Perlengkapan Desain Grafis untuk Percetakan

February 17, 2009 oleh 44 Komentar
Kategori: Percetakan & Grafika 

Desain Grafis

Bila diantara Anda ada yang tertarik untuk memulai dan menekuni bisnis/usaha di bidang desain grafis atau jasa setting komputer untuk percetakan, maka alangkah baiknya jika Anda mengetahui “perlengkapan minimal apa saja” yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha tersebut.

Untuk perlengkapan desain grafis atau setting komputer, sebenarnya telah saya sebutkan di artikel yang berjudul Contoh Keterkaitan Hobi dengan Ide Usaha, tetapi di artikel tersebut saya hanya menyebutkan sekilas saja tanpa pembahasan yang lebih luas. Untuk itu, maka di artikel ini saya akan mengulasnya lagi dengan pembahasan yang lebih terperinci.

Untuk memulai serta menekuni usaha desain grafis atau setting komputer, maka perlengkapan desain grafis “minimal” yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

1. Komputer

Untuk perangkat komputer, sebaiknya dipersiapkan spesifikasi yang mendukung pekerjaan-pekerjaan untuk desain grafis, dan jangan lupa juga.. harus tersedia sebuah CD-ROM/RW atau DVD-ROM/RW untuk membaca data dari kepingan CD maupun untuk memburning (membakar/menyimpan) data hasil desain ke dalam sebuah kepingan CD atau kepingan DVD.

2. Perangkat Lunak (Software)

Sebenarnya untuk masing-masing sistem operasi (operating system), tentu mempunyai software aplikasi desain grafis yang berbeda-beda, tetapi di dunia percetakan, pada umumnya masih menggunakan Windows sebagai sistem operasinya. Maka dikarenakan hal tersebut, software desain grafis yang biasa dipergunakan adalah CorelDraw serta Adobe Photoshop. Sedangkan software aplikasi seperti Macromedia FreeHand, Adobe page maker, dan sebagainya, bisa ditambahkan sebagai software pelengkap aplikasi desain grafis lainnya.

3. Scanner

Scanner juga tidak kalah penting, karena tanpa scanner kita tidak bisa meniru gambar dengan bentuk dan ukuran gambar yang sama persis dengan contoh gambar desain yang telah ada. Dengan scanner, kita bisa memasukkan sebuah contoh desain ke dalamnya untuk discan, dan hasil scan tersebut bisa diolah/ditiru oleh aplikasi desain grafis untuk dibuat menjadi sebuah naskah desain yang baru.

4. Printer

Printer yang harus dimiliki oleh seseorang yang bergerak di usaha desain grafis untuk percetakan itu harus bisa mencetak naskah dengan warna hitam pekat maupun berwarna. Biasanya seorang desainer grafis, minimal harus mempunyai:

  • Laser Printer berwarna hitam: untuk mencetak/memprinting naskah desain ke atas kertas HVS maupun kertas kalkir.
  • Inkjet Printer berwarna: untuk mencetak/memprinting contoh naskah desain atau pun mengerjakan cetakan jadi secara langsung.
Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

5. Kertas

  • HVS (cukup 70 gsm). Pilihlah merk kertas yang memiliki hasil cetak yang rapih dan membuat tinta tidak meluber, karena bisa berpengaruh kepada hasil cetakan. Hasil cetak dengan kertas HVS ini digunakan jika pelat cetak yang akan digunakan di mesin cetak adalah plat kertas/paper plate.
  • Kertas kalkir. Hasil cetak dari printer ke kertas kalkir diperlukan bila plate yang akan digunakan ke mesin cetak adalah plat aluminium/aluminium plate. Dan biasanya hasil cetak kalkir ini lebih baik dari hasil cetak di kertas sehingga berpengaruh juga ke kualitas hasil proses selanjutnya. Tetapi tentu saja tidak sebaik hasil cetak dengan menggunakan film.
  • Glossy paper, dan kertas lainnya (sebagai pelengkap, serta tidak menjadi keharusan).

6. Kepingan CD (Compact Disc)

Kepingan CD kosong perlu disediakan sebagai tempat untuk menyimpan data hasil desain, karena belum tentu konsumen yang datang membawa sebuah kepingan CD atau sebuah flshdisk dan sebagainya, untuk menyimpan data hasil desain tersebut.

