Mesin Printer Apa Yang Anda Pakai?

March 12, 2010 oleh 86 Komentar
Kategori: Komputer & Gadget 
Mesin printer

Mesin Printer

Beberapa hari yang lalu sebelum saya menulis di halaman ini, saya membeli sebuah mesin printer All in One dengan harga yang sangat murah yaitu printer dengan merk HP DESKJET F2410 yang termasuk ke dalam keluarga printer HP 2400 series.

Sebenarnya saya sangat menginginkan printer Epson Stylus Photo R230 dengan suplai tinta yang telah dimodif menggunakan sistem infus dengan tujuan untuk membuka usaha sambilan berupa sebuah studio foto mini di rumah. Tetapi keinginan tersebut saya urungkan dengan alasan:

  1. Isteri saya sangat memerlukan printer dengan segera untuk keperluan kuliah serta keperluan kerjanya, sedangkan anggaran untuk membeli printer Epson R230 tersebut belum tersedia, apalagi saya pun lebih mendahulukan untuk mengumpulkan anggaran buat membeli sebuah notebook atau laptop baru bermonitor 12″, karena laptop bermonitor 14″ yang telah ada rasanya terlalu berat untuk saya bawa kemana-mana.
  2. Setelah dipikir-pikir.. jika saya membuka usaha studio photo mini, belum tentu ada orang yang akan melayani konsumennya, sedangkan saya sendiri telah cukup banyak kegiatan dengan bisnis offline dan juga bisnis online yang saya jalankan.

Akhirnya dengan alasan-alasan tersebut, saya memutuskan untuk membeli printer All in One murah tadi dengan harga di bawah Rp. 1 jutaan, atau tepatnya Rp. 620.000,- walaupun banyak orang yang mengatakan bahwa jenis printer All in One dengan harga yang murah akan cepat rusak jika dibandingkan dengan jenis printer biasa.

Saya juga saat itu sebenarnya dihadapkan kepada beberapa pilihan printer All in One. Ada Canon PIXMA MP145, Epson Stylus TX110, Epson Stylus TX111, HP DESKJET F2410 dan HP DESKJET F2235, yang semuanya di kisaran harga kurang dari Rp. 1 jutaan, yang mana akhirnya saya pun memutuskan untuk memilih HP DESKJET F2410.

Saya menjatuhkan pilihan pada HP DESKJET F2410 bukan karena saya telah mendapatkan informasi tentang kelebihan serta kekurangan printer tersebut, tetapi karena saya tidak banyak waktu lagi untuk mencari banyak informasi mengenai berbagai merk printer, ditambah lagi dengan kepenasaran saya akan printer bermerk HP, karena sebelumnya saya hanya berpengalaman dengan printer bermerk Epson serta Canon.

Pengalaman Menggunakan Beberapa Mesin Printer

Nah.. karena ceritanya kita akan berbagi pengalaman dengan mesin printer, maka di sini pun saya akan membagi-bagikan sedikit pengalaman saya dengan printer-printer yang pernah atau yang sedang saya gunakan hingga saat ini, yaitu:

1. Epson Stylus C45

Printer ini merupakan printer yang pertama kali saya miliki. Saya membeli printer ini di sekitar tahun 2005 atau tahun 2006, wah saya lupa lagi kapan membelinya, pokoknya sekitar tahun-tahun itulah.. Berturut-turut kemudian adik serta teman saya juga membeli printer yang serupa.

Epson Stylus C45 cukup bandel dan cukup bertahan lama. Hingga saat ini adik serta teman saya masih menggunakannya. Terkecuali Epson C45 milik saya yang sudah tidak bisa digunakan lagi akibat kerusakan yang terjadi. Kerusakan tersebut memang benar-benar akibat kesalahan saya, saya terlalu ceroboh dalam melakukan pemeliharaan.

Epson Stylus C45 ini mempunyai kelebihan lain yang belum saya temukan di printer-printer bermerk Canon dan HP yang pernah saya gunakan, yaitu.. printer ini sangat mudah untuk mengatur pengkustomisasian ukuran-ukuran kertas yang akan digunakan .

Epson C45 seperti juga model-model printer Epson yang lain, cukup bagus dalam hal warna, tetapi sangat lambat pada saat proses cetaknya, terutama untuk cetakan-cetakan berwarna.

Walaupun tentu saja tidak dianjurkan oleh perusahaan pembuatnya, Epson Stylus C45 juga merupakan printer yang cukup baik untuk kita pasangi tinta dengan sistem infus.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

2. Canon BJC-1000SP

Wah.. printer ini sepertinya lebih jadul daripada Epson Stylus C45. Saya mempunyai pengalaman dengan printer ini disaat setelah Epson C45 milik saya rusak. Saat itu seorang kepala sekolah yang merupakan tetangga serta orang dekat saya menyimpan printer bermerk Canon BJC-1000SP tersebut di rumah saya guna kepentingan cetaknya (karena ia terkadang minta tolong dibuatkan ketikan dan print-an).

Printer Canon ini cukup bandel serta tidak diperlukan CD driver disaat penginstalan (karena drivernya mungkin sudah terpasang di dalam printernya itu sendiri), sehingga saat pertama kali printer tersebut dihubungkan ke komputer melalui kabel USB, maka secara otomatis printer tersebut akan terdetek serta terinstal ke komputer. Hanya saja kekurangannya, jika kita kita memasukkan kabel USB ke lubang USB yang lain di computer, maka printer akan membuat instalasi baru secara otomatis yang menyebabkan printer membuat beberapa copy-an untuk beberapa port USB.

Kekurangan lain dari mesin printer ini adalah pada peletakan tabung tintanya. Peletakan tabung tinta warna hitam serta tabung tinta berwarna tidak bisa dipasang bersamaan pada saat yang sama. Jika kita mau memasang tabung tinta warna hitam, maka tabung untuk tinta berwarna harus dikeluarkan terlebih dulu, demikian pula sebaliknya.. bila kita ingin memasang tabung tinta berwarna, maka tabung tinta warna hitam yang harus terlebih dulu dikeluarkan. Memang kita bisa juga menggunakan tabung berwarna untuk mengahasilkan warna hitam, tetapi warna hitam yang dihasilkannya tidak begitu baik serta terlihat kehijau-hijauan.

Printer ini pun sekarang masih ada dan masih jalan, tetapi belum saya gunakan lagi, karena setelah seseorang meminjam printer tersebut atas izin pemiliknya, printer dipulangkan kembali dengan kondisi hasil cetak yang selalu bergaris-garis putih yang cukup lebar, dan tidak bisa dimaintence secara otomatis.

3. HP DESKJET F2410

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, saya baru beberapa hari membeli printer bermerk HP DESKJET F2410 ini, yang tentunya saya belum bisa mengetahui kebandelan serta ketahanan dari printer ini. Tapi terus terang, saat saya pertama kali melihat tampilan dari kemasan printer ini, saya sempat meragukan jika printer ini adalah sebuah printer berwarna, karena di atas dus kemasannya benar-benar tidak terdapat warna kecuali warna hitam dan putih saja. Baiklah.. itukan kemasannya, bagaimana dengan isinya? sedangkan pada kesan pertama saja sudah tidak begitu menggoda.. :)

Setelah tiba di rumah, kemasan printer dibuka untuk melihat yang ada di dalamnya, hmm.. benar-benar mengesankan sebuah printer yang murahan. Pelindung printer yang biasanya terbuat dari semacam busa (apa tuh namanya, stereafom atau apa..?), hanya terbuat dari bahan kertas berwarna krem yang hampir menyerupai tempat yang dipakai untuk menaruh telur-telur ayam atau itik yang ada di pasar-pasar tradisional. Printernya sendiri terkesan tidak begitu kokoh, apalagi setelah saya lihat ada tulisan Product of China, wah makin meragukan saja tuh printer.. “Tapi walaupun barang-barang produk China banyak yang dijual dengan harga murah, tetapiuntuk fungsi biasanya hampir sama dengan produk-produk lain yang tidak murahan..” itu pikir saya. Baik.., selanjutnya saya coba mengetest hasil print, copy, dan hasil scannya. lalu apa hasilnya?

Untuk sebuah printer yang ditujukan buat keperluan pribadi atau rumahan.. printer ini ternyata mempunyai kualitas hasil cetak yang cukup baik. Hasil pengerjaan print dan copy cukup bagus baik untuk warna hitam maupun untuk banyak warna (berwarna), serta kualitas scan juga tidak begitu mengecewakan.

Waktu yang diperlukan untuk mengerjakan print dan copy pun cukup cepat seperti halnya printer Canon PIXMA iP 1880 atau Canon PIXMA iP 1980, walaupun dengan bunyi yang berisiknya hampir sama pula :) . Yang cukup menarik juga adalah pada menu-menu hasil dari instalasi software bawaannya yang tampil di layar monitor komputer cukup atraktif sehingga sangat mempermudah pengerjaan, termasuk pula menu untuk menghubungi support services-nya.

Hanya teramat disayangkan.. untuk sebuah jenis printer yang serba bisa, ukuran dari tabung tinta sepertinya terlalu kecil, tidak seperti beberapa tabung tinta yang dimiliki oleh beberapa model printer bermerk HP lainnya.

Baik, ini saja sedikit pengalaman saya dengan printer. Saya sangat berharap, pada kolom komentar yang terletak pada bagian bawah artikel printer ini Anda pun bisa membagi-bagikan pengalaman Anda sendiri dengan mesin printer yang pernah atau yang sedang Anda gunakan, dengan harapan supaya bisa menjadi bahan pertimbangan bagi sahabat-sahabat kita yang sedang mencari informasi untuk keperluan printernya. Terima kasih sebelumnya.. ~ Cepi Nugraha

Bagikan Artikel...

Komentar

86 tanggapan untuk “Mesin Printer Apa Yang Anda Pakai?”
  1. Sabris salak says:

    Sejak 1998 saya sudah pakai Epson LQ1800, Canon BJ1000SP, Canon IP1700, Canon IP 1800, Canon MP145, Canon IX4000, Epson Photo R230, Laserjet 1006, Laserjet 1005, Laserjet 1600 C. Menurut saya gak ada yang bisa mencakup semua keunggulan yang kita harapkan. Ada printer yang murah, hasilnya bagus tapi hanya pada saat memakai catridge bawaan, begitu diisi ulang hasilnya hancur. Ada yang bagus kendati diisi ulang, tapi untuk mencetak photo hasilnya gak sampe nilai 5. Ada yang ukuran a3 bagus buat nyetak photo tapi ketika mengeprint teks hasilnya ancur ancuran. Nah, dengan demikian ada yang tau gak ya hasil photo ama teks bagus, diisi ulang ato infus juga bagus, kecepatan cetak tinggi, trus gak ribet makainya?
    Salam Sabris Pakpak Bharat

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas/Pak Sabris,
    Terima kasih telah bagi-bagi pengalaman dengan banyak printer. Untuk pertanyaan Anda, mudah-mudahan ada sahabat kita yang lain yang bisa memberikan jawabannya.

    [balas komentar di sini]

  2. Vina says:

    Salam.
    Maaf mau tanya,kalau PIXMA iP 1880 bisa pakai driver PIXMA iP 1800 series?

    Kalau gak bisa yg suka jualan driver PIXMA ip1880,dimana yah?Alnya driver yg dlu rusak.Vina buTuh bAnget.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Vina, salam kenal ya..
    Saya pernah membeli serta mengintalkan printer PIXMA iP 1880 untuk seorang teman, tapi saya belum pernah menggunakannya untuk pemakaian sendiri sehingga saya tidak mengetahui pasti. Tetapi kalau melihat beberapa pengalaman dengan printer tipe yang lain, kemungkinan printer PIXMA iP 1880 bisa diinstal dengan driver PIXMA ip 1800 series, karena printer tersebut termasuk ke dalam seri 1800 tersebut.
    Driver biasanya bisa didapat di rental-rental komputer, tempat service komputer, warnet, dsb. yang menggunakan printer yang sama, dengan cara minta dicopykan ke CD atau flashdisk. Vina juga bisa mencoba mengunjungi situs Canon-nya yang memberikan dukungan bagi customer2-nya secara online, atau bisa juga searching di Google, karena saya kira banyak situs2 yang menyediakan drivernya secara gratis untuk didownload.

    [balas komentar di sini]

  3. UDHIN says:

    AQ PAKE PRINT YANG SAMA NGGA 3 BLN PRINTNYA SUDAH RUSAK ,,EMANG HASIL OKELAH ….TAPI KURANG HANDAL UNTUK DI8N PAKAI BISNIS

    [balas komentar di sini]

  4. SUKO says:

    dari pengalaman saya menggunakan print hanya 1 yang sampai sekarang masih dipakai yaitu CAnon BJC 2100 SP, bandel banget…. aku pake dari mulai aku bergelut didunia usaha jasa pengetikan 1 hari bisa ngeprint dirata-rata 20 lembar, itu print sudah aku pake dari tahun 2001 sampai sekarang 2010 = 20 lb x 30 hari = 600 lb x 12 bulan = 7.200 lbr x 9 tahun = 64.800 lbr seingat saya baru ganti catrid 4 kali 2 original 2 kali yang biasa karena cari original susah banget sekarang…… dibandingkan dengan printer-printer keluaran sekarang kaya JAJAN hanya membuat makmur perusahaan yang memproduksi aja…. coba CANON atau EPSON memproduksi printer yang bisa kaya BJC 2100 SP wah salut deh……

    [balas komentar di sini]

  5. Icha says:

    Saya punya dua printer dirumah. Yang pertama adalah Canon Pixma IP 1200 yang dibeli kira2 tahun 2006 / 2007. Printer kedua adalah HP DESKJET F2410 yang beli sekitar 2 – 3 bulan yang lalu.

    Awalnya saya hanya butuh scanner, dan inginya adalah scanner merk Canon, tapi pas jalan2 dia toko komputer ternyata ada jenis yang All – In – One yang harganya jauh lebih murah ketimbang scanner Canon aja. Yah pastinya lebih tertarik dong, secara merk juga udah dikenal orang HP, harga hanya Rp. 610.000 sedangkan Scanner Cannon Rp. 880.000. Dibeli lah tuh. Setelah diinstall oke banget hasil scan-nya. Tapi beberapa hari kemudian saat saya ingin scan lagi, ada tulisan, printer offline, terus suka nge-hang program-nya, gak ke save, akhirnya yah matiin dulu deh, baru bisa. Selain itu saat mau nge-print juga sama penyakitnya kayak klo mau scan, printer offline, padahal lampunya nyala. Mulai lah saya kesel. Akhirnya kalau mau nge-print pake Canon aja yang lebih simpel.

    Kebetulan, Printer Canon sedang dibawa ke kost-an temen untuk nyetak2 banyak. Saya pikir, gak masalah masih ada printer satunya lagi. Tapi ternyata, tinta printer sudah mulai habis. Oke saya beli lagi tinta printer. Saat masukin catrigde, biasalah noraknya HP, suka tiba2 nge-print sendiri (udah kejadian berkali – kali). Ada hasil allign-nya. Tapi begitu keesokan harinya saya mau nge-print, Hah!!! Nyetak sih nyetak, tapi blank!!!, sampe berkali – kali tetep blank!!. Udah ngikutin apa kata petunjuk tetep gak ngaruh. Ternyata oh ternyata, emang penyakit HP tuh kayak gytu, kalo isi tinta baru, suka gak kedetect atau malah rusak. Bener2 nyesel banget!! Gak recommended banget deh Printer HP. Seumur hidup gak bakal beli ini merk lagi, mau jenis apapun juga. Bener2 produk gagal karena udah sering bikin saya kesel banget cuma karena hal2 teknis yang gak penting!!

    [balas komentar di sini]

  6. tufi says:

    emang printer hp saya seri 2100 juga seperti begitu,,kayaknya diubuat cukup untuk 2-3 kali ganti catridge setelah itu koit alias tidakj bisa dipakai lagi….wassalam

    [balas komentar di sini]

  7. nilia says:

    Beli printer HP 1005, bermasalah karena baru dipake ngeprint tiga kali hasil cetakan ngga ada meskipun tinta masih full. Diperbaiki di servisnya ngga bisa, akhirnya dituker yang 1006. Bisa ngeprint, tapi kalo di kertas ukuran A4, letter, atawa folio selalu keluar cetakan yang ancur2an, entah cuma setengah keluar, dobel tulisan, dll. Ngga bisa ngeprint bersih secara langsung begitu printer dijalanin. Kalu udah bersih juga ngga lama, di mana lima menit kemudian hasilnya sama ama yang pertama. Ada yang bisa bantu?

    [balas komentar di sini]

  8. Ogekdedy says:

    Mnurut survey yg tlah saya lakukan slama 3 bulan alias 90 hari ni. Printer Epson R230 paling banyak ditenggarai sbg printer yg bandel dlm urusan cetak mencetak hemat. Emang sih, masih terdapat printer2 lain yg kian lama kian bagus2. Tpi ni pngalaman orang2 yg tlah bergumul brtahun2 dgn urusan cetak2 diforum2 online. Hasil cetak sbgmn yg saya lihat pd studio foto mini dikota saya (Kbetulan saya ingin membuka usaha percetakan) tdk mngecewakan planggan, malah antri, yg jdi malah usaha tersebut malah, sistem playanan planggannya yg masih tradisionil, alias rada2 sombong… Intinya, saya rekomendasiin epson R230… Saya bukan promosi, namun hanya sharing survey online dan pngalaman mlihat2 usaha pngusaha di kota saya.

    [balas komentar di sini]

  9. sweetnude says:

    hallo smuax……..sy baru bli printer Canon Pixma MP198, tp kok cepet bener habis tintax ? baru jg dipake nge-print sktr 2pcs halaman berwarna….;-(
    trus ini gimana cara ngisix lg ? sy mau refill dgn tinta aslix kira2 brp an hargax ??? maklum…ini printer perdana jd msh bener2 gaptek dehh…..
    mohon info & tip2x yachhh……makasihh….

