Apa itu Bisnis Online?

Secara sederhana arti dari bisnis online adalah sebuah cara untuk berbisnis atau cara untuk memperoleh penghasilan dengan menggunakan internet sebagai medianya.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Miliki Ebooknya, Dapatkan BONUSNYA!

Mengapa Bisnis Online?

Seperti halnya di dunia offline (bukan internet/dunia umum), maka di dunia online atau internet pun tidaklah jauh berbeda dengan dunia offline. Kita bisa berkomunikasi, bisa berinteraksi dengan orang lain, dan sebagainya. termasuk kita bisa menjalankan bisnis dan bertransaksi.. baik secara perorangan maupun lembaga atau perusahaan, serta cara pembayarannya pun tidak jauh berbeda dengan dunia offline yaitu bisa lewat transfer bank maupun cek.

Bisnis online bisa menjadi suatu pilihan karena merupakan suatu kesempatan besar bagi siapa saja untuk bisa berpenghasilan. Peluang untuk bisnis di internet bisa jauh lebih besar dan lebih luas jangkauannya.

Di internet kita tidak memerlukan waktu yang lama untuk menawarkan sesuatu yang menjadi bisnis kita kepada khalayak orang di berbagai negara di seluruh penjuru dunia,

Membangun bisnis atau perusahaan di internet juga tidak memerlukan biaya atau investasi yang begitu besar dikarenakan harus membangun gedung-gedung serta perlengkapan usaha seperti halnya di dunia offline.

Dan di internet, tidak pernah ditemukan apa itu yang disebut kolusi, korupsi, dan nepotisme (KKN). Berbeda halnya dengan di dunia offline, dimana kesempatan bisnis atau mencari pekerjaan sering terhambat akibat adanya KKN, suap menyuap, dsb.

Bagaimana Bisnis Online ?

Berbagai cara yang bisa dilakukan. Bisa memasarkan dan menjual produk atau jasa milik sendiri maupun produk atau jasa milik orang/perusahaan lain seperti: artikel, e-book, software, pakaian, tanaman, kendaraan, perhiasan, barang pertanian, kerajinan, dsb.

Tapi bagi orang-orang yang tidak mempunyai atau tidak mau repot-repot dengan produk/jasa sendiri, ada istilah yang dikenal dengan sebutan affiliate marketing. Orang bisa berpenghasilan lewat affiliate marketing dengan cara mendaftarkan diri untuk menjadi sales atau broker dari perusahaan yang mempunyai program affiliate marketing tersebut (biasa disebut Affiliate Merchant), dan setelah resmi menjadi sales, maka ia bisa memperoleh bayaran atau komisi dari iklan perusahaan yang dipasang di website atau blognya dengan link affiliate miliknya yang ada di iklan tersebut.

Secara “sederhana”.., cara berbisnis adalah online seperti ini:

  • Tentukan ide bisnis
  • Lakukan riset, tentukan target market, melihat pesaing, dan banyaknya pencari
  • Kumpukan Konten website seperti artikel, photo, audio, video, dsb.
  • Cari perusahaaan Affiliasi yang sesuai dengan ide bisnis tadi
  • Bikin blog atau website dengan nama domain yang sesuai
  • Isi dan perbanyak blog atau websitenya dengan konten, seperti: artikel, photo, audio, video, dsb.
  • Pasang iklan produk/affiliasi yang sesuai (bisa produk sendiri atau produk affiliate atau kedua-duanya).
  • Promosikan dengan berbagai cara promosi, tetapi tidak spam.. dan tunggu hasil yang akan diperoleh.

Nah… mungkin sebagai pengenalan.. saya cukupkan dulu sampai di sini bahasannya. Insya Allah ke depan akan saya berikan lagi penjelasan yang lebih lengkapnya.

Semoga bermanfaat…!!!

Artikel terkait: