Mengenal Lebih Dekat Acer Aspire V5-122P

October 2, 2015 oleh 1 Comment
Kategori: Komputer & Gadget 
Mengenal Lebih Dekat Acer Aspire V5-122P

Acer Aspire V5-122P Mini

Kenikmatan layar sentuh akhir-akhir ini hanya dapat diberikan perangkat tablet ataupun notebook premium dengan basis Windows 8. Namun, Acer ingin memberikan sebuah solusi notebook dengan layar sentuh yang dibanderol harga terjangkau dengan mengeluarkan Acer Aspire V5-122P.

Konsep dan Desain

Acer Aspire V5-122P menghadirkan kredo desain terbaru dari Acer dengan bagian permukaannya yang beraksen alumunium, meski bahannya sebenarnya dari plastik. Desain tersebut cukup berhasil dalam memberikan kesan premium pada notebook dengan ukurannya yang cukup ringkas.

Namun, desain ringkas Acer Aspire V5-122P mengakibatkan sejumlah port konektivitas menjadi korban. Acer Aspire V5-122P tidak menyediakan port VGA atau HDMI yang digantikan dengan mini display port. Port USB yang tersedia juga hanya ada dua, dilengkapi dengan sebuah slot SD card reader. Peletakkan tombol power pada sisi kanannya sepertinya sedikit mengganggu, karena akan sering tertekan dengan tidak sengaja saat Acer Aspire V5-122P sedang dibawa pada kondisi layar terbuka.

Jika dilihat dari sisi input, keyboard Acer Aspire V5-122P mempunyai tombol keyboard dengan tingkat kepejalan yang cukup keras. Hal tersebut sebenarnya bukan lah hal yang aneh untuk notebook dengan ukuran tipis karena jarak antara dasar keyboard dan rangka notebook yang cukup sempit. Trackpad yang ukurannya relatif kecil pada Acer Aspire V5-122P termasuk cukup nyaman untuk dipakai.

Fitur dan Performa Acer Aspire V5-122P

Satu hal yang harus dicatat ialah Acer Aspire V5-122P merupakan notebook pertama dengan prosesor quad-core yang dibanderol dengan harga di bawah 6 juta rupiah. Keunggulan utama dari platform ini terdapat pada kartu grafis Radeon HD 8250 terintegrasi yang kinerjanya cukup baik dan konsumsi daya maksimumnya hanya 7 watt.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Berdasarkan hasil pengujian benchmark, Acer Aspire V5-122P tergolong baik meski masih berada di bawah solusi Intel pada kelas yang serupa. Acer Aspire V5-122P memperoleh nilai PC Mark 7 sebesar 1273 yang lebih kecil jika dibandingkan dengan kinerja prosesor Intel Celeron 847 dual core berkecepatan 1.1 GHz. Hal tersebut sebelumnya telah diperkirakan karena fungsi quad-core pada AMD memang lebih diutamakan untuk multitasking jikla dibandingkan dengan kinerja menggunakan satu aplikasi saja. Meski kinerja prosesornya agak kurang, Acer Aspire V5-122P memperoleh hasil yang baik pada pengujian benchmark game menggunakan 3D Mark dengan nilai Ice Storm sebesar 18650, Cloud Gate 1612, serta Fire Strike 241. Berdasarkan hasil benchmark tersebut, Acer Aspire V5-122P mempunyai kemampuan olah grafis hampir 3 kali lipat jika dibandingkan dengan notebook yang mengandalkan prosesor Intel Celeron 847.

Saat digunakan sehari – hari, Acer Aspire V5-122P mampu menjalankan fungsi multitasking dengan nilai yang cukup baik untuk aplikasi produktifitas seperti halnya office. Namun, Anda perlu sedikit konservatif saat ingin membuka aplikasi secara bersamaan. Memori RAM sebesar 6GB dan fungsi 4 inti prosesor miliknya membuat Acer Aspire V5-122P mampu berpindah aplikasi dengan sangat mudah. Namun saat sejumlah aplikasi tersebut sedang memproses data yang memerlukan kinerja prosesor tinggi, maka notebook akan mengalami sedikit sendatan saat berpindah aplikasi. Penggemar game 3D akan mampu melakukannya pada Acer V5 Mini karena kemampuan Radeon HD 8250 yang memadai.

Kinerja multimedia juga termasuk sangat baik, dengan reproduksi warna dan suara yang berada di atas rata-rata. Perpaduan antara layar sentuh multi touch yang cukup baik, dan juga respon sentuhan yang sangat presisi, serta penggunaan engsel yang kokoh mampu membuat interaksi dengan layar sentuh pada Acer Aspire V5-122P menjadi semakin berkesan. Acer Aspire V5-122P juga memiliki daya tahan baterai yang cukup mengagumkan. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan Battery Eater, Acer Aspire V5-122P dapat bertahan dalam waktu 2 jam 40 menit. Pada penggunaan sehari-hari, Acer Aspire V5-122P mampu bertahan hingga 4 jam 30 menit dengan skema pemakaian power plan balanced, 50% brightness, browsing, mengetik dokumen, wi-fi menyala, serta menonton video durasi 1 jam hingga baterai habis.

Kesimpulan

Perpaduan antara platform APU, layar sentuh, serta daya tahan baterai yang cukup baik membuat Acer Aspire V5-122P menjadi pilihan yang menarik. Belum lagi harganya yang dibanderol pada kisaran 6 juta rupiah serta telah didukung OS Windows 8 yang membuat Acer Aspire V5-122P menjadi solusi ideal bagi Anda yang ingin menikmati Windows 8 dengan cita rasa sentuhan, namun tidak dengan mengeluarkan dana yang terlalu banyak.

Spesifikasi Acer Aspire V5-122P

  • RAM: 6GB DDR3.
  • Prosessor: AMD Quad-Core Processor A6-1450 (1,4Ghz, Cache 2MB).
  • OS: Microsoft Windows 8.
  • Layar: 11,6 inci WXGA (1366×768 pixel) Acer CineCrystal LED-backlit dengan dukungan multi-touch 10 jari.
  • GPU: AMD Radeon HD 8250 Graphics.
  • HDD: 500GB.
  • Koneksi: Bluetooth 4.0, Wi-Fi, USB 3.0, card reader.
  • Bobot: 1,2 kg.

~ Artikel review ini ditulis oleh:  RC SUpport Team

Bagikan Artikel...

Komentar

One Response untuk “Mengenal Lebih Dekat Acer Aspire V5-122P”
  1. husain ibrahim says:

    mohon info, untuk leptop acer aspire V5-122 keyboardnya mempunyai lampu gak? trus kalau punya bagaimana cara mengaktifkannya?

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!