    [balas komentar di sini]

  10. Fiji says:

    Hallo …. salam kenal semuanya ….
    Seneng banget bisa ketemu web ini, sbb saya butuh banget info ttg cetak-mencetak dari org yg sudah ahli. Boleh khan mohon saran ke kang Cepi ? Dan trims jg utk tambahan info dari yg lainnya.

    Kalo ngeprint di kertas kalkir, apa bisa pake printer biasa (Epson T11) yg tintanya sudah dimodifikasi dengan system infus ? Katanya harus pake printer laser, apa betul begitu ? Masalahnya khan Laser Printer itu harganya lumayan mahal (kalo gak salah 1jt -1.5jt), belum lagi harga cartridgenya (600rb – 800rb).

    Kebetulan saya punya naskah yg ingin dicetak (b/w), maksudnya kalo saya bisa ngeprint sendiri dulu di kertas kalkir, khan jadinya saya tinggal bawa print-out kalkir tadi ke percetakan utk dicetak di Mesin Offset Toko, shg bisa menghemat biaya cetaknya ? Bener gitu gak sih caranya ?

    Kalau ngeprintnya di kertas yg warnanya “merah muda” (maaf lupa namanya) yg pinggirannya ber-lubang2 spt bentuk kertas “continous form” – itu bisa tidak ya di printer biasa ? Lalu setelah itu proses cetaknya bagaimana ?

    Sebelumnya trims banget utk saran & infonya. bye.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mbak/Mas Fiji, salam kenal kembali..
    Sepengetahuan saya, untuk ngeprint di kertas kalkir memang harus menggunakan printer laser, karena kalau dengan printer biasa hasilnya akan “kacau”. Tetapi supaya tidak penasaran, silahkan mbak/mas mencari kertas kalkir dan coba print menggunakan printer tersebut, lalu lihat sendiri hasilnya.
    Untuk mencetak dengan menggunakan mesin cetak offset TOKO, sebenarnya bisa dengan printer biasa (asal hasil printnya bagus) yang diprint di atas kertas HVS, lalu print-an di kertas HVS tadi dibawa ke tempat pembuatan pelat kertas (kertas yang warnanya “merah muda” tadi yang pinggirnya berlubang), dan pelat kertas tersebut nantinya yang akan digunakan di mesin cetak TOKO. Tetapi untuk lebih menghemat lagi, bisa juga Anda membeli pelat kertasnya yang kemudian diprint out menggunakan printer Epson C11 tadi (asalkan pelat kertas tersebut bisa masuk ke printer), dan setelah itu pelat kertasnya dibawa ke percetakan mesin TOKO

    [balas komentar di sini]

  11. Fiji says:

    Terima kasih banget atas responsenya kang Cepi.

    Saya Mb’Fiji tp panggil Fiji aja deh. Oya kertas yg “merah muda” itu namanya (kertas) “Master”. Kira2 berapa ya harga “pelat kertas” ? Setahu kang Cepi bisa gak ya pelat kertasnya masuk ke Epson T11 yg ukurannya A4/Folio ? Trims lagi.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Fiji aja deh :)
    Iya benar, pelat kertas (paper plate) tersebut biasa disebut juga dengan “master”. Kalau harga kertasnya sendiri saya tidak tau, tetapi kalau ongkos bikin/rekam pelatnya adalah Rp. 3500-4000/lembar (sudah termasuk kertas)
    Ukuran pelat cetak kertas sama dengan ukuran pelat cetak aluminium (untuk mesin cetak TOKO), yaitu sekitar 25,35 cm. Jadi silahkan Fiji ukur-ukur sendiri printernya, apakah masuk untuk ukuran lebar tersebut..?

    [balas komentar di sini]

  12. hendry says:

    Salam kenal…
    sy mempunyaoi printer HP 3920 printer lama…sampai sekarang masih bagus ya walau catridge warna tidak berfungsi hitam msh bs jalan.
    utk membuat tgs akhir sy memerlukan printer baru yang ada scanner yang tentu sj harganya terjangkau..
    menurut pengalaman bapak printer HP F2410 bgm?
    karena sy mengincar itu, memilih HP karena hasil print out HP tajam dan bagus…
    mohon saran dan pengalamannya…
    terimakasih…..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Hendry, salam kenal kembali..
    Saya sendiri membeli serta menggunakan printer HP F2410 belum begitu lama, dan baru 1 kali isi ulang dengan cara menyuntiknya menggunakan tinta (merk JapanPrint), dan hasilnya memang tetep OK. Saya juga belum menemukan masalah apapun hingga saat ini (mungkin karena masih baru). Tetapi kalau membaca komentar sahabat-sahabat kita lainnya, ternyata banyak juga yang mengeluhkan printer dengan merk serta tipe tersebut.

    [balas komentar di sini]

  13. yuli says:

    salam kenal…
    senang bisa sharing n ngobrol soal printer.
    kebetulan sy punya Canon IP 2600 series yg rusak pd penarik kertasnya. kenapa servisnya lama sekali ya… apa memang sparepartnya belum ada?..
    satunya printer HP 7900, tinta abuabunya bingung refillnya gimana. apa memang hrs beli cardtrige ori-nya ya… makasih infonya..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mbak Yuli, salam kenal kembali..
    Duuh.. saya juga gak bisa jawab pertanyaannya, tapi mudah-mudahan teman-teman kita yang lain bisa membantu ya..

    [balas komentar di sini]

  14. andi says:

    saya punya printer epson c90 pake infus yg skarang ini rusak karena tinta tdk mau keluar yg katanya printer tdk membaca chip dari cartridge infusnya, tolong dong gimana solusinya ! thanks

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Andi,
    Coba lakukan reset dengan menggunakan software untuk maintenancenya dengan mendownloadnya di sini..

    [balas komentar di sini]

  15. adam says:

    saya punya 10 buah printer epson R230
    semua rusak, ada rusak printhead ada yg rusak
    bagian mekanik .
    di buang sayang…dipakai gak bisa
    ada yg bisa kasih solusi?
    usaha saya cetak photo kecil kecilan

    [balas komentar di sini]

  16. Hengky says:

    saya punya tuh yang F2410, awalnya gak pengen di infus…. akhirnya demi hemat, akhirnya di infus juga…. di sini nih kelemahannya
    HP kelemahannya kalo di modif…. adaaaaaa saja errornya… yang tinta masuk angin lah… yang cetakannya goyang lah…. yang tiap hari harus tes alignment….

    tapi ini pengalaman saya… belum tau yang lain…

    [balas komentar di sini]

  17. tata s says:

    saya punya epson tx111 lumayan bagus. tapi lampunya nyala semua dan ga mau ngfrint.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    kang Tata,
    Kemungkinan blinking. berkedip-kedip ya? Coba cari software anti blinkingnya di internet. Instal, lalu reset (maintenance)

    [balas komentar di sini]

  18. markesot says:

    R230 print paling ok … dah … service nya gampang … ngk rewel lagi … pokoknya ngak ada duanya

    [balas komentar di sini]

  19. evi says:

    Saya punya printer epson T11 keseringan rusaknya tinta kuning suka ga keluar.ada yg bisa bantu solusinya apa?

    [balas komentar di sini]

  20. cheerfulman says:

    mungkin saya bisa bantu untuk EPSON, terutama infus dan macet (ERROR):

    **PASTIKAN BAHWA KARET PENUTUP TANGKI BAGIAN YANG BESAR SUDAH TERBUKA DAN BIARKAN TERBUKA UNTUK VENTILASI TINTA**

    1. kalo ada tinta yang macet; masuk ke menu PRINTER PREFERENCES, lakukan HEAD CLEANING, START. Setelah itu stanby kira2 2 menit, setelah itu lakukan NOZZLE CHECK, PRINT, ulangi HEAD CLEANING kemudian NOZZLE CHECK lagi sampai warna tecetak semua.

    2. untuk yang lampunya nyala semua, itu tandanya Cartridge-Jam, ini terjadi cuma yang dimodif (tinta infus). penyebabnya macam2; salah satunya adalah conectornya kotor atau koneksi antara printer dengan cartridge infus tidak berjalan dengan sempurna. mengatasinya:
    -printer dalam keadaan ON, setelah itu pencet-tahan saklar yang ada di cartridge tersebut, ini berfungsi untuk mereset cartridge. setelah itu matikan dan coba test-print.
    -cara lain, matikan printer, lepas cartridge dari printer, lalu bersihkan connector cartridge tersebut dengan alkohol; TAPI HATI-HATI, ADA BAGIAN YANG TIDAK BOLEH DISENTUH ATAU TERKENA BENDA ASING. setelah itu pasang kembali.

    semoga membantu…..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    cheerfulman,
    Terima kasih telah berbagi. Saya yakin apa yang telah Anda uraikan akan sangat bermanfaat bagi pengunjung lainnya :)

    [balas komentar di sini]

  21. Kim says:

    wah, kalau untuk merk HP saya sudah kapok, karena saya beli hp deskjet d2400 baru 2 bulan catridge hitam sudah tidak berfungsi, padahal tidak saya infus ataupun suntik, dan masih ada tinta tentunya.Saya sudah memakai berbagai merk printer seperti Canon, Epson, Xerox, Samsung, HP. Saya merekomendasikan printer Canon dengan catridge yang terpisah dengan head nya.Contoh Canon ip1000.Sekarang canon mengeluarkan printer dengan catridge single setiap warnanya, cara isinya sangatlah gampang.Terlebih jika rusak kita hanya perlu membeli catridge per warna.Jadi lebih murah jauh pastinya

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas/Mbak Kim,
    Terima kasih telah membagikan pengalaman menggunakan berbagai merk printer, sehingga akhirnya printer bermerk Canon dengan catridge yang terpisah dari headnya menjadi pilihan serta rekomendasi dari Anda. Saya yakin apa yang Anda share di sini akan sangat bermanfaat bagi yang lain :)

    [balas komentar di sini]

  22. Ridho Biaz says:

    Bagi saya Epson tetap yg terbaik,baik itu utk pencetakan foto,kualitasnya masih jauh lebih baik dibanding yang lainnya.
    Bravo Epson…

    [balas komentar di sini]

  23. didin saprudin says:

    saya perlu informasi yg menjual printer hp 5000/5100 dan harga nya murah tapi bagus ada ngak?kalau ada telpon ke 081322063814

    [balas komentar di sini]

    Ahmad Reply:

    ada, tapi sy adanya di provinsi lampung

    [balas komentar di sini]

  24. jangan terburu-buru membeli printer, hanya karena ingin ngeprint sekali dalam seminggu saja lebih baik ke rental aja untuk ngeprint. karena printer akan bermasalah jika lama tidak digunakan, biasanya kendalanya di tinta yang kadang tersumbat karena kental akibat jarang pemakaian.

    [balas komentar di sini]

  25. Praesto says:

    Tolong dong…gmn caranya menggunakan scanner printer HP Deskjet F2410…
    krn bukan sperti printer pixma MP145 dan sejenisnya memiliki tombol Scan pd printer sedangkan Printer HP Deskjet F2410 tdk memiliki tombol Scan hanya tombol Copy saja… gmn sih caranya menggunakan scannya…
    aq da bingung nih…..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas/pak Praesto,
    Klik saja 2 kali taskbar button HP Digital Imaging Monitornya (biasanya ada di bagian kanan bawah), nanti akan tampil windows baru bertuliskan Solution Center > lalu klik menu Home > kemudian klik Scan Picture atau Scan Document

    [balas komentar di sini]

    Stanley Paijo Reply:

    ada juga cara termudah:
    buka window explorer > my computer,
    – biasanya di bagian bawah akan muncul scanner & cameras
    – klik kanan HP Deskjet F2400 > scan

    [balas komentar di sini]

  26. Aris says:

    Saya memiliki beberapa printer termasuk R230 lengkap dengan infusnya……..tetapi sekarang tidak bisa digunakan lagi karena terlalu sering masuk bengkel (maksudnya diservis supaya tetap bagus, tetapi malah sebaliknya) dan printer HP deskjet F2235 sekarang juga lagi mogok karena tabung tintanya rusak jadi harus membeli yang asli untuk bisa menggunakannya lagi (menunggu gajian) karena harganya lumayan mahal….untuk yang hitam saja Rp 145.000 belum yang warna……gitu aja dulu deh….selamat menikmati printer barunya…..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Aris,
    Terima kasih yaa.. Mudah-mudahan mas Aris juga bisa segera mendapatkan tabung tinta yang baru.

