Kursus Setting Design Percetakan Singkat

February 28, 2014 oleh 10 Komentar
Kategori: Percetakan & Grafika 
Belajar / Kursus Setting Percetakan

Belajar Setting Design

Kursus setting percetakan atau kursus singkat desain grafis untuk percetakan yang saya selenggarakan hanya dalam waktu 2 hari, alhamdulillah bisa dicerna dengan mudah oleh peserta, bahkan oleh seorang ibu dengan 3 orang putra-putri yang masih kecil.  Ibu rumah tangga tersebut mengikuti kursus atau belajar setting percetakan dengan harapan supaya beliau bisa resign dari tempatnya bekerja dan lebih menikmati pekerjaannya dari rumah bersama dengan keluarganya.

Sebelum mengikuti kursus setting design, pada tanggal 14 Februari 2014 sekitar pukul 14:12 WIB beliau mengirimkan sebuah pesan singkat ke nomer telepon seluler saya, kurang lebih seperti ini, “Siang Pak, saya mau kursus setting, masih bisa?”. Lalu kemudian saya balas, “Selamat siang… Dengan siapa dan darimana ya? Kemudian beliau pun memperkenalkan siapa namanya, dan juga tempat dimana ia tinggal, yakni di seputaran kota Bandung, kurang lebih sekitar 35-40 km dari tempat tinggal saya di kabupaten Bandung.

Perbincangan melalui pesan singkat (sms) pun berlanjut kepada pengaturan soal waktu kursus, tentang kapan kursus setting percetakan tadi dijadualkan untuk dilaksanakan di tempatnya. Setelah kesepakatan jadual kursus dibuat, maka pada saatnya tiba, saya pun pergi ke tempatnya, bertemu, dan membimbingnya untuk belajar singkat desain grafis bagi keperluan usaha percetakan, yang ternyata usaha percetakannya telah dijalankan oleh suaminya. Dengan biaya kursus yang saya kenakan boleh untuk maksimal 2 orang peserta, maka beliau pun bisa belajar setting desain bersama suaminya sebagai peserta kedua.

Kursus / Belajar Setting Percetakan

Pasangan Suami-Istri Yang Sedang Mengikuti Kursus Setting Percetakan

Materi Belajar (Kursus) Setting Percetakan Singkat

Materi yang saya berikan kepada pasangan suami-isteri tersebut adalah materi yang telah saya janjikan sebelumnya. Untuk mempermudah dan mempersingkat pembelajaran, maka materi yang saya berikan pada waktu 2 hari itu urutannya kurang lebih seperti ini:

  1. Belajar setting design untuk Kop Surat dan Amplop Surat (cara membuat serta menempatkan teks dan logo) dengan CorelDraw.
  2. Belajar setting design untuk Kartu Nama (cara membuat serta menempatkan teks dan logo) dengan CorelDraw.
  3. Belajar setting design untuk Spanduk / Banner (cara membuat serta menempatkan teks dan mengedit foto/gambar) dengan CorelDraw.
  4. Belajar setting design untuk Nota / Faktur (cara menempatkan teks, logo, kolom dan garis) dengan CoreDraw.
  5. Belajar setting design untuk Pamflet / Brosur (cara menempatkan teks, foto/gambar, membuat objek transfaran) dengan CorelDraw.
  6. Belajar setting design untuk Kartu Undangan 1 Warna (cara menempatkan teks, foto/gambar, membuat blok warna, dan transfaransi) dengan CorelDraw.
  7. Belajar setting design untuk kartu undangan berwarna (cara mengedit dan menempatkan foto/gambar, menempatkan warna, membuat objek latar/background) dengan CorelDraw.
  8. Mengenal sekilas fungsi-fungsi beberapa tools di Photoshop, dan juga penerapannya untuk keperluan desain percetakan atau studio foto.
  9. Beberapa materi tambahan, termasuk bagaimana cara pengaplikasiannya ke pencetakan offset, sablon, atau printer, juga diselingi sesi tanya-jawab seputar materi yang diberikan.
  10. Diberikan bonus berupa kememberan premium di UsahaPercetakan.Biz (diambil atau tidak, tergantung peserta), berikut bonus desain-desainnya, dan juga bonus buku mengenai seluk beluk CorelDraw. Dimana CorelDraw pada saat ini masih merupakan aplikasi desain grafis yang paling banyak digunakan di dunia percetakan di Indonesia.
Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Jadi semua materi yang diberikan hampir 100% adalah berupa praktek, sehingga diharapkan di saat nanti peserta mendapatkan order beragam bentuk desain untuk percetakan, maka ia sudah tidak bingung lagi mengenai apa saja yang mesti dilakukan, karena semua materi tersebut meskipun sekilas tampak sederhana, tapi bertujuan untuk memudahkan peserta untuk cepat bisa mendesain, karena materi tersebut cukup lengkap untuk menangani beragam keperluan pembuatan barang percetakan.

