Mengenal Lebih Dekat ASUS X201E

October 13, 2015 oleh 1 Comment
Kategori: Komputer & Gadget 
ASUS X201E

ASUS X201E

Dengan ukuran layar 11,6 inci, profil tipis, serta ukuran yang kompak membuat Asus X201E memiliki keunggulan mobilitas seperti halnya sebuah netbook. Namun potensi kinerja potensialnya justru jauh melebihi netbook berbasis Intel Atom.

Konsep dan Desain

Jika dilihat dari desainnya, maka Anda akan melihat Asus X201E dengan desain tipis yang mirip dengan Ultrabook. Secara konsep, desain Asus X201E mirip dengan Zenbook. Asus X201E juga mempunyai sudut yang tidak tajam serta nyaman untuk dipegang. Asus X201E memiliki bobot hanya seberat 1,3 kg atau lebih ringan jika dibandingkan dengan sebagian besar Ultrabook lainnya. Hal tersebut membuatnya tetap terasa nyaman meski harus membawa notebook ini selama seharian.

Port konektivitasnya juga ditata dengan cukup konservatif pada sebelah kiri dan kanan notebook. Asus X201E memiliki kelengkapan yang cukup baik, mulai dari VGA, HDMI, SD card reader, USB 3.0, serta USB 2.0. Asus X201E memiliki satu hal unik yang terdapat pada letak lubang exhaust fan dengan posisi tepat di belakang engsel seperti halnya milik Asus Zenbook.

Asus menghadirkan keyboard bermodel chicklet yang mempunyai jarak antar tombol keyboard cukup baik. Bagi sebuah notebook tipis, tombol dengan tingkat kepejalan yang keras tentunya menjadi hal yang wajar. Anda perlu menyesuaikan tekanan dengan lembut saat mengetik jangka panjang di Asus X201E. Namun pada penggunaan trackpadnya, karena dimensi Asus X201E besar, maka melakukan navigasi serta fungsi gesture dapat menjadi sangat nyaman.

Fitur dan Performa ASUS X201E

Asus X201E didukung oleh prosesor Intel Celeron 847 dual core dengan basis teknologi Sandy Bridge berkecepatan 1.1 GHz. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark, Asus X201E mempunyai kemampuan yang memadai. Data CPUbenchmark menunjukkan Celeron 847 yang mempunyai kinerja jauh di atas prosesor Intel Atom. Berdasarkan hasil pengujian PC Mark 7, Asus X201E memperoleh nilai sebesar 1511 yang juga menunjukkan bahwa kinerjanya termasuk baik. Namun, pengujian benchmark game dengan 3D Mark justru memberikan hasil yang kurang baik, dengan nilai Ice Storm sebesar 7098 dan Cloud Gate 566 serta belum berhasil pada pengujian Fire Strike. Hal tersebut disebabkan karena Celeron 847 mengandalkan grafis terintegrasi Intel HD 3000 yang hanya cocok untuk melakukan olah visual yang sederhana saja.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Saat digunakan sehari – hari, prosesor Celeron 847 dapat menjalankan fungsi multitasking untuk aplikasi produktifitas dengan baik seperti halnya aplikasi Office. Namun, karena kecepatan yang hanya seadanya membuat aplikasi flash yang padat visual menjadi berat untuk dijalankan dan bermain game keluaran terbaru dengan visual 3 dimensi hampir tidak mungkin dilakukan. Sebagai solusi multimedia, Asus X201E menawarkan solusi yang seadanya dengan produksi warna pada layar termasuk baik namun mempunyai sudut pandang yang kurang. Sedangkan speaker yang menghadap ke arah bawah pada Asus X201E mampu menghasilkan suara jernih dengan volume yang sedikit pelan.

Berdasarkan hasil pengujian baterai menggunakan aplikasi Battery Eater, Asus X201E mampu bertahan hingga 2 jam 30 menit saat diaktifkan tanpa henti. Pada penggunaan sehari – hari, Asus X201E mampu bertahan hingga 4 jam dengan skema pemakaian power plan balanced, wi-fi menyala, 50% brightness, mengetik dokumen, melakukan browsing, serta menonton video berdurasi 1 jam hingga baterai habis.

Kesimpulan

Bagi kebanyakan pengguna, harga terjangkau tentunya menjadi prioritas tertinggi saat akan memutuskan untuk membeli notebook. Apabila harga murah dulu sering memiliki kendala dengan performa, maka saat ini hal tersebut sudah tidak berlaku lagi. Performa prosesor Celeron terbaru dari Intel rupanya cukup mumpuni untuk melakukan beragam kebutuhan, kecuali memainkan game 3D atau menyunting foto dan video kelas berat. Asus X201E dibanderol dengan harga yang juga cukup bersahabat yaitu US$295 untuk versi RAM sebesar 4GB.

Apabila Anda sedang mencari sebuah notebook dengan desain menarik serta spek dan performa yang cukup tangguh dalam menyelesaikan pekerjaan kantoran atau kuliahan, maka ASUS X201E mampu menghadirkan kombinasi kinerja dan mobilitas yang baik dengan tingkat harga yang relatif terjangkau.

Spesifikasi ASUS X201E

  • Prosesor: Intel Celeron 847 1,1GHz Dual-core.
  • RAM: 2 GB DDR3.
  • Layar: 11,6 inci 1366 × 768 Pixel.
  • GPU: Intel HD Graphics.
  • HDD: 320 GB.
  • Konektivitas:    Wi-Fi, Gigabit LAN, Web Camera, Audio, VGA, Card reader (SD/ SDHC/ SDXC).
  • Dimensi: 30,3 x 20 x 2,12 cm.
  • Bobot: 1,2 kg.

~ Artikel oleh: RC Support Team

Bagikan Artikel...

Komentar

One Response untuk “Mengenal Lebih Dekat ASUS X201E”
  1. Nopa says:

    Ini asus yang paling baru kang cepi ? mantap ulasnnya kang…nuhun

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!