    [balas komentar di sini]

  27. eyang nyoto says:

    Tidak berbeda dengan mr.cepi pengalaman saya pun begitu ,namun sudah lama saya menggunakan merk epson sejak keluarnya type t11 saya merasa nyaman ,tentu dengan infus + tinta yang bagus…..any way untuk cetak foto dan keperluan kantor pribadi saya tetap berjalan mulus dengan syarat kedudukan infus tidak mengalami perubahan kedudukan (sejajar dengan printer dan tidak pernah di angkat melebihi badan printer),ya…..itu sekelumit pengalaman saya hingga sekarang tapi tentu tetap tidak serampangan pemakaiannya,thanks

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Eyang Nyoto,
    Terima kasih telah berbagi pengalaman. Saya juga tertarik dengan Epson T11 dengan tinta infus. Selain harganya murah, kualitas hasil cetaknya pun cukup bagus, dan memang pernah ada yang bilang juga bahwa pemeliharaannya sangat mudah, bahkan lebih mudah daripada Epson R230

    [balas komentar di sini]

    eyang nyoto Reply:

    mudah-mudahan teman lain dapat share tentang T11 atau type lainnya,oh ya mr.cepi bila saya ingin banyak menanyakan tentang usaha cetak ini bagaimana caranya apa lewat komentar atau lewat email atau yang lainnya karena saya ingin tahu tantang usaha cetak undangan,brosur,kop,namun dengan skala yang kecil saja guna memenuhi kebutuhan didaerah saya agar pemuda-pemudi ada kegiatan ,thanks atas tanggapannya

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Eyang Nyoto,
    Sementara Eyang bisa baca-baca terlebih dahulu artikel-artikel saya seperti di:
    http://rumahcahaya.com/peluang-usaha-percetakan/
    http://rumahcahaya.com/proses-cetak-dengan-mesin-cetak-offset/
    http://rumahcahaya.com/proses-cetak-dengan-digital-printing/
    http://rumahcahaya.com/usaha-percetakan/

    atau bisa langsung ke:
    http://usahapercetakan.biz/
    untuk mendapatkan panduan lengkap usaha percetakan, terutama bagi pemula (skala kecil)

    [balas komentar di sini]

  28. bilamana ada yang membutuhkan tonner cartridge remanufaktur untuk printer laser jet, dapat menghubungi kami di no telp 0271-7587747 untuk wilayah jateng, 021-5484116 untuk wilayah jakarta dan sekitarnya, 031-8430355. kami menyediakan jasa layanan servis printer laser dan kebutuhan tonner cartridge. terima kasih.

    [balas komentar di sini]

  29. bastian says:

    pak saya punya HP f2410 tp d printer tidak mau ngeprint dokumen tp hanya mau foto kopi dan scan, mohon solusinya * model number tertulis unavalaible

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Bastian,
    Maaf.. saya belum mengetahui cara menanggulangi masalah printer yang Bapak hadapi, karena kalau pada printer F2410 saya kalau tidak mau ngeprint biasanya cukup merestart ulang printernya kemudian printer ngeprint kembali. Atau pernah priinter saya tidak mau ngeprint di aplikasi MS Word, padahal sesaat sebelumnya bisa, lalu saya coba ngeprint di aplikasi lain seperti CorelDraw, ternyata printer tersebut bisa ngeprint. Dan untuk kasus terakhir mungkin MS Word atau printer softwarenya sendiri yang harus diinstal ulang.

    [balas komentar di sini]

  30. Juan Maro says:

    saya punya printer hp deskjet F2410 yang baru di kota saya. setelah beberapa kali dipakai hasilnya memuaskan saya, namun suatu hari ada kejadian yang tidak saya duka yaitu saat isi ulang tinta hitam kepenuhan jadi cartridge saya tidak dibaca oleh printer, saya sudah coba dengan membeli cartridge baru namun hasilnya sama saja, tetap cartridge hitamnya tidak di baca, jadi untuk sementara ini saya menggunakan cartridge warna saja. saya mohon bantuannya dengan masalah yang saya hadapi

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak/Mas Juan,
    Mungkin ada sumbatan tinta di saluran antara tabung tinta dan printer. Coba dibuka dan dialiri serta dibersihkan dengan cairan pembersih catridge printer yang biasa dijual di toko-toko aksesoris komputer. Jika masalah tetap sama, sebaiknya dibawa kepada ahlinya/tempat service printer.

    [balas komentar di sini]

  31. bandie says:

    mas…minta tolong bagaimana cara memodif driver printer epson t11 inkjet bisa dibuat raster / postsript..? sebelumx terima kasih…^____^ wasalam….

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Bandie,
    Maaf saya belum mengetahui caranya..

    [balas komentar di sini]

  32. mahasiswa modal cekak says:

    mas.. ini kan saya mau skripsi, terus punya uang hanya 500 rb, enaknya beli printer apa ya? yang cepat gt, soalnya saya orangnya suka terburu buru, terima kasih mas

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ade Mahasiswa,

    Printer dari merk Canon atau HP type apa pun sama-sama cepat. Asal jangan dari merk Epson saja, karena lebih lambat.

    [balas komentar di sini]

  33. akikmerah says:

    Assalamu’alaikum Mas Cepi, sy punya masalah dengan menu printer Epson R230 inkject, pemakaian tahun pertama normal2 aja, namun setelah itu dibagian menu ( bisa lihat di ) menjadi aneh. Sebagian dari menu tidak terlihat, seperti pada kolom Quality Option yg paling kanan dulunya kelihatan opsi best photo sekarang tidak kelihatan. Yang ingin saya tanyakan : Apa yg salah ? Apakah karena cacad instalasi atau karena virus ? Thanks sebelumnya.
    Walaikumsallam.

    [balas komentar di sini]

  34. vina says:

    maz, mau nanya dunk,,ngisi tinta printer hp 2400 itu gmana caranya ya?? kan lubangnya ada 2 buah, kiri n kanan di cartride nya..nah, yang mana satu??

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Vina,
    Kalau tidak menggunakan tinta original, maka setidaknya saya anjurin Vina untuk mengisi tinta di toko/tempat pengisian tinta yang tidak menggunakan cara suntik ya.. supaya lebih awet. Tetapi kalau Vina mau ngisi dengan cara suntik sendiri, sebenarnya lubangnya pastinya ada 4 buah, 1 lubang di tengah tabung bagian atas tinta hitam, dan 3 lubang lagi ada di bagian atas tabung tinta warna, dan biasanya posisin lubangnya zigzag.

    Coba deh Vina sentuh dan selusuri dengan jari tangan pasti ketemu lubangnya.. Dan jangan sampai salah memasukkan tinta warna yang satu kepada warna yang lain.. untuk itu sesuaikanlah pemasukkan warna tinta dengan posisi warna tinta yang keluar di bagian bawah tabung.

    [balas komentar di sini]

    vina Reply:

    terima kasiiih,,,udah mauuu :)

    [balas komentar di sini]

  35. vina says:

    tapi mas…ada 2 cartride, yang warna dan item,,,nah, jadi yang 2lubang tuh yang item dhuank..pengennya sih ngisi sendiri..tapi ya itu , .aku ga tau lubang yang bener dimananya maz

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Vina,
    Kalau takut salah atau tidak menemukan lubang yang bener, sebaiknya Vina datang ke toko penjualan/service tinta. Di sana ke penjual/pelayan tokonya, Vina minta diajarin aja cara menemukan lubang serta cara mengisi tintanya.. Mereka biasanya mau kok ngajarin,apalagi jika kita beli tintanya dari mereka..

    [balas komentar di sini]

  36. heriyan to says:

    mas,saya baru beli printer hp f2410 dan saya belum tau gimana menggunakannya untuk scen. mohon bimbingannya… makasih sebelumnya mas…

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Heriyanto,
    Silahkan klik ikon “HP Solution Center”di desktop, atau klik taskbar button “HP digital Imaging Monitor” di bawah kanan monitor. setelah muncul tampilan HP Solution center, klik menu Home >> lalu pilih menu Scan Picture atau Scan Document, dan ikuti petunjuk selanjutnya. Kalau tidak kita setting penyimpanan ke folder lain, maka biasanya hasil scannya akan masuk ke folder My Pictures.

    [balas komentar di sini]

  37. radit says:

    Mas mau nanya, koneksi canon BJC 1000SP tu bisa pakai USB ya ?? soalnya dari dulu saya pakai nya yang kabel LPT1 itu . nah sekarang saya mau pakai lagi ini ( FYI canon BJC 1000SP nya sudah lama tidak dipakai ), cuma masalah nya komputer sekarang udah jarang yang pakai kabel LPT1

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Radit,
    Bisa mas, tinggal diganti kabelnya saja.. karena yang saya sempat pakai juga sudah support USB.

    [balas komentar di sini]

  38. steve says:

    maaf mas. numpang nanya, aku beli printer f2410 uda 2 minggu, waktu make tinta originalnya ampe habis total. trus kita beli tinta di toko, kita isi sendiri. pas waktu keluarin cardrichnya kita buka kertas itu ada 4 lubang tuh… aku suntuk pada lubang yang paling bawah sebelah kiri akhirnya tumpah and blom di pakai ampe uda 1 mggu lebih ada. ada emosi bener,, pingin banting ni barang.. bantuin ya, kalo tinta tumpah di dalam print ganggu ga barangnya..?
    thank you…

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Steve,
    Untuk mengetahui mengganggu atau tidaknya, mas harus coba dulu jalankan printernya.. Selama proses serta hasil printnya tidak ada masalah setelah dicoba, saya kira tidak apa-apa..

    [balas komentar di sini]

  39. nedy says:

    numpang nanya mengenai printer yang cocok buat cetak ke art paper, duplek atau sejenis kertas buat brusor2 itu apa ya mas? TQ sebelumya…

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas/Pak Nedy,

    Duh.. maaf, saya baru lihat komentarnya.
    Bisa dengan printer yang umum digunakan, hanya tintanya saja yang diganti dengan tinta khusus (sayang saya tidak tahu nama tintanya, tapi di Bandung ada yang menggunakannya)

    [balas komentar di sini]

  40. lily says:

    Mau ikutan nanya ya, saya sudah 7 bulan memakai printer hp deskjet 2410 tapi sewaktu tinta nya habis yang warna hitam saya suntik isi ulang tidak ada masalah hingga beberapa kali sampai catridge nya sudah bocor dan diganti dengan yang baru tetapi tdk mau terima dan di layar monitor tidak terdeteksi (jadi yang bermasalah hanya tinta hitam dan yang berwarna tdk bermasalah walaupun sdah ganti catridgenya). mohon masukannya ya… thx

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Lily,

    Saya tidak bisa memberikan masukkan, kecuali Anda bawa printer tersebut ke service center-nya untuk diperiksa dan diperbaiki..

    [balas komentar di sini]

  41. johnny says:

    bagus sekali mas websitenya, banyak memberikan info2 yang bermanfaat 😀

    [balas komentar di sini]

  42. limo says:

    saya punya print canon ip 1980, saya mau nanya kira2 apanya ya, kalau dibuat mengeprin lebih dari satu halaman pasti nunggu nya lama, maksudnya dari halaman 1 sampai 2 menunggu sekitar 1 menitan buat mulai proses pengeprinan.
    mohon solusinya……
    trims bos!!!

