Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Modem Internet

Modem Untuk Internet Mana Yang Anda Pilih..?

Sahabat-sahabat.. setelah sekian lama saya tidak membuat artikel baru mengenai modem untuk internet, mungkin telah tiba saatnya kini untuk saya menuliskan kembali artikel yang mengulas perihal yang sama.

Pada artikel-artikel sebelumnya mengenai modem internet, saya telah membahas beberapa HP GSM dan beberapa HP CDMA yang bisa digunakan sebagai modem, termasuk juga untuk setting modem dari beberapa merk dan tipe HP modem tersebut. Nah.. kali ini saya akan mencoba membanding-bandingkan beberapa kekurangan serta beberapa kelebihan dari modem HP tersebut dibandingkan dengan modem wireless USB biasa, tetapi tentu saja perbandingan menurut versi saya.. 🙂

Perbandingan HP Modem dengan Modem Internet Biasa

Harga Modem

Kalau dulu saya lebih memilih HP sebagai modem internet dikarenakan saat itu lebih banyak HP modem yang harganya lebih murah dibandingkan dengan modem biasa, yaitu di bawah 1 jutaan, bahkan banyak juga yang di bawah 500 ribu-an, apalagi HP second hand ydengan harga lebih murah bisa kita peroleh dimana-mana. Sedangkan saat itu harga modem USB biasa rata-rata di atas 1 jutaan, terutama untuk harga modem USB GSM. Adapun untuk modem USB CDMA harganya telah ada yang di bawah 1 juta, bahkan di bawah 500 ribu rupiah.

Tetapi itu dulu, sekarang modem USB GSM dengan kecepatan tinggi berjaringan 3G, 3.5G bahkan HSDPA sekalipun, maupun modem USB CDMA dengan jaringan Evdo Rev. A (3.5G CDMA) harganya sudah jauh lebih murah, bahkan banyak yang dibundel dengan harga di bawah 500 ribuan.

Berarti dari segi harga saya simpulkan: dianggap “sama-sama murah”

Kecepatan (Speed) Modem

Untuk kecepatan atau speed antara HP modem dibandingkan dengan modem USB biasa tentu tergantung dari kecepatan yang diberikan Hp modem atau modem USB-nya sendiri. Hanya saja untuk sementara memang kecepatan tinggi yang diusung oleh modem USB lebih banyak ditemui dibandingkan dengan yang berada di HP modem, tetapi tidak berarti tidak ada HP modem yang kecepatannya tidak ada yang menyetarai HP USB,misalnya saja ada HP modem yang menyajikan kecepatan akses internet hingga 7,2 Mbps seperti yang banyak dimiliki oleh modem USB GSM.

Kesimpulan: dianggap “sama-sama cepat”

Ketahanan Modem

Kalau melihat dari segi ketahanan sebenarnya saya kurang mengetahui, hanya saja untuk HP modem rata-rata memang menggunakan baterai untuk penggunaan modem internetnya, sedangkan untuk modem USB biasa jarang yang menggunakan baterai. Jadi yang sering saya temui memang untuk beberapa tipe HP modem tertentu biasanya baterainya cepat ngedrop akibat pemakaian modemnya, karena untuk bisa berinternetan lama menggunakan HP modem, biasanya baterai HP-nya sendiri harus sambil dicas (charge) agar koneksi internet tidak terputus akibat daya baterai habis.

Kesimpulan: Modem biasa dianggap “lebih unggul” dibandingkan dengan HP modem

Kepraktisan Pemakaian

Bila ditanyakan mana yang lebih praktis dari segi pemakaian.. tentu saja tergantung pemakainya itu sendiri. Bagi orang yang suka berinternetan seharian di depan komputer dan jarang internetan di HP seperti saya tentu lebih praktis menggunakan modem USB biasa karena saya tidak harus mengecas modem pada saat pemakaian. Tetapi bagi orang yang jarang internetan di komputer dan lebih sering berinternet lewat HP tentu lebih praktis menggunakan HP modem. Tetapi sebenarnya saya sendiri memang menggunakan kedua jenis modem tersebut untuk mendukung kegiatan menambang emas yang saya jalani.

Nah mungkin itulah beberapa perbandingan antara HP modem dengan Modem biasa. Dan untuk perangkat modemnya sendiri baik HP modem maupun modem biasa tentu untuk masing-masing merk dan tipe ada kelebihan dan kekurangan juyga bila dibandingt-bandingkan. Misalnya:

Sama-sama HP modem, tapi..

Seperti Sonny Ericsson SE K610i lebih unggul daripada Nokia 6610 karena kecepatannya sudah mendukung kecepatan jaringan 3G, serta sambungan internet ke komputernya selain dengan kabel data juga bisa menggunakan perangkat bluetooth yang tertanam di dalamnya, dan untuk internetan di HP pun fasilitasnya lebih didukung.

Sama-sama modem USB biasa, tapi..

Seperti modem CDMA ZTE MG880 CDMA serta ZTE MF 626 GSM lebih praktis daripada SpeedUp SU-6350U CDMA dan Venus VT-80 CDMA karena mempunyai fitur auto connect saat komputer startup, serta auto re-connect saat sambungan internet terputus (disconnected). Atau SpeedUp SU-6350U walaupun tidak sepraktis ZTE MG880, tetapi kecepatan dan kekuatan aksesnya lebih unggul daripada ZTE MG880 walaupun sama-sama CDMA 1x wireless modem.

Dan sebagainya…

Yaa.. memang tiap perangkat selalu saja ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing, seperti juga kelebihan dan kekurangan layanan dari masing-masing provider/operator internetnya. Dan tentu saja, tempat dimana akses internet dilakukan pun tidak luput menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan dan kestabilan akses internet.

Apakah sahabat Rumah Cahaya juga mempunyai pengalaman menarik tentang modem? Silahkan share pengalaman Anda di kotak komentar di bawah.. Terima kasih sebelumnya, dan semoga bermanfaat..!!! (Cepi Nugraha)

Postingan di Situs Iklan;