Pemeliharaan Mesin / Perawatan Mesin

January 1, 2013 oleh 2 Komentar
Kategori: Jurnal Teknik Mesin 
Pemeliharaan Mesin / Perawatan Mesin

Pemeliharaan Mesin

Bagi sahabat Rumah Cahaya yang sedang mencari artikel tentang pemeliharaan mesin / perawatan mesin. Insyaa Allah di halaman ini Anda akan mendapatkannya. Walaupun tidak begitu lengkap, tetapi besar harapan apa yang saya tulis ini dapat melengkapi bahan-bahanĀ  yang telah ada pada Anda sebelumnya. Berikut artikelnya..

Pemeliharaan atau maintenance adalah merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menjaga asset dari suatu usaha atau bisnis, baik berupa perkantoran, pertokoan, pabrik, industri dan lain-lain agar segala aktifitas di dalamnya dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu maintenance dapat membuat suatu peralatan dan sarana yang ada bertambah umur pakainya.

Tujuan pemeliharaan

  1. Untuk memperpanjang umur kegunaan aset (yaitu setiap bagian dari tempat kerja, bangunan dan isinya). Hal ini penting terutama untuk negara berkembang, dimana kurangnya pendapatan membuat kurang pula sumber modal untuk penggantian.
  2. Untuk menjamin kemampuan optimum dari peralatan yang terpasang untuk berproduksi (atau pelayanan), dan memperoleh kemungkinan keuntungan maksimum pada investasi.
  3. Untuk menjamin kesiapan operasional dari seluruh peralatan yang diperlukan pada keadaan darurat sepanjang waktu, misalnya kesiapan unit cadangan, unit pemadam kebakaran, unit penyelamat dan sebagainya.
  4. Untuk menjamin keselamatan terhadap pekerja yang menggunakan peralatan.

Pekerjaan pemeliharaan dapat terencana dan tidak terencana.

Pemeliharaan terencana dibagi 2 aktifitas utama, yaitu pencegahan dan perbaikan (koreksi).

Bagian utama dari pemeliharaan pencegahan meliputi pemeriksaan berdasar pada melihat, merasakan, mendengarkan, dan penyetelan minor pada selang waktu yang telah ditentukan, serta penggantian komponen minor sebagai akibat dari penemuan pada saat pemeriksaan.

Pemeliharaan perbaikan/koreksi (corrective maintenance) meliputi reparasi/perbaikan minor, biasanya rencana jangka pendek yang mungkin timbul diantara pemeriksaan, juga overhaul terencana misalnya overhaul tahunan atau dua tahunan.

Perencanaan pemeliharaan didefinisikan sebagai penentuan sebelumnya terhadap pekerjaan, cara, bahan, alat, mesin, karyawan, saat serta waktu yang diperlukan.

Hanya ada satu bentuk perawatan tak terencana, yaitu pemeliharaan darurat, yang didefinisikan sebagai pemeliharaan dimana perlu segera dilaksanakan tindakan untuk mencegah akibat yang serius, misalnya terhadap hilangnya produksi, kerusakan besar pada peralatan, atau untuk alasan keselamatan kerja.

Teknik Manajemen Perawatan Mesin

Dalam manajemen perawatan mesin, terdapat beberapa teknik dan istilah umum yang biasa digunakan, seperti:

Pemeliharaan (Maintenance):
Suatu kombinasi dari setiap tindakan yang dilakukan untuk menjaga suatu barang di dalamnya atau untuk memperbaikinya hingga untuk kondisi yang dapat diterima.

Pemeliharaan darurat (Emergency maintenance):
Pemeliharaan yang perlu segera dilakukan untuk mencegah akibat yang serius.

Pemeliharaan terencana (Planned maintenance):
Pemeliharaan yang diorganisasi dan dilakukan dengan pemikiran ke masa depan, pengendalian dan peralatan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebelumnya.

