Printer Untuk Foto dan Undangan

July 22, 2012 oleh 71 Komentar
Kategori: Percetakan & Grafika 
Printer Untuk Foto

Printer Infus Murah

Printer Untuk Cetak Foto dan Cetak Undangan Sistem Infus

Seringkali ada yang bertanya dengan pertanyaan kurang lebih seperti ini,”Kang Cepi, saya ingin membuka usaha percetakan kecil-kecilan untuk membuat kartu nama, kartu undangan, dan sebagainya dengan hanya berbekal sebuah komputer dan printer. Apakah bisa? Lalu sebaiknya printer untuk cetak undangan merk apa yang bagus untuk saya gunakan?”

Untuk menjawab pertanyaan seperti itu maka saya jawab secara ringkas saja, bahwa apapun merk serta tipe printernya semua bisa digunakan untuk membuka usaha cetak kecil-kecilan sepanjang printer itu adalah printer berwarna, karena hasil cetaknya sudah cukup bagus untuk pengerjaan produk-produk cetakan seperti kartu undangan, kartu nama, brosur, amplop, kop surat, dan lain-lain.Tapi ada kelemahannya yaitu pada kecepatan cetaknya yang pastinya akan terasa sangat lambat untuk mengerjakan cetakan dalam jumlah besar jika dibandingkan dengan pengerjaan di mesin cetak offset.

Selain itu, printer yang digunakan juga harus mempunyai suplai tinta dengan sistem infus, baik itu sistem infus hasil modifikasi ataupun sistem infus yang merupakan bawaannya dari pabrik (original) seperti halnya yang dimiliki oleh printer foto Epson L800. Dengan sistem infus ini kita tidak akan selalu direpotkan untuk pengisian ulang tinta, sebab persediaan tinta di dalam tabung penginfus memiliki volume yang cukup banyak, dan tentunya sangat cocok untuk mengerjakan cetakan dalam jumlah yang lumayan.

Akan tetapi, printer dengan sistem infus ini biasanya agak sering menimbulkan masalah jika sistemnya hasil modifikasi (non-original). Masalah pada sistem infus yang pernah saya alami adalah dikarenakan pemakaian printer yang tidak teratur yang mengakibatkan tinta cepat kering pada saat digunakan kembali, atau adanya udara luar yang masuk serta membuat rongga udara ke dalam selang yang membuat suplai tinta ke cartridge terganggu. Mungkin akan berbeda halnya dengan printer infus original seperti  Epson L800 photo printer tadi, karena sistem penginfusannya lebih sempurna (sayangnya saya belum pernah pakai :D)

Printer Cetak Foto dan Cetak Undangan Terkait Merk dan Masalahnya

Sekitar 3 tahun yang lalu di sebuah situs tanya-jawab saya menemukan seseorang yang meminta rekomendasi merk printer untuk cetak foto yang bagus dan murah untuk dimodifikasi ke sistem infus. Dengan alasan bahwa printer untuk foto tersebut biasanya dipakai juga untuk cetak undangan dan sejenisnya, maka beberapa jawaban/rekomendasi yang ia dapatkan  saya tuliskan di sini, dengan harapan supaya bisa menjadi bahan pertimbangan juga bagi sahabat-sahabat yang memerlukan infonya.. Inilah jawaban atau rekomendasi yang mereka berikan:

Yang pertama menjawab bahwa printer Epson dengan kisaran harga 700 ribu-800 ribu rupiah sudah cukup ok, akan tetapi sebaik-baik merk printer bila diinfus, maka hasil cetaknya tidak akan sebagus printer yang memakai cartridge bawaan (original), dan printer yang diinfus biasanya agak rewel. Sebagai contoh, tintanya suka turun dari selang infus akibat penutup tabung tinta lupa ditutup kembali setelah pemakaian, atau printer tidak dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu printer yang diinfus katanya harus sering dipakai. Terkadang ada juga yang tintanya banjir ke luar dari cartridenya, karenanya tidak semua orang mendapatkan kemudahan dengan printer yang diinfus, sebab walaupun terbilang ekonomis akan tetapi harus menghadapi si printer yang rewel.

