Membuka Usaha Percetakan Undangan, dsb.

Membuka Usaha Percetakan

Membuka Usaha Percetakan

Tulisan dengan judul Membuka Usaha Percetakan ini saya tulis berkenaan dengan adanya komentar dari Bapak Umar Hasan yang saya terima di artikel berjudul Proses Cetak dengan Mesin cetak Offset serta juga pesan dari Beliau yang saya terima melalui Contact Form.

Di bawah ini adalah komentar dari Beliau setelah membaca artikel tersebut di atas:

Terima Kasih.

Saya sangat tertarik dan berminat dengan usaha percetakan dan saya akan berusaha untuk membuka usaha ini, mohon do’a semoga saya berhasil. … Dimana saya dapat belajar cara mengelolanya, tolong informasinya, terima kasih.

Umar Hasan
Jalan dr. M. Hatta Lrg. Manggis Nomor. 1234-D Rt.18 Rw.05 Kelurahan Kemalaraja, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu – Sumatera Selatan 321111

Dan berikut ini adalah pesan dari Beliau yang saya terima melalui Contact Form:

Yth. Rumah Cahaya,

Saya sangat berminat untuk usaha percetakan ini, karena sehari-hari saya biasa mengoprasikan komputer. Usaha ini untuk kegiatan dalam masa pensiun yang tinggal beberapa bulan lagi, mohon saran-saran dan petunjuknya, terima kasih.

Itulah komentar serta pesan yang telah disampaikan oleh Bapak Umar Hasan, yang isinya merupakan pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan keinginannya untuk membuka usaha percetakan di masa pensiunnya.

Cara Membuka Usaha Percetakan Undangan, dsb.

Berikut ini adalah jawaban dari saya untuk menanggapi isi komentar dari Bapak Umar Hasan:

Bpk. Umar Hasan, Terima kasih kembali… dan semoga apa yang menjadi cita-cita Bapak, Allah kabulkan.. Aamiin. Saya juga telah membalas pesan Bapak melalui email. Mohoh diperiksa ya…

Serta di bawah ini adalah jawaban saya atas pesannya di Contact Form, dimana isi naskahnya telah sedikit saya edit:

Hallo Bapak Umar,

Membuka usaha percetakan bisa mulai Bapak lakukan dengan sebuah komputer dan printer warna, dan alangkah baiknya bila tersedia juga mesin scanner.

Di komputer tentu harus terinstal aplikasi desain grafis seperti CorelDraw dan Adobe Photoshop, dimana kedua aplikasi tersebut adalah yang paling banyak digunakan untuk mendesain naskah produk-produk cetakan.

Jika desain di komputer telah dibuat, misalnya saja untuk mendesain kartu undangan yang ordernya Bapak terima.. maka hasilnya bisa langsung diprint ke bahan/kertas cetak, lalu lakukan finishing, seperti pemotongan kertas dengan cutter, pelipatan, dan pengemasan dengan plastik, dan sebagainya untuk selanjutnya diserahkan kepada pemesan.

Tetapi tentu saja pencetakan menggunakan printer ini hanya untuk pesanan dengan jumlah sedikit, serta ukuran dari produk cetakan juga harus disesuaikan dengan ukuran mesin printer. Misalnya kalau printernya ukuran dengan lebar A4 maka yang bisa dikerjakan adalah produk-produk cetakan dengan maksimal ukuran A4 seperti kartu undangan, kartu nama, brousur, label, kop surat, print di atas amplop, dan sebagainya yang bisa dikerjakan dengannya (maskimal ukuran lebar A4).

Untuk ukuran yang lebih besar bisa menggunakan large format digital printer atau wide format digital printer, atau bisa dibilang mesin cetak digital ukuran besar atau ukuran lebar, dimana yang saya ketahui bisa mencetak hingga lebar 4 – 7 meter, bahkan saya yakin ada yang lebih lebar lagi darinya. Akan tetapi kekurangannya masih tetap pada jumlah cetakan yang sedikit..

Sementara untuk cetakan dengan jumlah yang banyak serta waktu pengerjaan yang lebih cepat harus menggunakan mesin cetak offset. Jadi hasil desain dari komputer tadi dibuat film, pelat cetak, dan baru naik ke mesin cetak offset untuk selanjutnya dilakukan proses pencetakan, dan seterusnya.

Untuk mesin cetak offset ini harga mesin bekasnya saja cukup bahkan sangat mahal, dan memerlukan seorang operator berpengalaman. Tetapi tanpa mempunyai mesin cetak pun kita masih bisa mengerjakannya dengan mesin cetak tersebut sepanjang kita bisa bekerja sama makloon cetak atau ongkos cetak dengan para pemilik mesin cetak offset yang menyediakan jasa cetak dengan harga yang murah… Yang menjadi masalah, saya tidak mengetahui apakah di sekitar tempat tinggal Bapak ada penyedia jasa tersebut atau tidak..

Seandainya tempat yang menyediakan jasa makloon cetak bisa ditemui di sekitar tempat tinggal Bapak, maka saya pun mempunyai panduan lengkap tentang bagaimana memulai atau membuka usaha percetakan ini.. dimana panduannya bisa Bapak dapatkan di http://usahapercetakan.biz/

Barangkali hanya ini jawaban yang bisa saya berikan… dan semoga bermanfaat..

Salam,
Cepi Nugraha

Nah sahabat-sahabat, demikianlah artikel yang memuat tanya-jawab antara saya dengan Bapak Umar Hasan yang kembali saya muat di sini.. yang semoga saja dimuatnya kembali artikel Membuka Usaha Percetakan ini bisa bermanfaat juga bagi kita semua, terutama bagi sahabat-sahabat yang mempunyai ketertarikan serta penasaran dengan peluang usaha percetakan ini.. Aamiin.

Komentar

21 tanggapan untuk “Membuka Usaha Percetakan Undangan, dsb.”
  1. Salam sukses Kang Cepi,

    Apabila ada yang butuh informasi tentang Polar pra-cetak, digital printing, laser cutting, bisa dilihat di http://polardigital.net

    terimakasih

    [balas komentar di sini]

Page 2 of 2«12
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!