Manfaat Printer Untuk Percetakan

Manfaat Printer Untuk Percetakan

Printer Percetakan Rumahan

Sahabat percetakan.. pastinya tidak semua order cetakan yang datang kepada kita selalu berjumlah banyak, namun ada kalanya orderan datang dalam jumlah yang sedikit. Sementara untuk menolak orderan sama saja artinya dengan menolak calon pelanggan. Padahal siapa tahu dari orderan yang kecil tersebut akan memancing datangnya orderan yang jumlahnya lebih besar dari orang yang sama, dari kenalan atau dari kerabatnya yang ia hubungkan kepada kita, seperti pengalaman saya beberapa tahun lalu misalnya, yang hingga kini masih berjalan. Nah, untuk itulah kenapa saya menuliskan artikel tentang manfaat printer untuk percetakan, disamping ada alasan lainnya juga pastinya ..hehe.

Order cetakan yang berjumlah kecil sebenarnya masih bisa kita kerjakan dengan cara disablon, bahkan untuk dikerjakan dengan mesin cetak offset, yang penting harga jual masih bisa diterima oleh konsumen. Namun tidak semua orang mau belajar untuk bisa menyablon sendiri, sementara untuk dimakloonkan ke tukang sablon bisa jadi jaraknya cukup jauh dari tempat tinggal mereka, demikian pula dengan cetak offset belum tentu semua orang memiliki mesinnya. Karena hal itulah, maka memanfaatkan printer rumahan berukuran kecil untuk bisnis percetakan merupakan salah satu alternatif pilihan, apalagi bagi yang bisa mengotak-atik desain sendiri dan lebih menyukai kepraktisan, walaupun tentu karena ukurannya tadi, maka kemampuan cetaknya pun terbatas hanya untuk area cetak berukuran kecil.

Manfaat Printer Untuk Percetakan Rumahan

Selain sebagai alat percetakan alternatif untuk mengerjakan orderan yang berjumlah sedikit, sebuah printer kecil dengan ukuran lebar A4 atau F4 (folio) telah banyak digunakan orang untuk menjalankan usaha percetakan rumahan, terlebih bagi mereka yang lebih suka untuk bekerja dari rumah sendiri atau juga para ibu rumah tangga.

Yang saya amati di lapangan, ternyata manfaat printer untuk percetakan rumahan ini pun cukup banyak, misalnya saja untuk membuat stiker label nama anak, kartu undangan ulang tahun, kartu nama, brosur, kop surat, etiket surat, dan produk cetak lainnya seperti undangan pernikahan dengan jumlah yang tidak begitu banyak. Disamping itu ada pula yang memanfaatkannya untuk mencetak foto-foto hasil jepretan dari kamera digital, kamera hape, dan sebagainya. Banyak orang yang telah berhasil dari bisnis percetakan rumahan ini, dan mereka pun telah meraup untung yang tidak sedikit untuk setiap bulannya.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Coba kita bayangkan.. hanya dengan perlengkapan sederhana dan tidak harus terlalu mahal. Seperangkat PC atau laptop, sebuah printer warna yang diinfus (biasanya jenis photo printer untuk hasil yang lebih baik), kertas BC/karton Manila yang berwarna-warni, kertas Tik, sticker Cromo, sticker HVS, sticker Glossy atau juga bahan-bahan cetak lainnya. Terkadang dilengkapi pula dengan mesin scanner dan peralatan penunjang lain yang total modalnya tidak sampai 5 juta rupiah.

Yang tidak kalah penting tentunya harus lebih jeli melihat peluang dan harus pintar-pintar berpromosi. Sedikit bocoran saja, biasanya mereka melakukan promosi ke berbagai sekolah, terutama taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Promosi dilakukan juga ke tempat bimbingan belajar, klinik-klinik dan sekolah-sekolah kesehatan kelas karyawan, dan lain-lain. Selain itu, cara promosi yang saya lihat cukup efektif untuk saat ini adalah dengan mengupload gambar sampel produk di Blackberry Messenger (BBM) dan di wall/dinding Facebook supaya bisa dilihat banyak teman.

