Mengenal Lebih Dekat Andromax C

October 4, 2015 oleh Kirimkan Komentar
Kategori: Komputer & Gadget 
Mengenal Smartfren Andromax C

Smartfren Andromax C

Saat ini, bundling smartphone merk Smartfren memang menjadi semakin menarik dengan adanya Andromax C. Kombinasi antara harga yang bersahabat dengan spesifikasi yang menjanjikan membuat smartphone Android CDMA + GSM dual on milik Smartfren ini memiliki potensi yang luar biasa untuk dapat sukses di pasaran.

Konsep dan Desain

Desain Smartfren Andromax C memberikan kesan premium yang cukup menarik karena kemiripan desainnya dengan Google Nexus S. Meski tidak mempunyai layar seperti pada Nexus S, garis lis krom cekung yang mengelilingi fisik Smartfren Andromax C mampu memberikan efek visual seperti halnya layar cekung produk unggulan Google generasi terdahulu. Garis lengkungan pada sudut Smartfren Andromax C juga hampir sama dengan Nexus S, sehingga dapat memberikan kenyamanan saat dipegang dengan waktu yang lama, khususnya pada kondisi percakapan melalui suara.

Pada bagian depan memuat layar LCD berukuran 4 inci yang dipadukan dengan speaker dan sensor cahaya yang peka serta cukup besar. Di bagian bawah layar tersedia tombol touch dengan motif layaknya kredo pada Galaxy Nexus yang memuat tiga tombol yaitu menu, home, dan back.

Sementara tombol fisik pada Smartfren Andromax C hanya mempunyai tiga tombol. Pada bagian samping kiri terdapat tombol power/pengunci layar yang diposisikan dengan baik karena jari telunjuk dapat menekan tombol tersebut dengan cukup natural. Tombol volume up dan down berada di sebelah kanan yang mempunyai ukuran sedikit kecil. Namun masih nyaman saat ditekan. Terkait dengan port konektifitas, Smartfren Andromax C hanya mempunyai dua saja yaitu jack audio pada bagian atas serta colokan micro USB yang digunakan untuk melakukan transfer data dan charging.

Pada bagian belakang Smartfren Andromax C tersedia sebuah kamera sebesar 2 megapixel yang berada diantara speaker. Sementara pada bagian belakang yang juga menjadi penutup baterai tidak terdapat fitur spesial apapun. Namun, tidak adanya fitur telah digantikan dengan kekokohan rangka bangun yang baik. Sambungan antara penutup baterai dengan smartphone/ponsel biasanya menjadi titik lemah yang seringkali mengeluarkan bunyi saat ditekan. Hal yang membuat Smartfren Andromax C cukup melegakan ialah penutup baterainya yang terintegrasi dengan sangat baik.

Fitur dan Performa Smartfren Andromax C

Andromax C dibanderol dengan harga yang sangat menarik. Dengan mengeluarkan dana sebesar Rp. 715.000, 00, maka Anda dapat memiliki sebuah smartphone CDMA+GSM dual on yang didukung oleh spesifikasi prosesor dual core 1.0 GHz, memori 512MB, serta ditenagai OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Harga Smartfren Andromax C termasuk cukup agresif mengingat pesaing yang memiliki spesifikasi serupa justru dibanderol dengan harga di atas Rp1 juta. Harga Smartfren Andromax C tersebut merupakan promosi dari harga yang sesungguhnya yaitu Rp 999.000.

Andromax C didukung dengan prosesor milik Qualcomm yaitu Snapdragon 200 series dengan kecepatan 1.0 GHz serta menggunakan GPU Adreno 203. Performa Snapdragon 200 series memang sudah tidak perlu ditanyakan lagi, karena kepopuleran Qualcomm dalam menghasilkan SOC telah terbukti dengan baik. Smartfren Andromax C bahkan memperoleh nilai yang baik pada pengujian Vellamo dan Antutu.

Berdasarkan hasil pengujian Antutu, Smartfren Andromax C memperoleh nilai sebesar 5285 yang menempatkannya pada posisi di atas Samsung Galaxy S dan di bawah Galaxy Nexus. Sementara pada pengujian Vellamo HTML 5 dan Metal, Smartfren Andromax C memperoleh nilai berturut-turut sebesar 1066 dan 293. Hasil tersebut termasuk nilai rata-rata seperti pada smartphone yang juga mengandalkan prosesor Snapdragon 200 series di kelasnya.

