Proses Cetak dengan Digital Printing

Proses Cetak Digital Printing

Proses Cetak Digital

Pada artikel-artikel terdahulu, saya telah banyak berbicara tentang proses cetak dengan mesin cetak offset dengan menggunakan peralatan seperti mesin cetak Toko, mesin cetak GTO, mesin cetak Oliver, dan sebagainya. Untuk kesempatan kali ini, saya akan membicarakan proses cetak dengan menggunakan perangkat teknologi yang lain, yaitu dengan menggunakan perangkat teknologi yang dinamakan dengan Teknologi Cetak Digital atau Digital Printing Technology.

Proses cetak dengan digital printing tentunya sudah sejak lama kita ketahui keberadaannya, akan tetapi di industri percetakan Indonesia yang saya perhatikan, baru beberapa tahun terakhir inilah proses cetak dengan teknologi tersebut banyak digunakan.

Teknologi digital printing bisa mengerjakan aneka barang cetakan yang biasa dikerjakan dengan mesin cetak offset maupun sablon, Mengerjakan barang cetakan dari ukuran kecil seperti kartu nama, kartu undangan, sertifikat, brosur, ijazah, dan sebagainya, ukuran sedang seperti poster, x-banner, i-banner, roll banner, dan lain-lain, sampai pengerjaan barang cetakan yang berukuran besar, seperti spanduk, maupun untuk reklame.

Tidak seperti dengan menggunakan mesin offset atau peralatan sablon, dimana jumlah cetakan yang dikerjakan rasanya “tanggung” jika hanya 1 (satu) atau 2 (dua) lembar saja, tapi dengan teknologi digital printing ini 1 (satu) atau 2 (dua) lembar pengerjaan cetak pun tidak jadi masalah untuk dikerjakan, dan ini merupakan suatu kelebihan, dan juga merupakan sebuah solusi bagi orang-orang atau konsumen yang membutuhkan hasil cetakan yang jumlahnya sedikit. Tapi tentu saja, prinsip cetak “semakin banyak jumlah yang dicetak/dikerjakan, maka harga perlembar barang cetakan akan semakin murah” berlaku juga pada proses cetak dengan teknologi digital printing ini, seperti juga halnya pada pengerjaan dengan mesin cetak offset maupun sablon.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Bagi anda yang berminat untuk terjun ke dalam bisnis cetak dengan memanfaatkan teknologi ini, Anda bisa membeli perlengkapan digital printing mulai dari yang berukuran kecil sampai dengan yang berukuran besar, untuk indoor maupun outdoor. Atau jika Anda belum berniat atau belum punya anggaran untuk membeli serta memiliki peralatan tersebut, maka Anda pun tidak usah bingung, karena Anda bisa menggunakan jasa makloon, dimana tempat-tempat yang menyediakan jasa makloon tersebut tidak sulit untuk dijumpai, terutama di kota-kota besar.

Proses pra-cetaknya pun sangat singkat, tidak seperti jika pekerjaan akan dilakukan oleh mesin cetak offset maupun sablon. Untuk pengerjaan pada digital printing ini, proses pra-cetaknya cukup dengan pengerjaan desain/setting dengan komputer, lalu hasil desain yang telah jadi disalin pada sekeping CD atau sebuah flashdisk, dan CD atau flashdisk tersebut diserahkan ke tempat jasa makloon digital printing tersebut, lalu Anda tunggu beberapa saat, dan setelah selesai proses cetak digitalnya maka Anda terima hasilnya. Semudah itu.. 😉

Semoga bermanfaat… Ditulis oleh ~ Cepi Nugraha

Artikel terkait:

Bagikan Artikel...

Komentar

53 tanggapan untuk “Proses Cetak dengan Digital Printing”
  1. kandra says:

    mas berapa harga sebuah mesin digital printing? dan dimana biasanya di lihat

    [balas komentar di sini]

  2. Cepi Nugraha says:

    Mas Kandra,
    Sayang sekali saya baru mengetahui secara garis besar proses cetaknya. Untuk harga, saya belum mengetahui secara pasti. Hanya saja di tempat2 yang menyediakan jasa cetak tersebut saya melihat, mereka biasanya menggunakan peralatan digital printing untuk hasil cetak berukuran A3 yang diperkirakan harganya hanya sekitar 2-4 jutaan, hingga yang menghasilkan cetakan dengan lebar sampai 3 atau 5 meter, yang mungkin harganya bisa mencapai puluhan atau ratusan juta rupiah. Di Bandung bisa kita lihat di banyak percetakan, diantaranya seperti di P-16 atau Pola/Polar jalan Pagarsih.

    [balas komentar di sini]

  3. joan says:

    mas..jika saya mau membeli alat cutting stiker
    dimana lokasi yang biasa baik di jakarta atau bandung, mohon infonya mas…thx

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    mas/mbak Joan,
    Saya tidak mengetahui lokasi yang tepat. Tapi silahkan Anda kontak ke:
    Mr. Tantri Tanaya d.a. Jl. Lembah Sukaresmi, Bandung, Indonesia. Mobile: 0812 200 7155. Atau Anda bisa mengirim email atau chat di:
    Email #1 / YM : ttanaya@yahoo.com
    Email #2 / MSN: ttanaya@hotmail.com
    Website:www.ciss-printerink.com

    [balas komentar di sini]

  4. yudhistira says:

    Kami pingin usaha percetakan…. mohon petunjuk untuk pebisnis pemula didunia percetakan…. untuk cetak undangan, karcis, poster, brosur, kaos….. kalender dll. modal kami terbatas….. budget 25 jt

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Yudhistira,
    Karena Bapak juga telah mengirim pesan ke Contact Form, maka jawabannya telah saya balas ke alamat email Bapak..

    [balas komentar di sini]

  5. Kartiko says:

    Mas, saya sangat tertarik untuk usaha percetakan. Kira-kira berapa modal minimum untuk membuka usaha percetakan bagi pemula?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas/mbak Kartiko,
    modal minimum bagi pemula mungkin hanya untuk membeli mesin cetak kecil saja dulu, yang harganya berkisar antara 20-30 jutaan. Lihat informasi harga mesin cetaknya di: http://rumahcahaya.com/harga-mesin-cetak-offset/
    Adapun untuk pengerjaan cetak yang lain, bisa dimakloonkan kepada percetakan lain.

    [balas komentar di sini]

  6. heri tasik says:

    brapa harga mesin offset GTO 52 SKARAMG SY ADA MINAT NICH

    [balas komentar di sini]

  7. hendra says:

    Kami pingin usaha percetakan…. mohon petunjuk untuk pebisnis pemula didunia percetakan…. untuk cetak undangan, karcis, poster, brosur, kaos dll. modal kami terbatas….

    [balas komentar di sini]

  8. Paulina says:

    Saya tertarik utk memulai usaha percetakan dgn menggunakan Digital Printing….
    Mohon diberi informasi alat2 apa saja yg harus saya persiapkan (selain Printer)utk memulai usaha ini…
    Yang pasti modal terbatas menjadi prioritas penting utk saat ini.
    Terima kasih atas infonya!

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mbak Paulina,
    Tentu komputer dan scanner serta bahan/media cetak seperti inkjet paper, photo paper, frontlite, sticker vinil, dan sebagainya yang disesuaikan dengan keperluan cetak indoor/outdoor harus selalu ada. Lalu yang lain diantaranya seperti cutting/pemotong (terkadang di mesin cetak digital tertentu sudah ada), mesin press mata itik, mesin laminasi, dan sebagainya harus dipersiapkan, dan disesuaikan dengan keperluan layanan cetak digital yang akan mbak lakukan.

    [balas komentar di sini]

  9. rusmar rusmaryanto says:

    mas saya mau nanya n3
    yg dimaksud bahan albatros tu apaan ya>????

    [balas komentar di sini]

  10. andri says:

    saya pingin usaha percetakan…. mohon petunjuk untuk pebisnis pemula didunia percetakan…. untuk cetak undangan, karcis, poster, brosur, kaos….. kalender dll. modal kami terbatas….. budget 20 jt

    [balas komentar di sini]

  11. irfandi says:

    mas saya mau tanya mesin cetak offset satu plano ukuran 79×109 ada gak?
    kalau didaerah saya PEKALONGAN atau di SEMARANG sudah ada belum?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Irfandi,
    Maaf, saya belum mengetahui mesin cetak offset dengan ukuran tersebut..

    [balas komentar di sini]

  12. deni ilfansyah says:

    kang,tau dimana bikin bilboard yang murah
    soal nya daerah pagarsih pada mahal2 kang
    mungkin akang tau dimana selain pagarsih
    syukron qasiron kang sebelum nya

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang Deny,
    Maaf, saya tidak tau tempat yang lebih murah.. kalau mungkin, coba lihat di Yellow Pages.

