/SMS/WA : 08112225788 (08-21.00 WIB) Untuk konsultasi, terapi, dan ruqyah dikenakan infaq seikhlasnya


Belajar Usaha Percetakan

Kursus Percetakan Offline, Agenda Rumah Cahaya di Tahun 2011

Setelah di tahun 2010 saya meluncurkan sebuah e-book berjudul “Bisnis Percetakan Itu Gampang!” berupa panduan praktis langkah demi langkah usaha percetakan tanpa modal perlengkapan cetak yang telah cukup menarik banyak minat dari berbagai kalangan masyarakat yang berasal dari berbagai daerah, maka untuk tahun 2011 nanti insya Allah saya pun akan membuka sebuah layanan jasa pelatihan/training berupa Kursus Percetakan secara offline.

Langkah tersebut di atas saya ambil sama sekali “bukan” karena adanya permintaan atau ketidak puasan dari para member yang membeli ebook  berjudul Bisnis Percetakan Itu Gampang di atas, karena di ebooknya sendiri saya telah cukup menjelaskan tentang bagaimana caranya untuk bisa memperoleh penghasilan dari usaha percetakan walaupun tanpa mempunyai perlengkapan cetak sama sekali, tetapi langkah baru untuk 2011 ini saya ambil karena adanya beberapa keinginan dari beberapa pihak, baik dari mereka yang hanya ingin mengetahui dimana adanya tempat kursus/tempat belajar percetakan, maupun dari mereka yang ingin membeli perlengkapan atau mesin-mesin percetakan tetapi mereka ingin mengetahui terlebih dahulu tentang bagaimana proses atau teknik percetakan agar nantinya mereka bisa mengetahui perlengkapan cetak yang manakah yang benar-benar mereka perlukan.

Ilmu Kontak Batin Kontak Rasa telepati

Dengan belajar usaha percetakan secara langsung di lapangan tentunya akan membuat cara pembelajaran lebih efektif, karena peserta benar-benar akan melihat, mengikuti, serta menikmati langsung bagaimana caranya sebuah produk cetakan dikerjakan, mulai dari proses pracetak seperti setting komputer, pembuatan film, pembuatan pelat cetak, pembelian bahan, bagaimana pelat cetak serta bahan naik di mesin cetak, hingga pengerjaan-pengerjaan finishing seperti laminating doff, pengerjaan foil, pengerjaan di mesin pond, dan sebagainya, dimana semua hal tersebut lazim dilakukan pada proses pencetakan offset, dimana hal-hal tersebut tidak akan ditemui oleh mereka yang hanya membeli ebook, kecuali bila isi ebooknya telah benar-benar mereka praktekkan, maka saya yakin hasilnya akan sama.

Tidak hanya belajar untuk teknik pencetakan offset saja tentunya, nanti akan dipelajari juga tentang bagaimana caranya mengerjakan cetakan di mesin cetak digital (digital printing machine), pengerjaan dengan sablon manual, maupun pengerjaan cetak dengan mesin sablon digital. Pokoknya.. insya Allah akan dipelajari teknik-teknik pengerjaan cetak yang paling umum dijumpai serta paling sesuai dengan kebutuhan pasar cetak paling umum Indonesia saat ini.

Dan bila ada diantara sahabat-sahabat yang berminat kursus ini, harap diingat.. bahwa kursus percetakan ini bukan kursus untuk memegang alat/mesin percetakan sendiri, tetapi kursus untuk menjadi seorang pengusaha percetakan dengan cara makloon (ongkos cetak). Jadi tanpa kita harus bisa desain, bisa nyablon, bisa memegang mesin cetak offset/digital dan lain-lain, tetapi kita bisa menjadi pengusaha percetakan dan berpenghasilan melalui usaha tersebut dengan cara memanfaatkan tempat-tempat yang telah ada perlengkapan/mesin cetaknya (milik orang lain).

O ya.., kursus ini walaupun idenya datang dari saya sendiri, tetapi karena kesibukan saya untuk lebih konsentrasi ke urusan online, maka nanti yang akan terjun ke lapangan sebagai pemandu (guide) atau pelatih (trainer) adalah teman saya sendiri yang bernama Teh Mia, seorang mantan Penerima Order (PO) di beberapa perusahaan cetak. Teh Mia ini mungkin karena pengalamannya, maka beliau saya kenal sangat terampil dalam menangani urusan-urusan order cetak-mencetak ini. Bila Teh Mia keluar dari sebuah perusahaan cetak, biasanya perusahaan cetak bekas tempatnya bekerja selalu memintanya untuk kembali bekerja sebagai PO di perusahaannya karena keterampilan Teh Mia itu tadi, dan seperti itulah beliau keluar masuk perusahaan. Tetapi menjelang beberapa bulan sebelum tahun 2010 ini berakhir, Teh Mia memutuskan untuk benar-benar keluar dari tempatnya bekerja dan tidak kembali ke sana dengan maksud supaya ia bisa mandiri sebagai pengusaha cetak pemakloon. Dan memang terbukti, saya lihat beliau sekarang lebih enjoy dengan bisnis cetaknya sendiri.

Nah.. jadi walaupun nantinya saya tidak langsung terjun ke lapangan, tetapi jangan khawatir.. karena keberadaan Teh Mia insya Allah akan jauh lebih baik daripada saya, karena beliau lebih ahli serta lebih terampil daripada saya sendiri, terutama untuk kalkulasi harga cetakan.. maka Teh Mia adalah ahlinya, dan sahabat-sahabat pun nantinya bisa belajar kalkulasi cetak pula dengannya (berdasarkan cara serta pengalamannya).

Untuk contoh produk-produk yang akan dijadikan sebagai bahan training, maka kemungkinan yang akan dilatihkan adalah seperti pembuatan kartu nama dengan sablon tangan/manual, pembuatan kwitansi/nota dengan mesin cetak kecil (mesin TOKO), pembuatan kartu undangan dengan mesin cetak ukuran lebih besar (GTO 52 atau sejenisnya), pembuatan produk outdoor/spanduk serta kartu nama menggunakan mesin cetak digital, cetak/tranfser gambar atau tulisan ke atas mug, atau mungkin juga produk-produk lainnya.

Yaa.. tapi semua di atas hanya baru keinginan dan rencana. Walaupun segala sesuatunya telah mulai saya persiapkan tetapi jadi atau tidaknya keinginan dan rencana saya tersebut maka Allah jualah Yang Menentukan. Dan bilamana Allah menghendaki, maka semoga itu yang terbaik bagi semua, terbaik untuk urusan dunia serta terbaik pula untuk urusan akhirat, yang tentu saja terbaik menurut-Nya. Laa haula wa laa quwwata illaa billaah..

Update:

Kursus Percetakan telah launching. Klik informasi lengkapnya di salah satu web percetakan saya, yaitu UsahaPercetakan.com

Semoga bermanfaat…!!! Cepi Nugraha