Peluang Bisnis Laser Engraving

Bisnis Grafir Laser

Sahabat pelaku usaha kecil.. Laser engraving sepertinya memiliki peluang bisnis yang cukup besar di tengah kebutuhan industri dan kebutuhan masyarakat umum yang terus menerus berkembang. Sistem laser yang sangat mudah digunakan bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis  dalam waktu yang reatif singkat, dan dengan biaya yang cukup terjangkau.

Jika kita memiliki keinginan untuk membuka usaha toko atau hanya bekerja dari rumah, maka bisnis laser engraving atau bisnis grafir/ukiran laser merupakan peluang bisnis baru yang terlihat begitu menguntungkan. Beberapa ide untuk memulai bisnis ukiran laser diantaranya seperti: album foto, gelas terukir, kenangan keluarga di atas marmer, display kayu atau display akrilik, model arsitektur atau miniatur pada mainan, dan banyak produk lainnya.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Miliki Ebooknya, Dapatkan BONUSNYA!

Hal yang sangat menarik berkenaan bisnis laser engrave, apalagi jika dipadukan dengan laser cutting adalah kita dapat mengukir atau memotong di atas berbagai bahan atau media seperti: kayu, bambu, acrylic, kulit, plastik, kain, marmer, kaca, dan media lainnya. Bagi Anda yang memiliki mesin laser engraver, seperangkat komputer yang telah terinstal dengan perangkat lunak aplikasi desain grafis favorit Anda, semisal CorelDRAW, Adobe Illustrator, Photoshop, atau yang lainnya, maka mesin laser engraving akan bekerja layaknya sebuah printer. Setalah mengatur gambar di komputer Anda, maka langsung “print” hanya dalam rentang waktu beberapa menit.

Namun bagi kita yang belum memiliki alatnya, maka makloon di tempat-tempat yang menyediakan jasa laser engrave adalah merupakan pilihan. Yang paling penting bagi kita adalah bagaimana caranya supaya kita bisa mendapatkan order/pesanan barang-barangnya, serta dimana kita bisa mengerjakannya, sehingga sama-sama mendapat keuntungan seperti juga mereka yang memiliki alat atau mesin laser engraver sendiri. Apalagi jika sebelumnya kita telah memahami dan menggunakan aplikasi desain grafis, menjalankan bisnis ini seolah makin mudah saja, karena sesungguhnya kurang lebih 90% dari bisnis ini kuncinya ada pada desain.

Keunggulan dari Bisnis Laser Engraving

Diantara beberapa keunggulan penggunaan teknologi laser engraving jika diaplikasikan kepada bisnis yang kita akan atau sedang jalankan adalah sebagai berikut:

  • Laser menggunakan sinar sebagai alat ukir, sehingga tidak ada bagian dari mesin yang benar-benar menyentuh materi yang terukir.
  • Tidak diperlukan sebuah sistem yang khusus untuk menahan bahan ukiran yang sedang dikerjakan.
  • Kualitas ukiran yang tak tertandingi untuk mereproduksi grafis.
  • Laser menyediakan cara yang sangat cepat untuk menyesuaikan dengan bentuk produk yang ingin kita buat.
  • Produk-produk yang dikerjakan dengan laser engraving memiliki kualitas ukiran yang menakjubkan, sehingga memiliki nilai seni.

Seperti beberapa langkah mudah dan dengan proses yang sederhana pada waktu menyiapkan pekerjaan serta mengukir mengukir gambar atau foto berikut:

  1. Mulai dengan memindai (scaning) atau menyimpan gambar ke komputer.
  2. Impor gambar ke CorelDRAW atau program desain grafis lain.
  3. Atur ukuran halaman dengan ukuran ukiran ang diperlukan.
  4. Mengkonversi foto ke grayscale. Jika ukiran pada anodized aluminium, maka balikkan gambar.
  5. Konfigurasi kecepatan laser dan powernya dengan pengaturan yang disarankan, kemudian mengirim pekerjaan cetak ke sistem laser untuk ukiran.
  6. Pilih menu laser untuk pekerjaan cetak yang akan dilakukan, dan tekan tombol GO atau ENTER untuk mulai mengukir.
  7. Pekerjaan selesai! Betapa mudahnya, dengan beberapa langkah yang sederhana, kita telah membuat ukiran yang menakjubkan.

Foto scan, logo perusahaan, clipart, atau karya seni dapat dikerjakan dengan laser. Alih-alih mentransfer tinta ke kertas, laser mengukir gambar ke atas kayu, akrilik, logam terlapisi (coated metals), plastik, kaca dan berbagai bahan lain yang kompatibel. Ahh, bagi saya sendiri.. rasanya ingin juga mengambil peluang bisnis laser engraving ini dan menikmati keuntungannya. Aamiin.. Mohon do’anya ya.. Terimakasih… ~Cepi Nugraha