    [balas komentar di sini]

  13. Dika says:

    Dear,

    Pak Cepi, saya sangat terkesan dengan informasi-informasi yang anda berikan di sini. Saya mau memulai usaha percetakan ini, adapun output nya sementara yang hanya berupa brosur atau blanko (hitam putih) dengan kertas HVS/folio 80gr dan dengan kertas bufalo. Persiapan apa yang harus dilakukan, bagaimana proses nya dan kira-kira berapa modal yang harus disiapkan.

    Tks

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Dika,
    Mungkin sebaiknya Bapak memulai dengan cara makloon dulu di mesin cetak milik orang lain yang melayani jasa makloon cetak, sehingga Bapak tidak harus memikirkan modal untuk membeli perlengkapan cetaknya. Setelah Bapak memahami proses-proses pembuatan serta pengerjaan produk-produk percetakan yang Bapak kerjakan dengan cara makloon, maka Bapak boleh mulai berfikir untuk memiliki perlengkapan cetak sendiri.

    [balas komentar di sini]

    fx didik wahyudi Reply:

    Apakah perusahaan bapak tidak menyediakan fasilitas berupa training untuk calon pembeli mesin yang ingin memulai usaha di bidang ini?? thx

    [balas komentar di sini]

  14. sigit says:

    Pak, untuk cetak kaos digital, satu kertas transper paper dengan satu model gambar itu bisa digunakan untuk mencetak berapa kaos…????

    [balas komentar di sini]

  15. yan says:

    Assalamualaikum wr wb

    Salam Vector.., istri sy guru belum PNS saya selalu menangguhkan mau usaha sendiri, kebetulan sy desainer grafis berkarir di agency iklan di jakarta, mau mulai sekarang sy tdk py tabungan… nunggu istri jd PNS ga tau kapan… maklum lah dunia advertising sekarang lg sepi terutama agency iklan… mohon pencerahan kang…!!!! sy lg di ujung tanduk nih bulan ini ktr yg br 3 bln sy kerja juga ga mumpuni alias kembang kempis….
    apakah kang Cepi pernah ngalamin seperti sy?
    tolong balas kang

    Nuhun kang….

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Yan, wa’alaikumussalam wr. wb.

    Salam Vektor juga 🙂 … Usaha mengalami masa-masa sulit tentu saya juga pernah mengalaminya, tetapi dengan bekal keyakinan bahwa Allah akan selalu mencukupi dan akan memberikan jalan keluar, maka alhamdulillah pertolongan Allah pun selalu saja datang menghampiri.
    Masa-masa sulit dan terhimpit juga (sepengalaman saya) adalah masa-masa yang paling cepat akan terkabulnya do’a.. karenanya mas bisa mengggunakan masa-masa tersebut untuk memohon pertolongan-Nya.

    [balas komentar di sini]

    yan Reply:

    Assalamu’alaikum

    Kang Cepi, kumaha kabar? nuhun kang atas bongbolongannya … sekarang saya sudah bekerja kembali di perusahaan dengan bidang yang sama (lebih besar), mudah2an segala daya upaya kita selalu diberkahi Allah SWT , Amiin….

    Semoga penantian saya dan istri terjawab tahun ini ya kang… mengenai pengangkatan pns…

    Salam buat keluarga kang…

    Yan

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Yan, wa’alaikumussalam wr. wb.
    Alhamdulillah tambih-tambih kanikmatan kang. Mohon do’anya saja supaya saya bisa tergolong hamba yang bersyukur.

    Alhamdulillah kalau mas Yan telah bekerja kembali, di perusahaan yang lebih besar lagi.. Saya ikut mengamini pula atas do’anya. Aamiin..

    Semoga Allah pun memberikan kegembiraan pula tahun ini, yaitu berupa pengangkatan isteri mas Yan menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS)..

    Insya Allah, terima kasih. Sampaikan juga salam dari saya buat mas Yan dan keluarga 🙂

    [balas komentar di sini]

  16. luken says:

    mas… saya pemula di printing digital…. mau tanya gimana ya…. cetak gambar diatas kaos warna hitam…? saya pernah coba dengan media papper… tapi kok gak nempel…. gimana ya… mas… cara menggunakan media papper…? trim’s

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mbak/Mas Luken,
    Masalahnya kemungkinan ada pada kertas yang digunakan untuk mentransfer gambar ke kaos. Untuk bahan-bahan selain katun (polyester, hijet, pe, tc, satin, dsb.) mungkin masih bisa menggunakan kertas biasa, tetapi untuk bahan-bahan katun.. biasanya diperlukan jenis kertas transfer khusus. Silahkan Anda mencoba menggunakan kertas transfer khusus yang diberi nama Dark transfer paper, yaitu jenis kertas yang digunakan untuk mentransfer gambar ke kain berwarna gelap/selain hitam.

