Membuka Usaha Percetakan Undangan, dsb.

Membuka Usaha Percetakan

Membuka Usaha Percetakan

Tulisan dengan judul Membuka Usaha Percetakan ini saya tulis berkenaan dengan adanya komentar dari Bapak Umar Hasan yang saya terima di artikel berjudul Proses Cetak dengan Mesin cetak Offset serta juga pesan dari Beliau yang saya terima melalui Contact Form.

Di bawah ini adalah komentar dari Beliau setelah membaca artikel tersebut di atas:

Terima Kasih.

Saya sangat tertarik dan berminat dengan usaha percetakan dan saya akan berusaha untuk membuka usaha ini, mohon do’a semoga saya berhasil. … Dimana saya dapat belajar cara mengelolanya, tolong informasinya, terima kasih.

Umar Hasan
Jalan dr. M. Hatta Lrg. Manggis Nomor. 1234-D Rt.18 Rw.05 Kelurahan Kemalaraja, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu – Sumatera Selatan 321111

Dan berikut ini adalah pesan dari Beliau yang saya terima melalui Contact Form:

Yth. Rumah Cahaya,

Saya sangat berminat untuk usaha percetakan ini, karena sehari-hari saya biasa mengoprasikan komputer. Usaha ini untuk kegiatan dalam masa pensiun yang tinggal beberapa bulan lagi, mohon saran-saran dan petunjuknya, terima kasih.

Itulah komentar serta pesan yang telah disampaikan oleh Bapak Umar Hasan, yang isinya merupakan pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan keinginannya untuk membuka usaha percetakan di masa pensiunnya.

Cara Membuka Usaha Percetakan Undangan, dsb.

Berikut ini adalah jawaban dari saya untuk menanggapi isi komentar dari Bapak Umar Hasan:

Bpk. Umar Hasan, Terima kasih kembali… dan semoga apa yang menjadi cita-cita Bapak, Allah kabulkan.. Aamiin. Saya juga telah membalas pesan Bapak melalui email. Mohoh diperiksa ya…

Serta di bawah ini adalah jawaban saya atas pesannya di Contact Form, dimana isi naskahnya telah sedikit saya edit:

Hallo Bapak Umar,

Membuka usaha percetakan bisa mulai Bapak lakukan dengan sebuah komputer dan printer warna, dan alangkah baiknya bila tersedia juga mesin scanner.

Di komputer tentu harus terinstal aplikasi desain grafis seperti CorelDraw dan Adobe Photoshop, dimana kedua aplikasi tersebut adalah yang paling banyak digunakan untuk mendesain naskah produk-produk cetakan.

Jika desain di komputer telah dibuat, misalnya saja untuk mendesain kartu undangan yang ordernya Bapak terima.. maka hasilnya bisa langsung diprint ke bahan/kertas cetak, lalu lakukan finishing, seperti pemotongan kertas dengan cutter, pelipatan, dan pengemasan dengan plastik, dan sebagainya untuk selanjutnya diserahkan kepada pemesan.

Tetapi tentu saja pencetakan menggunakan printer ini hanya untuk pesanan dengan jumlah sedikit, serta ukuran dari produk cetakan juga harus disesuaikan dengan ukuran mesin printer. Misalnya kalau printernya ukuran dengan lebar A4 maka yang bisa dikerjakan adalah produk-produk cetakan dengan maksimal ukuran A4 seperti kartu undangan, kartu nama, brousur, label, kop surat, print di atas amplop, dan sebagainya yang bisa dikerjakan dengannya (maskimal ukuran lebar A4).

Untuk ukuran yang lebih besar bisa menggunakan large format digital printer atau wide format digital printer, atau bisa dibilang mesin cetak digital ukuran besar atau ukuran lebar, dimana yang saya ketahui bisa mencetak hingga lebar 4 – 7 meter, bahkan saya yakin ada yang lebih lebar lagi darinya. Akan tetapi kekurangannya masih tetap pada jumlah cetakan yang sedikit..

Sementara untuk cetakan dengan jumlah yang banyak serta waktu pengerjaan yang lebih cepat harus menggunakan mesin cetak offset. Jadi hasil desain dari komputer tadi dibuat film, pelat cetak, dan baru naik ke mesin cetak offset untuk selanjutnya dilakukan proses pencetakan, dan seterusnya.

Untuk mesin cetak offset ini harga mesin bekasnya saja cukup bahkan sangat mahal, dan memerlukan seorang operator berpengalaman. Tetapi tanpa mempunyai mesin cetak pun kita masih bisa mengerjakannya dengan mesin cetak tersebut sepanjang kita bisa bekerja sama makloon cetak atau ongkos cetak dengan para pemilik mesin cetak offset yang menyediakan jasa cetak dengan harga yang murah… Yang menjadi masalah, saya tidak mengetahui apakah di sekitar tempat tinggal Bapak ada penyedia jasa tersebut atau tidak..

Seandainya tempat yang menyediakan jasa makloon cetak bisa ditemui di sekitar tempat tinggal Bapak, maka saya pun mempunyai panduan lengkap tentang bagaimana memulai atau membuka usaha percetakan ini.. dimana panduannya bisa Bapak dapatkan di http://usahapercetakan.biz/

Barangkali hanya ini jawaban yang bisa saya berikan… dan semoga bermanfaat..

Salam,
Cepi Nugraha

Nah sahabat-sahabat, demikianlah artikel yang memuat tanya-jawab antara saya dengan Bapak Umar Hasan yang kembali saya muat di sini.. yang semoga saja dimuatnya kembali artikel Membuka Usaha Percetakan ini bisa bermanfaat juga bagi kita semua, terutama bagi sahabat-sahabat yang mempunyai ketertarikan serta penasaran dengan peluang usaha percetakan ini.. Aamiin.

Komentar

20 tanggapan untuk “Membuka Usaha Percetakan Undangan, dsb.”
  1. Bambang says:

    Salam Sukses kang. Saya sekarang sedang mengeluti usaha cetak undangan, cetak undangan saya hanya menggunakan kertas undangan blangko kosong yang sering beredar di pasaran. Saya ada ketertarikan untuk membesarkan usaha saya, namun masih binggung akan peralatan yang harus saya miliki. Sebenarnya saya tertarik untuk memiliki mesin HOT PRINT EMBOS, tetapi saya kawatir tidak bisa mengoperasikanya. Apakah mesin tersebut bisa langsung digunakan untuk mencetak ataukah ada alat tambahannya sebelum melakukan percetakan. Mohon pencerahanya ya kang.!!!
    Sebenarnya saya berniat ingin membuka toko khusus yang menyediakan kebutuhan acara (pernikahan, khitanan, ulangtahun dll) jadi konsep toko yang saya buat adalah toko lengkap, mulai dari undangan, souvenir, hantaran, dll. Tapi saya masih kebingungan untuk mencari bahan bakunya (Pabrik atau Supplier) penyedia souvenir dan belangko undangan.
    Mohon bimbinganya ya kang. Saya sangat berterimakasih jika kang cepi sudi memberikan panduan pada saya.
    Saya Tinggal di Kalimantan Timur Tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Bambang,
    Salam sukses juga buat Mas..

    Saya sendiri tidak mempunyai memppunyai mesin-mesin percetakan. Saya hanya mengerjakan orderan dengan makloon cetak atau ongkos cetak. Hanya saja yang sedikit saya ketahui bahwa sebelum saya mengerjakan embossan di mesin hot print, saya membuat dulu matresnya di tempat penyedia jasa pracetak, setelah selesai, baru matress tersebut saya bawa ke tempat hot print emboss. Jadi pastinya memang harus ada mesin pembuat matress dulu yang entah apa namanya. Tetapi jika belum punya, dan hanya punya mesin hot printnya, kita bisa membuat matressan dulu di tempat lain jika tempat tersebut jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat kita.

