Proses Cetak dengan Mesin Cetak Offset

Proses Cetak Mesin Offset

Proses Cetak Offset

Setelah artikel sebelumnya membahas tentang peluang usaha percetakan, maka kali ini akan saya mengemukakan beberapa proses cetak dengan mesin cetak offset supaya sahabat-sahabat Rumah Cahaya yang ingin terjun ke dalam bisnis percetakan bisa mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus diambil. Proses cetak yang dimaksud di sini sebetulnya lebih tepat jika dikatakan dengan proses pengerjaan cetakan dari pracetak, cetak, hingga finishing, dimana pencetakan yang digunakan menggunakan mesin cetak offset. Baik, kita lanjutkan..

Untuk menjadi sebuah produk cetak yang sempurna, maka aneka macam barang percetakan memerlukan beberapa proses produksi yang harus dilewati. Banyak atau tidaknya proses tersebut, tentu saja tergantung dari sederhana atau tidaknya barang-barang cetakan yang akan dibuat.

Adapun proses produksi cetak dari awal hingga akhir dengan menggunakan mesin percetakan offset yang saya ketahui dan hampir semua telah saya jalani dengan cara makloon adalah sebagai berikut:

Proses Pra-cetak:

  • Persiapan bahan kertas: seperti kertas HVS, BC, art paper/kenstruk, doorslags, matte paper, NCR, kertas wangi, duplex, ivory, dan sebagainya disesuaikan dengan keperluan. Bisa juga blanko cetak, yaitu bahan cetak yang ukuran dan bentuknya telah jadi dan tinggal masuk ke proses cetak.
  • Setting Komputer: format yang akan dibuat pada barang cetakan.. ukuran, naskah, serta desain grafisnya ditentukan di sini, dan biasanya diakhiri dengan mengeprintnya di kertas HVS, kertas kalkir, atau film repro, kecuali jika menggunakan perlengkapan CTP (Computer To Plate), maka pengeprintan ini tidak lagi diperlukan.
  • Rekam Plat: hasil settingan yang telah diprint tadi direkam (semacam dicopy) ke pelat kertas (paper plate) atau pelat aluminium (aluminium plate) sehingga naskah cetakan pun terdapat di atasnya, dan plat cetak inilah yang nantinya akan dipasang pada mesin cetak offset. Nah, kalau menggunakan CTP tadi, maka hasil setting komputer langsung saja masuk ke mesin CTP untuk mendapatkan pelat cetak yang diinginkan.
  • Bikin matres untuk foil atau emboss (bila diperlukan).

Peralatan grafika yang digunakan dikenal dengan istilah Mesin Repro

Proses Cetak:

  • Pelat cetak beserta bahan kertas yang telah siap pada proses pracetak tadi lalu dipasang di mesin cetak dan ditempatkan di posisinya masing-masing berdasarkan fungsinya. Plat cetak dipasang di atas roll yang terdapat di atas mesin, sedangkan bahan kertas dipasang pada tempat mendatar di bawah roll tersebut. Dan tinta pun dipersiapkan pula pada tempatnya (warna sesuai yang diinginkan)
  • Setelah pelat cetak, bahan kertas, dan tinta siap atau terpasang, maka mesin pun dijalankan.. dan terjadilah proses cetak. Tinta bersinggungan dengan roll yang telah terpasang plat cetak, dan tinta bersinggungan pula dengan bahan kertas yang ada, sehingga terjadilah pemindahan naskah yang ada di plat cetak ke bahan kertas tersebut melalui tinta, dan kertas pun keluar satu persatu berisi naskah yang sudah jadi.
Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Peralatan grafika yang digunakan dikenal dengan istilah Mesin Printing/Cetak.