    [balas komentar di sini]

  17. adicahblora says:

    pengen.., tapi yang kecil 2x an aja,, seperti cetak pin, kartu nama kaos dan mug

    [balas komentar di sini]

  18. dian says:

    mas saya boleh minta tutorial buat bisnis percetakan mulai awal hingga jadi sebuah perusahaan percetakan, kalau boleh tolong kirim ke email saya, terima kasih atas perhatiannya.

    [balas komentar di sini]

  19. eva says:

    kalau membuat kartu nama dengan nama yang berbeda-beda tetap menggunakan film dan flat. thanks b4

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mbak Eva,
    Bisa dengan menggunakan film dan plate, tetapi pada umumnya penggunaan kedua material tersebut jarang dilakukan.
    Untuk membuat kartu nama biasanya menggunakan teknik “sablon tangan” yang filmnya cukup di atas kertas kalkir (walaupun menggunakan film semacam mika tentunya lebih baik) untuk kemudian dibuatkan di screen berbingkai kayu. Atau juga yang sedang marak saat ini.. kartu nama dibuat menggunakan teknik cetak digital (digital printing) dimana desain dari komputer langsung diprint ke media/bahan kartu nama.

    [balas komentar di sini]

  20. arifin says:

    Mas saya belum pernah usaha percetakaan, saya mau tanya untuk digital printing ini harga mesin yang paling murah berapa ya? terus mesin yang di gunakan untuk cetak ke kertas dengan ke kaos itu sama apa tidak ya? mohon di kirim jawabannya juga di email ke saya, terima kasih atas perhatiaannya

    [balas komentar di sini]

  21. HABIB says:

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Pengen Buka Usaha Percetakan Digital Printing, Modal Gak Memadai…. Kira – Kira Untuk Buka Usaha dButuhkan Modal berapa ya??? Yaa.. Yang Standart aja!! Terima Kasih.

    [balas komentar di sini]

  22. ronie ramadhanie says:

    bos kalo tempat makloon digital printing ada ga ya,kira2 permeter brpa??thanks

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Ronie,
    Ada mas, kita tinggal bawa desain/settingannya aja ke tempat makloon tersebut. Harganya bervariasi, tergantung jenis bahan, ketebalan bahan, serta tempat makloonnya. Ada yang 15.000/m, 17.000/m, 25.000/m, 50.000/m dan sebagainya.

    [balas komentar di sini]

  23. fx didik wahyudi says:

    Pak, saya sangat tertarik untuk memulai usaha di bidang ini. Ttp saya membutuhkan training untuk lebih memahami ttg digital printing, apakah bapak juga menyediakan jasa training? lalu mesin merk apa yang tepat untuk memulai usaha ini dengan budget yang terjangkau tetapi berkualitas? Tnx

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak didik,
    Sementara kami baru menyediakan training/pelatihan bagi para pembeli mesin cetak offset, dan kami belum mengadakan pelatihan untuk digital printing. Serta maaf.. saya pun belum mengetahui mengenai merk mesin digital printing yang baik dengan budget yang terjangkau. Tetapi saya mohon do’anya.. supaya ke depan saya bisa bekerja sama dengan pihak-pihak dari percetakan digital printing untuk mengadakan training-training seperti yang bapak harapkan tersebut.

    [balas komentar di sini]

    ekosapto nugroho Reply:

    Yth, pak didik dan pak cepi

    Saya bisa bantu bapak bapak dalam hal training mengenai pengadaan modul industri screen printing.
    Saya hanya perlu data nama pengusaha, alamat dan nomer telephone yg bisa dihubungi.
    Kita akan berkumpul dalam satu tempat utk menyampaikan seluruh pengetahuan dan pertanyaan pertanyaan bapak bapak tanpa dipungut biay apapun.
    Ini nomer saya : Ekosapto Nugroho (081386785850)
    Terima kasih dan salam sukses selalu

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ykh. Pak Eko,
    Terimakasih atas informasi, penawaran, serta do’anya.

