Laser Cutting dan Peluang Usahanya

Laser Cutting dan Peluang Usahanya

Sampel Produk Laser Cutting

Keinginan dari salah satu perusahaan resto akan display akrilik membuat saya mengenal lebih jauh tentang peralatan apa yang digunakan. Saat saya berfikir bahwa tidak cukup hanya asal terima order dengan harga bersaing, namun juga harus memberikan produk dengan kualitas terbaik, akhirnya membawa saya secara sengaja dan tidak sengaja mengenal apa itu laser cutting, laser marking, dan laser engraving.

Jika bahan akrilik transfaran dipotong menggunakan cutter atau mesin potong biasa, maka pada permukan bahan bekas potongnya akan terlihat kusam. Namun berbeda jika bahan akrilik tersebut dipotong dengan laser cutting, maka pada permukaan bahan/material yang dipotong tetap transfaran bahkan terlihat lebih mengkilat dengan goresan-goresan halus akibat perlakuan sinar laser.

Seiring kualitas hasil akhirnya, pastinya harga mesin laser cutting jauh lebih mahal dibandingkan dengan cutter biasa. Begitu pun bagi kita yang belum punya kesanggupan untuk membeli kedua mesin tersebut, maka menggunakan jasa potong oleh kedua alat di atas dikenakan harga yang juga berbeda. Di salah satu tempat penyedia jasanya di Bandung misalnya, dimana di tempat tersebut terdapat kedua jenis mesin tersebut, harga potong laser cutting adalah Rp. 150,- per centimeter, tiga kali lipat dari harga potong dengan cutter biasa yang hanya Rp. 50,- per centimeter, meskipun harga-harga tersebut bisa berkurang (diskon) jika pemotongan yang dilakukan berjumlah besar.

Laser cutting adalah teknologi yang menggunakan laser untuk memotong berbagai macam bahan. Laser cutting biasanya digunakan dalam industri manufaktur, namun tidak hanya terbatas untuk itu, dunia percetakan dan advertising pun tak ketinggalan pula menggunakan teknologinya. Tanpa diragukan lagi, model bisnis dalam industri percetakan dan periklanan telah berubah drastis dalam beberapa tahun terakhir ini.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Sebuah proses yang mirip dengan laser cutting adalah laser engraving. Perbedaan yang paling menonjol pada keduanya adalah jika pada laser cutting sinar laser diatur sedemikian rupa supaya dapat menembus bahan, sehingga terpotong dan terlepas, sedangkan pada laser engraving bahan atau media tidak sepenuhnya ditembus oleh laser, namun seperti namanya, maka laser digunakan untuk menggores atau mengukir permukaan bahan dengan kedalaman yang berbeda-beda.

Melihat Peluang Usaha Laser (Cutting, Engraving, Dkk.)

Teknologi laser ternyata membuka pintu untuk peluang bisnis yang baru, membuat unik/berbeda, menghasilkan aliran pendapatan baru, dan meningkatkan margin keuntungan. Dengan menggunakan sistem laser, sign dan display perusahaan dapat dengan mudah dibuat di atas berbagai media seperti akrilik, kertas, kayu, polystyrene, logam, karet, kulit dan sebagainya. Kemampuan untuk menghasilkan bentuk yang tidak biasa memungkinkan untuk menghasilkan produk akhir yang berkualitas, lebih menarik dan lebih bernilai tinggi.

Mesin laser memiliki kemampuan untuk memotong (cutting), menggores (marking), gravir (engraving), dan melubangi (perforating). Sehingga dengan perpaduan kemampuan-kemampuan tersebut, banyak varian produk yang dapat dihasilkan, diantaranya:

  • Acrylic. Aneka display produk, ID Card, puzzle, dan aneka merchandise seperti gantungan kunci, penindih kertas, jam meja, dan sebagainya.
  • Kertas. Album foto, box, company profile, annual report, kartu undangan, bingkai foto, kartu nama, kartu ucapan, dan lain-lain.
  • Kain, Karet, Kulit, dan Kain. Jaket, pakaian, tas, dompet, ikat pinggang, sepatu, aksesoris, gantungan kunci,prhiasan, stempel, gantungan kunci, dan sebagainya.
  • Kaca. Ukiran kaca berukuran besar pada interior ruangan, hingga kaca ukuran kecil untuk pajangan, seperti foto keluarga, dan lain-lain.
  • Kayu, Tripleks, Melamin. Aneka ukiran untuk masjid, rumah makan atau cafe, stick drum, gitar, papan skateboard, merchandise, foto, dan sebagainya.
  • Logam. Suku cadang mesin, kendaraan, rangka, tutup, dan berbagai pengerjaan logam.
  • Material alami. Batu-batuan, Lantai keramik, Kerang, dan sebagainya.

Sekarang kita bisa menggunakan sistem pengolahan laser, baik itu laser cutting, laser engraving, dan sebagainya, untuk mengubah desain atau gambar dari komputer menjadi benda-benda tertentu yang pastinya menciptakan serangkaian peluang baru untuk bisnis yang kita miliki. Tidak harus memiliki mesin lasernya sendiri, meskipun idealnya begitu, karena jika belum memilikinya pun kita bisa melakukan kerjasama dengan penyedia jasanya. Jadi, tidakkah peluang usaha laser cutting ini sangat menarik bagi kita? Saya sendiri insyaAllah sedang mengarah ke bisnis ini. ~Cepi Nugraha

Bagikan Artikel...

Komentar

22 tanggapan untuk “Laser Cutting dan Peluang Usahanya”
  1. Abdul Aziz says:

    Mas Bisa diulas gak….kalkulasi bisnis lasser cutting. Saya berencana untuk membeli mesin ini. Dan Mesin produk mana yg bagus.? Komponen apa yang rentan untuk diganti ?

    Thanks mas… jawabannya CC ke imel : jfc.fastmanagement@gmail.com

    [balas komentar di sini]

  2. Nana says:

    Aswrwb
    Kang Cepi saya dah beberapa hari ini memperhatikan ulasan akang, sangat menggugah, dan bersamaan dengan itu, hari ini malah ada yang nawarin mesin laser LG6040, saya belum PeDe, saya punya rekan dengan pekerjaan Miniatur yang materialnya plastik dan akrilik, sebagai awalan, Kang Apakah Mesin Type LG6040 bagus , handal? sepertinya saya perlu support ……..nichhh trimakasih

    wasalam

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Kang Nana,
    wa’alaikumussalam wr. wb.

    Adduh saya sangat-sangat memohon maaf, karena ada tamu, bapak saya yang masuk rumah sakit, dan sebagainya, maka saya sangat telat menjawab pertanyaan dari Kang Nana. Jawaban saya pun pastinya akan mengecewakan…

    Untuk laser cutting saya hanya melihat peluangnya serta hanya menerima order pembuatan produknya, tapi saya tidak sampai mengetahui tentang seluk beluk mesinnya, karena saya bisa mengerjakannya dengan cara makloon, yakni mengerjakan di mesin laser milik orang lain yang memang menyediakan jasa untuk itu.

    Mohon maaf telah mengecewakan…

    [balas komentar di sini]

  3. Teddy Yohanes says:

    Pa saya mau laser cutting keramik bisa engga dan harganya berapa

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Teddy,

    Mohon maaf, untuk laser cutting pada keramik alatnya berbeda, jadi mohon maaf, kami tidak bisa mengerjakannya.

    [balas komentar di sini]

  4. bakrie baharuddin says:

    saya kebetulan di Bandung untuk alamat kantor nya dimana Pak?

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Pak Bakrie,

    Untuk keperluan ini Bapak bisa datangi POLAR atau Gentech yang berlokasi di Jalan Pungkur, dekat lampu merah yang mau ke jalan Muhammad Ramdan.

    [balas komentar di sini]

  5. irvan says:

    Bisa hub sy barangkali minat order kerajinan acrylic..atau untuk krja sama
    081220935947

    [balas komentar di sini]

    hafid chandra Reply:

    Om kalo ngemaklun ngelaser kulit bisa ?