Proses Finishing, diantaranya:

  • Proses potong/serit kertas/sisir kertas, dengan tujuan untuk membagi beberapa kertas hasil cetak tadi menjadi beberapa bagian, atau bisa juga hanya sekedar untuk membuang sisa bahan atau merapihkan kertas.
  • Foil, membubuhi kertas dengan tulisan atau gambar โ€œmengkilatโ€ seperti warna emas, perak, biru, merah, dsb.
  • Embossed, menghiasi kertas cetak dengan tulisan atau gambar, dimana hiasan tersebut berbentuk kertas yang timbul atau tenggelam akibat matres. (untuk foil dan emboss bisa dimasukkan ke dalam proses cetak juga)
  • Proses laminating gloss, laminating doff, UV gloss/doff, spot UV, dsb. Kertas cetak tadi dilapisi dengan plastik mengkilat atau plastik buram (dop) pada bagian luarnya sehingga menimbulkan kesan estetis tersendiri.
  • Pon’s atau Pond (entah mana penulisan yang benar), yaitu memotong kertas menjadi bentuk-bentuk tertentu akibat potongan pisau mesin pons. Bentuknya bisa berupa format untuk pelipatan amplop, dus, dsb.
  • Lem, untuk menyambungkan atau menyatukan kertas cetakan semisal amplop.
  • Dan lain-lain semisal menjilid, jahit benang atau jahit kawat, nomerator, lipat susun/sisip, membungkus dengan plastik, dan sebagainya tergantung keperluan.

Peralatan grafika yang digunakan dikenal dengan istilah Mesin Finishing.

Demikian artikel saya yang mengambil judul “Proses Cetak dengan Mesin Cetak Offset“. Semoga bermanfaat buat Anda para pembacanya…

Artikel tentang proses cetak dengan mesin cetak offset ini merupakan tulisan sendiri walaupun banyak website lain yang mengcopy-paste begitu saja tanpa membuatnya menjadi unik serta mencantumkan Rumah Cahaya sebagai sumbernya sebagai etika di dunia online. ~ Cepi Nugraha

Artikel Terkait:

Komentar

70 tanggapan untuk “Proses Cetak dengan Mesin Cetak Offset”
  1. budi says:

    sebagai referensi: nama mesin dan harganya?
    thanx

    [balas komentar di sini]

  2. achan says:

    Salam hormat,
    Saya seorang tenaga kependidikan di Palembang. Sekolah saya akan membuat buku alumni bagi siswa kelas 3 kami. Kira-kira berapa ya harganya

    Adapun spesifikasi buku yang dimaksud adalah sebagai berikut:

    1. Ukuran buku adalah 21 x 28 cm
    2. Jumlah isi 160 halaman (seluruhnya full colour), kertas construk 120 gr
    3. Kulit Hard Cover, dilapisi dove
    4. cetak menggunakan film/plat, serta menggunakan mesin apa yang cocok

    [balas komentar di sini]

  3. deka says:

    mas cepi sdh coba bisnis percetakan ini? gmn omzetnyaper bulan? pakai mesin cetak apa dan harga brp? trims infonya

    [balas komentar di sini]

  4. Cepi Nugraha says:

    Untuk Mas Budi:
    Terimakasih atas masukannya, insya Allah tidak berapa lama lagi saya akan membuat artikel berisi nama2 mesin cetak beserta harganya.

    Untuk Pak Achan: Salam hormat juga.
    Saya tidak bisa memberi perkiraan harga karena Anda tidak menyebutkan berapa banyak jumlah buku yang akan dibuat, karena prinsip percetakan “semakin banyak jumlah cetak harga semakin murah, sebaliknya bila semakin sedikit jumlah cetak maka harga semakin mahal”.
    Tapi, harga buku yang dijual kalau bisa 2x lipat dari modal cetak (kebiasaan percetakan untuk mengantisipasi bilamana se-waktu2 harus produksi ulang karena adanya kegagalan)atau Anda bisa survey harga ke percetakan lain.
    Proses menggunakan aluminium plate, dan sebaiknya menggunakan mesin cetak GTO 52 ke atas.

    Untuk Mas Deka:
    Percetakan adalah bisnis sampingan saya sampai saat ini, dan saya menunggu bola bukan menjemput bola karena ada bisnis lain yang saya tekuni, jadi tidak tentu berapa omzet per bulannya. Terkadang dari “satu macam” cetakan yang dipesan, saya dapat untung beberapa puluh ribu, ratus ribu, sampai beberapa juta rupiah, tergantung banyaknya pesanan. Dan saya tidak mempunyai perlengkapan cetak, saya menggunakan jasa makloon cetak yang banyak terdapat di kota Bandung.

    [balas komentar di sini]

  5. Nur says:

    Salam hormat,

    Saya memiliki rekan seorang penulis lepas yang bermaksud untuk mencetak sebuah buku sebanyak 4000 eksemplar. Bisakah Bapak membantu penghitungan biaya produksi apabila bahan yg dipakai adalah:
    1. Ukuran buku adalah 14.5 x 21cm
    2. Jumlah isi 72 halaman (B/W), kertas HVS 70g
    3. Kulit glossy, FC, artcartoon 210 gr
    4. cetak menggunakan film/plat

    Lalu, mesin apa yang cocok untuk pekerjaan ini?
    Saya juga ingin bertanya kira2 seberapa besar harga perbedaan penggunaan kertas HVS 70gr dengan CD/kertas koran 70gr?

    Thx

    [balas komentar di sini]

  6. Cepi Nugraha says:

    Buat Mas/Mbak Nur.. Salam hormat juga..!!
    Alangkah besar keinginan saya untuk bisa membantu perhitungan biaya produksi tsb., tapi sayang.. order cetak yang saya kerjakan selama ini umumnya masih berkutat di di bahan2 kertas seperti kertas HVS 60 gsm, Kenstruk, BC, Doorslags, NCR. Jadi saya tidak mengetahui harga2 dari kertas yang telah anda sebutkan tadi. Maaf.. jika telah membuat Anda kecewa.
    Mesin cetak yang cocok adalah mesin2 cetak yang bisa mengerjakan sparasi warna dengan kualitas tinggi seperti GTO, Oliver, Ryoby, dsb.

    [balas komentar di sini]

  7. rico says:

    mas cepy yang baik hati dan pinter
    maksud saya baik hati harena mau berbagi dan pinter karena anda lebih tahu dan bisa menjawab pertanyaan yang tidak tahu.

    mas, dimana ya kalo saya mau beli mesin toko 810 dan 820 yang baru? ya telp maupun alamatnya

    makasih banyak sebelumnya.

    [balas komentar di sini]

  8. Cepi Nugraha says:

    Mas Rico..mas Rico.. pinter juga ya kalau bujuk orang.. Maaf, untuk saat ini saya belum dapat informasinya.., malahan saya dapat informasi tentang RISCO JAYA yang bergerak dalam usaha percetakan dan penjualan mesin2 cetak 2nd. Bukankah RISCO JAYA itu milik mas Rico..??

    [balas komentar di sini]

  9. liana says:

    salam hormat,

    saya ingin bertanya. apakah ada mesin cetak yang mencetak tulisan warnanya sama dengan warna kertas (putih). tetapi bisa membentuk tulisan. jadi seperti backgroundnya kertas. mohon tolong penjelasannya.
    terimakasih banyak.

    [balas komentar di sini]

  10. Cepi Nugraha says:

    Mesin cetak2 yang biasa kita jumpai bisa mengerjakan cetakan dengan warna tulisan putih (tentunya dengan menggunakan tinta berwarna putih). Tetapi memang biasanya tinta berwarna putih lebih sering digunakan sebagai pencampur untuk warna yang lain.

    [balas komentar di sini]

  11. jo2n says:

    mas cepi ada nggk low kerjaan untuk percetakan bagian Pracetak(kalkulasi)kalau ada bagi info donk

    [balas komentar di sini]

  12. widi says:

    tolong dong……kirimi saya artikel tentang seputar ceta offset.mulai dari buat desain samoai proses cetak.tolong kirim ke email saya.
    widiyoarip@yahoo.com

    [balas komentar di sini]

  13. Firdaus says:

    tolong dong Kirimi gambar2 dalam mesin+Spesifikasinya

    firdavs_agus@rocketmail.com

    [balas komentar di sini]

  14. amir lubis says:

    assalamu alaikum WrWb.
    kang cipi anu kasep, ana lagi mau buka usaha percetakan kecil kecilan dengan modal yang minim banget,ana sekarang kuli disebuah jasa makloon percetakan di tasikmala (Offrator mesin ricoh 1010)ana minta info yangjual mesin ricoh 1010 di bandung atanapi dimanawae,hargana sabaraha? Haturnuhun pisan Wassalam.

    [balas komentar di sini]

  15. rama says:

    ass,kang cepi wileujeng teupang……..

    [balas komentar di sini]

  16. adit says:

    ass.. mas, sy minta spesifikasi mesin+bahan(kertas yg cocok)bwt referensi krna modal sy g byk, jd hrs pas belinya dgn keb. sy…

    makasih mas

    [balas komentar di sini]

  17. tomo says:

    ada yag butuh mesin hamada 800DX, hub. 081915325858/02717098010

    [balas komentar di sini]

  18. Tobing Ferdi says:

    Hebat ! Orang Indonesia memang harus lebih rajin lagi untuk saling berbagi ilmu, niscaya jika ini sudah menjadi budaya, Indonesia pasti maju. Salut untuk Anda !

    [balas komentar di sini]

  19. nabila says:

    bagus bagus

    [balas komentar di sini]

  20. Amsyar says:

    Pak boleh dikasih infonya kami ingin membuat box dengan ukuran 50 cm X 24 cm sebanyak 100.000 perbulan dan ukuran 40 cm X 17 cm sebanyan 100.000 perbulan dengan full warna, berapakah biaya per unitnya dan juga layakkah jika kita membeli mesin cetak sendiri, mohon jawabannya dikirim ke amsyar_oke@yahoo.com. terimkasih

    [balas komentar di sini]

  21. rus_agus says:

    buat Nur on September 7th,
    bisa sedikit saya tambahkan buat bantu kang cepy, jadi hitungan buku (spt spec tersebut) bisa disederhanakan begini:
    Isi : – 72 x 20 = 1.440/buku (dgn paperplat)
    – 72 x 30 = 2.160/buku (dgn film/platseng)
    Cover : Rp. 500
    Finishing : 350
    jadi total :
    – 1.440 + 500 + 350 = 2.290/buku (paperplat)
    – 2.160 + 500 + 350 = 3.010/buku (film/Platseng)
    semoga jawaban ini bisa memuaskan jenengan.
    mau lebih jelas bisa ke rus_agus@yahoo.co.id

    [balas komentar di sini]

  22. handy says:

    Salam hormat,

    Bagi temen2 yang mau cetak Buku bisa email ke arayanprinting@yahoo.com saya siap bantu,trims

    [balas komentar di sini]

  23. zhoma says:

    mau tanya harga plat cetak sekarang berapa ya? trus saya masih bingung tentang biaya cetak dsb.

    misal saya akan mencetak 1000 eksemplar majalah full color ukuran b5 (40 halaman bolak balik) dengan binding lem. menggunakan kertas hvs 100 gr (isi) dan 280 gr (cover) kira2 estimasi biayanya habis berapa ya?

    terimakasih atas perhatiannya ๐Ÿ™‚

    [balas komentar di sini]

  24. salam
    artikel sangat membantu mengenai pengetahuan ttg percetakan. bgmn cara menghtng biaya operator cetak?
    terima kasih

    [balas komentar di sini]

  25. online says:

    membaca seluruh blog, cukup bagus

    [balas komentar di sini]

  26. yanti says:

    Mas saya mau tanya kalau saya mau buka usaha percetakan, sedang saya masih blm pernah tahu dunia ini.
    Kira2 persiapan apa yang harussaya lakukan.
    Kalau saya ingin mencetak majalah tdk bewarna (hitam) kira2 mesin jenis apa yg bisa saya pergunakan karena mengingat saya masih pemula.
    Terima kasih atas sarannya..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mbak Yanti,
    Persiapannya yang harus mbak lakukan adalah dengan mencari serta mengetahui tempat dimana produk-produk percetakan itu dibuat, serta mengetahui bagaimana alur kerjanya.. dari mulai pracetak hingga pasca cetak (finishing). Dan tentunya bagaimana strateginya untuk mendatangkan pasar (order), serta bagaimana cara untuk memelihara pasar (konsumen)

    Saya pun sedang menyiapkan sebuah situs dan produk (ebook) yang berjudul “BISNIS PERCETAKAN ITU GAMPANG” berupa Panduan Praktis Langkah Demi Langkah Membangun Usaha Percetakan Tanpa Modal Perlengkapan Cetak, yang insya Allah beberapa hari lagi akan saya luncurkan. Bila mbak ingin menjadi pemesan pertama, mbak boleh mengontak saya dari sekarang.

