Mengenal Mesin Bubut

April 7, 2013 oleh 1 Comment
Kategori: Jurnal Teknik Mesin 
Gambar Mesin Bubut

Gambar Mesin Bubut

Belum lengkap rasanya jika saya tidak membuat halaman yang memuat artikel mesin bubut di sini. Apalagi mesin ini merupakan jenis mesin yang paling banyak dipelajari serta digunakan pada praktikum proses produksi di sekolah-sekolah menengah dan perkuliahan jurusan mesin, dimana saya pun pernah mempelajari dan mengoperasikannya beberapa kali saat praktek.

Mesin bubut termasuk salah satu jenis mesin yang dipergunakan pada proses pemesinan selain jenis-jenis mesin lainnya yang juga umum dipergunakan, seperti mesin gurdi, mesin ketam, mesin freis, mesin bor, mesin gergaji, mesin gerinda, mesin broach, dan sebagainya.

Pengertian mesin bubut adalah mesin perkakas yang umum digunakan untuk membuat semua bentuk yang dapat dihasilkan dengan jalan memutar benda kerja, seperti membuat permukaan silindris, menggurdi, mengebor, membuat permukaan rata, dan memotong putus.

Walaupun pada dasarnya fungsi mesin bubut atau kegunaan mesin bubut ini adalah untuk membuat bentuk silindris, tetapi kenyataannya bisa juga dilengkapi dengan peralatan tambahan (mekanisme lain) yang bisa digunakan untuk mengerjakan operasi mesin lainnya sebagai tambahan pada fungsi-fungsi dasarnya, seperti pekerjaan mengefrais misalnya.

Alat potong yang dipakai untuk pekerjaan proses membubut adalah pahat mata potong tunggal, yang dipasang pada tempat pahat yang berada di atas penumpu dudukan pahat, sehingga pahat dapat digerakan memanjang sepanjang meja, melintang mengikuti gerakan peluncur silang, atau membentuk sudut dengan poros benda kerja mengikuti gerakan penumpu dudukan pahat yang dapat diputar pada cakra berskala derajat.

Bagian-bagian Mesin Bubut

Komponen utama mesin bubut terdiri dari kepala tetap, kepala lepas, meja mesin, eretan, poros pembawa, dan kelengkapan alih gerak laju, dengan masing-masing fungsi sebagai berikut:

Bagian-bagian Mesin Bubut

1. Kepala Tetap / Kepala Diam (Head Stock)

Kepala tetap adalah bagian dimana poros utama berada, dan dipasang tetap pada salah satu ujung kiri alas mesin bubut. Kepala tetap merupakan penampung dan penyangga spindel kerja beserta unsur penggeraknya. Spindel kerja merupakan penyalur laju otomatis juga penyalur daya gerak motor sebagai daya sayat pada benda kerja.

2. Kepala Lepas / Kepala Bebas / Kepala Gerak

Disebut juga dengan Ekor Tetap (Tail Stock). Dipergunakan untuk menunjang benda kerja silindris yang panjang sehingga memungkinkan terlaksananya pembubutan yang baik. Dengan adanya pendukung pada kepala lepas, putaran benda kerja terjamin, tidak goyang karena terhindar dari defleksi. Kepala lepas digunakan pula sebagai tempat pemasangan mata bor atau reamer untuk melakukan pekerjaan menggurdi atau mereamer, dan digunakan juga untuk membubut tirus benda kerja serta memikul bor penyenter.

3. Meja Mesin / Bed Mesin / Bangku Bubut

Merupakan wadah yang kokoh untuk menampung pemasangan komponen-komponen mesin bubut lainnya seperti kepala tetap, eretan dan kepala lepas.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

4. Eretan / Kereta (Carriage)

Berfungsi untuk memegang erat perkakas bubut (menghantar pahat terhadap benda kerja) dan memberikan kepadanya gerakan yang diperlukan. Arah gerakan dapar sejajar, tegak lurus atau miring terhadap sumbu bubut.

5. Poros Pembawa / Poros Penggerak (Feed Shaft)

Berfungsi untuk membawa pahat yang terpasang pada tool post yang berada pada eretan agar mendekati benda kerja yang terpasang pada cekam kepala tetap.

6. Kelengkapan Alih Gerak Laju

Gerakan laju tergantung dari gerakan utama benda kerja, karena laju adalah jalannya pahat bubut dalam satu kali putaran benda kerja. Oleh karena hal itu kelengkapan transmisi laju harus digerakkan oleh sepindel kerja.

Cara Kerja Mesin Bubut

Motor listrik menghasilkan putaran pada poros utama (main spindle) pada kepala tetap. Kemudian poros utama akan memutar benda kerja melalui piring pembawa sehingga menimbulkan putaran roda gigi yang terdapat pada poros utama. Melalui roda gigi penghubung, putaran akan disampaikan kepada roda gigi poros ulir. Oleh klem berulir, putaran poros ulir diubah menjadi gerak translasi pada eretan pembawa pahat. Akibatnya pada benda kerja akan terjadi sayatan yang menyebabkan terbentuknya geram.

Saat membubut suatu bahan diperlukan beberapa macam gerakan yaitu:

  1. Gerakan Berputar, yaitu kecepatan putar benda kerja digerakkan pada pahat dan dinamakan kecepatan pahat potong.
  2. Gerakan Memanjang, yakni jika pemotongan arahnya sejajar dengan sumbu benda kerja, dan dinamakan juga gerakan pemakanan.
  3. Gerakan Melintang, yaitu jika pemotongan arahnya tegak lurus terhadap sumbu benda kerja, dan dinamakan pula dengan pemotongan permukaan.

Jenis pekerjaan yang dapat dilaksanakan pada mesin isi seperti:.

  1. Membubut Memanjang / membubut rata dan merata muka serta lurus.
  2. Membubut melintang / membubut muka rata.
  3. Membubut tirus / kerucut (membubut tirus dengan eretan lepas, membubut tirus dengan menggeser kepala lepas).
  4. Membubut bentuk (profil) / membubut ulir

Jenis-jenis Mesin Bubut

Berdasarkan pekerjaan, mesin bubut diklasifikasikan menjadi 4 kelompok, yaitu:

  1. Mesin bubut ringan (mesin bubut mini, mesin bubut bangku)
  2. Mesin bubut sedang.
  3. Mesin bubut standar.
  4. Mesin bubut berat (mesin bubut beralas panjang, mesin bubut lantai),

Namun berdasarkan fungsi dan teknologi yang digunakan maka dapat dibedakan menjadi:

  1. Mesin bubut universal.
  2. Mesin bubut konvensional.
  3. Mesin bubut khusus.
  4. Mesin bubut CNC (Computer Numerical Control).
Harga Mesin Bubut

Harga mesin bubut baru dan harga mesin bubut bekas (second) di pasaran sangat bervariasi, tegantung dari merk, kapasitas, kecanggihan teknologi yang dibawa, dan lain-lain. Mesin ini bisa dijual mulai harga di bawah sepuluh juta hingga ratusan juta rupiah.

Sahabat-sahabat Rumah Cahaya, demikian jurnal teknik mesin kali ini dengan materi mesin bubut yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat buat Anda semua.
~ Cepi Nugraha

Bagikan Artikel...

Komentar

One Response untuk “Mengenal Mesin Bubut”
  1. Yohanes N says:

    Mohyon info
    Mesin bubut type yang bgmn untuk membubut Pipa 6 Inch ?
    Saya butuh mesin tsb yg bekas saja, yg penting msh layak pakai.
    Anggarannya +- 30 Jutaan.
    Terimakasih.

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!