Mengenal Lebih Dekat Axioo Picophone X One

October 14, 2015 oleh Kirimkan Komentar
Kategori: Komputer & Gadget 
Axioo Picophone X One Quad Core

Axioo Picophone X One

Bergantinya pengguna yang awalnya menggunakan feature phone menjadi smartphone saat ini memang tidak terlepas dari salah satu penyebabnya, yaitu daya tarik smartphone Android yang semakin beragam. Minat konsumen yang semakin tinggi akan smartphone dengan basis Android inilah yang kemudian menjadi faktor pendorong bagi kehadiran pemain-pemain baru dalam meramaikan pasar smartphone Android di Indonesia, salah satunya yaitu Axioo. Vendor PC asli Indonesia ini memang tampaknya semakin serius dalam mengembangkan sayapnya di dunia smartphone atau tablet Android di Indonesia, diantara tandanya yakni dengan meluncurkan Axioo Picophone X One.

Konsep dan Desain

Pepatah klasik Don’t judge book by its cover mungkin cocok untuk menggambarkan smartphone Axioo Picophone X One. Sebagian besar orang mungkin awalnya masih ragu akan kualitas sebuah smartphone miliki vendor lokal ini. Namun, Axioo Picophone X One ternyata hadir dengan kemasan desain yang sangat solid. Tampilannya juga cukup minimalis serta elegan dengan balutan warna hitam.

Tidak hanya kemasan bodinya saja yang terlihat solid dan tidak terlihat murahan, daya pikat yang paling tinggi dari Axioo Picophone X One terdapat pada bagian layarnya. Layar dengan ukuran 4.65-inci miliknya memang sangat patut untuk diacungi jempol. Hal tersebut disebabkan karena Axioo Picophone X One didukung dengan teknologi layar Super AMOLED+ seperti halnya pada Samsung Galaxy S4.

Layar 4.65-inci miliknya mempunyai resolusi HD 1280×720 pixel dengan tingkat kerapatan pixel yang hampir sama dengan Retina Display pada iPhone terbaru yaitu mencapai 320dpi. Dengan demikian, Anda tidak perlu heran apabila layarnya menjadi salah satu yang paling baik di kelasnya dengan tampilan yang begitu tajam dan kaya warna.

Beberapa aplikasi benchmark atau system test justru mendeteksi layarnya dengan resolusi 1184×720 pixel, bukan 1280×720 pixel. Hal tersebut memang bukan suatu penipuan resolusi, namun lebih disebabkan karena aplikasi benchmark atau sistem test tidak melakukan perhitungan pada area status bar serta soft button yang berada pada bagian bawah layar.

Anda juga tidak akan menjumpai banyak tombol pada Axioo Picophone X One. Pada bagian bawah layarnya tersedia tombol soft button yang terdiri dari tombol home, back, dan multitasking. Pada bagian belakang Axioo Picophone X One terdapat sebuah kamera 8 megapixel yang sudah dilengkapi dengan lampu flash. Tidak hanya menggunakan soft button aja, Axioo Picophone X One mempunyai 2 buah tombol fisik yaitu tombol power pada sebelah kiri serta tombol volume di sisi kanan bodinya. Namun, tombol fisik miliknya agak sedikit kurang menonjol sehingga terasa kurang nyaman dan cenderung sulit untuk ditekan pada  bagian bawah bodinya.

Untuk menjaga tampilan desainnya agar tetap minimalis, semua slot kartu SIM dan kartu memori disembunyikan pada bagian panel belakang bersama baterainya. Untuk dapat menjangkaunya Anda perlu melepaskan sebuah penutup yang berbahan plastik. Anda juga harus berhati-hati saat akan melepas pasang penutupnya tersebut. Karena material plastik penutupnya cenderung tipis dan cukup rentan untuk patah. Pada bagian balik penutupnya tersedia 2 buah slot kartu SIM GSM-GSM serta sebuah slot kartu memori SD yang bisa diakses dengan cuku mudah. Sementara pada bagian bawahnya tersedia baterai  berkapasitas 2100mAH yang langsung menempel pada bodinya dan tidak dapat dilepas-pasang.

Pada paket pembeliannya, Axioo membekali Axioo Picophone X One dengan paketan yang lengkap. Anda bisa langsung memperoleh sebuah in-ear headphone, kabel micro USB, USB Charger, flip cover yang menempel pada penutup baterai, anti gores, serta buku manual dan kartu garansi.

