Memilih Lokasi Usaha

April 9, 2012 oleh 2 Komentar
Kategori: Entrepreneurship 
Memilih Lokasi Usaha

Memilih Lokasi Usaha

Memilih Lokasi Usaha Yang Strategis

Sebut saja Alan, karena biasanya ia dipanggil dengan nama itu di lingkungan teman-temannya. Beberapa tahun yang lalu setelah berumah tangga, Alan berencana membangun sebuah rumah untuk tempat tinggalnya, isteri berikut anak-anaknya. Dan yang saya lihat saat itu, bukan hanya rumah yang akan ia bangun, tetapi ia juga akan mengembangkan usaha yang bisa dijalankan dari rumahnya, sehingga memilih lokasi usaha yang strategis merupakan awal rencana dari pembangunan rumahnya.

Di sekitar tempat orang tuanya dimana ia masih tinggal di sana saat itu, terdapat sebuah sekolah menengah pertama negeri (SMPN). Sementara di sekitar lokasi yang sama juga terdapat lahan yang direncanakan akan dibangun sebuah sekolah menengah keterampilan (SMK).

Mungkin karena ia dan orang tuanya pikir.. keberadaan lokasi sekolah-sekolah tadi bisa menjadi segment pasar tersendiri, maka mereka pun membeli sebuah lahan kosong di samping SMP, yang memang lahan tersebut juga keberadaannya persis di depan lahan yang direncanakan untuk pembangunan SMK tadi. Strategi memilih lokasi usaha yang tepat, saya pikir.

Entah mana yang dibangun terlebih dulu, apakah SMK atau rumahnya. Yang jelas.. belakang hari kemudian sebuah SMK telah berdiri di sana, dan rumah untuk tempat tinggal pun telah Alan bangun. Sebagian ruangan di rumahnya ia gunakan untuk warung internet dan rental komputer, serta untuk tempat kerjanya guna melayani jasa pemotretan serta cetak foto. Tak lama kemudian ia pun membangun jaringan layanan akses internet bagi para peminat akses internet di lingkungan sekitar rumahnya atau yang biasa kita sebut sebagai RT/RW Net dengan sebuah menara pemancar sinyal di halaman rumah sebagai buktinya.

Memang Alan hanya memilih lokasi usaha di kampung dekat tempat kelahirannya, dimana tingkat kepadatan penduduk di sekitarnya belumlah padat. Pendapatan masyarakat sekitarnya juga umumnya belum terlalu besar, dan lalu-lalang kendaraan di sana pun belumlah ramai. Akan tetapi, karena usaha yang sejenis belum terdapat di sana, maka tingkat kompetensinya masih rendah, itu sebabnya masyarakat di sekitarnya pun lebih memilih untuk menggunakan jasa usahanya daripada harus jauh-jauh pergi ke tempat lain.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Waktu berjalan terus.. lahan miliknya yang masih kosong dan terdapat di belakang rumahnya pun ia isi dengan bangunan yang baru, sebuah bangunan yang lumayan cukup besar buat tempat usaha. Di bangunan baru tersebut kini terlihat komputer-komputer berjejeran, sebuah mesin fotokopi, perlengkapan alat tulis kantor (ATK), dan sebagainya. Tidak ketinggalan pula, di lantai atasnya terdapat beberapa buah monitor televisi beserta mesin play station (PS) untuk direntalkan kepada anak-anak yang tinggal di lingkungan sekitarnya.

Alan benar-benar telah memiliki lokasi strategis untuk usaha. Dengan memilih lokasi usaha yang berdampingan dengan SMP dan berada di depan SMK pula (malahan kini dibangun pula sebuah laboratorium milik SMK di samping rumahnya). Jika tidak ada koperasi yang membuka layanan yang serupa di SMK tadi, bisa dikatakan ia hampir tidak punya saingan usaha, karena sekarang rumah serta tempat tinggalnya berada satu gerbang dengan SMK, seolah-olah telah menjadi satu bagian dari lokasi sekolah.

Terakhir saat saya ke rumahnya, Alan malah sedang asyik tiduran. Katanya ia tidak ikutan sibuk melayani konsumen yang datang, karena ada teman-teman dan saudaranya yang menjaga tempat usaha. Malah katanya pula ia akan lebih fokus ke bisnis online. Ya.. selain punya usaha offline, ia juga mengembangkan usaha online. Selain itu ia pun pernah diminta bantuan untuk menjadi staf ahli dan juga guru pengajar di sebuah SMK (SMK yang lain), tetapi kemudian ia tinggalkan karena ia ingin lebih berkonsentrasi ke bisnis-bisnisnya.

Soal penghasilannya dari usaha kecilnya tidak akan saya sebutkan.. yang jelas buat kebutuhan biaya listrik dan beberapa kebutuhan lain, dari iuran bulanan para pelanggan RT/RW Net pun katanya telah mencukupi, di luar penghasilan dari usaha-usahanya yang lain. Sekian..

Artikel dengan judul Memilih Lokasi Usaha iniĀ  saya tulis berdasarkan pengamatan saya terhadap perjalanan usaha kecil adik sepupu. Semoga menginspirasi dan semoga bermanfaat… ~ Cepi Nugraha

Bagikan Artikel...

Komentar

2 tanggapan untuk “Memilih Lokasi Usaha”
  1. Rakhmat says:

    ass. perkenalkan nama saya rahmat. kalau baca tulisan diatas semangat saya untuk memulai usaha menjadi besar,hanya saja saya belum tahu jenis usaha apa yang cocok unttuk lokasi saya,sekedar informasi lokasi rumah saya juga dekat dngan SMK dan berada pas di pintu gerbang perumahan,mohon sarannya mas kira kira bisnis apa yang cocok untuk lokasi perumahan yang belum begitu ramai. sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.
    salam hormat saya.

    di makassar

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Rakhmat,
    wa’alaikumussalam..

    Lokasi rumah Bapak keadaannya mirip dengan lokasi rumah sepupu saya yang telah disebutkan di atas. Jadi, mungkin Bapak bisa meniru usahanya juga seperti foto digital, fotokopi, alat tulis kantor, minuman dan makanan ringan khususnya buat keperluan pihak sekolah beserta siswa/i-nya. Karena rumah Bapak juga berada pas di pintu gerbang perumahan, maka Bapak juga bisa menjual kebutuhan rumah tangga seperti sembako, dan lain-lain. Intinya, Bapak perhatikan betul apa saja kebutuhan masyarakat di lingkungan sekitar, sehingga Bapak bisa menyediakan kebutuhan mereka tersebut dengan tepat, dan Bapak pun bisa meraih keuntungan.

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!