Peluang Usaha Percetakan Digital, Offset, dll.

Peluang Usaha Percetakan

Peluang Usaha Percetakan

Usaha Percetakan adalah salah satu jenis usaha yang cantik dan baik untuk dilirik.. ๐Ÿ˜‰

Mengapa saya berani mengatakan demikian?

Karena dari pengamatan saya selama ini, walaupun semakin hari jumlah orang yang membangun bisnis percetakan ini semakin bertambah, tetapi konsumen atau pasarnya juga semakin terbuka lebar, sehingga peluang usaha percetakan masih merupakan peluang usaha yang cukup besar bahkan insyaallah takkan pernah ada surutnya hingga akhir zaman.

Coba sahabat Rumah Cahaya lihat dalam kehidupan sehari-hari, dimanapun dan kemanapun kita arahkan pandangan, pasti hampir semua produk atau barang hasil dari percetakan akan selalu kita jumpai. Misalnya saja buku-buku tulis serta buku-buku bacaan, nota atau faktur yang biasa kita peroleh sewaktu belanja di pertokoan atau supermarket, kwitansi pembayaran yang kita terima saat melakukan transaksi jual-beli, dan sebagainya.

Lalu perhatikan juga dus-dus kemasan makanan atau kemasan barang-barang lainnya, tas jinjing (hand bag/shopping bag), kartu nama atau ID card, kartu undangan pernikahan dan kartu undangan khitanan, kalender dinding serta kalender meja, hangtag atau label produk, amplop dan kop surat, sticker, poster, brosur, company profil, majalah-majalah, bulletin, tabloid, spanduk, reklame dan lain sebagainya, ini semua juga merupakan barang-barang hasil produksi dari usaha percetakan.

Peluang Usaha Percetakan Terbuka Untuk Semua Kalangan

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Peluang usaha percetakan selain bisa diraih dan ditekuni oleh orang-orang yang bermodal besar, juga bisa ditekuni oleh orang-orang yang tidak mempunyai modal peralatan cetak atau mesin percetakan sama sekali. Hal ini dikarenakan banyak sekali percetakan yang mempunyai peralatan cetak yang menyediakan jasa makloon atau ongkos cetak untuk orang-orang yang tidak mempunyai peralatan dengan biaya yang relatif rendah atau harga rekanan. Bahkan jika seseorang telah berpengalaman dalam jenis usaha ini, maka tanpa modal uang alias modal dengkul sekalipun usaha ini bisa dilakukan.

Bagi Anda yang tertarik dan berminat untuk menekuni usaha percetakan, maka beberapa cara dalam pengerjaan cetak ini bisa menjadi pilihan bagi Anda, seperti:

  • Pengerjaan dengan menggunakan mesin cetak offset
  • Pengerjaan dengan mesin cetak digital atau digital printing machine
  • Pengerjaan dengan teknik sablon tangan / sablon manual
  • dan pengerjaan dengan teknik cetak lainnya.

Bila Anda sudah berani untuk memulai usaha percetakan ini, jangan heran bila dalam waktu yang singkat, prosentase keuntungan yang Anda peroleh cukup besar ๐Ÿ˜‰

Baiklah sahabat Rumah cahaya, selamat mencoba, semoga bermanfaatโ€ฆ! ~ Cepi Nugraha

Artikel berjudul Peluang Usaha Percetakan ini merupakan tulisan saya sendiri, walaupun sayangnya banyak ditemukan duplikatnya di blog lain tanpa mengubahnya menjadi unik serta tidak mencantumkan link aktif ke Rumah Cahaya sebagai sumbernya.

Bagikan Artikel...

Komentar

63 tanggapan untuk “Peluang Usaha Percetakan Digital, Offset, dll.”
  1. eqa says:

    salam kenal…
    saya seorang mahasiswa yang ingin membuat usaha di bidang percetakan, tapi saya belum mengetahui betul cara mempergunakan peralatan umum yang ada dalam percetakan.
    Solusi apa yang bisa saya tempuh jika nantinya saya jadi membuka usaha percetakan tersebut?
    dan kalau boleh diberikan contoh proposal usaha percetakan
    thx.