    Untuk mencetak majalah yang mbak maksud, bila ukuran bahannya maksimal adalah folio, maka bisa menggunakan mesin cetak kecil bermerk TOKO. Tetapi bila di atas folio, mbak bisa menggunakan mesin-mesin yang ukuran cetaknya lebih besar semisal merk Heidelberg, Oliver, Ryobi, dsb, tetapi yang area cetaknya di bawah atau maksimal berukuran “double folio” supaya menghemat biaya.

    [balas komentar di sini]

  27. Aris Wardoyo says:

    Salam hormat,

    Bagi teman2 yang mau cetak KARTU PLASTIK PVC seperti membercard, discount card, kartu pasien, kartu pajak, id card standard ATM, bukan system instan, kami siap bantu.

    Dikerjakan dengan teknik cetak offset, sablon serta digital.

    Mesin yang kami miliki saat ini :
    = 1 unit mesin hydraulic laminator press ukuran A4 (1200 kartu / jam)
    = 1 unit mesin laminator press ukuran 10 x 12 cm (45 kartu / jam)
    = 1 unit electric plong 2 mata
    = 2 unit mesin plong 1 mata
    = 1 unit mesin cetak offset gestetner
    = 1 unit mesin lapis sealcoat

    Hubungi kami di No. 021-8094058, 08128701309 untuk mendapatkan harga spesial.

    Terima kasih
    Salam

    Aris

    [balas komentar di sini]

  28. masna says:

    salam kenal
    saya mau tanya, saya operator offset GTO 52,
    saya cetak dengan bahandari PVC,untuk ID card
    belakang ini ada masalah dengan tinta yang saya pakai
    tinta apa yg cocok untuk cetak PVC,dengan GTO 52
    dan apa fountein yang harus saya pakai,, trims

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Masna, salam kenal kembali..
    Waah.. maaf, saya jauh tidak lebih tahu dari Bapak, yang saya tahu saya hanyalah proses pembuatan barang cetakan dengan menggunakan peralatan cetak milik orang lain (makloon cetak)

    [balas komentar di sini]

  29. eddy says:

    Pak Cepi, apakah ada buku panduan tentang cara, proses pengerjaan mesin Toko 820!
    Sebabnya saya sudah beli seken mesin ini tetapi operatornya tidak ada sehingga saya mau coba menjalankan mesin ini. Semoga anda bisa membantu saya. Thanks.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Eddy,
    Maaf, saya tidak memilikinya buku panduannya pak..

    [balas komentar di sini]

  30. abu Hazmi says:

    Informasinya sangat membantu bagi saya mas…thanks..

    [balas komentar di sini]

  31. Iwan says:

    Pak Cepi yth, aku berencana membuka usaha percetakan sablon, apa bahan2 yg harus aku persiapkan?, thanks pak..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Iwan,
    Maaf sekali pak.. saya tidak begitu mengetahui perlengkapan untuk sablon, karena pekerjaan sablon saya biasa saya serahkan kepada tukang sablonnya (dimakloonkan)

    [balas komentar di sini]

  32. Ridwan says:

    salam kenal pak,

    saya mau tanya pak,apakah bapak bapak tahu di mana saya bisa mengelem (glue) ,untuk pembuatan Packing yang menggunakan mesin Glueing?

    bahannya DUplex 270 gsm,sudah di Pounch tinggal di Glueing untuk jadi Lock Buttom.

    Nohon infonya pak ASAP(as soon as possible)

    Thank’s

    [balas komentar di sini]

  33. ” ACS DIFFUSION s.a.s. ” is an International Dealer of second hand Offset Printing Equipment, Sheet-fed presses, Polygraphic, Guillotines and Folding machinery as :
    Heidelberg, Roland, Komori, Akiyama, KBA, Planeta, Shinohara, Fuji, Mitsubishi, Miller, Adast, Solna, Ryobi, Hamada, Gestetner, Polar, Wolhenberg, Stahl, MBO, Muller-Martini,… and many more of machines & photos in our web-site on ( http://www.acsdif.fr ).

    If your interest, please contact us directly by email (acs@acsdif.fr) with your complete adresse & office phone/fax numbers. Thanks

    ======================================
    ACS DIFFUSION s.a.s.
    Dealer of used Offset Printing Machines.
    1 Rue de la Presse, 42952 Saint-Etienne – FRANCE .
    Phone : +33-47792.7788 / Fax : +33-47792.7778
    Email : acs@acsdif.fr / Web : http://www.acsdif.fr /.