    [balas komentar di sini]

    Tatang MG Reply:

    Skdr menambahkan/berbagi pengalaman, biasanya hal trsebut terjadi apabila ngeprint blok atau ada photo yang kadar tintanya banyak. Sehingga printer secara otomatis akan menunggu supaya tintanya kering/agak kering dulu baru ngeprint hal berikutnya tetapi kalo ngeprint teks saja hal tersebut tidak akan terjadi. semoga membantu …

    [balas komentar di sini]

  43. hapsawati says:

    Salam kenal mas,
    Kira2 mesin print apa yang punya kemampuan untuk cetak banyak dalam satu hari?
    Karena saya baru coba2 untuk cetak undangan?
    apa printer biasa bisa untuk cetak kartu undangan?
    Makasih senelumnya.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mba Hapsawati,

    Salam kenal juga..
    Saya sebenarnya tidak tahu banyak tentang printer, dan yang saya tahu hanyalah type-type printer dari merk Canon dan HP yang mempunyai kemampuan cetak yang cepat sehingga bisa menghasilkan jumlah cetak yang banyak per hari.

    Bisa, karena printer saat ini memang banyak digunakan untuk mencetak kartu undangan dan sebagainya, terutama bila jumlahnya tidak terlalu banyak, yang biasanya dalam jumlah 500 buah cetakan ke bawah. Dan supaya tidak terlalu sering untuk mengganti/mengisi tinta, biasanya printer yang digunakan untuk mencetak menggunakan sistem infus pada sistem pengisian tintanya (dimodif)

    [balas komentar di sini]

    hapsawati Reply:

    Terima Kasih Banyak MAs Cepi,
    Nanya lagi,
    Kira-kira Printer canon tipe apa yg sesuai dengan kebutuhan saya?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Maaf, tipe-tipenya saya tidak ingat, yang jelas kalau untuk kebutuhan cetak dengan lebar maksimal ukuran lebar folio, printer Canon warna tipe-tipe baru dengan harga di bawah 1 jutaan pun sudah bisa dimodifikasi dengan pengisian tinta sistem infus, dan sudah bisa digunakan untuk keperluan cetak tersebut.

    [balas komentar di sini]

  44. neneng denah says:

    mas punya sy printer f 2410 kadang klo pas macet suka ditarik dri depan bukanya dari belakang …eh lama2 skr printernya klo mau cetak ga mau narik kertas ? kenapa ya…..makasih atas perhatianya dan sy tggu jawabanya

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Neneng Denah,

    Saya belum pernah mengalami hal tersebut ya.. tetapi kalau membaca cerita Anda mungkin gara-gara suka ditarik-tarik seperti itu.. Dan mohon maaf, karena saya belum pernah mengalaminya, jadi saya tidak mengetahui solusinya..

    [balas komentar di sini]

  45. novi says:

    mau tnya..bagaimana ya cara mengisi tinta epson dengan cara suntik…ada dua lubang yaitu besar dan kecil..bagian mn yg hrus dituangkan tintanya???

    [balas komentar di sini]

  46. anton says:

    dikantor juga ada hp F2410, masih baru. saya pake os windows 7 masalah pertama diver dari printer hp tersebut tidak tuntas menginstal, dan ketika saya download driver juga tidak tuntas waktu yang dibutuhkan sangat lama (sejam belum selesai). jadi untuk scan tidak bisa dihubungkan ke kompi.
    yang kedua tinta berwarnanya tidak mau keluar.
    bagaimana yah solusinya?
    Trims

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Anton,

    Coba diinstal sekali lagi menggunakan cd driver bawaannya.. mudah-mudahan kali ini bisa tuntas. Setelah itu komputernya direstart dulu..

    [balas komentar di sini]

  47. yamin hermanto says:

    yth.bagaimana langkah dan tata cara untuk membuat surat undangan penikahan dan khitanan ,kartu nama dengan peralatan computer dan printer T60 EPSON langkah-lakah apa yang harus di kerjakan dalam program dan faile sampi jadi .tolong jelaskan tata2cara cetak dan langkah2 yang harus di kerjakan dlm computer sampei jadi /di print

    [balas komentar di sini]

  48. bagas saputra says:

    skrang saya pake printer epson stylus photo 1390 yang di infus, printer ini sangat bagus buat photo karna menggunakan tinta 6 warna sehingga warnanya tajam dan menghasilkan gambar yang halus ga pecah ka seperti yang 4 warna agak bercak bercak pada gambar dan untuk dokumen hitam putih pada texs nya ga beloboran. cuman untuk printer ini harganya mahal sktar 3.8 jt krna bisa ngprint ukuran A3 dan pake tinta 6 warna.
    printer ini sangat bandel asal jangan sampe telat ngisi tinta. paling mslh yang sya temukan cuma karet penariknya yang sering habis itu jga kalau sering di pake ngprint kertas tebal di atas 200 grm cuma untuk kertas glosy walau tebal ga jadi masalah coz glosy walau mengkilap permukaannya namun untuk ditarik printer kesat jd tidak menghabiskn karet penarik kertas printer. jangan coba” ngprint kertas injekt dalam jumlah banyak dapat merusak tarikan kertas semua jenis printer karena dengan permukaannya licin itu.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Bagas Saputra,
    terimakasih telah berbagi pengalaman dengan printer Anda.. 😉

    Komentar Anda pasti sangat bermanfaat bagi teman-teman kita yang sedang mencari referensi tentang printer apa yang terbaik untuk dibeli dan digunakan oleh mereka.

    [balas komentar di sini]

  49. Hendro Gunarto says:

    permisi saya mau tanya, apa printer HP Deskjet F 2410 apa bisa di infus? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Hendro,

    Saya tidak tahu apakah bisa diinfus atau tidak, karena printer sejenis milik saya sendiri tidak dimodifikasi menjadi printer infus. Mungkin Mas harus menanyakannya langsung ke tempat modif printer infus terdekat ya..

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!