Orang kedua juga menyarankan printer dengan merk yang sama, yaitu printer multifungsi merk Epson Stylus TX101 yang bisa digunakan untuk berbagai macam pengerjaan seperti print, scan, dan copy dengan hasil yang bagus serta cocok untuk cetak foto. Katanya, bisa juga sekalian digunakan untuk bisnis fotokopi, dengan kisaran harga 800 ribu rupiah sebelum dipasang infus.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Yang ketiga menyarankan untuk dipikir benar-benar sebelum memakai printer yang diinfus.. Katanya printer infus suka membuat ulah seperti halnya Epson C90 dan Canon Pixma1800. Tapi katanya juga yang Canon hasilnya lebih bagus daripada Epson, walaupun banyak orang yang berpendapat bahwa Epson lebih baik. Epson lebih cerewet, dan harga infusnya lebih mahal, dan juga sebaiknya menggunakan suntikan saja, karena kalau tintanya habis tinggal disuntik. Kalau diinfus paling bertahan hanya sekitar 1 bulanan saja.. selanjutnya pasti minta diservis.

Pendapat yang keempat serupa dengan pendapat orang pertama dan kedua tadi, yaitu masih tetap mengunggulkan printer merk Epson untuk diinfus, tetapi tinta, chip, serta selangnya harus yang bermerk Vicasia dengan alasan supaya ada garansi selama memakainya. Seperti juga halnya dengan dua pendapat yang terakhir berikut..

Yang satu menganjurkan untuk menggunakan Epson C90 dengan kisaran harga 900 ribuan plus telah termasuk infusnya. Tidak akan rewel juga katanya, asal diusahakan menggunakan printernya paling tidak satu kali dalam sehari supaya cartridge tidak mengering, seperti halnya ia juga memakai printer yang sama buat mencetak foto. Asal jangan beli yang multiprinter atau all-in-one, karena biasanya lebih rewel serta bila yang satu sakit maka semua akan ikut sakit, tambahnya.

Perekomendasi terakhir yang sama-sama lebih suka memilih Epson C90 daripada printer Canon beralasan bahwa bila Canon dipakai untuk mencetak dalam jumlah yang banyak, biasanya akan kalah pada cartridgenya (tintanya tidak mau turun), walaupun ia mengakui kecepatan Canon jauh lebih tinggi dibandingkan Epson. Ia mengatakan bahwa masalah yang biasa terjadi pada Epson C90 adalah pada rollnya. Sebagai tips ia pun menyarankan agar jangan terlalu sering memakai kertas print yang terlalu tebal, misalnya 200 gsm ke atas. (Untuk diketahui bahwa kertas dengan gramatur 150 gsm juga sudah mencukupi untuk pencetakan undangan)

Demikian jawaban atau rekomendasi dari para pengguna printernya. Mungkin merk serta tipe-tipenya sekarang sudah ketinggalan juga dikarenakan informasi tersebut sudah cukup lama, dimana pada saat itu printer sistem infus yang original pun belum ada. Akan tetapi intinya masih bisa kita simpulkan bahwa sepanjang printer infusnya tersebut hasil dari modifikasi, maka masalah akan lebih sering ditemui dibanding printer yang tidak memakai infus atau printer dengan sistem infus original.

Rekomendasi di atas juga kebanyakan untuk printer bermerk Epson, seperti halnya di sekitar saya juga memang lebih banyak pengusaha cetak foto maupun pengusaha cetak undangan yang menggunakan printer Epson yang dimodif ke sistem infus daripada merk Canon yang diinfus, semisal Epson Stylus Photo R230 dan Epson Stylus Photo R230 TX111, dan belakangan sudah ada juga yang menggunakan Epson dengan sistem infus bawaan pabriknya. Demikianlah, semoga bermanfaat…

Printer Untuk Foto dan Undangan oleh: ~ Cepi Nugraha

Komentar

71 tanggapan untuk “Printer Untuk Foto dan Undangan”
  1. kamso says:

    saya kerja d’percetakan,saya pengen bka usaha sendiri dan beli printer yg bsa buat bkin kartu nama dan undangan.kira” bsa d’beli d’mana printer tersebut dan berapa harga’y ia bozz.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Kamso,

    Printer tersebut bisa dibeli di toko-toko komputer & aksesories terdekat, biasanya mereka pada umumnya telah menyediakan printer dengan sistem infus. Untuk harga tergantung merk serta modelnya, tetapi untuk ukuran printer dengan lebar maksimal A4 atau F4 kisaran harganya di atas 500 ribu hingga di bawah 3 juta rupiah.