    [balas komentar di sini]

  34. nanang budi santoso says:

    pak, bahan apa aja yang di perlukan untuk membuat plat almunium, (nama obatnya, almuniumnya beli dimana, juga proses penyinarannya) saya ingin tahu lebih banyak, kalau bapak tidak keberatan tolong tuliskan saya caranya, kirim ke e-mail saya, trima kasih

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Nanang,
    Sayangnya saya hanya sebatas pengguna saja.. jadi saya tidak bisa menjawabnya. Tapi saya ada seorang teman yang pasti mengetahui, karena saya juga terkadang bikin plat aluminium di tempatnya. Bapak bisa mengontak FB-nya untuk bertanya dengannya http://www.facebook.com/#!/profile.php?id=1618838715&ref=ts atau Bapak bisa bergabung dengan Komunitas Printing Indonesia, dimana Bapak bisa bertanya segala hal tentang percetakan di http://www.facebook.com/#!/group.php?gid=106958982202&ref=ts

    [balas komentar di sini]

  35. ari apriyanto says:

    saya ingin bertannya..
    ukuran mesin balleno / banner. ada berapa?
    dan hargannya yang paling murah ukuran besar berapa?
    mempunyai mesin tersebut akan balik modal atau tidak?
    dan menguntungkan atau tidak?
    kebetulan saya mempunyai percetakan sablon.prezZ atau manual.
    ini nomor telepon saya ( 08129777213 ) atau email saya http://www.aldovariopink@yahoo.co.id
    di tunggu jawabannya?

    [balas komentar di sini]

  36. johan trias says:

    mas saya mau bertanya..
    bgmana cara perawatan mesin cetak offset..?dan apa keamanan kerja dlm mengoperasikan mesin offset semisal speed master, GTO,Toko dll..
    sebelumnya makasih..

    [balas komentar di sini]

  37. ROSOADI says:

    aswrwb.sampurasun…
    saya pemula ingin merintis bisnis di percetakan,di daerah saya daerah industri untuk mensuplai kebutuhan di bidang atk/perlenkapan anmistrasi sebaiknya saya buka di bidang apa? was….Rosadi….kawasan industri batujajar permai Bandung Barat

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Rosadi,
    wa’alaikumussalam wr. wb. rampes Pak, dan mohon maaf, karena lupa, maka setelah sekian lama pertanyaan dari bapak baru bisa saya balas.

    Untuk jawaban dari pertanyaan Bapak, bagaimana seandainya Bapak menawarkan jasa cetak untuk membuat kemasan ATK tersebut kepada para pemilik industri?

    [balas komentar di sini]

  38. roger says:

    mohon mampir di http://www.duawarna.co.id , bagi yang membutuhkan jaringan percetakan ๐Ÿ™‚

    [balas komentar di sini]

  39. Andri says:

    assalamu’alaikum wr. wb.
    Mas apa nama mesin untuk film repro, trus berapa harganya?

    [balas komentar di sini]

  40. Darmawijaya says:

    maaf mas cepy sy mau bantu jawab nih. plat untuk cetak offset dibuat dar bahan alumunium campur zn(seng) dengan komposisi al(alumunium jauh lebih banyak dari zn. pungsi zn adalalah agar sifat metalurgi plat tahan tehadap pecah atau sobek. karena bila hanya mengandalkan al lembar plate akan mudah pecah atau sobek. lembaran plat tebalnya ada yg 0.10 mm, 0.15mm, 0,25mm, 0,30mm. plat cetak dilapisi perak bromida, umunya berwarna hijau tua atau hijau muda. pungsi perak bromida adalan sebagai bahan peka cahaya(emulsi) yang dapat merekam gambar ketika terjadi proses ekspos dari film.. setlah diekspos dibagian emulsi aka terdapat gambar image laten(belum nampak jelas). selanjutnya plate kita celupkan pada larutan bahan kimia yg dikenal sebgai developer. gunanya depelover adalah memunculkan image laten dan mengkikis area yang bukan bagian dari image. plate kemudian dibilas dengan air bersih lantas digom. pelapisan gom dimaksudkan untuik mengindari plat dari pengaruh oksidasi. stelah digom plate di pasang di bagian mesin cetak yg dikenal sebagai plate cylinder atau silinder plat. bukan pada rol. untuk keterangan lebih lanjut tentang ukuran mesin, merek mesin, kapasitas mesin, asal negara produsen, dan apa saja tentang cetak offset sy bersedia bantu. please kirim pertanyaan ke darmawijaya45@yahoo.co.id. trimaksih.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Darmawijaya,

    Saya juga mohon maaf baru bisa menanggapi komentar dari Bapak, dan saya sangat senang dan berterima kasih pula kepada Bapak yang telah berkenan membantu menjawab pertanyaan rekan kita sebelumnya.

