Mengenal Lebih Dekat Lenovo K900

October 17, 2015 oleh Kirimkan Komentar
Kategori: Komputer & Gadget 
Lenovo K900

Lenovo K900

Meski telah banyak berkecimpung di dunia komputer, Intel memang menjadi prosesor baru di dunia smartphone. Salah satu ponsel generasi pertama yang mengandalkan prosesor Intel ialah Lenovo K900. Semenjak diluncurkan pada awal tahun 2013 di ajang CES Las Vegas, Lenovo K900 pada akhirnya siap untuk dipasarkan di Indonesia.

Konsep dan Desain

Jika dilihat dari desainnya, Lenovo K900 terlihat menarik dan tidak kalah kerennya jika dibandingkan dengan smartphone kelas atas merek lainnya seperti halnya Sony Xperia Z, Samsung Galaxy S4, atau HTC One yang dibanderol dengan harga lebih mahal. Penggunaan bahan aluminium mampu membuat Lenovo K900 terlihat lebih kokoh dan mewah, sehingga dapat menambah gengsi penggunanya. Namun garis desain yang tajam, khususnya pada bagian sudut membuat Lenovo K900 sedikit kaku dan relatif kurang luwes. Phablet berlayar 5,5 inci ini juga cukup licin sehingga Anda perlu lebih berhati-hati saat sedang mengoperasikannya menggunakan satu tangan.

Kualitas layar IPS Full HD miliknya juga sangat baik. Kerapatan pixel yang mencapai 401 ppi membuat tampilan teks dan gambarnya menjadi sangat tajam dan penuh warna. Video Full HD yang dijalankannya juga tampak memukau dengan tingkat kecerahan yang baik. Namun, layar Lenovo K900 masih kurang terang saat digunakan di bawah sinar matahari.

Fitur dan Performa

Lenovo K900 didukung dengan prosesor Intel Atom Z2580 Dual-core, GPU PowerVR SGX544, serta RAM 2GB. Hasilnya juga sangat baik dengan kinerja yang gegas pada saat menjalajahi menu maupun saat menjalankan aplikasi berat seperti halnya game 3D. Saat digunakan untuk menjalankan game yang cukup berat, sisi bagian belakang Lenovo K900 menjadi sedikit panas dan kurang nyaman ketika digenggam terlalu lama.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Berdasarkan hasil pengujian benchmark, Lenovo K900 memperoleh nilai hampir sama dengan Samsung Galaxy S4 yang menggunakan Exynos Octa. Hal tersebut menjadi prestasi yang gemilang dan menunjukkan bahwa kualitas smartphone tidak hanya dapat dilihat dari jumlah core yang dimiliki pada prosesor mobile yang digunakannya.

Lenovo K900 mempunyai user interface yang cukup menarik dan mampu untuk dikostumisasi, baik dari sisi tema ataupun tampilan ikon. Anda juga bisa mengatur tampilan animasi saat deretan ikon aplikasi digeser. Tampilan pada beragam setting mampu berjalan dengan mulus dan lancar.

Kamera Lenovo K900 memiliki kualitas foto yang cukup kompeten dengan exposure yang lumayan akurat. Hasil foto Lenovo K900 juga tergolong tajam dengan warna yang baik. Lenovo K900 didukung dengan fitur Super Camera. Kombinasi antara kamera beresolusi 13 megapixel dengan aplikasi fotografi khusus Lenovo yaitu Super Camera mampu memberikan keasyikan sendiri saat digunakan untuk memotret.

Di dalam Super Camera tersedia beragam filter dan efek fotografi menarik yang umumnya hanya dapat dijumpai pada aplikasi pihak ketiga yang tersedia di PlayStore. Super Camera menyediakan efek Magic GIF dan GIF yang sama seperti halnya Cinemagraph pada Nokia Lumia, Remove layaknya Eraser di Galaxy S4, serta beragam efek lensa digital misalnya saja Fish Eye, Mirror, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, Super Camera pada Lenovo K900 juga menghadirkan MagicEffects dan ColorEffects yang dapat menyulap hasil fotonya menjadi lebih menarik. Namun, aplikasi tersebut sedikit berat saat dibuka dan memerlukan waktu sekitar 3 detik sebelum memotret dapat dilakukan.
Lenovo K900 juga menghadirkan Super Gallery untuk menyajikan hasil foto serta video yang dikelompokkan berdasarkan hari. Pengaturan tersebut membuat Anda menjadi mudah saat akan mencari sebuah foto.

Untuk mengetahui daya tahan baterai, Lenovo menghadirkan aplikasi Lenovo Power. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat mengetahui waktu yang dibutuhkan baterai Lenovo K900 untuk bertahan dan mengatur sejumlah fungsi yang menguras baterai. Saat digunakan pada kondisi terhubung ke Internet, bermain game, memotret, serta menelpon dalam waktu 15 menit, maka baterai Lenovo K900 mampu bertahan sekitar 8 hingga 10 jam. Daya tahan tersebut termasuk cukup standar jika dibandingkan dengan smartphone yang lainnya.

Kesimpulan

Lenovo K900 memiliki masalah yang terdapat pada tidak adanya slot microSD, sehingga pengguna akan merasakan bahwa ruang penyimpanan yang tersisa termasuk kecil yaitu sekitar 10GB. Namun, apabila menlihat performanya yang kencang, desain eksklusif, fitur yang canggih dan lengkap, serta harga yang cukup jauh di bawah pesaingnya, maka Lenovo K900 sangat patut untuk dilirik oleh pecinta dan pengguna smartphone.

Bagikan Artikel...
Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!