Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "
Proses Cetak Digital Printing

Proses Cetak Digital

Pada artikel-artikel terdahulu, saya telah banyak berbicara tentang proses cetak dengan mesin cetak offset dengan menggunakan peralatan seperti mesin cetak Toko, mesin cetak GTO, mesin cetak Oliver, dan sebagainya. Untuk kesempatan kali ini, saya akan membicarakan proses cetak dengan menggunakan perangkat teknologi yang lain, yaitu dengan menggunakan perangkat teknologi yang dinamakan dengan Teknologi Cetak Digital atau Digital Printing Technology.

Proses cetak dengan digital printing tentunya sudah sejak lama kita ketahui keberadaannya, akan tetapi di industri percetakan Indonesia yang saya perhatikan, baru beberapa tahun terakhir inilah proses cetak dengan teknologi tersebut banyak digunakan.

Teknologi digital printing bisa mengerjakan aneka barang cetakan yang biasa dikerjakan dengan mesin cetak offset maupun sablon, Mengerjakan barang cetakan dari ukuran kecil seperti kartu nama, kartu undangan, sertifikat, brosur, ijazah, dan sebagainya, ukuran sedang seperti poster, x-banner, i-banner, roll banner, dan lain-lain, sampai pengerjaan barang cetakan yang berukuran besar, seperti spanduk, maupun untuk reklame.

Tidak seperti dengan menggunakan mesin offset atau peralatan sablon, dimana jumlah cetakan yang dikerjakan rasanya “tanggung” jika hanya 1 (satu) atau 2 (dua) lembar saja, tapi dengan teknologi digital printing ini 1 (satu) atau 2 (dua) lembar pengerjaan cetak pun tidak jadi masalah untuk dikerjakan, dan ini merupakan suatu kelebihan, dan juga merupakan sebuah solusi bagi orang-orang atau konsumen yang membutuhkan hasil cetakan yang jumlahnya sedikit. Tapi tentu saja, prinsip cetak “semakin banyak jumlah yang dicetak/dikerjakan, maka harga perlembar barang cetakan akan semakin murah” berlaku juga pada proses cetak dengan teknologi digital printing ini, seperti juga halnya pada pengerjaan dengan mesin cetak offset maupun sablon.

Bagi anda yang berminat untuk terjun ke dalam bisnis cetak dengan memanfaatkan teknologi ini, Anda bisa membeli perlengkapan digital printing mulai dari yang berukuran kecil sampai dengan yang berukuran besar, untuk indoor maupun outdoor. Atau jika Anda belum berniat atau belum punya anggaran untuk membeli serta memiliki peralatan tersebut, maka Anda pun tidak usah bingung, karena Anda bisa menggunakan jasa makloon, dimana tempat-tempat yang menyediakan jasa makloon tersebut tidak sulit untuk dijumpai, terutama di kota-kota besar.

Proses pra-cetaknya pun sangat singkat, tidak seperti jika pekerjaan akan dilakukan oleh mesin cetak offset maupun sablon. Untuk pengerjaan pada digital printing ini, proses pra-cetaknya cukup dengan pengerjaan desain/setting dengan komputer, lalu hasil desain yang telah jadi disalin pada sekeping CD atau sebuah flashdisk, dan CD atau flashdisk tersebut diserahkan ke tempat jasa makloon digital printing tersebut, lalu Anda tunggu beberapa saat, dan setelah selesai proses cetak digitalnya maka Anda terima hasilnya. Semudah itu.. 😉

Semoga bermanfaat… Ditulis oleh ~ Cepi Nugraha

Artikel terkait:

Postingan di Situs Iklan;