Sepeda Onthel

sepeda-onthel

Sepeda Antik

Berawal dari kesuksesan sekedar mencoba-coba berjualan produk secara online, maka akhirnya semakin bertambahlah ide-ide untuk menambah jenis-jenis produk atau barang yang akan dijual.

Untuk menambahkan jenis-jenis produk yang akan dijual secara online tersebut, tentu saya memerlukan banyak informasi, melihat potensi atau kerajinan dari suatu daerah, berkunjung ke pameran bertema Usaha Kecil Menengah (UKM), dan sebagainya. Dari pemikiran ini pun saya teringat seorang teman yang berasal dari satu daerah yang sama di sebuah kawasan di wilayah kabupaten Bandung, dimana sekarang ia tinggal di sebuah daerah yang lain yang letaknya cukup jauh walaupun masih sama-sama terletak di wilayah Jawa Barat.

Sayapun mencoba mengontaknya lewat telepon, menanyakan bagaimana kabar serta kegiatan yang sedang digelutinya, serta tidak lupa menanyakan potensi apa yang ada di daerahnya. Diantara jawaban yang ia katakan adalah bahwa di daerahnya masih terdapat banyak sepeda tua/sapedah baheula/sepeda kuno/sepeda antik, atau kalau di daerah jawa seperti di Jogja biasa disebut dengan sepeda onthel/sepeda ontel, yang biasa disebut juga dengan sepeda kebo, sepeda unta, atau pit pancal.

Mendengar jawabannya tersebut sayapun langsung teringat dengan seseorang yang berada di sebuah desa yang letaknya tidak jauh dari rumah saya tinggal, yang belakangan hari diketahui bahwa beliau bernama pak Nanang atau biasa dipanggil dengan julukan pak Ogud PSB (PSB diambil dari singkatan Paguyuban Sapedah Baheula), beliau merupakan salah satu anggota dari komunitas pecinta sepeda tersebut di Bandung. Bukan itu saja, sayapun teringat pertemuan dengan seorang Salik (penempuh suluk = penempuh jalan tashawuf) beberapa tahun yang lalu di suatu daerah yang mengisyaratkan untuk membuka usaha yang beraitan dengan kata “sepeda”.

Untuk mengetahui merk-merk serta kualitas dari sepeda antik (sepeda onthel) tersebut, maka sayapun kembali lagi menemui pak Ogud PSB yang kebetulan saat itu sedang berada di bengkel sepedanya. Sambil menyebutkan beberapa merk dari sepeda onthel tersebut, ia pun menunjukkan beberapa sepeda serta suku cadang dari beberapa merk sepeda kuno yang ada di bengkelnya. Pak Ogud mengatakan bahwa sepeda-sepeda onthel tersebut ada ratusan merk, dan sayapun hanya mencatatnya beberapa buah saja.

Diantara beberapa merk dari ratusan merk sepeda onthel yang ada diantaranya:

Fongers, Gazelle, Simplex, Batavus, Angele, Burgers, Hudson, BMW, Benhur, Humbers, Phillips (Jenggot), Raleigh, Norton, Porp, Hercules, BSA, Hero, Hartog, Tigres, Senior Master, Mister Dragon, dan sebagainya.

Sebelumnya keberadaan sepeda-sepeda onthel tersebut tergeser oleh kemunculan sepeda-sepeda baru seperti sepedah jengki dan sepeda gunung, tetapi karena kelangkaan serta keantikan dari sepeda onthel, maka belakangan hari orang-orang pun mulai memburu serta menggemari kembali sepeda onthel, mulai dari rakyat biasa, mahasiswa, pengusaha, hingga pejabat negara, dan sebagainya. Pantas saja jika harga jual sepeda onthel tersebut juga semakin hari semakin bernilai tinggi, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah, serta bukan hanya sepeda utuhnya saja, suku cadang/spareparts serta assesorisnya pun banyak dicari.

