana yah?… tararengQi kang

    [balas komentar di sini]

  12. ozan says:

    maz aq tanyan nih,?
    sekarang susah mencari hp nokia 2115,
    pa ada yang lain Gak,
    untuk cdma maz…….
    aq tunggu jwapanx d email aqx…………………..

    [balas komentar di sini]

  13. mahar says:

    kok sya coba pada laptop sya nd bisa y mas,pasti hank terus…laptop saya core duo,tp pas sya cb untuk pentium 3 n 4 dan laptop dual core smua bisa..ad masalah ap y mas?? makasihh…tlg dibalas y

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Mahar,
    Maaf yaa.. saya tidak bisa membantu, karena saya juga tidak mengetahui masalahnya.

    [balas komentar di sini]

  14. Muhamad Cholil Asyari says:

    Anda punya driver nmpCDMA_1x(USB).inf ? bisa tolong dikirimkan ke e-mail saya mca_salimun@yahoo.com saya pakai nokia 2112… trimakasih sebelumnya. ^_^

    [balas komentar di sini]

  15. iqbal firdaus says:

    betul sekali,,,,, saat ini saya jg sudah menggunakan cara yang seperti anda katakan dan sudah mempraktekkannya… mantap mas terima kasih

    [balas komentar di sini]

  16. aditya says:

    mas.saya sudah mengikuti instruksi sedetail mungkin
    tetapi kok selalu gagal ya?
    saya pakai nokia 6015, kartu smart dan flexy,com port terdeteksi com 8
    tetapi gak mau konek
    selalu muncul tulisan

    failure bla bla bla
    your modem may be turned off

    knapa ya?
    padahal hp saya nyala dan udah dicolokin ke komputer

    help meee T_T

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Aditya,
    kalau sudah mengikuti intruksi sedetail mungkin tetapi koneksi internet selalu gagal, saya tidak bisa memperkirakan masalahnya ada dimana, kecuali jika saya mencobanya langsung..

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!