    Untuk pabrik atau supplier penyedia souvenir dan blanko undangan mungkin harus mencoba browsing lagi di internet, atau mungkin bila Mas memperoleh informasi adanya supplier yang jaraknya ak jauh dari tempat Mas dan masih mungkin dijangkau, bisa dicoba dulu untuk didatangi sekali saja, dan selanjutnya Mas bisa kontak via telepon atau secara online, serta untuk pengiriman menggunakan jasa pengiriman barang (paket).

    Kalau di Bandung sendiri cukup banyak tempat seperti itu. Seperti di jalan Cibadak, Otto Iskandar Dinata banyak penyedia barang-barang souvenir. Sedangkan untuk blangko undangan banyak tersebar di sekitar jalan Astana Anyar dan sekitarnya.

    [balas komentar di sini]

    basith Reply:

    mungkin bpk bambang berkenan bekerjasama dengan kami? boleh menghubungi kami untuk konfirmasi pak..

    [balas komentar di sini]

  2. dandy rahmad says:

    Saya sdh memulai usaha percetakan.. tapi masih skala kecil.. saya berniat untuk mengembangkan dengan mesin offset.. Tlg saya diemailkan kontak yg bisa dihubungi..
    terimaksih sebelumnya..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Dandy,

    Silahkan dicek inbox atau spam box emailnya, saya telah mengirimkan data para supplier mesin percetakannya.

    [balas komentar di sini]

    el rahma offset Reply:

    kang cepi yth. selama ini saya sudah menjalankan usaha percetakan, tapi masih terima order lalu ongkos cetak, saya berkeinginan punya mesin cetak offset sendiri, tapi saya bingung harus menghubingi siapa. Tolong kasih tau suplier mesin cetak di daerah jawa tengah. Tolong kirim lewat email. matur nuwun.

    [balas komentar di sini]

  3. heru says:

    Salam kenal! Saya baru buka usaha percetakan di surabaya. Saya ada masalah dengan gaji pegawai. mohon sarannya, untuk gaji pegawai untuk mesin 2 warna setengah plano berapa ya? trus kalau lembur hitungannya gmn? makasih sebelumnya.

    [balas komentar di sini]

  4. dani says:

    ass. Kang saya dani dari bandung, saya seorang karyawan swasta ingin punya penghasilan tambahan dengan usaha cetak undangan, kalau boleh tau tempat untuk membeli contoh blangko undangan dimana? Bisa ga beli album blangko dan harganya berapa? Kalau mau ngeprint sendiri bagusnya pakai printeran apa? Kalau mau makloon cetak di blangko tempatnya dimana? Terimakasih atas jawabannya

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang dani,
    wa’alaikumussalam..

    Tempat untuk membeli contoh blanko undangan diantaranya ada di jalan Astana Anyar (dekat perempatan Pagarsih dan Kalipah Apo) seperti di Toko Berlian dan di Toko Sablon Bandung. Bisa membeli perpaket, dimana 1 paketnya bisa beberapa buah blanko, dan bisa membeli per album juga. harga bervariasi tergantung contoh-contoh yang berada di dalam masing-masing paket atau albumnya.

    Untuk ngeprint sendiri saya merekomendasikan printer Epson yang menggunakan tinta inpus bawaannya (original). Untuk mencetak blanko bisa di jalan Pagarsih, kalipah Apo, dan sekitarnya, karena banyak yang menyediakan jasa makloonnya di sana, baik untuk disablon maupun dicetak di mesin offset.

    [balas komentar di sini]

  5. ade says:

    ass…
    saya ade dari lampung pak umur saya masih 23 tahun
    saya ingin berkarir di dunia percetakan . saya mempunyai masalh di printer saya pak ?
    dengan type printer canonip1800 / infusan.saya mencoba mencetak hasil disegn untuk pernikahan 1 lembar saja, kenapa hasil warnany kurang terang ?
    mohon bantuanny bpk-bpk yang bijaksana..
    terimakasih

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ade,
    wa’alaikumussalam..