    [balas komentar di sini]

  2. ali says:

    sekedar share saja, selama ini saya menggunakan epson L-100 untuk cetak photo, id card dan undangan… Setalah dipakai selama hampir satu tahun, baru minta diservice karena heaadnya sumbat (saya sering ganti2 jenis tinta untuk uji kualitasnya).
    Untuk Canon, saya juga pakai mp 198 infus modif sendiri, mesinnya bandel sayangnya catridge mudah rusak…. tapi gak usah khawatir, karena keuntungan yang kita dapat dari printer tesebut jauh menutupi biaya catridgenya.

    [balas komentar di sini]

    Metra Reply:

    Pagi masgan, saya jg berencana memakai L100 dan akan menggunakan tinta non ori. Cuma saya takut kualitas nya akan jelek.

    dr sharing n tanya2 k teman n innet yg menentukan kualitas adalah printer+tinta+kertas (foto)

    dr pengalaman agan, menuru pengalaman agan, tinta non ori apa yg rekomended dan merek foto paper apa yg bagus? Jenisnya doff ato glossy? Thaks (bisa tuker2an SN tinta epson dong gan)

    [balas komentar di sini]

    syahada Reply:

    pake tinta ori aja, kertasnya cari merk spectra

    [balas komentar di sini]

  3. keliekhp says:

    Saya pake l100, kenapa ya untuk cetak photo hasilnya ko kurang memuaskan. Warnanya cinderung lbh matang/kurang cerah. Tinta msh ori, ada yg tau seting l100 biar hasil cetaknya bagus.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    keliekhp,

    Kalau tidak salah, seri-seri printer infus original Epson yang dikeluarkan sebelum L800 tujuan utamanya adalah pencetakan dokumen secara umum, seperti juga yang terjadi pada L100, karenanya hasil cetak untuk fotonya kurang bagus, dan kemudian untuk printer fotonya sendiri Epson mengeluarkan produk printer seri L800-nya.

    [balas komentar di sini]

    keliekhp Reply:

    Kalo menurut agan, L800 dg R230x dimodif infus pake tinta ( saiko ink) bagus mana? Di iklannya saiko ink di klaim anti air, ada pelindung dr sinar UV & anti jamur, selin itu lbh tahan lama. Sy pake l100 buat ID card ko ga lama fotonya sdh agak luntur, pdhl msh pake tinta epson. Gimana tuh gan? Sy sdh liat hasil cetak dr R230x, gambarnya oke jg, tp kalo l800, sy blm pernah liat gan. Tolong kasih pencerahan. Tksh…

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kalau untuk pemeliharaan tentunya bagus L800. Tapi karena belum pernah melihat hasilnya, serta R230x modifikasi yang menggunakan Saiko Ink sudah jelas terlihat hasilnya bagus dan bisa mendukung usaha yang dijalankan, maka tidak ada salahnya mencoba pilihan kedua yang ‘lebih pasti’.

    [balas komentar di sini]

    keliekhp Reply:

    Tksh atas penjelasannya gan….printet R230x+6 btol saiko ink 2,3 jt gan

    [balas komentar di sini]

    yusmardi Reply:

    Saya sudah pake tinta saiko untuk infus r-230, hasilnya bagus dan tintanya tahan air (sudah saya buktikan) untuk masalah pudar atau tidak saya belum tahu karena saya juga baru menggunakannya. selama saya pakai insya Allah baik-baik aja. saya sudah gunankan tinta saiko untuk ID card, Transafer paper, photo, hasil nggak mengecewakan… memang harganya lebih mahal… smoga membantu.

    [balas komentar di sini]

  4. mashudi says:

    saya punya printer canon ip2770 kok buat cetak gak bisa yaa….

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Hudi,

    Cetak berwarna? gak bisa dipakai nyetak di atas bahan apa Mas?

