Printer Untuk Foto dan Undangan

July 22, 2012 oleh 65 Komentar
Kategori: Percetakan & Grafika 
Printer Untuk Foto

Printer Infus Murah

Printer Untuk Cetak Foto dan Cetak Undangan Sistem Infus

Seringkali ada yang bertanya dengan pertanyaan kurang lebih seperti ini,”Kang Cepi, saya ingin membuka usaha percetakan kecil-kecilan untuk membuat kartu nama, kartu undangan, dan sebagainya dengan hanya berbekal sebuah komputer dan printer. Apakah bisa? Lalu sebaiknya printer untuk cetak undangan merk apa yang bagus untuk saya gunakan?”

Untuk menjawab pertanyaan seperti itu maka saya jawab secara ringkas saja, bahwa apapun merk serta tipe printernya semua bisa digunakan untuk membuka usaha cetak kecil-kecilan sepanjang printer itu adalah printer berwarna, karena hasil cetaknya sudah cukup bagus untuk pengerjaan produk-produk cetakan seperti kartu undangan, kartu nama, brosur, amplop, kop surat, dan lain-lain.Tapi ada kelemahannya yaitu pada kecepatan cetaknya yang pastinya akan terasa sangat lambat untuk mengerjakan cetakan dalam jumlah besar jika dibandingkan dengan pengerjaan di mesin cetak offset.

Selain itu, printer yang digunakan juga harus mempunyai suplai tinta dengan sistem infus, baik itu sistem infus hasil modifikasi ataupun sistem infus yang merupakan bawaannya dari pabrik (original) seperti halnya yang dimiliki oleh printer foto Epson L800. Dengan sistem infus ini kita tidak akan selalu direpotkan untuk pengisian ulang tinta, sebab persediaan tinta di dalam tabung penginfus memiliki volume yang cukup banyak, dan tentunya sangat cocok untuk mengerjakan cetakan dalam jumlah yang lumayan.

Akan tetapi, printer dengan sistem infus ini biasanya agak sering menimbulkan masalah jika sistemnya hasil modifikasi (non-original). Masalah pada sistem infus yang pernah saya alami adalah dikarenakan pemakaian printer yang tidak teratur yang mengakibatkan tinta cepat kering pada saat digunakan kembali, atau adanya udara luar yang masuk serta membuat rongga udara ke dalam selang yang membuat suplai tinta ke cartridge terganggu. Mungkin akan berbeda halnya dengan printer infus original sepertiĀ  Epson L800 photo printer tadi, karena sistem penginfusannya lebih sempurna (sayangnya saya belum pernah pakai :D)

Printer Cetak Foto dan Cetak Undangan Terkait Merk dan Masalahnya

Sekitar 3 tahun yang lalu di sebuah situs tanya-jawab saya menemukan seseorang yang meminta rekomendasi merk printer untuk cetak foto yang bagus dan murah untuk dimodifikasi ke sistem infus. Dengan alasan bahwa printer untuk foto tersebut biasanya dipakai juga untuk cetak undangan dan sejenisnya, maka beberapa jawaban/rekomendasi yang ia dapatkanĀ  saya tuliskan di sini, dengan harapan supaya bisa menjadi bahan pertimbangan juga bagi sahabat-sahabat yang memerlukan infonya.. Inilah jawaban atau rekomendasi yang mereka berikan:

Yang pertama menjawab bahwa printer Epson dengan kisaran harga 700 ribu-800 ribu rupiah sudah cukup ok, akan tetapi sebaik-baik merk printer bila diinfus, maka hasil cetaknya tidak akan sebagus printer yang memakai cartridge bawaan (original), dan printer yang diinfus biasanya agak rewel. Sebagai contoh, tintanya suka turun dari selang infus akibat penutup tabung tinta lupa ditutup kembali setelah pemakaian, atau printer tidak dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu printer yang diinfus katanya harus sering dipakai. Terkadang ada juga yang tintanya banjir ke luar dari cartridenya, karenanya tidak semua orang mendapatkan kemudahan dengan printer yang diinfus, sebab walaupun terbilang ekonomis akan tetapi harus menghadapi si printer yang rewel.

Orang kedua juga menyarankan printer dengan merk yang sama, yaitu printer multifungsi merk Epson Stylus TX101 yang bisa digunakan untuk berbagai macam pengerjaan seperti print, scan, dan copy dengan hasil yang bagus serta cocok untuk cetak foto. Katanya, bisa juga sekalian digunakan untuk bisnis fotokopi, dengan kisaran harga 800 ribu rupiah sebelum dipasang infus.

Yang ketiga menyarankan untuk dipikir benar-benar sebelum memakai printer yang diinfus.. Katanya printer infus suka membuat ulah seperti halnya Epson C90 dan Canon Pixma1800. Tapi katanya juga yang Canon hasilnya lebih bagus daripada Epson, walaupun banyak orang yang berpendapat bahwa Epson lebih baik. Epson lebih cerewet, dan harga infusnya lebih mahal, dan juga sebaiknya menggunakan suntikan saja, karena kalau tintanya habis tinggal disuntik. Kalau diinfus paling bertahan hanya sekitar 1 bulanan saja.. selanjutnya pasti minta diservis.

Pendapat yang keempat serupa dengan pendapat orang pertama dan kedua tadi, yaitu masih tetap mengunggulkan printer merk Epson untuk diinfus, tetapi tinta, chip, serta selangnya harus yang bermerk Vicasia dengan alasan supaya ada garansi selama memakainya. Seperti juga halnya dengan dua pendapat yang terakhir berikut..

Yang satu menganjurkan untuk menggunakan Epson C90 dengan kisaran harga 900 ribuan plus telah termasuk infusnya. Tidak akan rewel juga katanya, asal diusahakan menggunakan printernya paling tidak satu kali dalam sehari supaya cartridge tidak mengering, seperti halnya ia juga memakai printer yang sama buat mencetak foto. Asal jangan beli yang multiprinter atau all-in-one, karena biasanya lebih rewel serta bila yang satu sakit maka semua akan ikut sakit, tambahnya.

Perekomendasi terakhir yang sama-sama lebih suka memilih Epson C90 daripada printer Canon beralasan bahwa bila Canon dipakai untuk mencetak dalam jumlah yang banyak, biasanya akan kalah pada cartridgenya (tintanya tidak mau turun), walaupun ia mengakui kecepatan Canon jauh lebih tinggi dibandingkan Epson. Ia mengatakan bahwa masalah yang biasa terjadi pada Epson C90 adalah pada rollnya. Sebagai tips ia pun menyarankan agar jangan terlalu sering memakai kertas print yang terlalu tebal, misalnya 200 gsm ke atas. (Untuk diketahui bahwa kertas dengan gramatur 150 gsm juga sudah mencukupi untuk pencetakan undangan)

Demikian jawaban atau rekomendasi dari para pengguna printernya. Mungkin merk serta tipe-tipenya sekarang sudah ketinggalan juga dikarenakan informasi tersebut sudah cukup lama, dimana pada saat itu printer sistem infus yang original pun belum ada. Akan tetapi intinya masih bisa kita simpulkan bahwa sepanjang printer infusnya tersebut hasil dari modifikasi, maka masalah akan lebih sering ditemui dibanding printer yang tidak memakai infus atau printer dengan sistem infus original.

Rekomendasi di atas juga kebanyakan untuk printer bermerk Epson, seperti halnya di sekitar saya juga memang lebih banyak pengusaha cetak foto maupun pengusaha cetak undangan yang menggunakan printer Epson yang dimodif ke sistem infus daripada merk Canon yang diinfus, semisal Epson Stylus Photo R230 dan Epson Stylus Photo R230 TX111, dan belakangan sudah ada juga yang menggunakan Epson dengan sistem infus bawaan pabriknya. Demikianlah, semoga bermanfaat…

Printer Untuk Foto dan Undangan oleh: ~ Cepi Nugraha

Komentar

65 tanggapan untuk “Printer Untuk Foto dan Undangan”
  1. neoprint-smg says:

    misi gan,, kunjungan malam,, senangnya kalo punya kenalan pengusaha cetakan apalagi IMer juga :D
    salam kenal
    http://neoprint-smg.blogspot.com/

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    neoprint-smg

    Terimakasih telah berkunjung, hehehe
    Saya juga pastinya akan balik mengunjungi blog Anda ;)

    [balas komentar di sini]

  2. mustakim says:

    baru mau buka usaha fotocopy, cetak foto dan cetak undangan
    kira-kira printer apa yang cocok om cepi

    di tunggu respon nya
    kim karawang

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang Mustakim,

    Buat fotokopi sebaiknya mesin fotokopi biasa yang tidak menyatu dengan printer. Untuk cetak foto dan undangan, printer Epson L800 saya kira lebih dari cukup.

    [balas komentar di sini]

  3. aghniaprint says:

    saya lagi butuh printer baru untuk cetak undangan dengan kisaran harga satu juta kl bisa yg lengkp scnner…dan ga boros cardtrige. kmrin sy pake canon pixma tp cuma berthan dua tahun, itu pun ganti2 cardtrige trs. merek dan tipe apa ya? kl infus original pabrik ada ga kisaran segitu? terus kl untuk mc fotokopi yang ekonomis di bawah 10 jt tapi kualitas bagus merk apa ya? thanks…

    [balas komentar di sini]

  4. BOY says:

    HP DESKJET 1050, 1510, EPSON L100

    [balas komentar di sini]

  5. adi susanto says:

    ass mas cepi…
    saya ingin minta masukan saya sudah memulai usha cetak foto dan undangan dengan menggunakan canon mp258,saya ingin mencari printer epson yg ukuran a3 kira yg recomende bgus dan yg murah tipe apa ya mas.terima kasih

    [balas komentar di sini]

Page 3 of 3«123
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!