7. Penggaris (Mistar)

Untuk membuat ukuran desain sesuai dengan contoh yang telah ada/jadi, tentu saja penggaris diperlukan untuk mengukur contoh yang telah ada/jadi tersebut, untuk kemudian ukurannya disesuaikan pada desain di komputer. Penggaris yang digunakan sebaiknya terbuat dari logam, karena penggaris tersebut sewaktu-waktu diperlukan pada saat pemotongan kertas.

8. Pisau Pemotong Kertas (Cutter)

Terkadang sebuah cutter diperlukan juga oleh seorang desainer grafis untuk memotong kertas hasil desain.

9. Plastik

Plastik diperlukan sebagai kemasan/tempat untuk menyimpan kertas yang berisi naskah hasil desain, supaya terlindungi dari kusut, debu, kotoran, dan sebagainya. Ukuran plastik disesuaikan (lebih besar sedikit dari kertas).

Nah.., mungkin inilah yang bisa saya sampaikan. Selamat mencoba, dan semoga berguna serta bermanfaat…!!! (Cepi Nugraha)

Artikel Terkait:

Bagikan Artikel...

Komentar

44 tanggapan untuk “Perlengkapan Desain Grafis untuk Percetakan”
  1. Joddie says:

    OK juga tuh.. tapi kalo mau lebih pro lebih baik tambah ini : kamera pro untuk membidik model dan object, meja gambar plus alat gambar untuk membuat sketsa desain, sama koneksi internet…

    [balas komentar di sini]

  2. lirik says:

    kang, dalam 1x naik cetak offset itu apa cost nya udah selalu fix?dan dalam 1x naik cetak itu bisa berapa rim maksimal kertas yang kepakai?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas/mbak Lirik,
    Jika kita makloon cetak, biasanya kita kena biaya atau “ongkos cetak minimal”. Contohnya:
    Jika kita makloon cetak berbahan kertas HVS di mesin cetak offset GTO 52. Ongkos cetak minimal yang harus dibayar sekitar Rp. 65 ribu/plate (1x naik warna), dan ongkos cetak Rp. 65.000 tersebut untuk jumlah cetak sampai 2000 lembar. Adapun jika kurang dari 2000 lembar, maka tetap dikenakan ongkos yang sama, dan inilah yang dimaksud dengan ongkos cetak minimal. Sedangkan untuk lembaran cetak yang ke 2001 dan seterusnya, maka dikenakan tambahan ongkos cetak sekitar Rp. 20/lembar. Jadi jika kita mencetak sebanyak 3000 lembar, maka dikenakan biaya Rp. 65 ribu/2000 lembar + {Rp.20 x 1000 lembar} = Rp. 85 ribu.

    [balas komentar di sini]

  3. lirik says:

    kang cepi,thanks..tp aku punya pertanyaan lanjutan nih…!1xnaik warna itu berarti kalau kita mau cetak 4 warna berarti 65rbu x 4??ongkos cetak minimalnya?2000 lembar itu berarti 4 rim ya kang???per plate cetak itu hanya utk 1x warna?ongkos bikin plate papernya apa ada patokannya?per centimeter atau gimana??nuwun kang..

    [balas komentar di sini]

  4. Cepi Nugraha says:

    Benar sekali.. kalau mencetak 4 warna berarti ongkos cetak minimal Rp.65 rb x 4 warna = Rp.260 rb, sedangkan untuk jumlah kertas selanjutnya adalah Rp.20/lembar x 4 warna.

    1 rim = 500 lembar. Jadi 2000 lembar = 4 rim.

    1 plate cetak bisa dipakai untuk beberapa kali ganti warna jika plate tersebut adalah aluminium plate dan kondisinya masih bagus, tapi tentu dengan naskah/desain gambar yang sama. Jika naskah/desain gambar berbeda, tentulah berbeda pula pelatnya. Sedangkan untuk paper plate hanya untuk 1 warna/plate.