    Cepi Nugraha Reply:

    mas/mbak eqa. salam kenal juga..
    Jika Anda berminat untuk usaha di bidang percetakan dengan peralatan sendiri, Anda bisa meminta training dulu kepada pihak penjual peralatan cetak tsb. sewaktu Anda membelinya. Malah biasanya mereka menawarkan jasa training sebagai salah satu bagian dari pelayanannya terhadap konsumen. Atau kita juga bisa meminta bantuan mereka untuk mendatangkan calon operator yang terlatih/berpengalaman di peralatan2 cetak, untuk bekerja di percetakan yang Anda miliki. Bisa juga dengan memasang iklan lowongan kerja bagi operator peralatan cetak, dsb.
    Mengenai proposal, mungkin seperti proposal usaha pada umumnya saja ya..

  2. Arafahni says:

    salam kenal mas
    saya seorang mahasiswa ui yang lagi berasal dari medan,saya ingin membuka usaha percetakan,seperti foto copy,tapi saya tidak tahu berapa besar biaya yang akan saya keluarkan untuk memulai bisnis ini,mohon mas sekirannya memberi tahukan saya berapa bajat/biaya permulaan yang harus saya keluarkan

    Cepi Nugraha Reply:

    De’ Arafahni, salam kenal juga..
    Saya anjurkan sebaiknya ade memulainya dengan cara makloon cetak dulu sebagai pengenalan awal.. nanti kalau sudah ada perkembangan, baru ade memikirkan membeli mesin percetakan sendiri. Nah, silahkan ade baca-baca artikel2 saya yang ini untuk sekedar pencerahan:
    http://rumahcahaya.com/tanpa-perlengkapan-usaha-cetak-pun-bisa/
    http://rumahcahaya.com/proses-cetak-dengan-mesin-cetak-offset/

  3. top abis blognya..

  4. victor says:

    Guys buat yg baru mau belajar2 atau ada yang ud mahir tapi punya oplah (jumlah cetakan) sedikit maka gue punya solusinya….
    Gue yakin pasti ada untung…
    maka klo mau email ke gue aja…. atau telp ke 085711104049

  5. salam kenal nih…. mo mampir, jika berkenan kita bisa sharing nih….saya lagi buat e-book tentang MEMULAI USAHA PERCETAKAN….mungkin 2 minggu lagi udah promosi, jadi buat temen2 yg pemula ampe yang awam sekalipun bisa ngerti. atau yang berminat email aja ke syahputra7898@gmail.com
    terima kasih

  6. Akmal says:

    mas,, saya baru’ni bisnis percetakan….
    kira2 untuk peluang maju ada ga ya….
    tolong dong di arahin….
    saa masi baru…minta bimbing mas….
    mas kalo mau maju rahasianya apa ?

    Cepi Nugraha Reply:

    mas Akmal,
    Peluang tentu semakin terbuka, karena kebutuhan akan produk-produk percetakan semakin dibutuhkan.
    Kalau ingin maju, tentu harus terus mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan dunia percetakkan dan cara mengambil peluang-peluang yang ada, fokus dan konsisten dengan usaha yang telah dirintis, bekerja “cerdas”. Dan yang tidak boleh dilupakan dan sangat penting adalah: do’a dan tawakkal.

  7. yulia says:

    mas, saya bru mulai di usaha percetakan tapi peralatan yang maseh ada secara manual(sablon) tetapi lebih banyak konsumen meminta yang cetak offset..biasanya aq terima order tapi ku lempar ke temen yang punya offset kira2 klu mu coba bikin offset sendiri sampe berapa yah costnya…tx before

    Cepi Nugraha Reply:

    Mbak Yulia,
    Biaya untuk perlengkapan cetak offset sendiri bisa dari beberapa puluh juta hingga ratusan juta rupiah, bahkan milyar. Pokoknya tergantung keperluan.
    Jadi sebaiknya mbak kenali dulu proses cetak offset tersebut.. Coba kenali proses cetak offset dengan bertanya ke teman mbak tersebut, atau sebaiknya mbak kerjakan order cetak offset dengan cara makloon dulu (ikut cetak, tapi tidak dilempar order seluruhnya), seperti menyiapkan desain (settingan), membeli kertas, membuat plat cetak, baru ikut (makloon) ke yang punya mesin. Untungnya masih besar lho mbak dengan cara seperti ini..
    Nah, bila mbak sudah mengenal proses-proses cetak tadi.. baru dech mbak rencanakan… kira-kira mesin apa saja yang akan mbak butuhkan.

  8. mugir says:

    PRAKARINDO PUSAKA
    Sole Agent Mesin Cetak TOKO GRONHI,Mesin Nomerator dan Perforasi GRONHI DM 340,Plate Maker,Book Binding,Laminating,UV Vernish,mesin potong,Perforasi portable,mesin Cetak DongHang Uk 47,52,56,66 HUB MUGI 081807986494

  9. Ivonne says:

    Salam kenal mas,
    saat ini saya bekerja di salah satu perusahaan percetakan label sticker,tapi terkadang saya juga mendapat orderan offset,saya berencana ingin sekali memiliki usaha offset.yang ingin saya tanyakan apakah dengan cara makloon bisa dapat keuntungan lumayan?kira2 bisa dapat berapa persen ya mas keuntunganya klo dgn cara makloon?dan kalo punya mesin berapa persen keuntungan nya juga?
    trima kasih

    Cepi Nugraha Reply:

    Mbak Ivonne, salam kenal kembali..
    Walaupun dengan cara makloon, tetapi keuntungan yang didapat masih sangat lumayan. Dengan harga jual yang sama dengan percetakan (yang mempunyai mesin percetakan), biasanya kita masih bisa memperoleh keuntungan antara 35-60% dari Total Harga Jual ke konsumen. Kalau mempunyai mesin cetak sendiri keuntungan yang didapat memang bisa lebih besar, tetapi tidak terlalu jauh, sekitar 5-15%. Hanya dari segi waktu, karena dengan mempunyai mesin cetak sendiri waktu pengerjaan bisa lebih cepat, maka dalam jangka waktu yang sama, order yang dikerjakannya bisa lebih banyak dari pemakloon, yang secara otomatis bisa mempercepat penambahan keuntungan.

  10. Bp.pais says:

    kami ada import barang-barang kebutuhan grafika(percetakan),jika anda membutuhkan silakan hubungi : 0888 860 9 115 (FREN) 0811 271 4105 (telkomsel) 0816 820 608 (indosat) 0819 37 888 115 (XL) adapun barang tersebut al; PS plate,Film HN imagesetter,Developer/fixer Film,Blanket MEIJI 9600A,Tinta RISOGRAPH, d lihat juga :http://platindojaya.blogspot.com

  11. diah says:

    hai … lam nal ya… diah ne masih pelajar .. pie diah pengen membuka usaha percetaan setelah diah tamat nanti … bagai mana sih cara na jadi seorang pengusaha yang sukses .. dan apa sih tips nya…??

    Cepi Nugraha Reply:

    Diah, salam kenal kembali..
    Diantara faktor-faktor yang menghantarkan seseorang menjadi pengusaha sukses itu seperti: selalu mempelajari hal-hal yang baru, mempunyai banyak ide, kreatif, inovatif, bekerja cerdas, berani mengambil resiko, dan selalu fokus pada tujuan.