    Bagi sahabat dan seluruh rekan peminat industri grafika yang mengetahui serta berminat dengan apa yang Pak Eko tawarkan, silahkan jangan sungkan untuk menghubungi beliau.. karena pastinya akan sangat bermanfaat.

    [balas komentar di sini]

  24. dwi siswanto says:

    berapa harganya ..

    [balas komentar di sini]

  25. Pa, saya uda berjalan di dunia percetakan, tapi belum punya mesinnya
    dan saya tertarik untuk membeli mesin digital.
    yang saya tanyakan bagaimana cara proses pembeliannya
    harganya berapa, dan bagaimana caranya?
    dan terkadang saya ada orderan yang jumlahnya sedikit jadi tertarik untuk membeli.
    terima kasih sebelumnya

    [balas komentar di sini]

  26. Nariyanto says:

    Saya ingin memberi mesin cetak undangan atau ulem, gmn carranya terus bagaimana

    [balas komentar di sini]

  27. saca wijaya says:

    ini website yang saya cari2 dan benar saja isi artikel2 sangat bermanfaat…thx gan..
    o y gan tadi ada tulisan “menyediakan jasa makloon” apa sih itu artinya???
    semangat terus gan…
    makasih gan

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak/Mas Saca,
    terima kasih atas kunjungannya..

    Penyedia jasa makloon cetak atau ongkos cetak adalah percetakan yang menerima pengerjaan cetakan dari pebisnis cetak lain (yang tidak mempunyai mesin percetakan) dengan mesin cetak yang ada di tempatnya dengan harga yang ringan (harga rekanan)

    [balas komentar di sini]

  28. idham says:

    Saya tertarik pada bisnis percetakan ini

    [balas komentar di sini]

  29. idham says:

    Rencananya saya mau beli alatx, tpi dmn tempat pesan alatnya?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Idham,

    Coba bapak kunjungi http://www.ronita-dp.com/
    Karena sepertinya di sana lengkap dan layanannya bagus…

    [balas komentar di sini]

  30. fata says:

    Gabung kang cepi

    CV. Bintang Sejahtera
    Menawarkan Ongkos Cetak Lokasi Malang Jawa Timur
    – Ukuran 1/4 plano Rp. 50.000,-/plat/ 1000 lembar.
    -Ukuran 1/2 plano Rp 75.000,-/plat/500 lembar.
    Hubungi Fata telp 0341-7744383, 082140150043, 083834541225, 087859833225, 08885503681. 0341-2211357
    Jl. Sunan Kalijaga 7AA Malang (Belakang STAIN / UIN Malang)
    Order bisa By phone, online , pos etc.
    Kirim hasil cetak By ekspidisi, pos, tiki, jne, travel dll

    [balas komentar di sini]

  31. uga nugraha says:

    kang minta infonya mengenai mesin cetak foto nieh.

    saya pengen beli mesin cetak foto yang biasa digunakan untuk ukuran 2×3, 3×4,4×6,4R dan sampai poster. kira kira mesin apa yang harus saya gunakan ya mudah mudahan ada mesin yang kumplit untuk foto, surat undangan, baliho dan kaos. mohon info mesin apa dan kisaran berapanya

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Uga Nugraha,

    Printer untuk cetak foto, surat undangan dan baliho mungkin masih bisa menggunakan printer ukuran lebar (lebarnya sesuai keinginan), seperti dari merk Konika, Mutoh, Roland, dsb. Tapi untuk cetak di atas kaos sepertinya harus dengan printer tersendiri, yaitu menggunakan printer DTG (Direct To Garment). Namun silahkan cari rekomendasi dari yang lainnya ya, barangkali saya yang kurang tahu printer yang bisa mengerjakan semua kebutuhan tersebut.

    [balas komentar di sini]

  32. Demson Siringoringo says:

    Saya berencana menjalani bisnis percetakan yang rrencananya akan di buka di daerah Bekasi atau Bogor, saya mau Beli Mesin Digital, tapi belum tau merk yang bagus dan kapasitas cetaknya. tolong di info yeah…

    NB. Kalau ada usaha percetakan yang butuh kerjasama atau modal kurang (maaf)
    terutama di daerah bekasi, cileungsi…bisa mengajukan Proposal ke email q.

    thans

    [balas komentar di sini]

  33. eka karawang says:

    Setting kaos pecah warna,,, brha harg

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!