    [balas komentar di sini]

  5. Zahra says:

    `Mas Cepi, sya berencana mau buat usaha kartu undangan dan sejenisnya, tapi sya belum tau merek printing apa yang bagus, dan memadai
    dan bagai mana menurut mas cepi, mengenai hasil dari FUJIXEROK DOCUPRINT C1110b

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mbak Zahra,

    Untuk mencetak kartu undangan, dan semacamnya, umumnya orang banyak menggunakan printer inkjet merk Epson yang menggunakan tinta infus (infus original maupun modifikasi).

    Saya belum melihat hasil cetak dari Fuji Xerox DocuPrint C1110B, tetapi karena merupakan printer laser, maka biasanya hasil cetaknya akan cukup bagus dan halus, dengan kecepatan cetak yang cukup tinggi pula.

    [balas komentar di sini]

    karno Reply:

    mas,aku mau buka usaha print foto sama percetakan undangan..butu biaya berapa yah…???

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Karno,

    Biaya untuk buka usaha tersebut bisa bervariasi, semua kembali tergantung kepada kebutuhan atau juga layanan yang akan diberikan.

    Jika hanya menggunakan printer warna biasa biaya bisa jadi kurang dari 5 juta rupiah, tetapi jika harus menggunakan mesin cetak foto digital dan mesin cetak offset, biaya bisa puluhan hingga ratusan juta rupiah.

    Mungkin harus dilihat dulu anggaran yang Mas rencanakan untuk membuka usaha berapa jumlahnya, supaya nanti bisa disesuaikan..

    [balas komentar di sini]

  6. Yandri says:

    Mas, printer yang bagus untuk kertas konstruk, ap y mas?
    soalny, aq mw bwt brosur n undangan dari kertas konstruk…..
    mohon pencerahannya mas…..mksh…..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Yandri,

    Epson Photo Printer seperti kata teman-teman kita di atas juga bagus, yang penting tintanya aja menggunakan tinta Art Paper supaya cetakannya menempel di kertas Kenstrooknya..

    [balas komentar di sini]

  7. wawan says:

    mas,, sy punya epson L800 mas, tpi tintanya banjir sampai keluar ke semua tempat di lantai.. tolong mas bantu sy bagi’in tips nya gimana cara syg memperbaikinya… terima ksih sebelumnya mas… mohon bantuannya mas..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang Wawan,

    Saya belum pernah ada pengalaman dengan Epson L800, namun biasanya hal itu terjadi karena penampung tinta yang ada di dalam printer sudah penuh. Solusinya, akang harus coba buka printernya, dan kuras banjiran tintanya menggunakan bahan yang bisa meresap banjiran tinta tersebut seperti spon misalnya.

    Kalau memungkinkan, kasih selang kecil untuk mengalirkan banjiran tinta keluar printer, dan tampung menggunakan botol tinta bekas yang tutupnya dilubangi untuk jalan masuknya selang mengalirkan tinta.Botol penampung tersebut tempel saja dengan solatip di pinggir atau belakang printernya.

    [balas komentar di sini]

  8. rahma says:

    mas dulu saya pernah buka usha cetak foto…tp rugi!karena saya ga bisa dandan printer yg diinfus,dpt untung cm habis bwt servis…dan sekarang saya pgn buka usaha itu lg.tolg dbantu bwt masalah printny yg bagaimana dan cr perawatany supaya tahan lama.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mbak Rahma,

    Coba saja pakai Epson photo printer yang sudah diinfus dari pabriknya (infus original) supaya aliran tinta inpus lebih lancar dan lebih mudah perawatannya, dan nanti isi ulang tintanya dengan tinta original pula. Mungkin akan sedikit lebih mahal isi ulangnya dibandingkan dengan menggunakan tinta infus non-ori, tapi nanti insya Allah gak akan rugi karena tidak banyak service lagi.