Meskipun suaminya hanya mengikuti kursus di hari pertama (hari Minggu), karena di hari keduanya (hari Senin) harus bekerja sebagai se0rang guru PNS, dan juga sesekali harus memperhatikan putra-putrinya (sambil mengasuh juga), namun ternyata ibu rumah tangga peserta kursus ini  cukup cepat menangkap dan memahami materi-materi kursus setting percetakan yang diberikan, sehingga saya pun yakin beliau akan mampu pula untuk mengaplikasikannya terhadap keperluan desain usaha percetakan yang telah dirintis oleh suaminya.

Setelah kursus selesai dilaksanakan, tidak lupa saya meminta beliau menulis kesan dan pesan dalam secarik kertas yang akan saya bawa dan jadikan masukkan buat ke depannya. Isi kesan dan pesan yang beliau berikan adalah sebagi berikut:

  • Kesan: Alhamdulillah bisa dimengerti. Insyaallah bisa diaplikasikan.
  • Pesan: Contoh-contoh kartunya kurang up to date (karena sengaja saya bawa untuk latihan, namun tetap pesannya menjadi masukkan yang sangat berharga buat saya ke depan).

Kemudian saya tanya, “Apakah gampang membuat desain untuk percetakan itu?”. Beliau jawab, “Iya gampang.. karena menjadi tahu fungsi-fungsi tools-nya (yang ada di aplikasi desain grafis)”. Setelah cukup ngobrol kesana-kemari dengan beliau dan juga suaminya yang baru pulang dari mengajar di sekolah, maka akhirnya saya pun berterimakah dan berpamitan untuk pulang, dan berharap apa yang mereka pelajari bisa bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akhiratnya. Aamiin..

Jika sahabat pun berminat pula untuk mengikuti kursus setting percetakan  singkat ini, maka info lengkapnya bisa sahabat klik dan kunjungi situs web saya yang satu ini: www.usahapercetakan.com. Semoga bermanfaat…
~Cepi Nugraha

Bagikan Artikel...

Komentar

10 tanggapan untuk “Kursus Setting Design Percetakan Singkat”
  1. nursomad says:

    gan saya mau ikut kursus nya di mana alamat nya trs gimana cara menghubungi nya
    tks

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Nur,

    Biasanya saya yang datang ke alamat peserta. Kontak saya ada di:

    http://rumahcahaya.com/kontak/

    atau lihat di:

    http://www.usahapercetakan.com/4789/kursus-desain-grafis-jakarta-bandung-surabaya-dsb/

    [balas komentar di sini]

  2. iwan says:

    saya minat mau belajar singkat daerah jombang,surabaya

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Mas Iwan,

    Boleh mas… Tapi harus dicari jadual saya dan mas yang pas. Untuk keperluan ini silahkan hubungi saya melalui telepon / sms melalui nomer kontak di http://rumahcahaya.com/kontak/

    [balas komentar di sini]

  3. nenk suharyati says:

    selamat malam, sy tertarik dengan kursus singkat INI, tentang design grafis, kalau boleh tahu biaya kursusnya berapa ? terimakasih

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Ibu/Teh Nenk,

    Untuk informasi biaya kursus, silahkan kunjungi:

    http://www.usahapercetakan.com/4789/kursus-desain-grafis-jakarta-bandung-surabaya-dsb/

    Terimakasih…

    [balas komentar di sini]

  4. Iwa says:

    Cara mendaftarx bgm? Lokasi NTT

    [balas komentar di sini]

    Cepi Nugraha Reply:

    Iwa,

    Langsung hubungi saja saya via nomor telepon yang ada di halaman KONTAK di atas ya untuk informasi lebih jelasnya. Terimakasih..

    [balas komentar di sini]

  5. Zul says:

    Asalam
    Ada kursus dibuat di malaysia?

    [balas komentar di sini]

  6. Salam kenal ya om… kalau nanti ada kesempatan saya ingin sekali berkunjung ketempat kursusnya.

    [balas komentar di sini]

Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!