    Saya belum pernah memakai printer canon iP1800, namun masalah kurang terangnya warna hasil cetak tersebut bisa terjadi akibat beberapa faktor, seperti:

    – Printer dengan tipe tersebut bisa jadi kualitas cetak bawaannya memang tidak begitu bagus.
    – Bisa juga karena tinta infusnya tidak menghasilkan kualitas cetak yang baik sesuai keinginan.
    – Settingan atau setup di printernya mungkin masih untuk pencetakan dokumen, belum disetup ke pencetakan untuk kualitas warna yang paling baik atau kualitas untuk cetak foto.
    – Atau bisa juga karena kualitas dari kertas cetaknya sendiri yang kurang bagus.

    Jadi, boleh dicoba melakukan pencetakan kembali dengan melihat faktor-faktor yang sebutkan di atas. Secara bertahap saja, seperti mencoba melihat print setup dulu untuk disetting maksimal, kemudian print out.. dan seterusnya.

    [balas komentar di sini]

  6. deni says:

    asalamualaikum

    om saya dari cianjur saya masih pelajar
    saya mau membangun percetakan apa saja yang harus di butuh kan,

    terimaksihhh

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Deni,
    wa’alaikumussalam..

    Aduh maaf ya, saya lupa dan baru balas komentarnya sekarang..

    Yang paling penting untuk diketahui adalah bagaimana cara mengerjakan barang cetakan, cara mencari order cetak serta cara untuk memelihara pelanggan.

    Adapun untuk peralatan tidak wajib kita memilikinya, karena ada orang lain yang menyediakan jasa makloon cetak/ongkos cetak buat kita. Atau kalau makloon tidak memungkinkan karena masih sibuk dengan kegiatan belajar, maka setidaknya seperangkat komputer grafis beserta printer sistem inpus dan scanner yang harus Deni miliki buat keperluan mencetak, ditambah dengan peralatan sablon, termasuk harus belajar cara sablon dulu.

    [balas komentar di sini]

  7. Makna Sehat says:

    Saya juga tertarik untuk belajar usaha percetakan ini karena peluangnya cukup luas. Walaupun masih banyak kendala namun saya akan memulai nya dalam waktu dekat..

    [balas komentar di sini]

  8. elit says:

    Aslmkum. Saya dari garut, meminta bantuan karena saya maupesan bkanko undangan dari toko berlian jln astana anyar perapatan kalipsh apo. Hilang no hp/hp. Kalau tidak keberatan minta no hp/tlf, tetina kasih sebelum nya

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang/Teh Elit,
    Wa’alaikumussalam..

    Hapunten pisan nya, kumargi seueur kagiatan, nembe tiasa ngawaler ayeuna. Ini nomer yang ada di brosur Toko Berlian dulu, moga saja masih pada aktif:

    022-423 7203, 0813 2000 6061

    mangga dicobi.. saupami teuacan kenging deui nomerna mah..

    [balas komentar di sini]

  9. diki says:

    aslm.
    saya tertarik dengan usaha percetakan, untuk wilayah lampung ada yang bisa saya hubungi untuk konsultasi.
    terimakasih.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Bang Diki,
    wa’alaikumussalam…

    Mohon maaf, saya tidak ada kenalan konsultan usaha percetakan untuk wilayah lampung..

    [balas komentar di sini]

  10. dedi rahmadi says:

    om saya dedi mau undang kawan kawan untuk buka warkop baru namanya Soft opening TAUFIK KOPI yang akan deresmikan pada hari senin tanggal 17 Nov 2014 jalan kenari kota lhoseumawe

    [balas komentar di sini]

  11. dede photo says:

    hoyong atuhy bisnis nukitu..

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 11
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!