Antarmuka

Axioo Picophone X One didukung dengan antarmuka standar milik Android Jelly Bean dan hampir tidak dikostumisasi. Hal tersebut tentu saja menjadi pilihan yang tepat karena stock launcher Jelly Bean memang semakin ringan saat dijalankan menggunakan tampilan sederhana dan mudah untuk dimengerti. Axioo Picophone X One cukup cocok bagi pengguna yang baru mencoba smartphone berbasis Android pertama kalinya.

Pergantian antarmuka layar juga terasa sangat responsif yang bisa dinavigasikan dengan cukup lancar serta lag yang terasa sangat minim sekali. Apabila merasa bosan dengan launchernya, maka Anda dapat memilih launcher yang tersedia di PlayStore untuk membuat tampilan Axioo Picophone X One menjadi semakin menarik.

Apps

Sebagai penunjang produktivitas, Axioo Picophone X One telah disertai dengan sejumlah aplikasi untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari. Misalnya saja, memo, Free Note yang mendukung fitur coretan tangan, atau Google Keep yang dapat digunakan untuk membuat catatan kecil. Axioo Picophone X One juga menghadirkan Kingsoft office untuk membuat dan membuka dokumen yang terkait dengan aplikasi office serta sejumlah fitur multimedia dan hiburan lainnya seperti video player, FM Radio, Music, Soccer Ticker, dan beragam judul game populer Android, misalnya saja Candy Crush Saga, Dino Island, atau Subway Surfer.

Performa Axioo Picophone X One

Penggunaan chip prosesor dari produsen Mediatek saat ini memang menjadi salah satu alternatif bagi para vendor untuk menampilkan performa yang bertenaga pada smartphone miliknya dengan harga yang tetap terjangkau. Misalnya saja, Axioo Picophone X One yang telah didukung oleh prosesor QuadCore dari Mediatek, MT6589 1.21 GHz, dengan mengusung arsitektur ARM Cortex-A7, serta RAM sebesar 1GB. Pada sektor grafisnya, Axioo Picophone X One dibekali dengan GPU PowerVR SGX 544MP. Spesifikasi tersebut mampu membuat Axioo Picophone X One berhasil melewati beberapa aplikasi benchmark serta memperoleh skor hasil benchmark yang cukup memuaskan.

Berdasarkan hasil pengujian menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark yang mengukur kemampuan sistemnya secara keseluruhan, Axioo Picophone X One mampu memperoleh skor sebesar 12790. Sedangkan pada test kestabilan sistem, Axioo Picophone X One mampu berjalan cukup stabil dengan temperatur suhu yang terjaga. Pada pengujian benchmark menggunakan aplikasi Quadrant, Axioo Picophone X One mampu memperoleh hasil sebesar 3852.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Kemampuan grafisnya diuji menggunakan aplikasi Nenamark 2.4, sementara 3DMark digunakan untuk menguji kemampuan OpenGL ES 2.0 dari chip grafisnya. Berdasarkan hasil pengujian benchmark NenaMark 2.4, Axioo Picophone X One memperoleh skor 39.6FPS. Sementara pada pengujian 3DMark yang menguras semua kemampuan CPU serta GPU dari sistem untuk rendering 3D, Axioo Picophone X One memperoleh hasil sebesar 2968 untuk benchmark 3DMark ICE Storm, 1480 ICE Storm Extreme, dan 2522 untuk Ice Storm Unlimited. Pada aplikasi Vellamo, skor benchmark HTML5 memberikan hasil sebesar 1392 dan Vellamo Metal test dengan angka 439. Sementara pada test input jari, layar sentuh Axioo Picophone X One hanya mampu menerima input hingga 5 jari secara bersamaan.

Pada penggunaan sehari-hari, Axioo Picophone X One mempunyai performa yang termasuk baik. Multitasking mampu dilakukannya dengan cukup baik dengan perpindahan antar aplikasi berjalan cukup mulus. Bagi Anda yang senang melakukan browsing sembari membuka banyak tab, maka Axioo Picophone X One masih mampu menampilkan hingga 5 tab sekaligus dengan pergantian antar tab cukup baik dan hampir tanpa lag.

