Saya tidak pernah menyangka sebelumnya, jika ternyata bisnis atau usaha senar gitar/guitar strings itu begitu menggiurkan. Saya mengira, dalam sehari paling hanya beberapa orang saja yang membutuhkan senar gitar untuk mengganti senar gitarnya yang telah putus, jadi usaha senar gitar bukanlah suatu jenis usaha yang cukup pantas untuk dilirik dikarenakan pangsa pasarnya yang sangat kecil.

Tapi itu dulu, perkenalan saya dengan salah satu industri pembuat dan penyalur senar gitar di salah satu kawasan yang terletak di wilayah kabupaten Bandung membuat prasangka saya berubah total. Setelah saya amati, ternyata dalam setiap harinya di industri tersebut selalu saja dipadati dengan kesibukan-kesibukan dalam pembuatan, pengemasan, sampai dengan pengepakan dan pengiriman senar gitar, bahkan tidak jarang pemilik industri tersebut kewalahan memenuhi permintaan dari konsumen-konsumennya, terutama konsumen yang berfungsi sebagai penyalur senar gitar juga.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Miliki Ebooknya, Dapatkan BONUSNYA!

Pengiriman bukan untuk wilayah-wilayah di sekitar Bandung saja, akan tetapi sampai ke luar daerah, diantaranya seperti ke DKI Jakarta, Tasikmalaya, Ciamis, DI Jogjakarta, Surabaya, Balikpapan, dan sebagainya. Dan bukan hanya ke grosir-grosir kecil, tapi banyak diantaranya grosir-grosir maupun distributor-distributor besar.

Saya juga mengamati penyaluran senar gitar sampai ke tingkat bawah. Ternyata dalam sebuah wilayah kota kecil saja, pernah saya dapati banyak juga grosir yang membeli dan menjual senar gitar tersebut. Dan yang unik, ada beberapa grosir yang setiap pagi dalam setiap harinya, tokonya dipenuhi oleh kendaraan-kendaraan bermotor, dan pengendara motor tersebut adalah konsumen-konsumennya yang membeli dan menyalurkan kembali barang-barang dagangannya ke toko-toko di sekitarnya bahkan sampai ke pelosok-pelosok, dan tentu saja diantara barang-barang dagangannya tersebut adalah senar gitar tadi.

Senar gitar bisa masuk atau dijual ke banyak grosir dan banyak toko, tapi sasaran yang paling bagus biasanya dijual ke grosir-grosir dan toko-toko alat musik dan olah raga atau juga dijual ke grosir-grosir dan toko-toko alat tulis dan kantor (ATK).

Ternyata pasarnya bagus juga ya..?? pantas jika pemilik industri tadi sampai kewalahan memenuhi permintaan konsumen-konsumennya.

O..yaa, seandainya kita bisa langsung membeli senar gitar dari industri tersebut, tentu harganya akan sangat murah bila dibandingkan dengan membeli dari grosir-grosir di bawahnya, dan kita pun bisa memperoleh untung yang bukan lumayan lagi jika kita menjual kembali senar gitar tersebut ke grosir-grosir atau toko-toko yang ada di sekitar kita, mengingat selisih harganya yang jauh berbeda.

Catatan:

Mohon maaf… sehubungan banyaknya penelepon yang masuk ke pemilik industri senar gitar tersebut dengan tujuan hanya untuk mengecek atau membandingkan harga, dan bukan dengan tujuan untuk bertransaksi, maka atas pemintaan dari pemilik industrinya,  link ke halaman yang menginformasikan nama serta nomer telepon dari pemilik industri senar gitar tersebut saya hapus, dan saya pun dengan sangat terpaksa tidak lagi menanggapi permintaan nomer teleponnya lagi.

Bagi yang serius, Anda bisa langsung datang menemui  Bapak Juju Juhana dan Edi Rusjiana dengan alamat:

Kp. Bojong Tanjung No. 24, Desa Sangkan Hurip, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung.

Semoga bermanfaat…!!!

Artikel Terkait:

  • Pentol Senar Gitar Murah. Untuk Anda produsen senar gitar yang memerlukan pentol senar gitar murah tetapi berkualitas.