bisnis-online-internet-marketing-toko-online-produk-jasa

Layanan Online

Sahabat pengunjung.., khususnya bagi para calon pemilik maupun pemilik situs yang menjual produk maupun layanan jasa seperti toko online, dan sebagainya.. saya yakin Anda sudah sering melihat sebuah situs dimana di situs tersebut terdapat online support beserta dengan ikon instant messengernya (instant messenger icons) baik itu ikon Yahoo Messenger, Windows Live Messenger, MSN Web Messenger, dan lain-lain. Tapi apakah Anda tahu bahwa hal tersebut adalah merupakan “salah satu” dari sekian banyak cara yang bisa mendongkrak atau meningkatkan penjualan di website atau situs yang Anda miliki?

Mungkin jawaban sahabat bisa berbeda-beda ya..?, ada yang meng-iya-kan malahan telah memasangnya pula di situs yang sahabat miliki, ada juga yang masih bertanya-tanya, ada yang menjawab belum tahu, atau mungkin ada juga yang bilang bahwa hal tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap peningkatan penjualan produk maupun layanan jasa di sebuah situs, tetapi yang terpenting adalah kualitas dari sebuah produk atau jasa tersebut.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Miliki Ebooknya, Dapatkan BONUSNYA!

Terlepas dari kemungkinan perbedaan pendapat serta jawaban.., saya di sini akan sedikit mengulas hal tersebut, karena saya yakin akan sangat berguna serta sangat berpengaruh terhadap pemasaran produk maupun layanan jasa di sebuah situs atau website.

Pengalaman saya jika mengunjungi sebuah situs yang menjual produk maupun layanan jasa untuk keperluan kami (saya beserta isteri), maka saya akan lebih terkesan jika saya mengunjungi sebuah situs yang memiliki layanan online (online support) berikut ikon instant mesengernya, tentunya dengan syarat.. yang online supportnya benar-benar selalu online atau setidaknya sering online dengan pelayanan yang memuaskan, apalagi jika jumlah online supportnya lebih dari dua orang. Alasan saya karena:

“Jika saya memerlukan informasi yang berkenaan dengan produk atau jasa di situs tersebut, maka saya bisa melakukan chatting/obrolan serta bisa bertanya langsung kepada online support dengan mengklik ikon internet messenger tersebut, dan saya pun bisa mendapatkan jawabannya secara langsung secara lengkap serta memuaskan saat itu juga“

Tentu layanan kontak yang lain seperti halnya telepon, SMS, e-mail, contact form atau auto responder juga tidak kalah penting bahkan mungkin kelihatan jauh lebih bergengsi, tetapi alangkah baiknya jika online support beserta ikon instant messenger juga ditambahkan sebagai salah satu fasilitas layanan kontak dengan calon pembeli atau pelanggan, sehingga jika dirasa informasi yang diperoleh calon konsumen atau pelanggan telah lengkap serta memuaskan dengan cara melakukan kontak atau chatting di Instant messenger tersebut, kemungkinan besar transaksi pun bisa berlangsung secepatnya, sehingga bisa berakibat pada percepatan serta peningkatan penjualan.

Selain biayanya bisa lebih murah jika dibandingkan dengan bicara melalui telepon, kelebihan lain bagi situs-situs yang menyediakan online support serta memasang ikon instant messenger tersebut adalah.. situs tersebut bisa lebih meyakinkan hati para pengunjung atau pelanggan-pelanggannya, bisa lebih dipercaya serta kelihatan lebih bertanggung jawab. Berbeda dengan situs-situs yang tidak memasangnya,walaupun mungkin produk atau jasanya jauh lebih baik, tetapi bisa jadi konsumen ragu atau malah tidak melakukan pembelian sama sekali karena adanya “beberapa kekhawatiran”.

Memang kualitas dari sebuah produk maupun layanan jasa adalah merupakan hal yang sangat penting, tetapi jauh lebih penting lagi adalah.. kualitas layanan terhadap calon konsumen atau pelanggan, karenanya.. sentuhlah mereka para pelanggan Anda, tepat di hatinya..!!

Semoga bermanfaat… ~ Oleh: Cepi Nugraha