Saat digunakan bermain game 3D dengan grafis yang cukup berat seperti halnya Modern Combat 4: Zero Hour, Axioo Picophone X One mampu menjalankannya dengan cukup baik serta fps yang cukup nyaman untuk dimainkan.
Bagi yang sudah terbiasa mengoperasikan smartphone Android, Anda tentu saja sudah sering mendengar tentang masalah bagian belakangnya yang cepat panas. Namun hal tersebut tidak berlaku pada Picophone X One. Saat digunakan untuk melakukan tugas multitasking hingga bermain game dengan grafis berat, bagian belakang Axioo Picophone X One tidak terasa cepat panas serta tetap nyaman saat digenggam dengan tangan.

Kamera

Untuk memenuhi kebutuhan memotret, Axioo Picophone X One didukung oleh kamera bersensor BSI 2 dengan resolusi 8 megapixel serta kamera depan sebesar 1.0 megapixel. Kemampuan kameranya juga cukup memuaskan, baik digunakan saat berada di dalam atau luar ruangan.

Pada kondisi luar ruangan serta pencahayaan yang ideal, kamera Axioo Picophone X One mampu menghasilkan foto cukup tajam dengan kontras serta saturasi warna yang cukup akurat. Penggunaan sensor BSI membuat hasil foto saat malam hari juga cukup baik.

Tidak hanya fitur kamera standar saja, Axioo juga menghasirkan sejumlah fitur ekstra seperti fitur Beauty untuk membuat hasil foto portrait atau potret diri menjadi semakin cantik, HDR untuk menghasilkan foto HDR, serta fitur burst shoot mode untuk memotret subjek yang bergerak cepat. Fitur burst shoot mode tersebut bisa digunakan dengan cara menekan tombol shutter secara terus menerus sehingga kamera akan menghasilkan foto sebanyak 40 frame. Untuk melakukan eksperimen dengan hasil foto, Anda masih dapat menggunakan berbagai aplikasi fotografi lainnya yang bisa langsung diunduh melalui Google Play Store.

Multimedia

Bagi Anda yang senang mendengarkan musik atau menonton film, Axioo Picophone X One telah dilengkapi dengan aplikasi pemutar musik yang mempunyai tampilan antarmuka cukup menarik. Suara yang dihasilkan dari speakernya juga termasuk cukup baik.

Namun, aplikasi musik tersebut sayangnya tidak dosertai dengan pengaturan audio yang lengkap. Anda tidak dapat menjumpai opsi equalizer untuk kustomisasai suara atau efek suara yang lainnya. Pengaturan audio pada Axioo Picophone X One hanya terdiri dari Shake Function yang berguna untuk mengganti lagu dengan goyangan tangan, Set Screen On untuk mempertahankan layar agar tidak mati saat menjalankan musik dan Auto Filter. Tidak hanya itu, Axioo Picophone X One juga menghadirkan fitur Sleep Timer yang cukup berguna bagi Anda yang senang mendengarkan musik hingga tertidur.

Saat digunakan untuk menonton film, aplikasi pemutar videonya dapat langsung berjalan untuk memutarnya. Anda bahkan dapat menikmati film format full HD 1080p dengan file .MP4 tanpa harus melakukan konversi sehingga video dapat berjalan dengan tanpa masalah.

Baterai

Penggunaan baterai berkapasitas 2100mAH pada Axioo Picophone X One yang relatif moderat untuk push mail, browsing, WhatsApp, serta dan bermain game masih dapat bertahan hingga hampir seharian.

Kesimpulan

Layar Axioo Picophone X One yang sangat baik dengan performa yang memadai untuk berbagai kebutuhan membuatnya memiliki daya tarik tersendiri. Axioo Picophone X One dibanderol dengan harga sekitar Rp. 2,899 juta yang membuatnya menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang sedang mencari smartphone berprosesor quad-core dengan layar dan performa oke, namun tidak perlu mengeluarkan dana terlalu banyak.

Spesifikasi Axioo Picophone X One

  • Layar: 4.65-inci Super Amoled + 1280×720 pixel, 320 dpi.
  • OS: Android 4.1.2 Jelly Bean.
  • Kamera: Sensor BSI 2 8 megapixel, Kamera depan 1 megapixel.
  • Prosesor: Quad Core MTK6589 1.21 GHz.
  • GPU: PowerVR SGX 544MP.
  • Memori: 1 GB RAM, 4 GB Internal+Slot kartu memori SD.
  • Konektivitas: Wi-Fi, Bluetooth, micro USB.
  • GPS: YA.
  • Baterai: 2100mAh.

~ Artikel Review Oleh: RC Support Team

Bagikan Artikel...
Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!