  12. Abdul Aziz says:

    Salam kenal mas,
    langsung saja, saya seorang pegawai di sebuah perusahaan swasta, tapi yang ada di pikiran saya saat ini adalah usah percetakan, tapi saat ini saya belum punya modal & keahlian dalam bidang tersebut, bagaimana caranya supaya saya bisa memulai usaha tersebut? Sebelumnya saya ucapkan terimakasih, dan saya mohon jawabannya dikirim ke alamat e-mail saya

  13. Rizal says:

    Ass………. bang…………
    Artikel yang sangat hebat……….
    saya mau nanya bang dunia percetakan seberapa besar cakupannya?
    klo dimulai dari yang kecil percetakan yg seperti apa ya bang?
    mohon dijawab ya ban……….
    wass……………

    Cepi Nugraha Reply:

    Bang Rizal, wa’alaikum salam..
    Mungkin hampir mencakup seluruh aspek kehidupan, karena kebutuhan akan produk-produk percetakan selalu dibutuhkan hampir di setiap saat dan di setiap tempat.
    Percetakan kecil biasanya hanya melayani kebutuhan produk-produk percetakan di lingkungan terdekatnya, sedangkan untuk yang lebih besar, selain melayani kebutuhan di sekitarnya, ia juga melayani kebutuhan percetakan untuk keperluan-keperluan advertising yang lebih luas, dan dengan pelayanan yang lebih professional.

  14. jeffry says:

    asslmkum.saya mau merintis usaha cetak undangan,dimana saya bisa mendapat katalog undangan nikah / khitan yang sudah jadi (tinggal cetak tulisannya aja) dengan harga antara Rp.500,- sampai Rp.10.000,-?Kalau misalnya anda punya tolong bisa dikirim ke email saya.Terima kasih atas jawabannya.

  15. percetakan says:

    ?????? ????? salam silaturahmi Mas,…senang membaca tulisan ini. Semoga makin banyak tumbuh wirausahawan muda yang berkecimpung dalam bisnis jasa ini.

    Cepi Nugraha Reply:

    Terima kasih atas salam silaturrahminya. Aamiin..

  16. jimi says:

    asalamualaikum wr,wb,,..
    saya seorang pegawai swasta tapi saya punya pekerjaan sampingan membuka agen percetakan, usaha ini saya jalani telah hampir 1 tahun tapi belum juga menunjakan ada kesuksesan pada saya, ini saya mau menanyakan bagaimana cara-cara untuk melakukan yang bisa meningkatkan pendapatan saya lagi soalnya dengan jalan yang saya tempuh itu hanya belum merasakan kesuksesan itu? sebelumnya saya ucapkan terima kasih asalamualaikum wr,wb

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Jimi, wa’alaikumussalam wr. wb.
    Keberhasilan sebuah usaha biasanya tidak terlepas dari inovasi produk, cara pemasaran, serta pelayanan yang diberikan, termasuk juga di usaha percetakan yang Bapak jalankan. Jadi silahkan Bapak melihatnya kembali.. kira-kira apa saja kekurangannya, untuk kemudian memperbaikinya, dengan tidak lupa untuk senantiasa berdo’a dan bertawakkal supaya Dia (Allah) memberikan apa yang Bapak idam-idamkan, yaitu meningkatnya pendapatan.. bahkan lebih dari itu.

  17. BAMBANG says:

    Selamat siang pak. Saya Bambang dari Jakarta. Dulu saya seorang desing grafi di percetakan tetapi sekarang saya sudah memliki percetakan sendiri walau masih kecil-kecilan dengan 1 buah komputer, printer lasser HP1020 dan printer epson yang dimodif untuk cetak kartu nama, dll. Usaha saya ini sudah berjalan 2 tahun. Gimana caranya supaya percetakan saya berkembang? Mohon tips-tips dari bapak? Siapa tahu saya bisa kerjasama dengan bapak dan shring dengan Bapak. terima kasih.

