Mengenal Lebih Dekat Sony Handycam HDR-PJ790VE

October 23, 2015 oleh 1 Comment
Kategori: Komputer & Gadget 
Sony Handycam HDR-PJ790VE

Sony HDR-PJ790VE

Sony menjadi salah satu produsen camcorder dengan sederetan produk yang paling lengkap jika dibandingkan dengan kompetitornya. Sony juga menjadi satu-satunya produsen yang konsisten dalam mengeluarkan camcorder dengan fitur proyektor, salah satu diantaranya Sony Handycam HDR-PJ790VE.

Konsep dan Desain

Sony Handycam HDR-PJ790VE mempunyai tampilan bodi yang kokoh serta desain bodi yang relatif besar dan juga berat. Hal tersebut merupakan hal yang wajar karena Sony Handycam HDR-PJ790VE telah disertai dengan ruang penyimpanan internal berkapasitas sangat lapang yaitu 96GB.

Desain bodi pada samping bagian kanannya hadir dengan permukaan bertekstur sehingga tidak terasa licin saat berada digenggaman. Pada bagian kanannya terdapat port untuk mic, jack audio, dan port multi yang berada tersembunyi dibalik penutupnya.

Pada bagian atasnya terdapat tuas kendali zoom, multi interface shoe, tombol shutter untuk mengambil foto, dan sebuah mic 5.1 channel surround. Sementara pada bagian belakangnya tersedia tombol start/stop untuk melakukan perekaman video, tombol mode untuk mengubah modus video ke foto, viewfinder elektronik, serta baterai. Peletakkan seluruh tombol ini sangat baik dan mudah untuk dijangkau saat mengoperasikannya.

Saat layar dibuka, Anda akan menjumpai layar sentuh fleksibel dengan ukuran 3.0-inci berteknologi Xtra Fine LCD 921,000 titik. Layarnya sendiri termasuk nyaman untuk digunakan, baik di dalam maupun luar ruangan, dengan respons yang juga baik.

Pada bagian kirinya tersedia tombol navigasi seperti Light, Nightshot, Projector & Playback, yang memiliki ukuranrelatif kecil namun masih nyaman saat dioperasikan.

Fitur dan Performa

Sony Handycam HDR-PJ790VE hadir dengan antarmuka menu khas Sony yang sederhana dan mudah untuk dikuasai. Semua menu serta pengaturan pada Sony Handycam HDR-PJ790VE harus dioperasikan melalui layar sentuhnya.

Terdapat sejumlah modus pengambilan gambar pada Sony Handycam HDR-PJ790VE yaitu mode video, foto, smooth slow recording untuk melakukan perekaman video pada gerakan lambat, serta golf shot. Sony Handycam HDR-PJ790VE juga menyediakan menu playback function yang dapat digunakan untuk mengatur hasil rekaman video dan foto. Sony juga menawarkan mode nightshot yang khusus digunakan untuk merekam video pada malam hari.

Fitur proyektor yang menjadi andalannya saat ini telah dilengkapi dengan koneksi tambahan yakni projector in. Dengan menggunakan koneksi tersebut, Anda bisa mengandalkan proyektor pada Sony Handycam HDR-PJ790VE sebagai layar kedua. Misalnya saja, Anda bisa menghubungkan laptop atau perangkat lainnya dengan port HDMI untuk membuatnya proyektor menjadi layar kedua.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Sebagai aktivitas dalam melakukan perekaman video dan pengambilan foto, Sony Handycam HDR-PJ790VE telah didukung oleh lensa wide angle 26mm Carl Zeiss Vario-Sonnar T*, sensor CMOS Exmor R, serta chip prosesor BIONZ. Spesifikasi miliknya mampu membuat Sony Handycam HDR-PJ790VE menghasilkan video dengan resolusi Full HD dan foto beresolusi maksimum 24.1 megapixel pada aspek rasio 16:9.

Anda juga dapat menjumpai fitur memotret sembari merekam video, serta berbagai opsi scene mode yang penting untuk membantu dalam menghasilkan foto dan video yang semakin baik karena mampu menyesuaikan keadaan tempat pengambilan gambar secara otomatis.

Sebagai percobaan, Sony Handycam HDR-PJ790VE akan digunakan untuk melakukan perekaman pada konser mini. Hasilnya pun tergolong sangat memuaskan. Mode Auto yang tidak membutuhkan pengaturan membuat Sony Handycam HDR-PJ790VE dapat menghasilkan video full HD dengan format AVCHD yang sangat tajam secara langsung. Hasil videonya bahkan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kamera video di kelasnya.

Kondisi pencahayaan yang kurang serta tata cahaya panggung yang berwarna juga mampu direkam Sony Handycam HDR-PJ790VE dengan baik. Hasil warna yang dihasilkan pun akurat. Untuk memperoleh hasil rekaman video menggunakan karakter film bioskop, Sony telah menghadirkan opsi warna Cinema Tone yang semakin mampu menambah kualitas rekaman video dengan hasil warna yang lebih akurat.

