Untuk memiliki dan membangun sebuah website di internet, tentu kita dihadapkan kepada pemilihan dan penentuan nama domain/domain name sebagai alamat penunjuk bagi website yang akan kita miliki dan akan kita bangun tersebut.

Seperti telah saya sebutkan di artikel sebelumnya yang berjudul Nama Domain, selain sebagai alamat penunjuk bagi sebuah website, kelebihan lain dari sebuah nama domain adalah bisa mengindentifikasi atau membranding sebuah alamat website. Tujuan pengidentifikasian atau pembrandingan tersebut semata-mata adalah untuk kepentingan kita sebagai pemilik website.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Miliki Ebooknya, Dapatkan BONUSNYA!

Misalnya seperti:

  • Menggunakan keyword atau kata kunci yang banyak dicari orang di internet. Misalnya: computer.com, computer.info, antivirus.com, dan sebagainya.
  • Menggunakan keyword atau kata kunci mahal seperti onlinestocktrading.com, conferencecallservice.net, dan sebagainya. Yang dimaksud dengan keyword mahal adalah keyword yang dipakai oleh suatu website dengan tujuan bilamana ada pengiklan (seperti dari google adsense) memasang iklannya dengan kata kunci yang sama, maka pemilik website tersebut dapat komisi atau bayaran mahal dari tiap klik iklan tersebut.
  • Menggunakan keyword atau kata kunci yang banyak dicari orang tapi website atau situs-situs yang menggunakan keyword atau kata kunci tersebut sedikit jumlahnya, dengan maksud supaya tidak terlalu banyak website lain sebagai saingan untuk menarik sebanyak-banyaknya jumlah pengunjung. Contohnya: titaniumjewelry.com, titaniumjewelry.us, dan sebagainya.
  • Menggunakan nama kita sendiri sebagai pemilik website, seperti cepinugraha.com, KangCepi.info, dan sebagainya.
  • Menggunakan nama perusahaan, seperti yang saya lakukan untuk alamat website ini, yaitu RumahCahaya.com, atau seperti detik.com, Telkomsel.com, dan sebagainya.
  • Menggunakan nama-nama yang unik, seperti: among.us, bertemu.us, bantu.in, planet.info, dan sebagainya.
  • Menggunakan nama domain mendekati nama-nama domain yang telah banyak dikenal seperti toogle.com (mendekati google.com), deitk.com (mendekati detik.com), dan sebagainya. Pemilihan nama domain ini adalah supaya pengunjung mudah mengingat nama domain tersebut, dan juga diharapkan bilamana ada orang salah dalam menuliskan/mengetikkan nama domain yang telah terkenal tersebut seperti “detik.com” menjadi “deitk.com”, maka secara otomatis orang yang salah ketik tersebut “secara tidak disengaja” akan masuk dan mengunjungi website dengan nama domain yang mendekati tersebut.

Mungkin masih banyak lagi cara-cara lain dalam memilih atau menentukan nama domain untuk mengidentifikasi atau membranding alamat website yang akan kita miliki serta akan kita bangun, tapi mungkin cara-cara tersebut di ataslah yang banyak digunakan orang dalam memilih dan menentukan nama domain untuk alamat website mereka.

Semoga bermanfaat…!!!

Artikel terkait: