Predictive Maintenance Adalah..

June 25, 2013 oleh 2 Komentar
Kategori: Jurnal Teknik Mesin 
Predictive Maintenance Adalah

Predictive Maintenance

Sahabat, sebelum mengulas tentang apa itu predictive maintenance, maka saya akan sedikit mengulang kembali tentang preventive maintenance, dimana seperti telah kita ketahui pada artikel terdahulu bahwa preventive maintenance berfungsi untuk menangani langsung hal-hal yang bersifat mencegah terjadinya kerusakan pada peralatan atau fasilitas yang dilakukan dengan jalan memeriksa alat atau fasilitas tersebut secara teratur dan berkala, serta memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil yang dijumpai selama pemeriksaan.

Bagaimanapun baiknya suatu mesin yang telah direncanakan, namun keausan dan kerusakan selama pemakaian pada umumnya masih dapat terjadi. Meskipun demikian, besarnya laju keausan ini masih dapat diperkirakan apabila mesin atau alat tersebut dipakai dalam kondisi normal.

Dalam bidang peralatan listrik dan elektronika khususnya, seringkali diperingatkan bahwa kerusakan-kerusakan komponen listrik merupakan bahaya yang selalu mengancam sehingga tidak ada alat atau instrument yang dapat dipercaya yang mampu melakukan pemeriksaan dan pengukuran terhadap kerusakan komponen. Yang umum dilakukan dalam praktek, contohnya adalah mengganti semua bola lampu listrik dalam bengkel atau daerah tertentu sekaligus setelah beroperasi dalam jangka waktu tertentu. Jadi, tidak menggantinya satu persatu setelah bola lampu tersebut padam. Contoh tadi merupakan contoh yang khusus dari pendekatan predictive maintenance.

Predictive maintenance ini pun merupakan suatu teknik atau cara yang banyak dipakai dalam cara produksi berantai, dimana bila ada gangguan darurat sedikit saja pada sistem produksi tersebut semisal rusaknya suatu belt conveyor, maka hal tersebut dapat menyebabkan terhentinya aliran produksi, sehingga bisa menimbulkan kerugian yang cukup besar pada perusahaan bersangkutan.

Pada industri yang menggunakan proses kimia, terhentinya aliran produksi beberapa detik saja dapat menimbulkan kerusakan, dan bila terhenti sampai beberapa menit, maka sudah dapat menyebabkan kerusakan berat yang fatal.

Pengertian Predictive Maintenance

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Jadi predictive maintenance adalah merupakan bentuk baru dari planned maintenance, dimana penggantian komponen atau suku cadang dilakukan lebih awal dari waktu terjadinya kerusakan. Pada gambar bisa dilihat hal ini dilakukan menjelang wearing out period.

Predictive Maintenance

Pada gambar juga terlihat bahwa pada waktu suatu mesin yang masih baru dioperasikan akan terjadi laju keausan yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan bagian-bagian “permukaan kerja” (working surface) dari alat masih kasar, sehingga ketika terjadi kontak kerja permukaan, permukaan kasar tersebut akan menjadi rata (halus), dan geram-geramnya terbuang keluar (biasanya dibawa oleh minyak pelumas). Masa ini dikenal sebagai masa penyesuaian (running in), dalam gambar dinyatakan sebagai Phase I (early failure).

Setelah melewati Phase I ini, karena permukaan bidang kerja sudah halus, maka geram yang terjadi akibat adanya gesekan sudah menurun, dan hal ini akan menambah stabilitas keadaan permukaan bidang kerja. Phase II ini dikenal sebagai periode kerja guna dari mesin (useful life period). Periode ini menentukan umur mesin atau peralatan yang sesungguhnya.

Karena permukaan bidang kerja mempunyai lapisan kekerasan dengan ketebalan yang terbatas, maka bila ketebalan lapisan keras ini sudah habis terkikis, maka laju keausan akan meningkat kembali. Hal ini akan berlangsung selama Phase III yang dikenal sebagai periode keausan cepat (wearing out period).

Baik, sekian ulasan yang bisa saya sampaikan. Setelah membaca serta mempelajarinya, insyaallah sahabat-sahabat bisa lebih mengetahui tentang apa arti predictive maintenance. Semoga bermanfaat.. ~ Cepi Nugraha

Komentar

2 tanggapan untuk “Predictive Maintenance Adalah..”
  1. Ranovri says:

    senang membaca penjelasan anda… apakah mas Cepi tahu pengertian dari Water Dispersion pada Hydraulic System ? terimakasih sebelumnya 🙂
    salam hangat 🙂

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Ranovri,
    Terimakasih telah baca-baca artikel di halaman ini..

    Karena bidang saya selepas kuliah sudah tidak di keteknikan / pemesinan, maka saya sudah lupa atau mungkin tidak pernah mengetahui hal itu.. Mohon maaf ya..

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!