Mesin Sekrap / Mesin Ketam

April 13, 2013 oleh 1 Comment
Kategori: Jurnal Teknik Mesin 
Gambar Mesin Ketam Meja

Mesin Ketam Meja

Jurnal teknik mesin kali ini akan mengetengahkan artikel bertema mesin sekrap atau shaping machine. Menurut sejarahnya, mesin yang juga biasa disebut dengan mesin ketam atau mesin serut ini merupakan mesin perkakas terpenting untuk melaksanakan proses pekerjaan yang menghasilkan permukaan rata atau lengkung sebelum adanya mesin frais.

Jika didefinisikan, pengertian mesin sekrap adalah suatu mesin perkakas yang memiliki gerakan utama lurus bolak-balik secara horizontal maupun vertikal untuk mengubah bentuk serta ukuran benda kerja agar sesuai dengan yang bentuk dan ukuran yang dikehendaki. Pemotongan logam/pembentukan geram terjadi karena adanya gerak relatif translasi anatara pahat dan benda kerja.

Diantara fungsi mesin sekrap ialah untuk meratakan bidang (datar, lurus, miring); membuat bidang bersudut atau bertingkat; membuat alur (alur V, alur pasak, alur ekor burung, dan lain-lain); serta mengerjakan bentuk bidang-bidang yang tidak beraturan.

Jenis-Jenis Mesin Sekrap / Mesin Ketam

1. Mesin Sekrap Lengan Kuat / Datar / Horizontal (Shaper)

Mesin skrap lengan kuat hanya dapat digunakan untuk menyekrap/mengetam benda kerja yang ukuran panjangnya kurang dari 800 mm, yaitu sesuai dengan panjang langkah dari ram. Pada mesin ini gerak utama adalah gerak bolak balik dari pahat, sedangkan gerak umpan dilakukan oleh benda kerja.

Gambar Mesin Sekrap Lengan Kuat

Mesin Sekrap Lengan Kuat

Pada langkah maju, pahat melakukan pemotongan, sedangkan pada langkah balik/mundur pahat tidak melakukan pemotongan. Oleh sebab itu kecepatan pada langkah balik dibuat lebih besar daripada kecepatan pada langkah maju. Hal ini dimaksudkan supaya waktu yang dipergunakan efisien. Gerak umpan akan menentukan ketebalan dari geram, dan gerak umpan ini dinyatakan dalam satuan mm/langkah.

Pada proses menyekrap permukaan horizontal, gerak umpan dilakukan dengan jalan menggeserkan benda kerja melintang terhadap gerak bolak-balik pahat (gerak utama), sedangkan pada proses menyekrap permukaan vertikal, gerak umpan dilakukan dengan menurunkan pahat menuju benda kerja.

Gerak penyetelan akan menentukan besarnya dalam pemotongan. Pada proses menyekrap permukaan horizontal, gerak penyetelan dilakukan dengan menggerakan pahat menuju benda kerja, sedang pada proses menyekrap permukaan vertikal gerak penyetelan dilakukan dengan jalan menggeserkan benda kerja melintang terhadap gerak bolak-balik pahat.

a. Bagian-bagian Utama Mesin Sekrap Lengan Kuat

Gambar Mesin Sekrap dan Bagian-bagian Utama

Ram atau Rumah Luncur. Terpasang di atas landasan luncur (slide way) dari rangka, sehingga ram dapat bergerak bolak-balik di atas landasan luncur ini untuk melakukan gerak utama.

Peluncur Pahat (Tool Slide). Terpasang pada kepala ram dan digunakan untuk menggeserkan pahat menuju atau menjauhi benda kerja (untuk menyetel dalam pemotongan). Peluncur pahat dapat diputar relatif terhadap skala pembagi (yang ada pada kepala ram). Hal ini dilakukan pada waktu melakukan proses menyekrap bidang miring.

Pengangkat Pahat (Clapper Box). Berfungsi sebagai engsel. Pada langkah maju pahat tertekan pada clapper box yang diakibatkan oleh gaya pemotongan. Sedangkan pada langkah balik pahat ke atas, hal ini dimaksudkan agar benda kerja dan pahat terhindar dari kerusakan.

