Printer Kain Spanduk Digital

Mesin Cetak Spanduk, dll.

Mesin Cetak Kain Spanduk, Bendera, Umbul-umbul, dsb.

Sahabat-sahabat usaha cetak.. industri percetakan di Indonesia kini makin semarak saja dengan bermunculannya para pengusaha cetak yang menggunakan mesin printer kain digital ukuran lebar. Memang keberadaan mesin cetak kain ini bukanlah hal yang baru, tetapi di Indonesia sendiri beberapa tahun terakhir ini keberadaannya masih kalah banyak dengan mesin cetak digital ukuran besar yang menggunakan bahan-bahan glossy paper, vinyl flexi, dan sebagainya.

Di waktu yang akan datang, mesin printer kain/printer textile ukuran lebar ini kemungkinan juga akan menjadi alternatif baru untuk pengerjaan cetak di atas kain selain pencetakan yang biasa dilakukan oleh sablon tangan atau sablon manual, bahkan mungkin dengan semakin banyaknya pengusaha yang memilikinya, maka pengusaha-pengusaha percetakan sablon manual yang kurang berinovasi akan mengalami kekalahan dalam persaingan dikarenakan proses cetak menggunakan wide format digital printing textile ini jauh lebih cepat dengan harga cetak yang bersaing pula.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Miliki Ebooknya, Dapatkan BONUSNYA!

Beragam Kegunaan & Keunggulan Printer Kain Digital Ukuran Lebar

Berkunjung ke blog printer kain digital miliknya Pak Nur Saelani (klik linknya untuk berkunjung ke sana), setelah beliau memasang banner iklan premiumnya di situs iklan percetakan yang saya miliki, saya mengutip kegunaan dari mesin printer spanduk kain ini dibagi ke dalam berbagai segment pasar, seperti:

  • Segment advertising: Spanduk/banner, bendera, umbul-umbul, dan rontex.
  • Segment tekstil/apparel: pakaian, interior rumah, taplak meja, gorden, industri butik dan industri sajadah.
  • Segment merchandise: mug, piring, keramik, tas, jam, kaos, payung, sepatu, syal, dan lain-lain.

Disamping beragam kegunaannya tadi, mesin cetak kain digital ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:

  • Nilai investasi lebih murah dibanding digital printing untuk fronlite/mmt sebagai medianya.
  • Produk yang dihasilkan bisa lebih luas dan beragam.
  • Produk yang dihasilkan lebih ramah lingkungan.
  • Produk yang dihasilkan akan lebih mudah dipasang.
  • Produk yang dihasilkan tidak menyilaukan/memantulkan cahaya.
  • Bahan kain bisa banyak ditemukan di toko-toko kain biasa.
  • Tidak memerlukan ruangan ber-AC.
  • Dan sebagainya.

Harga Printer Kain/Printer Textile Digital Ukuran Lebar

Untuk harga mesin cetak digital kain ukuran lebar ini pastinya¬† bervariasi tergantung merk, spesifikasi, fitur, dan sebagainya, tetapi di blognya Pak Nur Saelani tadi saya melihat sebuah brosur yang memuat harga printer kain ini dalam mata uang Dollars yakni $15,500 atau hampir Rp. 155.000,000 bila dirupiahkan saat ini. Di brosur itu saya tidak melihat rincian mengenai spek serta fiturnya, akan tetapi bila sahabat-sahabat merasa penasaran ingin mengetahui informasi yang lebih lengkap tentangnya, mungkin sahabat-sahabat bisa langsung bertanya kepada beliau melalui kotak-kontak yang tersedia di blognya. Semoga bermanfaat…

Materi tentang Printer Kain Spanduk Digital Ukuran Lebar ini ditulis oleh ~ Cepi Nugraha