    Kalau untuk paper plate yang saya ketahui hanya ada 1 ukuran, yaitu untuk merekam naskah cetak dengan ukuran maksimal folio. juga hanya digunakan untuk mesin cetak berukuran kecil untuk mendapatkan kualitas cetakan yang standard dengan jumlah cetakan yang tidak terlalu banyak, karena paper plate cepat rusak. Berbeda dengan aluminium plate, besarnya aluminium plate tergantung dari ukuran naskah serta ukuran mesin yang akan digunakan. Mulai dari mesin cetak berukuran kecil hingga mesin cetak dengan ukuran besar, dan biasanya digunakan untuk mendapatkan kualitas cetakan yang baik atau untuk jumlah cetakan yang banyak.

    Ongkos bikin plate ukuran “folio” di Bandung saat ini Rp.3500 untuk paper plate, dan Rp.5000 untuk aluminium plate. Sedangkan untuk aluminium plate yang lebih besar ongkosnya antara Rp.10.000 dst. tergantung besarnya ukuran plate/mesin cetak yang akan digunakan.

    Mohon dibedakan juga,Rp.65 ribu adalah contoh ongkos cetak untuk mesin GTO 52. Untuk pengerjaan cetak di mesin cetak yang lebih besar tentu berbeda lagi. Sedangkan untuk mesin cetak kecil seperti mesin cetak TOKO, ongkos cetak saat ini antara Rp.3000 – Rp. 15.000/rim (500 lembar}. Dan perbedaan harga ini biasanya tergantung jenis bahan, jumlah cetakan, maupun mesin cetak yang digunakan.

    [balas komentar di sini]

  5. lirik says:

    hatur nuhun kang…sgt berguna bagi saya, mohon di update terus info-infonya.thanks alot…

    [balas komentar di sini]

  6. rama says:

    ass,kang cepi salam kenal,saya tertarik sekali dengan peluang usaha percetakan,saya ada rencana terjun di usaha ini…mohon tips2 nya u/ orang yg baru/ingin terjun dengan usaha ini..hatur nuhun saencana kang .wass

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    mas Rama, wa’alaikum salaam wr. wb.
    Silahkan mas baca artikel-artikel mengenai percetakan saya lainnya, diantaranya seperti di sini:
    http://rumahcahaya.com/tanpa-perlengkapan-usaha-cetak-pun-bisa/

    [balas komentar di sini]

  7. Rama says:

    ass,kang cepi..terus terang aja saya ini baru tertarik dengan desain grafis&percetakan baru2 ini,apa lg setelah membaca artikel akang.hatur nuhun mdh2an silaturahmi qt dan tmn2 lain tetap terjaga saling memberikan info positif amin…..almt email na kang?wass

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    wa’alaikum salam mas Rama,
    Terima kasih jika sekiranya tulisan saya bisa bermanfaat. Aamiin.. mas. Email saya owner@rumahcahaya.com atau netpreneur01@yahoo.com.

    [balas komentar di sini]

  8. Ady Zahdy says:

    Kang cepi,saya tertarik jadi tukang setting. saya pernah buka studio foto mini jadi peralatan nganggur dirumah tinggal tambah printer laser. apakah program photoshop dan illustrator sudah cukup untuk membuka jasa setting ,mungkin dari desain yang simpel seperti nota dll.mohon pentunjuk. hatur nuhun kang.Adi tangerang

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang Ady,
    Tambah dengan Corel Draw, karena Corel Draw adalah software aplikasi grafis yang paling banyak digunakan untuk setting di dunia percetakkan.

    [balas komentar di sini]

  9. imran says:

    yang lengkap dong penjelasannya!

    [balas komentar di sini]

  10. rizal says:

    assalamualaikum..
    wah SALUTTTT buat kang cepi nya…
    ditunggu Tutor corelnya kang ..
    saya juga jadi dapet berkahnya dari knalan dengan kang cepi terimaksih banyak..saya sangat terbantu dengan pencerahannya…

    oiya….semoga cepat tayang…hehehe

    [balas komentar di sini]

  11. arie says:

    ini bener-bener cahaya…..
    cahaya utk kaum grafika khususnya..
    dan umumnya untuk mereka yg akan bergelut di bidang percetakan…..
    saat ini banyak orang yg mencari sambilan di bidang percetakan…(broker) heheeee…. tp is oke…
    contohnya org yg dari sastra china aja lari ke sini… bukan begitu kang cepi….