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Bambang,
    Ujung tombak setiap keberhasilan usaha kuncinya di pemasaran. Jadi mungkin yang harus Bapak pikirkan adalah bagaimana caranya supaya usaha percetakan yang Bapak miliki bisa dikenal serta dikunjungi banyak orang, seperti melalui pelayanan cetak yang memuaskan kepada konsumen yang secara otomatis bisa mengikat seseorang menjadi langganan tetap, mengajukan proposal kepada lembaga-lembaga dan sebagainya yang sekiranya potensial (menjemput bola), dengan pembagian kartu nama, brosur-brosur, iklan-iklan di media cetak, dan sebagainya. Dan yang tidak kalah pentingnya (jika Bapak seorang muslim) adalah berdo’a dan bertawakkal kepada Allah Yang Maha Memberi Segala Sesuatu.

  18. Zulfikar says:

    Saya memiliki tempat usaha yang sangat strategis di pinggir jalan dekat dengan toko kertas, saya ingin mewarkan kerjasama di bidang percetakan dengan kesepakatan yang saling menguntungkan kedua belah pihak

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Zulfikar,
    Saya mengucapkan terima kasih atas penawarannya.. Dan saya mohon pula kepada Bapak untuk menuliskan alamat atau nomer telepon yang bisa dihubungi, agar bilamana ada diantara rekan-rekan kita yang ingin bekerja sama, mereka bisa menghubungi Bapak. Terima kasih sekali lagi..

    hendzz Reply:

    selamat malam buat mas Zulfikar, salam kenal dari saya.

    Kebetulan saya baru baca postingan mas, kebetulan ada saudara saya yang lagi mencari tempat untuk usaha percetakan & photo copy.

    seandainya mas membaca postingan saya, silakan hubungi saya di nomor 081386409048.

  19. Zulfikar says:

    Pak Cepi,
    Saya ucapkan terima kasih atas tanggapan dan saran yang bapak berikan, no. telp. yang dapat dihubungi (021) 9263 9066, 750 6106, 08161 304 304. Apabila ada yang serius untuk informasi lebih lanjut mengenai kerjasama dapat menghubungi no tsb di atas. Trima kasih.

  20. wawan kurniawan says:

    assalamualaikum…….
    pak cepi saya berpengalaman di bidang percetakan atau sudah dibilang punya skill
    mulai dari kalkulasi harga sampai finishing.tapi yang saya ga punya ijasah jd kalo mau ngalmar kerjaan jd susah .kalo ada kejaan buat saya tolong hubungi saya trima kasih waallam………..

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Wawan, wa’alaikumussalam wr. wb.
    Insya Allah Pak.. Bapak Sendiri berdomisili dimana? serta kalau boleh.. saya mohon kepada Bapak untuk berbagi nomor kontak yang bisa dihubungi.. barangkali ada pihak percetakan yang berkunjung ke halaman ini dan memerlukan keahlian Bapak..

  21. deris says:

    pa saya mau bka usaha percetakan tapi belum bisa memakai printer ofset atau printing digital…kalau mengedit saya bisa seperti piagam, buklet, majalah schol,sampai spanduk dll tapi saya belum bisa cara mencetaknya…apakah bapa bisa membantu saya dalam pencetakan mesin2 tsb…..?

  22. Budi Hadipurnama says:

    makasih bang atas semua infonya, kebetulan sy tinggal di jambi tapi di pedesaan, kalo bikin kartu undangan dengan kartu pelajar ya… lumayan, dan kebetulan sy juga baru dapat musibah rumah kecurian, camcoder dan kamera digital slr serta laptop juga emas dan uang dicuri orang, tapi dengan adanya info ini saya jadi semangat dan mau coba usaha percetakan saja, alat – alatnya kan lumayan berat untuk dicuri dan prospeknya juga menjanjikan, ngga tinggi sih cita – cita saya, dapat rumah dengan mobil keluarga yang sederhana juga alhamdulillah, trus sukur kalau bisa naik haji, semoga bang cepi rezekinya trus mengalir, sekali lagi terima kasih ya…

