Kerjasama Tim, Jangan Sampai Anda Lupakan…!!

January 13, 2009 oleh Kirimkan Komentar
Kategori: Entrepreneurship 

Kerja Sama

Saling bahu-membahu, tolong-menolong, maupun bekerja bersama diantara beberapa orang dengan keahlian yang berbeda-beda tetapi untuk menghasilkan tujuan yang sama, mungkin itulah yang biasa kita sebut dengan Kerjasama Tim, yang tidak jarang pula ada orang yang menyebutnya dengan istilah berjama’ah atau ada pula yang menyebutnya dengan istilah gotong royong.

Saya sering membuat perumpamaan mengenai kerjasama tim sebagai berikut:

Jika kita beserta teman-teman kita mempunyai keinginan untuk mengadakan sebuah acara makan-makan (makan bersama) di suatu tempat, biasanya kita mengajak teman-teman yang lain masing-masing membawa bahan-bahan makanan yang diperlukan untuk kebutuhan acara tersebut, dan mereka disarankan pula untuk membawa bahan-bahan keperluan tadi sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki, sehingga biasanya kita melihat masing-masing diantara mereka ada yang membawa beras, yang membawa ikan, ada yang membawa ayam untuk dipotong,  yang membawa sayuran, lalapan, bumbu, dan lain-lain.

Setelah semua bahan-bahan tadi telah dibersihkan dan siap untuk dimasak, maka tiap-tiap orang sibuk dengan bidang olahannya. Tidak semua orang mengolah bahan makanan yang sama, tetapi diantara mereka ada yang menanak nasi atu membuat nasi liwet, ada yang menggoreng/memanggang ikan maupun daging, ada yang memasak sayuran, yang menyiapkan sambal, dan sebagainya, pokoknya berdasarkan keahliannya masing-masing dalam cara mengolah bahan makanan. Akhirnya dalam tempo sekejap, semuanya olahan tadi telah selesai dan siap untuk disajikan, sehingga menu makanan yang cukup lengkap pun siap untuk disantap serta dinikmati bersama, sehingga acara makan-makan pun dapat terlaksana dengan sukses.

Demikian juga halnya dengan urusan bisnis atau usaha, apapun bisnis atau usaha tersebut, maka kerjasama tim dengan mengandalkan kemampuan dan keahlian masing-masing orang dalam tim tersebut mutlak sangat diperlukan, karena akan mempercepat proses pekerjaan dan secara otomatis akan mempercepat keberhasilan usaha.

Usaha Percetakan Bagi Pemula
Bonus: " Desain2 Siap Edit & Flashdisk! "

Saya ambil salah satu contoh kerja sama, yaitu kerja sama dalam bisnis online atau internet marketing.

Dalam bisnis online atau internet marketing, sebenarnya bisa saja seorang pebisnis online atau internet marketer untuk melakukan semua hal yang berhubungan dengan bisnis tersebut sendirian, seperti: mengadakan riset untuk mencari keyword atau niche market yang bagus, mendesain dan menguploadkan website, membuat newsletter, membuat sales letter, membuat copy writing, menyiapkan dan memasang konten website, mempromosikan website, dan sebagainya. Tapi alangkah baiknya jika pekerjaan tersebut dikerjakan oleh beberapa orang dengan kemampuan dan keahlian masing-masing dalam melakukan pekerjaan yang tadi, sehingga waktu yang diperlukan untuk membangun dan mengembangkan bisnis online tersebut bisa lebih efektif, efisien, serta bisnis yang dibangun bisa lebih cepat membuahkan hasil.

Akan sangat berbeda hasilnya jika semua pekerjaan tersebut dilakukan sendiri, walaupun memang sangat mungkin, tetapi bisa sangat menyita banyak waktu, sehingga tidak efektif dan efisien, yang mengakibatkan keberhasilan dalam berbisnis online pun bisa lebih lambat untuk diraih.

Tapi memang, dalam kerjasama tim tersebut selain diperlukan orang-orang yang mempunyai kemampuan dan keahlian dalam bidangnya masing-masing, yang tidak kalah pentingnya adalah sikap mereka yang solid, mau kerjasama dengan tim, serta tanggung jawab yang penuh terhadap pekerjaan yang dihadapinya, sehingga maksud dan tujuan bisnis dapat tercapai dengan baik. Andaikan mereka tidak mempunyai sikap serta rasa bertanggung jawab tersebut, maka maksud dan tujuan bisnis pun akan jauh dari keberhasilan. Maka, berhati-hatilah dalam memilih seseorang yang akan menjadi bagian dalam tim Anda.

Semoga bermanfaat…!!! (Cepi Nugraha)

Artikel terkait:

Bagikan Artikel...
Page 1 of 0
View all comments

 

Senaang rasanya, jika Anda berkomentar..

Dimohon dengan kata-kata yang baik & bijak...
Bila Anda belum mempunyai Avatar dan ingin membuatnya, kunjungi Gravatar!