Hobi Sebagai Ide Usaha

September 11, 2008 oleh 7 Komentar
Kategori: Entrepreneurship 
Hobi Sebagai Ide Usaha

Hobi Sebagai Ide Usaha

Menjadikan Hobi Sebagai Ide Usaha

Apakah Anda menggemari sesuatu seperti makan-makan, jalan-jalan, menonton televisi (TV), atau mungkin berselancar di internet?

Ya.. kegemaran terhadap sesuatu sering dikatakan orang sebagai hobi atau hobby.

Melakukan sesuatu yang menjadi kegemaran atau hobi tentulah sebuah aktivitas yang sangat menyenangkan, sangat menggembirakan, serta sesuatu yang sangat mengasyikan bukan..? Tapi melakukan suatu aktivitas yang merupakan sebuah hobi, terkadang atau bahkan sering melalaikan kita dari pekerjaan-pekerjaan lainnya yang seharusnya menjadi prioritas utama, malah tidak jarang pula menghambur-hamburkan uang tak menentu guna memenuhi hasrat yang merupakan hobi tersebut.

Nah.. supaya hobi kita itu bisa menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, disamping sekedar menghibur dan menyenangkan diri tentunya, dan supaya tidak sampai melalaikan, bagaimana jika hobi itu kita jadikan sebagai lahan usaha untuk menambah penghasilan. Sahabat-sahabat tentunya setuju bukan?

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Ya, bukankah lebih bisa menyenangkan, menggembirakan, dan lebih mengasyikkan? Sudah hobi kita tersalurkan, malah bisa nambah penghasilan lagi.

Cara Menjadikan Hobi Sebagai Ide Usaha

Jadi bagaimana caranya mengaitkan suatu hobi dengan penghasilan, atau ide usaha apakah yang bisa tercipta dari sebuah hobi? Mungkin inilah caranya:

  • Pertama, kenali keinginan-keinginan dan kegemaran-kegemaran atau hobi Anda sesungguhnya, supaya nanti usaha yang Anda jalani tidak terputus di tengah jalan akibat Anda kurang begitu menyukainya.
  • Kedua, pelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan hobi Anda tersebut.
  • Ketiga, buat peta pikiran atau mind-map antara keterkaitan hobi Anda dengan usaha yang akan Anda jalankan.
  • Keempat, segera buat rencana usaha yang benar-benar sesuai untuk dijalani.
  • Kelima, segeralah memulainya, sertai dengan do’a dan jangan lupa untuk bertawakkal kepada-Nya, karena kewajiban kita hanya untuk berusaha, sedangkan Allah jua-lah yang menentukan.

Baiklah.. sampai di sini dulu artikel tentang bagaimana menjadikan hobi sebagai ide usaha, dan silahkan dibaca juga artikel terkait lainnya, diantaranya seperti:

Artikel berjudul Menjadikan hobi sebagai ide usaha ini saya tulis sendiri, walaupun mungkin sahabat-sahabat menemukan juga salinan artikel yang serupa di blog lain yang berasal dari Rumah Cahaya ini, dan semoga bermanfaat… (Cepi Nugraha)

Bagikan Artikel...

Komentar

7 tanggapan untuk “Hobi Sebagai Ide Usaha”
  1. yoland arbi winhata says:

    poin dari usaha bagaimana?

    karena dari posting dijelaskan begitu panjang jadi gak sempat untuk membacanya,,,

    tks, regard.

    [balas komentar di sini]

  2. sunarto says:

    bang, tolong kasi ide-ide peluang usaha dgn modal yg relatif kecil …..aku bingung mau usaha apa….bosan makan gaji nih..thanks.

    [balas komentar di sini]

  3. satrio says:

    mana yang lebih baik….modal usaha sendiri atau modal pinjem dari bank ! Minta tolong tanggapannya,saya tunggu ! trims

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kalau memang modal usahanya ada pada kita sendiri, tentu lebih baik modal kita sendirilah yang dipakai.. karena kita tidak akan terbebani dengan pengembalian pinjaman ke bank. Serta bilamana terjadi kegagalan pada usaha yang kita jalankan.. maka resikonya akan lebih kecil.

    [balas komentar di sini]

  4. Nurulvia says:

    kang tolong saran dan masukannya saya ingin sekali usaha yg tidak terlalu menyita waktu tp bingung tuk memulainya, menurut kang cepi usaha apa yg cocok tuk saya yg tdk mmbutuhkan modal besar jg dg resiko kecil, terima kasih.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mbak Nurulvia,
    Sebelumnya saya minta maaf, akibat kesibukan saya.. pertanyaan dari Mbak Nur baru bisa saya jawab sekarang.

    Usaha dengan modal yang kecil serta dengan resiko yang kecil, kalau menurut saya sih menjadi broker/sales/affiliasi di internet mbak.. baik untuk menjualkan produk orang lain atau pun menjadi publisher iklan di blog/website. Tetapi apakah usaha ini cocok pula dengan Mbak Nur?

    [balas komentar di sini]

  5. Cari Duit says:

    Wachh nice info… Mantapp nih.

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!