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Budi, Terima kasih kembali pak, salam buat orang Jambi.
    “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un”. Saya turut prihatin atas musibah berupa tindakan pencurian terhadap barang-barang berharga yang Bapak miliki. Tetapi disamping prihatin, saya juga bersyukur bahwa Bapak pun tidak lantas berputus asa, buktinya Bapak ada keinginan untuk bangkit serta akan memfokuskan diri pada usaha percetakan. Saya turut mendo’akan, semoga apa yang Bapak cita-citakan bisa segera diperkenankan Allah SWT, sehingga Bapak pun akan senantiasa bersyukur kepada-Nya, dan bilamana kita bersyukur.. maka, “Lainsyakartum laazidannakum”…Barang siapa yang bersyukur kepada Allah, maka Allah akan semakin menambah-nambah nikmat-Nya kepadanya.. Aamiin.

  23. adhi says:

    ass..
    pak cepi sy suplier’s MINYAK KEMASAN,FUSHION dan ES .
    balok.tapi 8 bulan terahir ini sy jg menjadi suplier mesin percetakan seperti blanket,roll dll.sy tertarik ingin buka percetakaan.menurut pa cepi langkah apa dl yg harus saya dahulukan dalam usah ini?
    kiat-kiat apa jg yg harus saya jalankan bila usaha ini ingin maju cepat?
    trim’s.

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Adhi, wa’alaikumussalam…
    Menurut hemat saya, langkah-langkah yang harus diambil adalah:
    – Mempelajari langkah/cara pembuatan barang-barang cetakan
    – Mempelajari cara mendapatkan order sebanyak-banyaknya dari konsumen.
    – Mempelajari cara untuk menjaga serta mempertahankan konsumen/langganan.
    – Ikhtiar maksimal, berdo’a dan tawakkal…

  24. abdur rahman says:

    pak adhi, assalamuk alaikum wr. wb.
    saya telah bekerja di percetakan hampir 8 tahun, di bagian desain grafis, dengan bayaknya kebutuhan hati ini pengen buat percetakan. alhamdulillah udah jalan 1 tahun,
    yang begitu rumit adalah penawaran ke konsumen, karena dengan sistem antar jemput,
    bagai mana tipsnya supaya penawaran itu lancar.
    sebelumnya terimakasih pak

  25. makasih informasinya ya mas.

    Cepi Nugraha Reply:

    Budget Bali Villas,
    terima kasih kembali atas kunjungannya..

  26. danu says:

    saya ingin tahu lebih jauh tebtang kiat-kiat menjalankan usaha kecil dengan modal minim

  27. Ummu ShidQi says:

    Assalamu’alaikum…
    Saya & suami insya Alloh akan buka usaha percetakan. Kalo untuk usahanya sendiri sudah mulai 2 thn ini, order kami dapat dari kerabat & teman, Lingkupannya masih kecil pak… ๐Ÿ™‚ Alhamdulillah.
    Kami berencana ingin lebih serius dlm usaha ini, dengan mengubah salah satu ruangan di rumah kami menjadi “kantor” usaha percetakan kami. (Mohon doanya :))
    Untuk saat ini yg ingin saya tanyakan pak, model/contoh undangan (model cetak maupun yg blanko) untuk mengisi pajangan tempat usaha kami. Di mana saya bisa mendapatkan contoh2 undangan tersebut? Karena untk saat ini kami memberikan contoh/model undangan pd konsumen hanya yg kami punya pribadi & itu sngt minim sekali pilihannya. Lalu dimana bisa kami dptkan/lihat undangan dgn model2 terbaru?
    Saya bergharapkan sekali niy bpk bisa membantu. Terima kasih bnyk sebelumnya.

    Salam suksek ๐Ÿ™‚

    Cepi Nugraha Reply:

    Ummu ShidQi, wa’alaikumussalam wr.wb.