Meja (Table). Sebagai tempat untuk memasang benda kerja (dengan penjepit/clamp). Meja dapat bergerak ke atas atau ke bawah. Khusus gerak ke samping yaitu untuk melakukan gerak pemakanan pada waktu mengetam permukaan horizontal, dan gerakannya dapat dilakukan secara otomatis.

b. Cara Kerja Mesin Sekrap Lengan Kuat

Gerak utama mesin skrap lengan kuat berasal dari suatu motor listrik yang memutarkan roda gigi bertingkat melalui sabuk (belt). Selanjutnya roda gigi bertingkat memutarkan roda gigi antara. Putaran roda gigi antara diubah menjadi gerak bolak-balik Ram melalui engkol berayun.

Panjang langkah ram diatur dengan kedudukan poros blok geser menjauhi atau mendekati poros roda gigi antara. Blok geser dapat menggeser landasan luncur/geser yang ada pada engkol berayun. Langkah maksimum didapat dengan mengatur kedudukan poros blok geser menjauhi poros roda gigi antara.

2. Mesin Sekrap Meja (Planer)

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Mesin ketam meja digunakan untuk proses mengetam/menyekrap benda kerja yang besar dan mempunyai panjang antara 1 m sampai dengan 20 m.

a. Komponen Utama Mesin Sekrap Meja

Meja (Table). Merupakan tempat benda kerja dipasangkan dengan penjepit. Meja ini dapat bergerak atau bergeser di atas landasan luncur dari bed untuk melakukan gerak utama bolak-balik. Gerakan meja berasal dari gerak putar roda gigi atau dari sistem hidrolis.

Peluncur Pahat (Tool Slide). Tempat menggesernya pahat ke atas dan ke bawah untuk melakukan gerak penyetelan pada penyekrapan permukaan horisontal. Pada peluncur pahat terpasang pengangkat pahat (clapper box).

Peluncur Silang (Cross Slide). Tempat menggesernya peluncur pahat ke samping (horizontal), yaitu ketika melakukan gerak umpan. Pada peluncur silang ini dapat dipasangkan dua buah peluncur pahat.

Tiang (Column). Tempat menggesernya peluncur silang (cross slide) ke atas dan ke bawah.

Alas (Bed). Tempat dimana di atasnya terpasang meja yang bergerak bolak-balik untuk melakukan gerak utama. Meja terbuat dari benda cor dan dibuat dengan kekakuan yang tinggi agar kelurusan dan kerataan landasan luncur dapat terjamin.

b. Cara Kerja Mesin Sekrap Meja

Gerak utama dari mesin ketam meja yaitu gerak lurus bolak-baliknya dilakukan oleh benda kerja yang dipasang pada meja dengan penjepit. Sementara untuk gerak makan dan gerak penyetelan dilakukan oleh pahat.

3. Mesin Sekrap Vertikal (Slotter)

Mesin skrap vertikal digunakan untuk melaksanakan pembuatan-pembuatan alur pada permukaan silinder dalam, roda gigi, bidang lengkung vertikal dan bentuk-bentuk alur lainnya.

Gambar Mesin Skrap Vertikal

Mesin Skrap Vertikal

a. Komponen-komponen Utama Mesin Sekrap Vertikal

Ram. Dapat bergeser pada landasannya bolak-balik secara vertikal untuk melakukan gerak utama. Kadang-kadang ram dapat disetel miring untuk melakukan pekerjaan pengetaman permukaan miring.

Meja (Table). Tempat dimana benda kerja dipasang dengan penjepit dapat bergerak memanjang, melintang, dan berputar. Pada mesin ketam vertikal yang kecil, mejanya dapat bergerak vertikal.

Tiang (Column). Terbuat dari besi tuang berdinding tebal. di dalamnya terletak sistem penggerak untuk gerakan utama.

b. Cara Kerja Mesin Sekrap Vertikal

Gerak utama mesin skrap vertikal adalah gerak pahat bolak-balik secara vertikal, sedangkan gerak makan dan gerak penyetelan (untuk mengatur dalamnya pemotongan) dilakukan oleh benda kerja.

Demikian jurnal teknik mesin bertema mesin sekrap / mesin ketam ini. Semoga bermanfaat buat sahabat Rumah Cahaya semua. Insyaallah di lain kesempatan saya pun akan postingkan kembali jurnal teknik mesin lainnya dengan tema yang lain pula. Bagi Anda yang ingin melakukan jual-beli mesin, dipersilahkan untuk mengisi kolom komentar yang tersedia di bawah, dan sekaligus cantumkan harga mesin skrap yang sedang dicari atau ditawarkan.. ~ Cepi Nugraha

Bagikan Artikel...

Komentar

One Response untuk “Mesin Sekrap / Mesin Ketam”
  1. usman says:

    dimana sy dapatkan mesin ketam meja,dan brapa harganya

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!