    [balas komentar di sini]

  9. dedi says:

    mas,printer laser yang bagus buat cetak photo ukuran A3 merk apa ya mas ?trims

    [balas komentar di sini]

    syahada Reply:

    pake r230 aja kertasnya pake merk spectra

    [balas komentar di sini]

    syahada Reply:

    kalo mau laser pake merk pujixerox

    [balas komentar di sini]

  10. waterboom tirtadjaya says:

    sebelumnya saya mhn maaf bila saya telah mengganggu,pa saya ingin usaha foto langsung jadi diarena saya bekerja,sebaiknya saya menggunakan tustel dan printer apa yah.(seperti sy pernah di foto pada acara pernikahan,ucapan terima kasihnya pakai foto langsung jadi ) terima kasih atas jawabannya

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    WaterBoom Tirtadjaya,
    Mohon maaf, karena komentar Anda tertimpa oleh komentar-komentar yang baru, saya sampai lupa menjawabnya.

    Untuk kameranya sendiri Bapak bisa menggunakan kamera digital merk apa saja baik Nikon, Canon, Sony, Ben-Q, dsb. yang penting kualitasnya sudah cukup baik menurut Bapak. Untuk printernya pilihlah jenis “photo printer” dengan merk yang juga bebas, apakah Canon, Epson, HP, dsb. yang penting di printer tersebut telah dilengkapi dengan “fasilitas cetak langsung”, yaitu printer tersebut telah dilengkapi dengan “slot kartu memori” untuk membaca kartu memori dari kamera, atau printer tadi mempunyai Port “PictBridge” yang bisa terhubung ke kabel kamera atau Bluetooth, sehingga memudahkan pencetakan langsung jadi yang bisa dipakai di berbagai acara seperti pernikahan, wisuda, dsb.

    [balas komentar di sini]

  11. aryo says:

    Saya memakai printer canon mp287…knp yah gan koq setiap print foto hasilnya agak gelap? Bagaimana cara setting nya?? Tks

    [balas komentar di sini]

  12. aryo says:

    Malam mas,,saya dirumah menggunakan printer mp285 canon baru beli,,ketika saya print foto ternyata hasilnya agak gelap tidak seperti aslinya,,apakah ada setingan nya? Tolong beri petunjuk.. Makasih

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Aryo,

    Selamat malam juga.. Settingannya lihat di Print Setup, barangkali saja nanti ada pilihan yang bisa merubah hasilnya menjadi lebih terang. Atau jika masih tidak teratasi dengan cara tersebut, fotonya di komputer warnanya dibuat lebih cerah dulu, baru diprint.

    [balas komentar di sini]

  13. ary says:

    om gan, saya mau tanya, tinta yang bagus buat cetak di art paper tinta apa ya? saya pake printer epson r230. kalo bisa infonya dikirim ke email ya om, karena saya jarang online. trims

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Ary,

    Saiko Ink terkenal bagus tuh, serta banyak yang pakai. Kata produsennya bisa ngeprint ke Art Paper juga..

    [balas komentar di sini]

  14. Bob says:

    gan mau tanya nih,
    saya di rumah pake print canon MP 287
    saya belum menemukan kualitas hasil cetakan foto saya memuaskan seperti yang ada di studio foto, padahal gan, disitu ada yang pake printer yang kualitasnya jauh lebih jelek ketimbang punyak saya

    solusinya gimana gan
    mohon bantuannya ^_^

    salam kenal dari om bob

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Bob,

    Mungkin tinta dan kertas yang dipakai oleh studio foto lebih baik daripada yang Mas gunakan. Coba juga mas lihat di settingan atau setup printer punya Mas, apakah kualitas cetaknya telah disetting ke kualitas cetak terbaik. Jika belum, cobalah dan lihat hasilnya..

    [balas komentar di sini]

  15. heru says:

    mesin cetak undangan yg paling baik dan awet merk apa mas.
    maaf mas pemula,mohon infonya terima kasih

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Heru,

    Mesin cetak offset merk Heidelberg, misalnya model GTO 52. Mesin ini adalah mesin cetak offset buatan Jerman, dan kualitas serta ketahanannya mengungguli mesin cetak dari merk lain semacam Sakurai Oliver dan Ryobi buatan Jepang.