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Arie, Terima kasih atas kunjungannya..
    Aamiin, mudah-mudahan bisa menjadi cahaya bagi semua.
    Yaa.. usaha percetakan bisa dilakukan oleh siapapun dari latar belakang apapun. Saya juga di bangku sekolah dan kuliah, tidak pernah mempelajari percetakan ini, tapi akhirnya berkenalan juga dengannya 🙂

    [balas komentar di sini]

  12. subkhan says:

    Assalamu’alaikum….
    kang ikut gabung ya..

    ku baru belajar buka desain grafis
    dan ku lg cari paper plate buat film cetak di mesin toko…
    ada yg tau infonya??
    ku dijogja.

    matur nuwun

    [balas komentar di sini]

  13. setiady says:

    assalamulaikum, nuhun kang cepi

    saya tertarik bisnis grafis ini, tapi saya masih 0 pengalaman dlm bidang ini. saya pingin tanyakan apakah ada mechine cetak mini/toko yang sdh ada koneksi usbnya. jadi transfer datanya mudah seperti printer. trimakasih wassallam

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang Setiady, wa’alaikum salam..
    Di Indonesia.. sampai saat ini saya belum mendengar atau melihat mesin cetak offset mini/Toko yang menggunakan koneksi USB. Jadi yang saya ketahui, mesin yang menggunakan koneksi USB baru untuk mesin-mesin cetak digital (digital printing)

    [balas komentar di sini]

  14. to : Mas Subkhan
    Paperplate saya ada beberapa merk. Mulai yang harga 300rb/box (isi 200 lbr) Sampai yang 450ribu.
    Saya posisi juga di Yogya.
    No hp. : 08179131970

    [balas komentar di sini]

  15. idris says:

    Dear Mas Subkhan
    Mas bisa minta tolong,mungkin mas ada refrensi printer yg bagus untuk cetak di kertas Kalkir
    (percetakan) merk dan serinya thanks.

    [balas komentar di sini]

  16. Heru Tri Y says:

    Jual Pinter paperplate HP 5100N eks Singapore, kondisi istimewa Thoner Ori baru dan 1 thoner serep.
    Hub. 0274-7477573

    [balas komentar di sini]

  17. Kholis Alinurdin says:

    Kang saya baru 1 bulan buka usaha setting. lokasi saya di kota kecamatan. sudah ada 5 tukang setting. tapi sampai saat ini belum kelihatan. paling baru 5% dari calon konsumen yang saya tawari. saya punya 3 unit pc 2 laser printer 1 printer photo dan 3 printer biasa plus 1 tenaga setting ahli. lokasi saya bagus banget. gmana solusinya ya.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang Kholis,
    Mungkin hanya soal waktu saja, karena mas masih baru di sana. Biasanya pebisnis percetakan yang sudah lama lebih memilih tempat setting yang sudah menjadi langganannya.. tapi hal tersebut terkadang hanya sementara, karena jika di tempat setting langganannya sedang ngantri, maka biasanya mereka akan cari tempat setting yang lagi kosong, dan jika pelayanan yang mas berikan bisa memuaskan mereka, maka mereka pun bisa jadi lebih betah untuk membuat settingan di tempat mas. Karenanya berusahalah memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen-konsumen baru mas..

    [balas komentar di sini]

    rumahcetak Reply:

    sabar mas.. semua juga butuh proses.. yang penting jangan lupa untuk terus marketing.. dan udah itu berdoa. Good Luck dibisnis cetak an nya mas.

    [balas komentar di sini]

  18. mulyadi says:

    kang Cepi
    hati dan pikiran sy jadi terang semua setelah membaca artikel2nya…. semua jadi sumber inspirasi sy…. terima kasih banyak semoga apa yg telah kang cepi berikan mendapat balasan dari Allah SWT. sy jadi terenyuh mas..

