Nasihat Ibu Kepada Putrinya..

Nasihat Ibu Kepada Putrinya

Hormati, Sayangi Ibumu..

10 Nasihat Ibu Kepada Putrinya Yang Baru Menikah

Sahabat Rumah Cahaya.. Seorang anak perempuan/wanita biasanya lebih dekat kepada ibunya daripada dengan bapaknya. Demikian pula berbekal pengalaman hidupnya, maka nasihat ibu kepada putrinya saat ia baru menikah akan lebih menarik serta lebih indah untuk didengar jika dibandingkan dengan pengalaman serta nasehat seorang bapak. Seorang ibu biasanya akan lebih mengetahui bagaimana seharusnya yang harus diperbuat oleh seorang istri terhadap suaminya.

Dalam sebuah riwayat diceritakan, ketika Ummu Iyaas hendak melepas putri tercintanya mengikuti suaminya al-Kharith bin Amru, beliau sempat memberi nasihat kepada anaknya yang cantik jelita itu dengan sepuluh pesan..

“Wahai anakku, apabila nasihat-nasihat ini dimaksudkan untuk meninggikan budi pekerti dan akhlakmu, sebenarnya engkau sudah tidak memerlukannya lagi (karena putrinya sudah berbudi luhur dan berakhlak mulia). Apabila engkau menikah karena kekayaan, karena harta dari laki-laki yang menjadi suamimu, engkau pun tak memerlukannya, karena keluargamu adalah termasuk yang paling kaya. Bukan untuk itu engkau menikah, tetapi sudah menjadi kodrat-Nya, wanita diciptakan untuk pria, dan pria diciptakan untuk wanita”

Camkan dan ingatlah selalu sepuluh pesan ini:

Pertama:
Pergaulilah suamimu dengan penuh rihda dan kepuasan.

Kedua:
Selalu memperhatikan dan tekun mendengar ucapan suami, serta patuh dan taat kepadanya (sepanjang bukan untuk maksiat)

Ketiga:
Jangan sampai ada bau-bauan yang tidak sedap, hendaklah suasana dan lingkungan selalu bersih dan harum.

Keempat:
Jangan terlihat olehnya hal-hal yang tidak disenanginya.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Kelima:
Jagalah agar ia tidur nyenyak, sebab bila kurang tidur akan menyebabkan timbulnya amarah.

Keenam:
Jagalah saat-saat makannya, karena terlambat makan atau lapar dapat menjadikan benci dan kesal.

Ketujuh:
Jagalah harta bendanya sebaik-baiknya.

Kedelapan:
Jaga dan peliharalah kehormatan dan anak-anaknya.

Kesembilan:
Jangan membantah atau melawan kehendaknya, dan jangan membeberkan rahasia-rahasia keluarga. Sebab bila engkau membantah dan melawan, maka akan melukai perasaannya, dan akan sakit hatinya. Dan bila engkau membeberkan rahasia-rahasianya, maka ia akan membalas dendam terhadapmu.

Kesepuluh:
Jangan bersikap riang gembira saat dia kesal dan sedih, dan jangan bersikap lesu dan malas saat ia gembira dan senang.

Demikian 10 nasihat Ummu Iyaas, nasihat ibu kepada putrinya yang riwayatnya tetap lestari sepanjang masa dikarenakan isinya yang sangat indah, baik, dan bijaksana.

Seandainya masih banyak dari ibu rumah tangga yang memberikan nasihat-nasihat yang baik terhadap para putrinya di saat sebelum maupun sesudah menikah, mungkin tidak akan terlalu banyak pertengkaran dan kekerasan yang terjadi di dalam rumah tangga, karena seperti yang sering kita lihat dan dengarkan, banyaknya kejadian tersebut adalah akibat masing-masing pihak baik isteri maupun suami tidak ada yang mau mengalah, dimana salah satu penyebabnya adalah karena tidak adanya pengetahuan tentang bagaimana caranya membina pernikahan/keluarga yang baik.

Artikel tentang nasihat ibu kepada putrinya ini hampir seluruh isinya saya sadur dari sebuah isi buku berjudul “Wanita Dalam Qur’an” yang diterbitkan oleh Gema Insani Press, dengan judul aslinya adalah “Makaanatul Mar’ah Fil-Islam” yang kalau saya tidak salah mengartikan adalah “Kedudukan Wanita Dalam Islam”, karya dari penulis terkenal Muhammad Muttawali Sya’rawi. Semoga bermanfaat.. ~ Cepi Nugraha

Bagikan Artikel...
Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!