Menggerinda & Macam-macam Mesin Gerinda

Gambar Mesin Gerinda

Diantara Mesin Gerinda

Sahabat Rumah Cahaya, artikel tentang proses menggerinda (mengasah), dan macam-macam mesin gerinda yang akan saya tuliskan di halaman ini.

Definisi atau pengertian menggerinda adalah: proses pemotongan logam dengan pembentukan geram yang banyak digunakan, pemotongan logam didapatkan dengan jalan menggesekkan perkakas gerinda (asah yang berputar terhadap permukaan benda kerja. Proses pemotongannya hampir sama dengan proses pemotongan pada proses mengefrais. Perkakas gerinda umumnya berbentuk silinder, cakram atau cup.

Perkakas gerinda disebut juga batu gerinda. Terdiri dari butir-butir gerinda yang amat keras (biasanya dari Silikon Carbida atau Aluminium Oxida), dimana butir-butir tadi berfungsi sebagai mata potong. Dengan demikian batu gerinda merupakan perkakas potong dengan mata potong sangat banyak, namun mata potongnya tidak mempunyai bentuk yang pasti, oleh karenanya sangat sulit untuk menentukan dasar-dasar teori pemotongannya.

Biasanya menggerinda atau mengasah digunakan untuk proses finishing (penghalusan permukaan benda kerja), namun kadang-kadang digunakan juga untuk pekerjaan kasar (dengan menggunakan grinda kasar), misalnya untuk menghilangkan logam-logam yang tidak diinginkan pada hasil pengecoran.

Macam-macam Mesin Gerinda

Jika disebutkan tentang macam-macam mesin gerinda secara umum, mungkin akan banyak sekali macam atau penamaannya, seperti mesin gerinda tangan, mesin gerinda duduk, mesin gerinda datar, mesin gerinda potong, mesin gerinda silindris, mesin gerinda tuner, mesin gerinda noken as, dan-lain-lain. Kalau disebutkan dari merknya, maka yang biasa kita kenali cukup terkenal dan banyak digunakan diantaranya adalah mesin gerinda Makita serta mesin gerinda Bosch atau merk lainnya.

Di bawah ini kita akan coba mengenali fungsi mesin gerinda terhadap permukaan benda kerjanya. Jenis-jenis mesin gerinda menurut fungsinya ialah seperti: mesin gerinda silinder, mesin gerinda silider dalam, mesin gerinda permukaan horizontal, dan mesin gerinda permukaaan vertikal.

Mesin Gerinda Silinder

Untuk menggerinda permukaan luar silinder, digunakan mesin gerinda silinder. Benda kerja diputar oleh spindle melalui pencekan atau pelat pembawa, dan benda kerja ditunjang pada dua tunjangan (center), yaitu pada cekam dan center kepala lepas.

Kepala lepas dan kepala diam terpasang pada satu meja yang dapat bergerak translasi bolak-balik yang digerakkan oleh sistem penggerak otomatis. Perkakas gerinda dipasang pada spindle yang terletak mendatar dan paralel dengan sumbu benda kerja.

Gerak pemakanan didapatkan dengan berputarnya benda kerja dan gerak translasi dari benda kerja. Gerak penyetelan didapatkan dengan menggerakan rotor gerinda melintang terhadap sumbu benda kerja.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Putaran benda kerja dan putaran batu gerinda didapat dari dua motor yang berbeda. Putaaran benda kerja lebih rendah dari putaran batu gurinda.

Mesin Gerinda Silinder Dalam

Untuk menggerinda silinder dalam digunakan mesin gerinda silinder dalam. Batu gerindra diputar oleh spindle yang terletak pada kepala roda (wheel head), dimana kepala roda ini dapat bergerak translasi bolak-balik di atas bed.

Roda gerinda ukuran kecil diputar dengan kecepatan tinggi oleh motor pada kepala roda. Benda kerja diputar oleh spindle utama melalui penjepit atau pelat pembawa magnetik. Gerakan utama adalah gerakan berputarnya roda gerinda. Gerakan umpan adalah gerakan translasi searah sumbu benda kerja dari roda gerinda dan gerakan putar benda kerja. Gerakan penyetelan adalah gerakan translasi melintang atau tegak lurus sumbu benda kerja dari batu gerinda.

Mesin Gerinda Permukaan Horizontal

Pada mesin gerinda horizontal, spindle utama dimana roda gerinda dipasang terletak horizontal. Mesin ini digunakan untuk menggerinda permukaan datar.

Gerak utama adalah gerak putar dari spindle utama (roda gerinda). Gerakan makan adalah gerak bolak-balik dari meja (benda kerja) secara memanjang yang dilakukan secara hidrolis, dan gerak melintang dari meja di atas saddle. Gerak penyetelan didapat dengan jalan menggeserkan kepala spindle terhadap column (tiang) ke bawah.

Mesin Gerinda Permukaan Vertikal

Pada mesin ini letak spindle utama vertikal. Bentuk roda gerinda yang digunakan adalah yang berbentuk cup. Pelaksanaan pemotongan similiar dengan frais muka.

Benda kerja (meja) bergerak lurus bolak-balik secara memanjang yang dilakukan dengan penggerak hidrolis. Gerak utama adalah gerakan putar spindle utama. Gerakan makan adalah gerakan roda gerinda ke bawah yang dilakukan dengan jalan menggeserkan kepala spindle utama terhadap colomn (tiang) ke bawah.

Demikianlah artikel mengenai proses menggerinda dan macam-macam mesin gerinda yang biasa digunakan untuk prosesnya. Semoga apa yang tersaji ini bermanfaat. ~ Cepi Nugraha

Bagikan Artikel...
Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!