    [balas komentar di sini]

  6. hafid chandra says:

    Saya kepengen buka usaha di bidang laser and cutting , namun kita kepentok masalah materi .
    Apakah ada solusi akan masalah pembayaran ?
    Masud solusi , apakah pembayaran bisa saya cicil ?

    [balas komentar di sini]

  7. irpan says:

    Kami deigratiasign produksi ACRYLIC,yang berlokasi di daerah bandung,kami bergerak dalam bidang membuat,merancang segala macam bentuk/design acrylic..seprti huruf timbul,poster board,tmpat brosur,letter box dan display2 lainya,harga kami sangat terjangkau karna kami sedang merintis untuk mendapatkan pelanggan ttp,tenaga kerja kami sangat berpengalaman jadi untuk kualitas sangatlah di jamin baik..
    Bila berminat bisa hub :

    Tlp : 081220935947

    Email : dei.gratias@yahoo.com/irpan.job@gmail.com

    [balas komentar di sini]

  8. ely matofani says:

    saya tertarik denngan akrilik…..bisa kasih referensi harga mesin lasernya????

    [balas komentar di sini]

  9. anggi setiawan says:

    Saya bekerja d jasa pemotongan lasser cutting,d cikarang tempat ya,,alklirik,Besi ampe 20 mm jga bisa.stenlis bisa..

    [balas komentar di sini]

  10. carikavasa says:

    wah keren memang ini jasa laser cutting itu sangat berguna di perusahaan advertising. kami pun sebagai profesional services di Bandung sering menggunakan jasa laser cutting

    [balas komentar di sini]

    budi Reply:

    cv. multi sukses kreasindo, menerima :
    laser cut and engraving service
    phone : 081 808 788 425/Budi

    [balas komentar di sini]

  11. Vanda Rosdiani says:

    Pak Cepi,

    Kalau mengukir logam sampai kedalaman setengah cm,motif kayu kira2 bisa dengan apa ya?

    Logamnya jenis besi

    Tolong dibalas email ke: vandarosdiani72@gmail.com

    Terimakadih
    Vanda

    [balas komentar di sini]

  12. cahyadi solehudin says:

    kang klo untuk Cutting permata kmana y d bdg?

    [balas komentar di sini]

  13. Sofi says:

    Pak, Saya mau bertanya, untuk di Bandung, apakah bisa memotong kaca tipis juga? alamatnya dimana? terima kasih,

    Sofi

    [balas komentar di sini]

  14. deigratias says:

    Kami deigratiasign tempat pembuatan/memproduksi segala macam bentuk dari mulai bahan acrylic,steinless,meubeul..
    Adapun bbrapa hasil yang kami produksi yaitu huruf timbul acrylic,huruf timbul steinless,shop sign,letter sign,billboard,tempat brosur,booth,furniture dan display2 lainnya.
    Dengan tenaga ahli dan mesin2 laser canggih untuk memotong dan enggravir di media.
    Harga terjangkau kualitas no 1

    Hub kami segera di no tlp: 081221536202
    Email : dei.gratias@yahoo.com

    [balas komentar di sini]

  15. leni diana says:

    Hi, kami suplier mesin laser dan cnc.
    kalau perlu refrensi mesin untuk segala bahan dari metal sampai non metal, ketebalan berapapun.
    kami siap memberikan penawaran yang terbaik dengan mesin yang berkualitas.

    hub.leni 081933809685
    leni91diana@gmail.com

    senang dapat membantu bapak dan ibu sekalian.

    [balas komentar di sini]

  16. Izma Yagami says:

    Saya ingin tanya apakah bisa melayani jasa potong kain dengam laser cut??

    [balas komentar di sini]

  17. Fernando Tirtasakti Siahaan says:

    Saya operator mesin cutting laser di sebuah garment dan printing. Apa ada lowongan pekerjaan untuk operator mesin laser.
    Kerja saya membuat aplikasi untuk diproduksi oleh embo.
    Membuat patrun Mute dan memotong flocking memotong kertas mika untuk lebel baju dan sebagainya.

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!