Hobi Sebagai Ide Usaha

Hobi Sebagai Ide Usaha

Menjadikan Hobi Sebagai Ide Usaha

Apakah Anda menggemari sesuatu seperti makan-makan, jalan-jalan, menonton televisi (TV), atau mungkin berselancar di internet?

Ya.. kegemaran terhadap sesuatu sering dikatakan orang sebagai hobi atau hobby.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Miliki Ebooknya, Dapatkan BONUSNYA!

Melakukan sesuatu yang menjadi kegemaran atau hobi tentulah sebuah aktivitas yang sangat menyenangkan, sangat menggembirakan, serta sesuatu yang sangat mengasyikan bukan..? Tapi melakukan suatu aktivitas yang merupakan sebuah hobi, terkadang atau bahkan sering melalaikan kita dari pekerjaan-pekerjaan lainnya yang seharusnya menjadi prioritas utama, malah tidak jarang pula menghambur-hamburkan uang tak menentu guna memenuhi hasrat yang merupakan hobi tersebut.

Nah.. supaya hobi kita itu bisa menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, disamping sekedar menghibur dan menyenangkan diri tentunya, dan supaya tidak sampai melalaikan, bagaimana jika hobi itu kita jadikan sebagai lahan usaha untuk menambah penghasilan. Sahabat-sahabat tentunya setuju bukan?

Ya, bukankah lebih bisa menyenangkan, menggembirakan, dan lebih mengasyikkan? Sudah hobi kita tersalurkan, malah bisa nambah penghasilan lagi.

Cara Menjadikan Hobi Sebagai Ide Usaha

Jadi bagaimana caranya mengaitkan suatu hobi dengan penghasilan, atau ide usaha apakah yang bisa tercipta dari sebuah hobi? Mungkin inilah caranya:

  • Pertama, kenali keinginan-keinginan dan kegemaran-kegemaran atau hobi Anda sesungguhnya, supaya nanti usaha yang Anda jalani tidak terputus di tengah jalan akibat Anda kurang begitu menyukainya.
  • Kedua, pelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan hobi Anda tersebut.
  • Ketiga, buat peta pikiran atau mind-map antara keterkaitan hobi Anda dengan usaha yang akan Anda jalankan.
  • Keempat, segera buat rencana usaha yang benar-benar sesuai untuk dijalani.
  • Kelima, segeralah memulainya, sertai dengan do’a dan jangan lupa untuk bertawakkal kepada-Nya, karena kewajiban kita hanya untuk berusaha, sedangkan Allah jua-lah yang menentukan.

Baiklah.. sampai di sini dulu artikel tentang bagaimana menjadikan hobi sebagai ide usaha, dan silahkan dibaca juga artikel terkait lainnya, diantaranya seperti:

Artikel berjudul Menjadikan hobi sebagai ide usaha ini saya tulis sendiri, walaupun mungkin sahabat-sahabat menemukan juga salinan artikel yang serupa di blog lain yang berasal dari Rumah Cahaya ini, dan semoga bermanfaat… (Cepi Nugraha)