Apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan Domain Name atau Nama Domain?

Yaa… benar, nama domain adalah “nama yang menunjukan alamat website tertentu”. contohnya RumahCahaya atau www.RumahCahaya.com. Tapi sebenarnya nama domain tersebut adalah merupakan nama “pengganti”, karena asal alamat sebuah halaman web adalah terdiri dari deretan angka IP address tertentu seperti 75.125.190.194. Penggantian nama tersebut tujuannya adalah supaya lebih mudah dikenal.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Miliki Ebooknya, Dapatkan BONUSNYA!

Kelebihan lain dari sebuah nama domain adalah bisa mengindentifikasi atau membranding sebuah alamat website. Nama domain juga bersifat unik dan terorganisir sehingga tidak mungkin ada 2 nama domain yang sama di internet. Kalau ada nama domain seperti RumahCahaya.com, maka nama RumahCahaya.com tidak mungkin ada di 2 atau lebih alamat website, kecuali jika ada perbedaan seperti ini:

Rumah-Cahaya.com, RumahCahaya.net, RumahCahaya.org, RumahCahaya.edu, RumahCahaya.mobi, RumahCahaya.gov, RumahCahaya.mil, RumahCahaya.info, dan sebagainya.

Perbedaan tersebut bisa karena ada tanda strip ( – ) di tengah nama Scond Level Domain, seperti Rumah-Cahaya, atau bisa juga karena ada perbedaan pada Top Level Domain, seperti .net (dotnetwork), .org (dotorganization), .info (dotinformation), .edu (doteducation), .gov (dotgoverment), .mil (dotmilitary), dan sebagainya, .com sendiri adalah singkatan dari dotcommercial. Sedangkan jika perbedaan tersebut karena bedanya antara huruf besar dan kecil, maka itu tidaklah berpengaruh, misalnya RumahCahaya.com bisa saja hurufnya diganti dengan huruf besar semua seperti RUMAHCAHAYA.com atau dengan huruf kecil semua seperti rumahcahaya.com.

Selain Scond Level Domain dan Top Level domain, maka ada juga yang disebut dengan Thrid Level Domain atau yang lebuh dikenal dengan sebutan Subdomain, seperti ab.rumahcahaya.com (ab = Third Level domain atau Subdomain, rumahcahaya = Scond Level Domain, .com = Top Level domain). Contoh lainnya dari subdomain seperti kangcepi.blogspot.com.

Top Level Domain sendiri terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu:

  1. Global Top Level Domain, seperti contoh tadi di atas yaitu: .com, .net, .org, dan sebagainya.
  2. Country Code Top Level Domain (penggunaan untuk masing-masing negara), seperti: co.id, net.id, or.id = penggunaan untuk negara Indonesia.

Untuk memperoleh nama domain, maka kita bisa mengunjungi situs-situs penyedia layanan domain atau Domain Provider yang banyak tersebar di internet, baik yang berbayar atau pun gratis, diantaranya seperti di RumahWeb atau di IdeBagus, 000webhost sedangkan untuk RumahCahaya.com sendiri saya peroleh di AsianBrainDomains. Dan Anda juga mesti ingat dengan apa yang saya katakan tadi, bahwa tidak mungkin ada 2 nama domain di internet, maka sebelum menentukan nama domain, Anda harus mengeceknya terlebih dahulu, apakah nama domain yang akan Anda pakai untuk alamat website Anda telah dipakai orang lain atau masih tersedia, dan fasilitas untuk mengecek nama domain/domain checker tersebut biasanya telah disediakan oleh situs-situs penyedia layanan domain/Domain Provider.

Semoga bermanfaat…!

Artikel Terkait: