Pengusaha Kecil Yang Sukses

March 29, 2012 oleh 5 Komentar
Kategori: Entrepreneurship 
Pengusaha Kecil Yang Sukses

Pengusaha Kecil Yang Sukses

9 Tips Untuk Menjadi Pengusaha Kecil Yang Sukses

Sahabat Rumah Cahaya.. untuk menjadi pengusaha kecil yang sukses dan dimulai dari bawah tentu merupakan sebuah tantangan yang besar. Berikut ini saya akan tuliskan beberapa tips dengan harapan bisa menjadi bekal buat kita semua guna mengawali, menjalankan serta menjadi pengusaha kecil yang sukses.

Memiliki Tujuan

Di sinilah semuanya dimulai, pondasi untuk menjadi pengusaha kecil yang sukses. Tahu persis kemana kita akan melangkah, bisnis Apa yang sekiranya ‘akan booming’ di masa depan, membayangkan bagaimana rasanya jika bisnis kita mengalamim kesuksesan, dan setiap kita bangun di pagi hari, kita dapat mengetahui tindakan apa yang seharusnya kita ambil untuk membuat kita berada di jalan menuju sukses.

Mengambil Tindakan (Take Action)

Perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan terdapat pada tindakan yang kita ambil. Kegagalan dalam hidup adalah.. orang yang mengetahui apa yang seharusnya mereka lakukan, tetapi mereka tidak pernah melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan tersebut. Para pengusaha kecil yang sukses adalah orang-orang yang mepunyai ide-ide lalu mereka mengambil tindakan dari ide-ide mereka tersebut. Mereka adalah orang-orang yang pernah berkata, “Saya berharap, dan saya melakukannya…”

Mencari Umpan Balik

Ada pepatah yang mengatakan bahwa ‘umpan balik adalah sarapannya para juara’. Pada saat awal-awal bisnis, kita harus terus-menerus mencari umpan balik tentang semua aspek dari bisnis kita. Apa yang benar-benar bekerja, apa yang tidak bekerja, dan apa yang memerlukan sedikit perubahan. Mungkin kita harus berbicara dengan pelangganan kita, para pemasok barang, manajer bank, akuntan, atau dengan siapa saja yang sekiranya bisa memberikan kita perspektif yang menyegarkan.

Cari Tahu Apa Yang Kita Tidak Tahu

Kita jangan merasa telah mengetahui segala hal tentang cara menjalankan bisnis. Lakukan analisa pada diri kita sendiri tentang potensi atau keterampilan yang kita miliki, dan cari tahu lebih jauh potensi atau keterampilan apa yang meski kita kembangkan. Bila ternyata kita mengetahui kesenjangan pengetahuan tentangnya, maka alangkah baiknya jika kita mencari kursus, membaca artikel, membaca buku, dan saran dari orang lain yang akan membuat kita tetap berada di jalur yang benar.

Fokus, Fokus, Fokus

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Guru pertama di bisnis online saya ibu Anne Ahira selalu mengulang kata ini sampai 5 (lima) kali, “Fokus, Fokus, Fokus, Fokus, Fokus ” Kalau saya cukup 3 (tiga) kali saja ya… hehe. Yaa, jangan sampai ada hal-hal yang mengalihkan perhatian kita dari pencapaian tujuan. Awali hari-hari kita dengan kerangka berpikir bahwa kita hanya akan melakukan tugas-tugas yang akan membuat kita lebih dekat terhadap tujuan, tidak yang lain.

Mengambil Risiko

Kita tidak akan pernah mencapai apa-apa jika kita tidak siap untuk melompat dari tebing beberapa kali. Saya tidak bermaksud menempatkan bisnis kita berada dalam bahaya, cukuplah resiko yang direncanakan dan dipikirkan, namun pada saat yang sama kita harus mengetahui bagaimana cara menaggulangi atau setidaknya meminimalisir resiko tadi.

Berpikir Positif

Ya.. sebuah perkataan yang klise bukan? tapi benar-benar dapat berpengaruh terhadap bisnis kita, yakni untuk melihat sisi positif dalam segala hal dan kejadian. Jika sesuatu tidak berjalan lancar.. mungkin sebaiknya kita melatih diri untuk bertanya, “Apa hikmah serta sisi baiknya dari semua ini?” Mencoba memahami bahwa dalam setiap masalah selalu ada potensi dan kebaikan.

Bertawakkal

Kita manusia hanya bisa berencana, berikhtiar dan berjuang dalam mencapai segala tujuan kita.. tapi ingatlah selalu bahwa hanya itulah kewajiban kita, sedangkan keberhasilan adalah hak-Nya, maka setelah segala upaya maksimal kita lakukan, serahkanlah semua urusan kepada-Nya.

“wa man yatawakkal ‘alallah fahuwa hasbuh (dan barangsiapa bertawakkal kepada-Nya, maka Ia akan mencukupinya)”

Berdo’a

Walau saya tempatkan pada tips yang terakhir, tetapi berdo’a hendaklah kita lakukan dari awal-awal hari sebelum kita memulai rencana. Berdo’alah agar segala apa yang kita niatkan, jalankan, dan kita tuju senantiasa berada di jalan yang diridhai-Nya, supaya benar-benar berada dalam arahan-Nya, supaya terhindar dari segala kekeliruan dan kegagalan. Berdo’alah supaya Ia berkenan untuk mengabulkan segala apa yang menjadi harapan dan cita-cita kita untuk menjadi seorang pengusaha kecil yang sukses bahkan lebih dari itu.. menjadi seorang pengusaha besar dengan segala kemaslahatan untuk kehidupan di dunia ini serta kehidupan akhirat nanti yang kekal abadi. Semoga bermanfaat…!

9 Tips Untuk Menjadi Pengusaha Kecil Yang Sukses ~ Oleh: Cepi Nugraha

Komentar

5 tanggapan untuk “Pengusaha Kecil Yang Sukses”
  1. MUNTASIR says:

    berakit2 dahulu berenang ke tepian, bersakit2 dhulu bersenang2 kemudian

    [balas komentar di sini]

  2. MUNTASIR says:

    saya sangat senang membaca artikel annie sahira hampir semua artikelnya sebuah tulisan bermanfaat

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Muntasir,

    Terima kasih ya Pak.. telah berkunjung serta membaca artikel-artikel saya di blog ini..

    [balas komentar di sini]

  3. semua orang masih punya kesempatan untuk menjadi sukses 🙂

    [balas komentar di sini]

  4. slowsinaga says:

    saya sgt tertarik apa yg ibu katakan dan saya ingin tau byk kelanjutannya,,,

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!