Salah satu kelebihan dari SOC Snapdragon 200 series yaitu dukungan GPU Adreno yang dikenal dapat mengolah grafis 3 dimensi dengan baik. Pengujian benchmark 3D Mark juga menyetujui anggapan tersebut. Andromax C memperoleh nilai sebesar 2360 yang membuat performa olah grafisnya termasuk sangat baik dikelasnya. Anda dapat memainkan berbagai game Android terkini dengan pengaturan grafis menengah. Namun sayangnya spesifikasi prosesor serta GPU yang baik hanya didukung dengan memori RAM sebesar 512 MB saja. Vellamo menunjukkan bahwa Smartfren Andromax C hanya mempunyai RAM sebesar 383 MB saja, sedangkan sisanya telah disimpan untuk sistem. Saat digunakan sehari – hari, Anda tidak akan menemukan masalah yang berarti. Namun saat digunakan untuk melakukan hal yang berat, peringatan low memory seringkali muncul di layar.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Kemampuan olah visual serta data milik Smartfren Andromax C tentunya menjadi sia – sia apabila tidak didukung dengan kualitas layar yang baik. Layar TFT LCD 480×800 pixel yang dihadirkan pada Smartfren Andromax C untungnya menghadirkan ketajaman warna yang baik, belum lagi didukung oleh sensor cahaya yang peka serta mampu mengatur keterangan layar dengan cepat.

Pada pengujian fungsi multi touch, Smartfren Andromax C kembali memperoleh nilai yang baik. Dukungan hingga tiga jari sekaligus membuat Smartfren Andromax C tidak memiliki masalah yang berarti saat melakukan fungsi gesture atau mengetik menggunakan layar sentuh.

Smartfren tidak memberi begitu banyak kustomisasi pada antar muka Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang digunakan oleh Andromax C. Seluruh fungsi bawaan ICS juga tersedia pada Smartfren Andromax C. Saat memilih penggunaan kartu CDMA ataupun GSM juga dapat dilakukan hanya dengan memilih icon bergambar gagang telpon dengan huruf “C” atau “G” saja pada antar muka panggilan telpon. Fungsi drawer telah disertai dengan task manager serta shortcut icon yang penting seperti halnya aktifasi Wi-Fi, GPS, Bluetooth, suara, data, cahaya layar, hotspot, sinkronisasi, serta flight mode.

Kualitas kameranya juga tergolong cukup standar. Untuk menemukan fokus dengan kamera 2 megapixel miliknya termasuk sulit. Hal tersebut membuat hasil fotonya menjadi sering buram dan tidak jelas, terlebih jika dilambil pada cahaya redup atau di dalam ruangan.

Daya tahan baterai Smartfren Andromax C sayangnya kurang untuk kebutuhan seorang gamer ataupun profesional yang aktif dalam menggunakan fungsi panggilan suara meski sebenarnya kemampuan proses serta layarnya begitu memukau. Berdasarkan pengujian baterai menggunakan skema CDMA + GSM dual on, menelpon setengah jam, bermain game selama 30 menit, menonton video berdurasi 1 jam, baterainya telah berada pada level 30%. Saat menggunakan Waze yang menuntut data dan GPS, Smartfren Andromax C memakan banyak daya baterai kurang dari 2 jam saja. Penggunaan baterai berkapasitas 1420 mAh pada Smartfren Andromax C tampaknya agak kurang sesuai dengan tuntutan sistem yang cenderung tinggi.

Kesimpulan

Smartfren Andromax C memang benar-benar membuat sebuah gebrakan yang luar biasa pada peperangan smartphone dengan harga terjangkau. Kemampuan CDMA + GSM dual on saja sebenarnya sudah cukup menarik di dunia smartphone. Namun, Smartfren menghadirkan produk dengan spesifikasi tinggi di atas kemampuan dual on.

Perpaduan antara bodi yang kokoh dengan desain khas Google Nexus mampu membuat Smartfren Andromax C memiliki citra yang unik. Meski tidak sempurna karena kapasitas baterai yang relatif kecil dan kamera yang seadanya, namun Smartfren Andromax C mampu memberikan kesempatan kepada Anda untuk mencoba dunia Android kelas tengah dengan harga yang bersahabat.

Spesifikasi Smartfren Andromax C

Jaringan: CDMA 800/1900/ CDMA 2000-1X 800 MHz EVDO Rev.A & GSM 900/1800/1900.
Prosesor: Qualcomm MSM8625 Dual Core 1GHz ARMv7, GPU Adreno 203.
Layar: 4 inci IPS WVGA 480×800 pixel.
RAM: 512MB.
Memori: Internal 4GB + microSD (mencapai 32GB).
Koneksi: Wi-Fi, Bluetooth 3.0.
Kamera: 2 megapixel (belakang).
Baterai: Lithium-ion 1420mAh.

~ Artikel Review Smartfren Andromax C ditulis oleh: RC Support Team

Bagikan Artikel...
Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!