Apakah sahabat juga tertarik untuk membuka bisnis percetakan rumahan? 🙂

Semoga artikel sederhana yang mengulas tentang manfaat printer untuk percetakan ini bermanfaat bagi Anda. ~ Cepi Nugraha.

Bagikan Artikel...

Komentar

9 tanggapan untuk “Manfaat Printer Untuk Percetakan”
  1. handy says:

    Salam Kenal

    saya mau jual printer & kertas, dengan perincian :

    1. Epson T1100, tinta infus Dye, kondisi 90%, ada 2 unit (dus+cd masih lengkap)
    2. Kertas Artpaper, uk.A4, ada 50 rim
    3. Kertas HVS 80gr, uk.A4, ada 20 rim

    Harga Rp 15.000.000,- (nego)

    jual cepat.

    hubungi

    Handy
    handy_lips@yahoo.com

    [balas komentar di sini]

  2. Lela ember says:

    Sy ibu rmh tngga yg lg bngung, mau buka usaha tp bs ttp ngurus rmh n anak. Sdh lm sy trtrik dgn usaha ini,aplgi bnyk d tyngkn d tv. Trus pluang usaha ini ckup mnjanjkn d lngkungn tmpt tnggl sy. Mudh2an bs tmbh2 tbungn . Doakan ya?!

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ibu Lela,

    Kewajiban nafkah itu memang bukan tanggung jawab Ibu, tetapi merupakan tanggung jawab Bapak/suami. Akan tetapi Rasulullah SAW pun membolehkan jika sekiranya Ibu ingin turut andil meringankan beban suami, apalagi jika kegiatan mengurus anak-anak pun tetap tidak terganggu.

    Saya bantu do’a, semoga Allah segera mewujudkan apa yang menjadi cita-cita mulia Ibu ini, apalagi peluang usahanya Ibu lihat cukup menjanjikan.

    [balas komentar di sini]

    Dicky Reply:

    Amin… sy jg ikut do’akn biar Ibu lela sukses krn sy jg sama lg bisnis kecil2an dg menggunakan komputer dan printer.

    [balas komentar di sini]

  3. mas alim says:

    makasih byk atas infonya gan!kebetulan ak lg pengin usaha cetak dan sablon kecil2an.ak mo nanya printer epson l800 bisa g pake kertas transfer dan tinta sublim?makasih byk atas penjelasannya smoga amal baik agan dibls sama yg kuasa.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Alim,
    terimakasih juga atas kunjungan serta do’anya…

    Kebetulan saat saya jalan-jalan di Bandung Elektronik Center untuk mencari printer, saya ketemu dan ngobrol-ngobrol dengan sales marketingnya Epson. Saya tanya apakah Epson yang sudah punya sistem tintan infus (original) bisa diisi dengan tinta lain yang bukan produk Epson, maka ia jawab bahwa tinta yang masuk akan terdeteksi oleh printer, jika yang terdetek adalah tinta selain produk Epson, maka printer tidak akan bisa digunakan.

    Begitu jawabnya. Namun saya tidak tau apakah beneran ataukah hanya menakut-nakuti saja supaya kita tidak menggunakan tinta selain Epson. Jadi kalau penasaran bisa atau tidak, patut dicoba, dan resiko lihat belakangan, hehehe.

    [balas komentar di sini]

  4. arif says:

    saya sudah mulai belajar memproduksi cetak sticker, membuat file pasien poliklinik + cetak. mencetak lembar balik penyuluhan . tapi satu permasalahnnya dalam menentukan harga cetak. saya selalu bingung kirianya pengasuh rubrik ini bisa membantu saya. sebagai catatan saya mempunyai epson T1100 tinta pigment artpaper, beberapa bahan yang sering saya gunakan adalah sticker kromo, kertas artpaper 260 gr ukuran A3. mohon bimbingan dalam menentukan biaya / harga cetak pada konsumen , terima kasih sebelumnya

    [balas komentar di sini]

  5. Jeti says:

    saya ingin membeli printer utk anak (sekolah) sebaiknnya printer jenis apaa ya yg terbaik, mks sebelumnya …

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Jeti,

    Saya sudah ketinggalan informasi tentang printer untuk saat ini, tapi kalau untuk anak sekolah mungkin yang mudah perawatannya saja, seperti merk Canon berjenis inkjet printer misalnya..

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!