Konon, untuk memilih sepeda yang benar-benar mempunyai nilai jual yang tinggi diperlukan beberapa kriteria, diantaranya adalah dilihat dari keantikan/usia sepeda (tahun 1970 ke belakang), mempunyai tampilan klasik, keaslian merk serta cat (walaupun mungkin catnya sudah pudar, tetapi tidak boleh dicat kembali, dan lebih baik dibiarkan tampak logam aslinya saja)

Hmm.. barangnya ada, peminatnya juga ada. Apakah saya harus mencoba untuk menjualnya secara online juga? :)

Komentar

27 tanggapan untuk “Sepeda Onthel”
  1. afif says:

    ass.saya punya sepeda ..tp bingung baca merknya ..krena di singkat .H B..made in ENGLAND…ada di bodi bawa pedal…..?tolong di jawab..makasih mas.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Afif, wa’alaikumussalam..
    Karena saya belum mencoba serta belum mengetahui lebih banyak mengenai sepeda onthel, maka mudah-mudahan ada sahabat-sahabat kita yang lain yang memberikan jawaban atas pertanyaan Anda.
    Mengenai stang dan gear biasanya ada di bengkel pak Ogud PSB tadi (tapi tidak dijamin barang dengan merk yang dimaksud selalu tersedia di sana), hanya sayang saya tidak punya nomer teleponnya yang bisa dihubungi..
    Ayo bagi rekan-rekan yang lain.. adakah yang bisa membantu mas Afif?

    [balas komentar di sini]

  2. Didi Suryadi says:

    salam bang cepi, Mohon bantuannya saya sedang mencari Kampas Tromol Onthel merk ROUDE,dimana saya bisa mendapatkan mohon dibantu,Terimakasih.

    [balas komentar di sini]

  3. Helmi says:

    Pak saya perlu suku cadang sepeda ontel relly tahun 1951
    dan aksesoris tas belakang seperti tas pak pos kalo bawa surat

    [balas komentar di sini]

  4. onthelis rajagaluh says:

    AssWrwb. salam kenal akang2 pencinta sepeda onthel. bilih aya nu peryogi onthel kaleresan aya.! tiasa di tingali blog “ONTHELIS RAJAGALUH” hatur nuhun.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Onthelis Rajagaluh, wa’alaikumussalam wr. wb. Salam kenal oge nya..
    Ayoo.. para pecinta dan peminat sepeda Onthel.. Silahkan kunjungi blog “ONTHELIS RAJAGALUH” untuk mencari informasi seputar sepeda Onthel di sana. Linknya di: http://onthelisrajagaluh.blogspot.com/

    [balas komentar di sini]

  5. Untuk Jawa Tengah dan sekitarnya : Silahkan kunjungi blog saya : sepedaonthelkebo.blogspot.com

    [balas komentar di sini]

  6. suryadi says:

    rekan-rekan onthelis se tanah air kami sampaikan bahwa pada hari sabtu – minggu, 27 – 28 Nopember 2010 di bumi bung karno, blitar, jawa timur akan digelar event TEMU ONTHEL NASIONAL II dalam rangka FESTIVAL PENATARAN I. saya mohon kehadiran para onthelis se tanah air. JANGAN LUPA KAMI TUNGGU KEHADIRANNYA. makasih ya.

    [balas komentar di sini]

  7. donny haykal prawibowo says:

    ass mass asa yang menawarkan sepedah kepada saya merk flying pigeon
    d jual dengan harga 1 juta saja saya kurang paham soalnya saya awam mas mohon informasi.a apakah terlalu mahal?terimakasih mas salam kenal

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Donny, salam kenal kembali..
    Sampai saat ini saya belum gabung di paguyuban sepeda onthel, dan saya pun belum terjun untuk bisnis jual beli sepeda onthel. Jadi mohon maaf, saya baru menuliskan artikel saja, sedangkan saya tidak bisa memberikan informasi mengenai sepeda dengan merk Flying Pigeon tersebut, karena saya sendiri belum mengetahuinya

    [balas komentar di sini]

  8. revans says:

    salam kenal semua saya ada frame gaselle sama releigh ukuran 22 semua laki semua jika ada yg minat bisa cal ane di 087838145304 ane buka harga 600rb buat yg gaselle 500rb buat yg releigh .thnk

    [balas komentar di sini]

  9. saya tertarik dengan sejarah dan tulisan2 tentang sepada ontel /bahasa minang kereta unto… silahkan kunjungi juga…
    http://keretaunto.blogspot.com/ blog saya….trims

    [balas komentar di sini]

Page 2 of 2«12
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!