Mesin Cetak Terbaik!

April 8, 2012 oleh 5 Komentar
Kategori: Percetakan & Grafika 
Mesin Cetak Terbaik

Mesin Cetak Terbaik???

Cara Memilih Mesin Cetak Untuk Hasil Terbaik

Adanya beberapa artikel Rumah Cahaya yang mengulas perihal peluang usaha percetakan beserta ulasan mengenai mesin-mesin percetakan, telah menyebabkan saya sering menerima pesan-pesan melalui contact form yang berisikan pertanyaan, saran, dan sebagainya. Diantaranya adalah mengenai pemilihan mesin cetak yang tepat untuk mengerjakan cetakan ini dan itu, atau juga tentang mesin cetak apa yang harus digunakan untuk menghasilkan kualitas cetak yang baik.

Sebenarnya tidak banyak jenis, merk, model atau tipe mesin cetak yang biasa saya gunakan dikarenakan variasi produk percetakan yang biasa saya kerjakan juga tidaklah banyak. Saya hanya biasa menggunakan beberapa mesin percetakan yang banyak saya jumpai di pusat percetakan di Bandung yang saya nilai telah cukuplah guna memenuhi keperluan cetak saya dengan kualitas hasil cetak yang cukup baik.

Mesin Cetak Yang Biasa Saya Pakai

Mesin Cetak Offset

Untuk mesin cetak offset, saya biasa menggunakan mesin bermerk Toko, Hamada, Ryobi, Sakurai Oliver, dan Heidelberg dengan beberapa tipe atau model disesuaikan dengan keperluan serta areal cetak yang saya butuhkan.

Misalnya.. kalau untuk membuat nota atau faktur, kartu periksa pasien, kop surat, kartu undangan, serta produk cetak lain yang biasa kita jumpai sehari-hari seukuran folio ke bawah dengan kualitas cetak standar dan tidak memerlukan cetak sparasi warna maka saya sudah merasa cukup dengan mengerjakan cetakan di mesin cetak Toko.

Sementara untuk mengerjakan berbagai produk cetakan yang memerlukan kualitas cetak tinggi, sparasi warna atau dengan area cetak yang lebih besar saya biasanya menggunakan mesin cetak Gestetner, Ryobi, Sakurai Oliver, dan Heidelberg GTO.

Mesin Cetak Digital Berformat Besar atau Lebar

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Entah apa merk mesinnya, yang pasti wide format digital atau large format digital printer ini biasa saya gunakan untuk mencetak spanduk, banner, atau beberapa produk cetakan dengan ukuran lebar atau besar lainnya, baik untuk keperluan indoor maupun outdoor dengan jumlah cetakan yang lebih sedikit daripada jumlah yang biasa dikerjakan di mesin-mesin percetakan offset.

Mesin Printer dengan Format A4 atau A3

Nah.. untuk keperluan cetak dengan jumlah sedikit dengan lebar yang tidak terlalu besar, saya juga biasa menggunakan printer warna biasa, baik printer yang saya miliki atau saya mengerjakannya di mesin printer orang lain. Printer dengan ukuran kecil ini masih bisa kita manfaatkan untuk mengerjakan beragam bentuk cetakan baik pengerjaan cetak satu warna maupun berwarna. Printer yang digunakan juga bisa laser printer maupun inkjet printer.

Kesimpulan

Jadi pada kenyataannya, kita bisa mengerjakan pekerjaan cetak di mesin cetak apapun yang biasa kita jumpai di sekitar kita, dengan catatan:

  • Seberapa baik kualitas cetak yang kita butuhkan?
  • Di media cetak atau bahan apa pencetakan akan dilakukan?
  • Berapa banyak jumlah produksi yang kita perlukan?
  • Selebar atau sebesar apa areal cetak yang dibutuhkan?
  • Disamping itu, kecepatan produksi juga bisa menjadi salah satu faktor juga guna memilih mesin cetak yang tepat untuk digunakan.

Bahkan selain mesin-mesin percetakan yang telah saya sebutkan di atas, masih ada peralatan cetak lain untuk kebutuhan cetak yang berbeda atau juga sebagai perlengkapan cetak alternatif, misalnya saja mesin cetak sablon digital dan alat-alat sablon manual. Peralatan-peralatan ini bisa kita gunakan untuk keperluan membuat kartu nama, membuat cetakan di atas mug, piring, kaca, di atas media kain atau kaos (T-Shirt), dan sebagainya.

Baiklah, sekian dulu tulisan dari saya. Semoga saja tulisan sederhana ini bisa menjadi jawaban bagi sahabat-sahabat yang membutuhkan informasi yang serupa. Dan tentu saja bagi Anda yang benar-benar mengetahui tentang mesin-mesin atau peralatan percetakan, silahkan Anda berbagi di sini. Terima kasih dan semoga bermanfaat..

Artikel dengan judul Mesin Cetak Terbaik ini ditulis oleh Cepi Nugraha.

Komentar

5 tanggapan untuk “Mesin Cetak Terbaik!”
  1. namin says:

    gan ada ngak tinta yang tidak luntur dan kena cahaya matahari

    [balas komentar di sini]

    dy Reply:

    tinta art paper dong, kan semua offset pake itu! ato klo yang rumahan ya bubuk toner or printer laser

    [balas komentar di sini]

    nda Reply:

    kalo buat ploter, untuk outdoor kebanyakan kualitasnya mmg tinta tahan cahaya matahari dan hujan.

    [balas komentar di sini]

  2. nurcahyono says:

    saya lebih suka pakai hamada 700 cd klo memang ada bs mnt no.kontak untuk bs saya hubungi

    [balas komentar di sini]

  3. andi says:

    jual mesin offset 480 K
    harga : 50jt nego
    mesin normal tinggal pakai
    lokasi tulungagung
    jawa timur
    minat hub. 08125228557

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!