    [balas komentar di sini]

  16. irwan says:

    kertas yg di pakai untuk surat undang kertas merk ap. biasa ny ad d tko apa klo mau bli krts nya. mhon bntuannya.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Irwan,

    Saya tidak melihat merk, tapi lebih ke jenis/nama kertas yang digunakan. Untuk mencetak kartu undangan menggunakan printer, Mas bisa menggunakan kertas Concorde, kertas BC, kertas Tik, dan sebagainya. Menggunakan kertas Art Paper juga bisa, tapi tintanya harus tinta untuk Art Paper juga.

    Alangkah baiknya jika Mas datang ke toko bahan/kertas, insyaallah di sana Mas akan melihat banyak jenis kertas yang cocok untuk kartu undangan

    [balas komentar di sini]

  17. umar says:

    saya mau buka cetak foto dan undangan.jenis printer yang cocok buat laptop.tolong infonya .terima kasih.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Umar,

    Buat kerja menggunakan laptop, tidak adanya dengan menggunakan PC. Jadi printer bagaimana pun bisa cocok, yang penting spesifikasi yang terdapat di laptop tersebut mendukung spesifikasi minimal yang diminta oleh printer yang akan digunakan.

    [balas komentar di sini]

  18. Indra says:

    mas, saya pake printer canon ip 2770 klo mau cetak di kertas art cartoon, cromo , bc pindo agar tidak luntur dan pudar bagusnya pake tinta apa ya?????
    salam kenal ya mas

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Indra,
    Salam kenal kembali..

    Kalau untuk printer Canon saya belum tahu Mas, tapi kalau untuk printer Epson bisa pakai Saiko Ink.

    [balas komentar di sini]

    Edi Reply:

    Mas Cepi saya mau tanya nih, dimana saya bisa beli tinta saiko ink dan berapa harga tiap botolnya, trus cocok gak jika dipake untuk printer R230. tolong balas ke email saya ya. terima kasih sebelumnya. oh ya… saya tinggal di subang jawa barat mas…..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang Edi,

    Saya telah mengirimkan jawabannya ke alamat email Kang Edi. Silahkan dicek di kotak masuk, atau dicek di folder spam bila tidak ditemukan di sana.

    [balas komentar di sini]

    edi Reply:

    kalau di Bandung kantornya dimana kang…….

    [balas komentar di sini]

  19. Andri says:

    mas….printer atau mesin apa yg bagus untuk cetak sejenis KOP Surat hitam dan berwarna atau Kwitansi????terus tinta yg bagusnya utk printer apa ya???mohon infonya mas….trims

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Andri,

    Coba pake Epson Photo printer saja berikut SEIKO Ink sebagai tintanya.

    [balas komentar di sini]

    andri Reply:

    epson photo printer seri apa mas??tolong lebih jelas lagi infonya mas….trima

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kalau sekedar buat keperluan di atas, Epson seri apapun insyaallah telah mencukupi (bagus), bahkan yang termurah sekalipun.. Namun memang alangkah baiknya dimodif pakai sistem infus untuk pengisian tintanya, dan yang lebih baik lagi bila membeli Epson yang tintanya sudah diinfus dari pabriknya, seperti Epson L800, dsb. supaya lebih mudah untuk pemeliharaannya.

    [balas komentar di sini]

  20. ahmad kurnia says:

    Terima kasih mas infonya sangat membantu,saya pemula masih buta banget dalam hal mengenai printer,oya mas kira2 printer merk apa dan tipe berapa ya buat buka usaha cetak foto digital,bisa scan dan copy,atas jawabanya trima kasih. 🙂

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Ahmad,
    Terimakasih juga atas kunjungannya..

    Kalau untuk printer All-in-One yang kualitasnya bagus saya belum mengetahui merk serta tipenya, karena yang banyak dipakai biasanya yang printyer dan scanner terpisah. Namun Mas Ahmad bisa coba Epson Stylus TX 121 atau Epson L 210 dan lihat bagaimana nanti hasilnya.

