Makloon Sablon Manual

Makloon Sablon Manual

Makloon Sablon

Sahabat Rumah Cahaya.. sebagai pebisnis cetak, kita tidak hanya mengerjakan order cetakan di mesin cetak offset maupun di mesin cetak digital, akan tetapi adakalanya kita perlu mengerjakannya dengan alat sablon, hal ini tergantung dari kebutuhan order cetak yang kita terima, karena ada beberapa kebutuhan cetak yang memang seharusnya atau telah cukup dikerjakan dengan sablon manual saja. Namun untuk itu kita pun tidak harus bisa nyablon sendiri, karena kita masih bisa mengerjakannya dengan cara makloon sablon manual atau sablon tangan.

Saya akan memberikan beberapa contoh order cetakan yang bisa dikerjakan dengan cara makloon sablon manual disertai beberapa langkah teknis yang harus kita jalani untuk mengerjakan orderan dengan cara makloon tersebut, yakni order cetak kartu nama, order cetak kantong plastik, order cetak kaos/t-shirt.

Langkah Teknis Makloon Sablon Manual

Berikut adalah langkah-langkah pengerjaan makloon sablonnya yang disesuaikan dengan kebutuhan yang ada:

1. Belanja Bahan Cetakan

Membeli bahan cetak terlebih dahulu, seperti bahan kartu nama yang telah tersedia dengan berbagai background warna dan gambar, atau kantong plastik dengan berbagai ukuran dan ketebalan, atau juga bahan kaos/kaos yang telah jadi dengan berbagai jenis bahan.

Untuk kartu nama, kantong plastik, dan kaos yang telah jadi pastinya ukuran yang diinginkan telah tersedia di tokonya, akan tetapi untuk bahan kaos mentah, maka kita harus memotongnya terlebih dahulu. Tidak usah memotong sendiri juga, kita datangi saja konveksi kaos yang menerima makloonan untuk dipotong di sana sesuai dengan pola kaos yang dikehendaki. Setelah bahan dipotong, kita pun tidak harus membawa semua potongan untuk dibawa ke tempat sablon, tapi cukup potongan yang akan disablon saja yang dibawa ke sana.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

2. Setting Komputer

Setting desain grafis sesuai dengan bentuk serta ukuran desain yang ingin Anda buat. Settingan bisa dikerjakan sendiri bila Anda bisa, ataupun Anda bisa pergi ke tempat pengerjaan setting komputer untuk didesainkan oleh orang lain.

4. Sablon Manual/Sablon Tangan

Setelah bahan dan settingan siap, maka langkah selanjutnya Anda pergi ke tempat yang menyediakan jasa makloon sablon manual. Di sana tukang sablon akan mengerjakan sablonan sesuai permintaan. Naskah settingan tadi akan ia pindahkan ke sebuah atau beberapa buah secreen (tergantung banyaknya warna atau pecah warna desain) untuk dikeringkan, lalu kemudian proses sablon pun ia lakukan terhadap bahan-bahan cetakan tadi. Setelah sablonan kering, maka sablonan tersebut sudah bisa kita ambil dengan ongkos sesuai ongkos makloon yang berlaku.

5. Serah Terima

Kartu nama, kantong plastik, atau kaos jadi sudah bisa kita kemas dengan rapih untuk kemudian diserahkan kepada pemesan atau pengorder cetak, akan tetapi untuk bahan kaos mentahan yang dipotong tadi harus kita bawa kembali ke tempat konveksi kaos tadi untuk kita teruskan makloon jahit di sana, baik dengan mesin jahit bisa dan mesin obras, maupun mesin jahit khusus kaos yang dinamakan mesin overdeck, dan seperti tadi.. setelah makloon kaos selesai dikerjakan, kaosnya kita kemas dan serahkan kepada pemesan, serta kita terima hasil jerih payah kita 😉

Sahabat Rumah Cahaya, demikianlah secara garis besar langkah-langkah pengerjaan cetakan dengan sablon manual menggunakan cara makloon atau ongkos cetak. Semoga Artikel mengenai makloon sablon manual yang telah saya tuliskan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda… ~ Cepi Nugraha

Bagikan Artikel...

Komentar

7 tanggapan untuk “Makloon Sablon Manual”
  1. ari says:

    Apakah sablon manual dengan mesin lebih bagus mana?

    jasa pindahan

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Ari,

    Kedua-duanya bagus, hanya pastinya disesuaikan dengan keperluan..

    [balas komentar di sini]

  2. Rahmat dwi says:

    Trimakasih artikelnya sangat bermanfaat bagi saya yang masih mempelajari tetang makloon jahit dan sablon kaos. Saya skrg masih mencari2 tempat konveksi di Semarang yg bs menerima makloon jahit dan sablon.

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Rahmat Dwi,

    Terimakasih kembali atas kunjungannya, dan semoga Mas menemukan tempat makloon jahit dan sablonnya..

    [balas komentar di sini]

    ardiyono sutopo Reply:

    mas sya minat maklon jahit kaos

    [balas komentar di sini]

  3. Murkhalis says:

    bang,, lagngkah cetak timbul pada cover skripsi gymana ya?
    saya masih baru ni,, jadi bingung..

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Bang Murkhalis,

    Saya belum tahu karena saya belum melihat bentuknya di cover skripsi tersebut. Tapi mungkin jilid skripsi tersebut diprint menggunakan tinta Itaglio yang konon akan timbul bila dipanaskan sepertihalnya tinta sablon, atau bisa jadi cover tersebut disablon atau diprint menggunakan tinta yang tidak cepat mengering, lalu ditaburi “bubuk timbul” sebelum mengering, kemudian dipanaskan.

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!