Rusak (Breakdown):
Kerusakan/kegagalan yang menghasilkan ketidak tersedianya suatu bagian dari alat.

Pemeliharaan Korektif (Corrective maintenance):
Pemeliharaan yang dilakukan untuk memperbaiki suatu bagian (termasuk penyetelan dan perbaikan/reparasi) yang telah terhenti untuk memenuhi kondisi yang dapat diterima.

Pemeliharaan pencegahan (Preventive maintenance):
Pemeliharaan yang dilakukan pada selang waktu yang telah ditentukan sebelumnya, atau terhadap suatu kriteria lain yang diusulkan dan dimaksudkan untuk mengurangi kemungkinan dari bagian lain yang tidak memenuhi kondisi yang dapat diterima.

Pemeliharaan jalan (Running maintenance):
Pemeliharaan yang dapat dilakukan sewaktu mesin sedang berjalan (digunakan).

Pemeliharaan berhenti (Shut down maintenance):
Pemeliharaan yang hanya dilakukan selama mesin berhenti.

Daftar barang-barang pabrik (Plant inventory):
Daftar dari seluruh barang, seperti seluruh bagian dari tempat kerja, gedung dan isinya untuk tujuan identifikasi, beserta keterangan mengenai kontruksi dan rincian teknis masing-masing.

Rencana/Program pemeliharaan (Maintenance program):
Suatu daftar pengalokasian pemeliharaan spesifik pada suatu jenis periode.

Jadual pemeliharaan (Maintenance program):
Suatu daftar lengkap mengenai pemeliharaan dan pengaruhnya.

Kartu riwayat (History card):
Catatan penggunaan kejadian dan tindakan sebagai kaitan yang layak pada bagian khusus.

Laporan kerja (Job report):
Suatu pernyataan tertulis dari pekerjaan yang dilakukan serta kondisi alatnya.

Spesifikasi kerja (Job specification):
Suatu dokumen yang menguraikan pekerjaan yang dilakukan.

Overhaul:
Suatu pengujian lengkap dan perbaikan dari suatu alat atau sebagian besar dari bagian itu sampai pada kondisi yang diharapkan.

Waktu nganggur (Down time):
Periode dari waktu selama dimana suatu bagian alat tidak dalam kondisi mampu memberikan fungsi yang diharapkan.

Perencanaan pemeliharaan (Maintenance planning):
Penentuan selanjutnya terhadap pekerjaan, cara/metode, bahan, alat, mesin, pekerja, saat dan waktu yang diperlukan.

Dilakukannya pekerjaan pemeliharaan adalah hal ekonomis yang sangat penting. Pemeliharaan yang benar akan menambah keandalan serta produktifitas, dimana hal ini tentu saja bisa mengakibatkan juga pertambahan pendapatan.

Demikianlah sahabat-sahabat, semoga artikel pemeliharaan mesin / perawatan mesin ini bisa bermanfaat buat Anda. Insyaa Allah di lain waktu saya bisa menambahkan artikelnya kembali di halam yang berbeda dan tentunya dengan pembahasan yang lebih luas. ~ Cepi Nugraha

Komentar

2 tanggapan untuk “Pemeliharaan Mesin / Perawatan Mesin”
  1. Tonny H. Soemantri says:

    Terimakasih mas Cepi Nugraha atas berbagi Ilmu Pengetahuannya, hanya sayangnya saya tidak dapat memprintout untuk file saya. mudah-mudahan lmu pengetahuan mas Cepi Nugraha semakin bertambah terus, amin…

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Tonny,
    Terimakasih kembali atas kunjungannya ke blog yang sederhana ini..

    Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Akibat ulah sebagian webmaster yang kurang kreatif, maka dengan berat hati saya melakukan proteksi untuk meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan, sehingga keperluan para pengunjung blog yang baik seperti Mas Tonny pun terabaikan.

    Aamiin.. Demikian pula dengan pengetahuan yang Anda miliki, semoga makin bertambah dan bermanfaat..

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 11
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!