    [balas komentar di sini]

  21. iroel says:

    Mas, bisakah printer epson l100 pake tinta saiko untuk cetak id card

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Iroel,

    Insyaallah bisa. Namun supaya lebih yakin, silahkan dicoba…

    [balas komentar di sini]

  22. Bagaimana dengan printer HP LaserJet P1102 ?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Princess Printing,

    Mungkin untuk mencetak foto, undangan, dsb. yang langsung diprint menggunakan printer, tidak sesuai dengan printer tersebut karena printer tersebut hanya 1 warna. Namun jika digunakan untuk membantu pekerjaan cetak offset dan cetak sablon, printer laser tersebut bisa digunakan untuk memprint-out desain ke kertas HVS maupun kertas kalkir.

    [balas komentar di sini]

    princess printing Reply:

    Terimakasih atas balasannya.
    Karena saya baru mau terjun ke dunia percetakan undangan, apakah ada saran untuk jenis2 alat yang sobat rekomendasikan untuk saya.
    terimakasih.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    sama-sama…
    Hemat saya, alangkah baiknya jika mengerjakan order cetakan dengan cara maklook atau ongkos cetak dulu. Nanti setelah memahami fungsi-fungsi peralatan cetakan, baru dipikirkan untuk membeli peralatan cetak yang sesuai dengan kebutuhan..

    [balas komentar di sini]

  23. neoprint-smg says:

    misi gan,, kunjungan malam,, senangnya kalo punya kenalan pengusaha cetakan apalagi IMer juga 😀
    salam kenal
    http://neoprint-smg.blogspot.com/

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    neoprint-smg

    Terimakasih telah berkunjung, hehehe
    Saya juga pastinya akan balik mengunjungi blog Anda 😉

    [balas komentar di sini]

  24. mustakim says:

    baru mau buka usaha fotocopy, cetak foto dan cetak undangan
    kira-kira printer apa yang cocok om cepi

    di tunggu respon nya
    kim karawang

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang Mustakim,

    Buat fotokopi sebaiknya mesin fotokopi biasa yang tidak menyatu dengan printer. Untuk cetak foto dan undangan, printer Epson L800 saya kira lebih dari cukup.

    [balas komentar di sini]

  25. aghniaprint says:

    saya lagi butuh printer baru untuk cetak undangan dengan kisaran harga satu juta kl bisa yg lengkp scnner…dan ga boros cardtrige. kmrin sy pake canon pixma tp cuma berthan dua tahun, itu pun ganti2 cardtrige trs. merek dan tipe apa ya? kl infus original pabrik ada ga kisaran segitu? terus kl untuk mc fotokopi yang ekonomis di bawah 10 jt tapi kualitas bagus merk apa ya? thanks…

    [balas komentar di sini]

  26. BOY says:

    HP DESKJET 1050, 1510, EPSON L100

    [balas komentar di sini]

  27. adi susanto says:

    ass mas cepi…
    saya ingin minta masukan saya sudah memulai usha cetak foto dan undangan dengan menggunakan canon mp258,saya ingin mencari printer epson yg ukuran a3 kira yg recomende bgus dan yg murah tipe apa ya mas.terima kasih

    [balas komentar di sini]

  28. adul says:

    klo pake prinan cetak undangan pake kertas apa y pak
    maksai,,,,

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Adul,

    Hampir semua kertas bisa diprint dengan printer, terkecuali beberapa saja yang tidak, misalnya kerta Kensdruk atau Art paper, itu harus ganti dengan tinta tersendiri..

    [balas komentar di sini]

  29. dede faisal says:

    jadi kesimpulannya apa ni mas, printer yang cocok untuk cetak undangan, dan foto…

    di tunggu,,,,,

    oia jgan lupa kunbal ya mas..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang Dede,

    Silahkan dibaca artikelnya dengan seksama, pasti akan ketemu kesimpulannya.

    [balas komentar di sini]

  30. ali says:

    om cepi saya mau tanya, saiko ink ada yg jenis pigment ngk? saya ingin buka usaha cetak mug menggunakan kertas decal. trimakasih

    [balas komentar di sini]

  31. abe says:

    Gan numpang tanya…. Sya pnya printer epson l800 sya mau ganti dngn tinta non ori.. .tp tinta non ori ino cuma ada 4 wrna aja.. Gana dngn wrna lm dn lc nya gan… .mohon pncerahannya gan… Krna cetak undangan pke tinta ori bengkak gan.. Boros tinta.. Tanks gan.. .

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!