    Alhamdulillah ya jika usaha percetakan yang Umm beserta suami kelola sudah mulai berjalan. Lingkup yang lebih besar pasti harus dimulai dari lingkup yang kecil dulu.. :), dan semoga usaha Umm beserta suami menjadi jalan kemaslahatan bagi semuanya, baik untuk kehidupan dunia ini maupun akhirat kelak.

    Biasanya berbagai model undangan bisa didapatkan di wilayah yang merupakan pusatnya percetakan. Jika di Bandung, model undangan bisa didapatkan di jalan Astana Anyar, dan sekitarnya.

  28. ardiansyah says:

    Assalamualaikum.
    Kang Cepi.
    Saya mau Tanya mengenai jasa makloon,sbb.
    1. peralatan apa saja yang harus ada selain komputer
    2. contoh produk apa saja yg harus ada
    3. minimal order untuk rekanan percetakan
    4. kita hanya cukup membawa produk yg sdh di desain dlam cd atau bagaimana
    5. dan cara2 yang lain.

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang Ardiansyah, wa’alaikumussalam..

    Jawaban saya:

    1. Sebenarnya untuk makloon cetak, tanpa mempunyai peralatan apapun kita bisa mengerjakan order cetaknya, karena semua ada penyedia jasanya. Jadi semua bisa dimakloonkan. Walaupun tentu.. bila kita mempunyai sebagian dari peralatannya, itu lebih baik.
    2. Contoh produk yang harus ada utamanya adalah kartu-kartu undangan pernikahan atau khitanan. Tetapi untuk contoh produk lain pun sebaiknya memang ada.
    3. Minimal order biasanya dalam hitungan 1 rim. Tetapi kurang dari jumlah tersebut pun tidak mengapa, hanya saja tentu jatuh harga jualnya akan lebih mahal.
    4. Ya.. bila kita bisa setting/desain sendiri, maka membawa hasil setting/desain tersebut dalam kepingan CD atau flashdisk sudah cukup, untuk selanjutnya nanti dibuatkan film/pelat cetaknya di tempat makloon pracetak.
    5. Cara lain selain cetak dengan mesin cetak offset, bisa dengan mesin cetak digital, sablon tangan, sablon digital, dan sebagainya.

    ardiansyah Reply:

    maaf kang cepi,Saya belum paham jawaban no.4 ( film/pelat cetak nya ? ).terima kasih kang, atas jawaban nya semua.

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang Ardiansyah,

    Film adalah layout/hasil print dari desain di komputer yang berupa lembaran kertas HVS, atau kertas kalkir, atau film repro, dimana nanti dari film tersebut dibuatkan pelatnya (rekam plat), dan pelat cetak tersebut nantinya yang akan dipasang di mesin cetak offset pada saat proses cetak.

    ardiansyah Reply:

    terima kasih kang cepi atas ilmu nya.artikel2 nya bagus.mudah2an bermanfaat dunia akhirat

  29. dwiky says:

    pak saya mahasiswa dan berkeinginan untuk membuka usaha percetakan dengan modal yang akan saya peroleh jika saya ajukan proposal wirausaha dikampus. saya mau membuka usaha cetak benner dan sablon kaos, mengingat lingkungan saya adalah para organisasi yang membutuhkan itu. menurut saya ini peluang usaha yg sesuai dan bagus prospeknya karena selama pengamatan saya belumk saya temukan usaha serupa yang dekat dengan kampus saya kuliah. saya ingin saran dari anda kira-kira berapa perkiraan harga mesin cetak benner, modal untuk peralatan sablon kaos, jika dana yang dimaksimalkan oleh kampus sekitar 8jt. apakah saya mampu memulai usaha ini dengan mesin cetak sndiri.???? atas tangapannya saya sampaikan terimakasih…

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Dwiky,

    Barangkali di sini saya tidak harus jawab kembali, karena telah saya jawab di SMS ya…

  30. ahmad says:

    assalamualikum wr wb..

    saya pemuda umur 21 tahun..

    saya sangat tertarik dengan usaha percetakan,,tapi saya masih belum punya ide untuknya,,bisakah bapak beri ide buat saya??
    karena harapan saya kelak ke depan berharap supaya dapat mencetak AL-QUR’AN yangdapat bermanfaat untuk semua umat islam,,mohon pencerahannya pak!

    terimakasih.