    Pengetahuan saya tentang seluk beluk percetakan sangat terbatas, apalagi untuk hal-hal mendetil seperti yang telah Bapak jelaskan di atas. Jadi saya mohon jangan sungkan-sungkan Pak, teruslah untuk berbagi pengetahuan dengan kami..

    [balas komentar di sini]

    garissastra Reply:

    ada beberapa pertanyaan buat Bpk. Darmawijaya, sudah saya PM Pak,,, mohon di check email nya
    TQ

    [balas komentar di sini]

  41. Nasep Sumantri says:

    Ass, wr, wb
    Pak Cepi di Tempat

    Saya sekarang bekerja di sebuah perusahaan developer Depok, Saya ingin sekali bisa Usaha sendiri….Saya ingin punya penghasilan sendiri tanpa ada tekanan dari atasan, target pekerjaan yang berat, dsb.

    Saya punya mimpi yang harus saya wujudkan dalam waktu dekat ini, yaitu ingin usaha di bidang percetakan..tapi saya tidak mempunyai skill di bidang itu…

    Yang mau saya tanyakan adalah : Skil apa dulu yang harus saya persiapkan sebelum memulai usaha percetakan?

    Mohon Jawabannya ke E’mail saya…

    Terimakasih atas jawabannya,, smoga Pak Cepi Skeluarga Sehat selalu…

    [balas komentar di sini]

  42. raka says:

    Ass.. WrWb kang cepi
    Sebelum nya salam kenal
    mohon maaf sebelumnya saya telah membaca beberapa artikel dari postingan kangcepi ini dan saya mempunyai minat terhdp usaha percetakan ini namun sy sangat awam sekali dlm hal percetakan dari mn sy harus memulai? apakah pengenalan terhdp mesin cetak ato proses percetakan?
    terima kasih atas sharenya

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Raka,
    wa’alaikum salam wr. wb. dan salam kenal kembali…

    Terima kasih ya mas, karena mas Raka telah membaca beberapa artikel blog ini..
    Untuk informasi lengkap tentang bagaimana cara memulai bisnis percetakan, silahkan kunjungi http://usahapercetakan.biz/

    Semoga membantu…

    [balas komentar di sini]

  43. yasdi says:

    Di Cari ryobi 2800 / 3200 / ab Dick 360 ukuran area Cetak A3 atw yg baru Import barang mini offset bisa di beritahukan ke km.
    Diinfokan harga plus kondisi. Makasih kang cepi roomnya sy numpang iklan.

    [balas komentar di sini]

  44. triono says:

    DIJUAL MESIN CETAK OFFSET SAKURAI OLIVER 82
    ukuran 52 x 82 cm,

    “Heidelberg” KORS
    ukuran 72 x 52 cm,

    KONDISI SIAP KERJA

    Peminat Hub. Langsung:
    081389115828
    087737983038

    DKI JAKARTA

    [balas komentar di sini]

  45. Lucky says:

    Sip, sip mas ilmu – ilmunya, suskes terus buat percetakannya. amin

    [balas komentar di sini]

  46. Umar Hasan says:

    Terima Kasih.