Karena adanya mikrofon 5.1 channel surround yang terletak pada bagian atas Sony Handycam HDR-PJ790VE serta dukungan teknologi Dolby Digital yang dibawanya, maka tidak lah heran apabila kualitas hasil rekaman suaranya termasuk sangat baik. Selain itu, fitur peredam getar berteknologi Balanced Optical SteadyShot image stabilization with Active mode aktivitas yang dimilikinya juga mampu membuat perekaman video menjadi terhindar dari blur saat sedang berjalan, merekam tanpa bantuan tripod, atau pada posisi zoom optical 10x atau 17x extended zoom.

Sebuah kamera video yang biasanya dapat menghasilkan video dengan kualitas rekaman yang baik, maka kualitas fotonya tidak akan sebaik hasil rekaman pada videonya. Namun, Sony Handycam HDR-PJ790VE mampu menghasilkan foto yang tajam dengan warna yang akurat di segala kondisi ruangan. Hasil fotonya pun bahkan tidak kalah dengan yang dihasilkan sebuah kamera saku. Pada kondisi minim cahaya, fotonya tetap dapat dihasilkan dengan noise yang minim pula karena penggunaan sensor EXMOR R. Sony juga menawarkan lampu flash yang bisa digunakan untuk membantu Anda dalam memotret secara continuos saat melakukan perekaman video.

Kemampuan proyeksi gambarnya juga termasuk sangat baik dan dapat menghasilkan proyeksi gambar maksimum dengan ukuran 100-inci pada jarak sekitar 5 meter. Namun, saat hasil foto atau videonya diproyeksikan melalui proyektor, maka Anda hanya bisa melakukan navigasi lewat tuas zoom pada bagian atas bodinya. Layar sentuhnya ternyata tidak dapat digunakan ketika fungsi proyektor aktif. Hal tersebut tentunya menjadi semakin merepotkan apabila hasil foto atau video yang disimpan cukup banyak jumlahnya. Karena Anda hanya bisa melakukan pencarian dengan menggeser tuas zoom yang geraknya hanya dapat ke kiri atau kanan.

Kekurangan Sony Handycam HDR-PJ790VE terdapat pada kapasitas baterainya. Baterainya bahkan hanya dapat bertahan untuk melakukan perekaman video hingga 2 jam. Hal tersebut menandakan bahwa Anda perlu membeli baterai cadangan saat ingin membawanya berlibur.

Kesimpulan

Hasil foto dan video yang sangat baik, antarmuka menu yang mudah digunakan, serta proyektor yang cukup lumayan mampu membuat Sony Handycam HDR-PJ790VE menjadi salah satu camcorder yang paling baik saat ini. Apabila Anda tidak terlalu bermasalah dengan harganya yang mencapai Rp. 19.000.000, maka Sony Handycam HDR-PJ790VE dapat menjadi kamera video yang patut untuk dimiliki oleh para videografer profesional sebagai kamera video cadangan atau videografer amatir yang senang membuat film dokumenter atau film pendek.

Spesifikasi Sony Handycam HDR-PJ790VE

  • Layar: 3.0″ Xtra Fine LCD™ display (921K dots/Wide 16:9).
  • Sensor: Exmor R CMOS Sensor.
  • Prosesor: BIONZ® image processor.
  • Lensa: Carl Zeiss® Vario-Sonnar T* 26 mm, Optical Zoom: 10x, Extended Zoom: 17x, Digital Zoom: 120x.
  • Video: 1920x1080p, AVCHD format ver.2.0 compatible: MPEG4-AVC/H.264, MPEG2-PS:MPEG-2 (Video) MP4: MPEG-4 AVC/H.264.
  • Foto: 24.1 megapixels 16:9 (3984×2240).
  • Audio: Dolby® Digital 5.1ch, Dolby® Digital 5.1Creator *9 , Dolby® Digital 2ch Stereo, Dolby® Digital Stereo Creator *9 , MPEG-4 AAC-LC 2ch *10.
  • Image Stabilization: Balanced Optical SteadyShot™ image stabilization w/ Active mode (Wide to Tele).
  • GPS: Ya.
  • Bobot: 570 gram.
  • Kartu Memori: Memory Stick PRO Duo™ (Mark 2), Memory Stick PRO-HG Duo™, Memory Stick XC-HG Duo™, SD/SDHC/SDXC Memory Card (Class 4 or Higher).
  • Memori internal: 96GB.
  • Koneksi: micro HDMI, USB, multi interface, audio jack.
  • Dimensi: 74.2 x 84.6 x 137,5 mm.

~ Artikel Review Oleh: KCN Support Team

Bagikan Artikel...

Komentar

One Response untuk “Mengenal Lebih Dekat Sony Handycam HDR-PJ790VE”
  1. nopa says:

    Thx kang cepi reviewnya…kebetulan lagi nyari-nyari handycam…salam sukses kang

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!