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Ahmad, wa’alaikumussalam wr. wb.
    Salam kenal ya…

    Mungkin idenya bisa mas dapatkan di http://usahapercetakan.biz/. Bila mas berkenan, silahkan dapatkan panduannya di sana..

  31. zufri apuadji says:

    ass.sy mau tanya cara pembuatan cap/stempel runalflax,sy punya bhn2nya tapi cara prakteknya belum bs,klw blh mohon infonya

  32. herha runk says:

    assalamu alaikum,,
    mohon bantuannya pak,
    sy selalu semangad jika membicarakan masalah bisnis , apalagi usaha percetakannya, tp yg menjadi kendala sy masih berumur pemula (19 thn) , dan sy slalu berfikir untuk membuka usaha percetakan tp sy tdk punya modal , mohon solusinya pak,, makasi

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Herha,
    wa’alaikumussalam..

    Mengenai umur tentu tidak menjadi masalah, malahan semangat bisnis lebih baik datang semenjak usia masih muda.

    Untuk panduan praktis usaha percetakan bagi pemula, serta bagi yang tidak mempunyai permodalan untuk membeli perlengkapan cetak, silahkan kunjungi http://usahapercetakan.biz/

  33. anti says:

    pak saya mahasiswi (20), kira-kira lebih baik kita yang nyari projek trus bikin contoh design undangnya (misal), trus dsuruh d alihkan ke percetakan untuk nyetaknya atau kita cetak sendiri? perhitungan untung ruginya lebih baik yang mana?

    Cepi Nugraha Reply:

    Anti,

    Sebaiknya kita yang cetak sendiri dengan cara dimakloon/ngongkos cetak di mesin orang lain (bila kita tidak mempunyai mesinnya).

    Untung ruginya?
    Yang jelas cetak sendiri untungnya lebih besar.. ๐Ÿ˜‰ dan tidak ada ruginya bila kita telah paham akan proses pengerjaannya..

  34. subhan says:

    Assalamu’alaikkum Wr. Wb.

    Maaf Pak Cep gnggu sbntar….
    Mohon bantuannya….Klw boleh tau, untuk buat Usaha percetakan itu butuh Modal brp ya?? terus selama ini aku buat cetak undangan melalui mesin printer dan komputer maka order undangan pun jadi terbatas dan Aku berkeinginan untuk Beli Mesin Percetakan untuk usaha biar lebih banyak ordernya tidak hanya undangan aja…
    Mohon Solusinya pak….?

    Cepi Nugraha Reply:

    Wa’alaikumussalam wr.wb.

    Bila kita akan membeli peralatan untuk usaha percetakan, maka modalnya bisa puluhan ribu, ratusan ribu, jutaan, puluhan juta, ratusan juta, bahkan milyaran.. tergantung alat yang digunakan. Tetapi kita juga bisa menjalankan usaha percetakan tanpa modal perlengkapan sama sekali yaitu dengan cara makloon cetak/ongkos cetak.

    Jadi solusinya ada 2:
    1. Membeli mesin percetakan sesuai dengan kebutuhan cetak, atau
    2. Mengerjakan cetakan dengan cara makloon/ongkos cetak tadi..

    war1ock Reply:

    modal komputer sama printer aja udah bisa buka percetakan kok untuk orderan kecil, dan untuk orderan besar, kita bisa kasih layanan desain dan untuk cetaknya di percetakan besar, mintalah harga reseler pada percetakan tersebut, kalo bos nya orang baik pasti di kasih…

  35. ridwan says:

    wah mantap ni infonya… mkasih gan… kunjungan baliknya ditunggu….

  36. kharista villa says:

    trima kasih atas informasi anda

Page 1 of 0
View all comments