    Saya sangat tertarik dan berminat dengan usha percetakan dan saya akan berusaha untuk membuka usaha ini, mohon do’a semoga saya berhasil. … dimana saya dapat belajar cara mengelolanya, tolong informasinya, terima kasih

    Umar Hasan
    Jalan dr. M. Hatta Lrg. Manggis Nomor. 1234-D Rt.18 Rw.05 Kelurahan Kemalaraja Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu
    Sumatera Selatan 321111

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Bpk Umar Hasan,
    Terima kasih kembali…

    Dan semoga apa yang menjadi cita-cita Bapak Allah kabulkan.. Aamiin
    Saya juga telah membalas pesan Bapak melalui email. Mohoh diperiksa ya…

    [balas komentar di sini]

    Umar Hasan Reply:

    Terima kasih banyak dan saya akan beli buku panduannya,-

    [balas komentar di sini]

  47. kusnadi says:

    kang ilmu2nya udah pasti sangat bermanfaat sekali, saya udah jalankan kang usaha percetakan tanpa alat percetakan, apalagi ke industri ga pernah nanya punya alat apa, trimakasih banyak kang ide2nya semoga kang cepi selalu dirahmati alloh aminn, kalo bisa minta ilmunya lagi cara bikin clise foil gimana kang? hatur nuhun kang,mudah2 kang cepi sukses slalu, amin

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang Kusnadi,
    terima kasih kembali, aamiin, jazakallaah..

    Saya tidak pernah bikin klise foil sendiri kang. Tapi pastinya untuk membuat matress foil, file desain hasil settingan komputer saya serahkan ke tempat pembuatan film repro untuk dibuatkan film atau klisenya yang seterusnya digunakan untuk membuat matresnya.

    [balas komentar di sini]

  48. adi says:

    Numpang lapak gan..
    Kami yg berpengalaman merekondisi mesin cetak offset,
    merk TOKO, MULTILITH, HAMADA, RYOBI, GRAMPUS, SAKURAI OLIVER, KOMORI, & HEIDELBERG.
    Menawarkan jasa service, overhole mesin cetak offset.
    hub Adi 081382521143 Jakarta

    [balas komentar di sini]

  49. SMG says:

    anak offset printing ceritanya. bagus-bagus saling berbagi ilmu itu indah. thanks artikelnya..

    [balas komentar di sini]

  50. Artikelnya sesuai dengan proses cetak yang sebenarnya. Memang begitulah proses percetakan. Di mulai dari desain yang akan di cetak sampai finishing memakan waktu yang lumayan.

    Perkenalkan kami PT SURYA MAS Grafika spesialis dalam bidang offset printing & flexible packaging. menawarkan jasa percetakan seperti: flyer, stationery, paper bag, plastic bag, food packaging, dus makanan, hangtag, brosur, kalender, corrugated dll. Siap melayani kebutuhan cetak anda. Kami berada di daerah Jakarta Pusat.
    call: +62 21 380 4292
    email: marketing@suryamasgrafika.co.id

    [balas komentar di sini]

  51. Makasih atas infonya.. salam percetakan indonesia.. ^^

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    digital printing,

    Terimakasih juga atas kunjungannya. Website Anda sangat menarik..

    [balas komentar di sini]

  52. shane saota says:

    Salam kenal.. Sy Saota dari Nias.. Rencana ingin menggeluti usaha di bidang percetakan. Saat ini saya sudah memulai dengan cetak digital printing. Kebetulan ada yang menawarkan mesin cetak offset toko 810 kondisi jalan tp harus service ulang (rekomendasinya)+alat potong schimanek manual jerman (besar)+mesin cetak plat (laser print merk HP 5100 se).. Sya masih awam dengan perlengkapan dan dunia Offset.. Minta saran dari rekan-rekan, apa gak rugi kita untuk menerima penawaran tersebut? Thx

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Shane Saota,
    salam kenal kembali..

    Saya rasa tidak rugi seandainya target market buat usaha cetaknya sudah jelas menanti, dan tentunya harga yang ditawakan sebanding dengan kondisi peralatan cetak tadi.

    Namun kita nantikan saja saran dan masukkan yang lebih lengkap dari rekan-rekan kita yang jauh lebih berpengalaman ya…

    [balas komentar di sini]

  53. agung says:

    Mau nanya mas, berapa banyak CTP yg dibutuhkan untuk membuat 1 desain (Misalnya kalender full color)? Hanya 1 CTP atau 4 CTP (mewakili C M Y K)?
    Terima kasih. ๐Ÿ™‚

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Agung,

    Untuk cetakan dengan Full Colour, maka diperlukan 4 CTP yang mewakili warna C, M, Y, K.

    [balas komentar di sini]

  54. azis priagung says:

    boleh nanya gk? ini agan alumni grafika mna ya?

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!