    [balas komentar di sini]

  19. Fafa says:

    kang saya masih bingung menghitung ongkos desain dan saya harus cari keuntungan berapa ya?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang Fafa,
    Yang jelas ongkos desain itu jauh lebih tinggi dari ongkos pengetikkan.
    Misalnya untuk rata-rata ongkos saat ini di kisaran:
    – Desain 1 warna untuk ukuran 1/2 folio aja = Rp. 3000 – 5000/lembar
    – Desain 1 warna untuk ukuran Folio = Rp. 6000 – 8000/lembar
    – Desain berwarna tergantung kerumitan, bisa mulai dari Rp. 10.000, 15.000, 25.000, dan seterusnya.
    Kesimpulannya adalah terletak pada seberapa rumit desain tersebut.
    Semakin rumit sebuah desain, maka semakin lama pula waktu yang tersita untuk pengerjaannya, yang secara otomatis ongkos yang dikenakan pun harus semakin tinggi.

    [balas komentar di sini]

    rumahcetak Reply:

    murah sekali mas.. satu lagi mas.. liat – liat kliennya… kalo kliennya mampu bayar tinggi ya kita kasih harga tinggi dan kualitas kita kasih 1000%.. bisnis cetak an memang seru mas.

    [balas komentar di sini]

  20. Arman says:

    Penting sekali mengetahui harga desain yang di inginkan oleh konsumen, karena harga merupakan faktor penting dalam sebuah penawaran.

    [balas komentar di sini]

  21. rumahcetak says:

    Wah mas saya jadi inget dengan corel 9 yang jadoel itu.. tapi itu semua yang mengawali bisnis cetak an ini

    [balas komentar di sini]

  22. rudy w says:

    salam kenal, maaf saya tertarik design graphis tp dimana tempat training/kursus yg sekaligus mengajari peluang usahanya. tks

    salam
    rudy @bekasi jabar

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Rudy,
    salam kenal kembali..

    Karena saya sendiri tidk pernah belajar secara resmi (saya belajar secara otodidak), maka saya tidak mengetahui tempatnya secara pasti. Tetapi biasanya pada bagian halaman iklan di koran-koran atau surat kabar daerah seperti Pikiran Rakyat diantaranya, sering dimuat iklan dari lembaga-lembaga yang menawarkan belajar atau kursus desain grafis.

    [balas komentar di sini]

  23. Rio says:

    Mas Cepy, mohon rekomendasi printer laser monochrome yang bagus buat print kalkir untuk kebutuhan sablon dsb.

    Terima kasih,
    Salam
    Rio

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Rio,

    Mohon maaf jika pertanyaannya baru saya balas, dan mohon maaf juga saya tidak bisa memberikan jawaban yang Mas Rio inginkan karena saya sudah lama tidak menggunakan printer laser untuk cetak di kalkir..

    [balas komentar di sini]

  24. M RYAN FIRMANSYAH says:

    saya bukan mau br komentar tapi saya mau brtanya saya punya epson stylus TX110
    saya lagi belajar mencetakundangan kertas apa saja yang cocok buat frinter saya dan ukuran berapa gram ?

    [balas komentar di sini]

  25. M RYAN FIRMANSYAH says:

    terus apa bisa kertas plai paper supaya bolder ?

    [balas komentar di sini]

  26. Murizal says:

    mas kalau printer yang bagus buat kertas stiker itu printer apa ya mas

    trimaksih

    salam rizal

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Rizal,

    Bila yang dipakai adalah semisal kertas sticker HVS atau sticker Chromo, maka printer inkjet biasa yang banyak di pasaran pun bisa dan bagus untuk digunakan mencetak di atas permukaannya..

    [balas komentar di sini]

  27. multimedia says:

    Informasinya sangat bermamfaat bagi rekan yang lainya.. makasih mas

    [balas komentar di sini]

  28. Hendi says:

    Mas untuk belajar design harus ada software yang sesuai kebutuhan kan mas,,tapi saya ingin membuka usaha samblon baju menurut mas software apa yang cocok untuk pemula usaha semacam sablon ini mas,,,????
    terima kasih

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Hendi,

    Untuk usaha sablon tentu software yang sesuai dengan kebutuhan adalah software untuk mendesain gambar atau naskah yang akan disablon tersebut. Software yang paling umum atau banyak digunakan adalah CorelDraw dan Photoshop.

    [balas komentar di sini]

  29. zulfah aini says:

    tolong kirimkan tutorial mengenai desan grafis

    [balas komentar di sini]

  30. selvi says:

    kalau contoh penggunaan desain grafis dibidang percetakan itu apa??????????

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!