Mesin Gergaji / Gergaji Mesin

May 2, 2013 oleh 1 Comment
Kategori: Jurnal Teknik Mesin 
Gambar Gergaji Mesin

Gambar Gergaji Mesin

Mengulas perihal mesin gergaji atau banyak pula yang menyebutnya dengan gergaji mesin, maka kemungkinan besar dalam benak kita tergambar beraneka macam bentuk, ukuran, dan fungsi dari alat ini, termasuk juga mungkin bayangan tentang mesin gergaji kayu, mesin gergaji batu dan sebagainya. Namun dalam kesempatan ini saya hanya akan menuliskan tentang gergaji mesin yang ada kaitannya dengan materi kuliah yang saya peroleh saat menjadi mahasiswa jurusan teknik mesin dulu.

Sahabat Rumah Cahaya, saya akan mengajak Anda terlebih dahulu untuk mengenal apa arti menggergaji. Menggergaji adalah proses pemotongan (memenggal) bahan benda kerja guna mempersiapkan benda kerja tersebut kepada proses pemotongan selanjutnya yang akan dilaksanakan pada mesin perkakas potong lain seperti mesin bubut, frais, sekrap/ketam, dan lain-lain.

Meskipun mesin perkakas potong lainnya dapat juga melakukan pekerjaan pemotongan terhadap benda kerja, namun untuk jumlah yang banyak akan menjadi kurang ekonomis, oleh karenanya digunakanlah mesin perkakas khusus untuk melakukan pemotongan ini, yaitu mesin gergaji.

Jadi bagi Anda yang sedang mencari atau sekedar ingin mengetahui tentang pengertian mesin gergaji serta apa fungsi mesin gergaji, mungkin dengan membaca paragraf kedua serta paragraf ketiga di atas sudah cukup jelas.

Jenis-jenis Mesin Gergaji

Pada bengkel mesin kontruksi banyak digunakan bermacam-macam gergaji mesin dengan berbagai bentuk dan ukuran, misalnya:

  • Mesin gergaji datar.
  • Mesin gergaji pita.
  • Mesin gergaji bolak-balik.
  • Mesin gergaji bundar.
  • Mesin gergaji sabuk.
  • dan sebagainya.

Dalam ulasan ini akan saya akan mempelajari lebih lengkap salah satu mesin gergaji yang banyak dipakai di laboratorium proses produksi atau di bengkel-bengkel teknik, yaitu mesin gergaji datar. Lalu setelahnya nanti akan saya tuliskan uraian singkat beberapa gergaji mesin lainnya.

Mesin Gergaji Datar

Fungsi utama mesin gergaji datar adalah untuk memotong benda kerja dalam jumlah besar atau banyak, baik dipotong satu demi satu ataupun dipotong dengan cara disatukan / dirangkap. Dengan demikian pengerjaannya jauh lebih cepat dan efisien daripada menggunakan gergaji tangan.

Bagian-bagian utama mesin gergaji datar adalah:

  1. Motor penggerak.
  2. Keping penggerak.
  3. Sengkang gergaji.
  4. Timbangan.
  5. Keping penerus.
  6. Batang penggerak.
  7. Pompa air pendingin.
  8. Penjepit benda kerja.

Cara kerja mesin gergaji datar adalah sebagai berikut:

Perputaran motor penggerak dihubungkan oleh sebuah sabuk pada keping penerus. Roda gigi pada poros keping penerus dihubungkan dengan roda penghubung. Poros roda gigi penghubung memutar keping penggerak dan keping gerak mundur-maju pada sangkang gergaji.

Batang penggerak ini terpasang pada suatu alur keping penggerak dan diikat oleh sebuah baut dan mur. Alur ini merupakan pengatur panjang langkah sangkang gergaji. Jika ujung batang bergerak, maka sangkang gergaji akan bergerak pendek. Makin jauh letak ujung batang penggerak dari sumbu penggerak, makin panjanglah gerakan sangkang itu.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Daun gergaji pada mesin gergaji datar

Ukuran gergaji mesin berbeda dengan ukuran daun gergaji tangan. Panjang, lebar, dan tebalnya lebih besar. Pada umumnya daun gergaji mesin bergigi tunggal, sifatnya kaku dan mudah patah, banyak giginya antara 6-14 gigi untuk tiap inch. Kebanyakan letak giginya zig-zag. Hal ini untuk menghindari macetnya gergaji terutama pada waktu menggergaji benda kerja yang berukuran besar, karena adanya pengembangan dari benda kerja yang dipotong.

Cara memasang daun gergaji

Berbeda dengan daun gergaji tangan, memasang daun gergaji mesin pada sengkangnya, gigi harus menghadap ke belakang atau ke arah mesin, atau berdasarkan intruksi dari pabrik pembuatnya. hal ini dimaksudkan agar:

  • Gaya pemotongannya tertuju kepada badan mesin.
  • Gigi gergaji tidak mencekam benda kerja.

Mesin Gergaji bolak-balik

Mesin ini menggunakan bergaji lurus. Gerakan bolak-balik dapat diperoleh dari gerakan yang berputar atau dari sistem penggerak hidrolis atau juga dapat dilaksanakan oleh tangan (manual).

Pada gergaji mesin yang sederhana gerakan bolak-balik tersebut didapat dari putaran engkol yang menghasilkan gerakan maju, yaitu pada waktu gergaji melakukan pemotongan dan gerakan, dan gerakan mundur yaitu pada waktu gergaji tidak melakukan pemotongan, kecepatannya dibuat sama, tekanan gergaji terhadap benda kerja didapat dengan gaya berat bandul yang dipasangkan pada pemegang pahat.

Mesin Gergaji Bundar

Mesin ini menggunakan gergaji bulat yang mempunyai mata potong di sekeliling bulatannya. Proses operasi pemotongannya mirip dengan operasi frais. Mesin ini disebut juga mesin gergaji dingin.

Mesin Gergaji Sabuk

Pada gergaji mesin ini, selain dapat melakukan pemotongan (pemenggalan) lurus seperti yang dilakukan oleh mesin gergaji lain, juga dapat memotong lengkung dengan bentuk seperti yang dikehendaki.

Harga Mesin Gergaji

Mohon maaf, saya hanya memberikan ulasan tentang mesinnya saja di halaman ini, tapi saya belum bisa memberikan daftar harga gergaji mesin ini berapa kira-kira di pasaran.

Semoga bermanfaat… ~ Cepi Nugraha

Bagikan Artikel...

Komentar

One Response untuk “Mesin Gergaji / Gergaji Mesin”
  1. ridho rosmansyah says:

    maaf kk boleh di copy makalah nya . dikarenakan tugas bahasa inggris tentang mencari tugas mesin mesin industry ,, trims

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!